Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMART PACKAGING SEBAGAI TEKNOLOGI KEMASAN BAHAN MAKANAN Oleh : Fajar Tri Mei K.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMART PACKAGING SEBAGAI TEKNOLOGI KEMASAN BAHAN MAKANAN Oleh : Fajar Tri Mei K."— Transcript presentasi:

1 SMART PACKAGING SEBAGAI TEKNOLOGI KEMASAN BAHAN MAKANAN Oleh : Fajar Tri Mei K

2 I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang  Pertimbangan konsumen dalam memilih produk perikanan : lebih segar (fresher), lebih aman (safer), daya tahan yang lebih lama (extended shelf life)  Produk perikanan sangat sensitif terhadap kerusakan  Pertumbuhan teknologi kemasan  “smart” packaging, yaitu intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging.  Pertumbuhan pasar AS untuk “smart” packaging, yaitu intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging diestimasi mencapai $38 juta atau 16% dari total pasar kemasan di Amerika Serikat.

3 B. Tujuan 1. Memberikan informasi mengenai “Smart” packaging, yaitu intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging. 2. Mengetahui berbagai macam jenis kemasan yang termasuk dalam intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging.

4 C. Manfaat Seminar ini bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai smart packaging.

5 II. TINJAUAN PUSTAKA A. Pengemasan Keuntungan dari pengemasan yaitu melindungi makanan dari kontaminasi kimia dan mikrobia, oksigen, penguapan air dan cahaya. Tipe pengemas yang digunakan merupakan tolak ukur penting yang mempengaruhi daya tahan/umur makanan (http://www.foodscience.afisc.csiro.au/actp ac.htm). ac.htmhttp://www.foodscience.afisc.csiro.au/actp ac.htm

6 Next.. Wadah harus bersifat non toksik dan inert sehingga tidak terjadi reaksi kimia yang dapat menyebabkan perubahan warna, flavor, dan perubahan-perubahan lainnya ( Winarno 1993).

7 “SMART” PACKAGING  Intelligent Packaging  Controlled Packaging  Active Packaging

8 Intelligent Packaging  Teknik pengemasan yang dapat memonitor kondisi produk makanan dan mencantumkan informasi tentang kesegaran makanan (freshness of the food), termasuk waktu, temperatur dan lokasi.  Kemasan jenis ini menginformasikan kepada konsumen tentang kesegaran makanan melalui indikator-indikator waktu/temperatur, microchips yang menempel dibalik kemasan dan polymers yang transparan serta frekuensi radio yang dapat mengidentifikasikan keadaan makanan dari rantai supply (Priyono 2005).

9 Controlled Packaging  Kemasan yang dapat mengendalikan makanan yang dikemasnya  Modified Atmosphere Packaging (MAP), dimana komposisi udara yang mengelilingi produk diatur untuk memperpanjang umur makanan (extended shelf life), mempertahankan rasa sehingga dapat mengurangi kebutuhan additives (Priyono 2005).

10 Kelebihan MAP  daya tahan produk lebih lama (2-5 times under the air)  dapat mengurangi penggunaan additif  memperpanjang umur makanan  mudah penggunaannya bagi konsumen (mencegah pelekatan jika produk berbentuk irisan atau potongan)  melindungi produk terhadap kerapuhan  biaya yang dikeluarkan rendah (perbandingan 1:10:100 antara gas, film, dengan produk)

11 Produk MAP  produk segar (daging, ikan, pizza, keju, sayur);  produk kering/bubuk (kacang, susu bubuk, kopi).

12 Active Packaging  Bahan-bahan yang didesain untuk melepas komponen-komponen aktif ke dalam makanan, seperti antioksidan, aroma, warna  Scavenging system, yang dapat menyerap substansi, seperti air dan oksigen dengan tujuan untuk memperpanjang umur (shelf life) atau menjaga kesegaran (freshness) dan kualitas makanan  Ex : pengontrol moisture, edible, anti microba films, penyerap ethylene

13 Fresh-R-Pax  Untuk daging, unggas, seafood  Telah mendapat persetujuan dari FDA (Food and Drug Administration) dan USDA  Kelebihan : kemampuan absorbsi yang tinggi (air dan bakteri), menjaga produk tetap segar dan aman  Tersedia dalam 3 macam bentuk yaitu Fresh-R-Pax™ Pouch, Fresh-R-Pax™ Tray dan Fresh-R-Pax™ Pad

14 Pertumbuhan Pasar Intelligent Packaging, Controlled Packaging dan Active Packaging di AS Business Communications Company :  Controlled packaging dan active packaging digambarkan sebesar 16% dari total pasar kemasan di AS  pasar di AS untuk intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging diestimasi mencapai $38 juta  AAGR (average annual growth rate) atau angka rata-rata pertumbuhan per tahun sebesar 9.7% antara tahun 2003 hingga 2008

15 U.S. and Rest of The World Active, Controlled and Intelligent Food and Beverage Packaging Sales, through 2008 (Billions) AAGR % U. S Rest of world Total Source: BCC, Inc.

16 U.S. and Rest of The World Active, Controlled and Intelligent Food and Beverage Packaging Sales, through 2008 ($ Billions)

17 III. KESIMPULAN 1. “Smart” packaging adalah teknologi pengemasan yang terdiri atas intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging. 2. Intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging dapat memperpanjang umur simpan makanan. 3. Pertumbuhan pasar Amerika Serikat untuk “smart” packaging, yaitu intelligent packaging, controlled packaging dan active packaging mencapai $38 juta atau 16% dari total pasar kemasan di Amerika Serikat.

18


Download ppt "SMART PACKAGING SEBAGAI TEKNOLOGI KEMASAN BAHAN MAKANAN Oleh : Fajar Tri Mei K."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google