Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pentingnya sistem informasi bagi organisasi Untuk menciptakan perusahaan yang berhasil dan kompetitif, mengelola perusahaan secara global, menambah nilai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pentingnya sistem informasi bagi organisasi Untuk menciptakan perusahaan yang berhasil dan kompetitif, mengelola perusahaan secara global, menambah nilai."— Transcript presentasi:

1 Pentingnya sistem informasi bagi organisasi Untuk menciptakan perusahaan yang berhasil dan kompetitif, mengelola perusahaan secara global, menambah nilai bisnis dan menyediakan produk dan jasa yang bermanfaat bagi pelanggan.

2 Pertanyaan Utama bagi Manajer? Bagaimana mengoptimalkan return perusahaan dari investasi sistem informasi

3 Why Information Systems? Manajemen Modal: TI telah menjadi komponen investasi modal terbesar bagi perusahaan di AS dan banyak masyarakat industri lainnya. Pondasi dalam melakukan kegiatan bisnis: Terdapat ketergantungan antara kemampuan perusahaan untuk menggunakan TI dengan kemampuan untuk mengimplementasikan strategi perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan. (Lihat gambar 1) Produktivitas: TI adalah salah satu alat yang paling penting dalam inovasi organisasi untuk menambah produktivitas perusahaan. Peluang dan Manfaat Strategik: Investasi dalam TI diperlukan untuk memperoleh peluang baru di pasar, mengembangkan produk baru dan menciptakan jasa baru.

4 Strategi Bisnis Aturan Proses Software Telekomu- nikasi Database Hardware Sistem Informasi Ketergantungan Organisasi Gambar 1. Ketergantungan antara Organisasi dan SI

5 5 Faktor yang Dipertimbangkan dalam Menilai Dampak TI pada Perusahaan Bisnis 1.Pertumbuhan Internet dan Bertemunya Teknologi 2.Transformasi business enterprise 3.Pertumbuhan Ekonomi yang terhubung secara global 4.Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Ilmu dan Informasi 5.Munculnya Perusahaan Digital

6 Perusahaan Digital/Digital Firm Perusahaan digital adalah perusahaan yang semua hubungan bisnis yang signifikan seperti pelanggan, pemasok dan tenaga kerja dapat dimediasi dan dihubungkan secara digital. Proses bisnis inti (core business process)diselesaikan melalui jaringan digital menjangkau seluruh organisasi atau menghubungkan sejumlah organisasi.

7 Definisi Sistem Informasi Definisi Sistem Informasi secara teknis: serangkaian komponen yang saling terkait untuk mengumpulkan (mencari), memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kontrol dalam organisasi. Sistem informasi juga dapat membantu manajer dan pekerja untuk menganalisis masalah, memvisualisasi subjek yang komplek dan menciptakan produk baru.

8 Dengan informasi kita dapat mengartikan data ke dalam bentuk yang lebih berarti dan bermanfaat bagi manusia. Data adalah bukti nyata/kasar yang mewakili even yang terjadi dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum dikelola dan diubah ke dalam sebuah bentuk yang dapat dipahami dan digunakan oleh manusia.

9 Jika seseorang di Amerika meminta data suhu di Jakarta, kemudian diberikan data suhu 26 o C. Apakah data tersebut merupakan informasi bagi orang Amerika tersebut? Data or Information?

10 Setiap hari, suatu perusahaan telepon yang besar mencetak ribuan tagihan. Tagihan- tagihan tersebut merupakan data atau informasi? Jelaskan. Data or Information?

11 Mengerti informasi lebih penting daripada mengerti komputer. Setujukah Anda? Jelaskan alasan jawaban Anda. Computer or Information?

12 Information systems are too important to be left to computer specialists. Do you agree? Why and why not? Computer vs Information

13 As computers become faster and the internet becomes more widely used, most of the problems we have with information systems, will disappear. Do you agree? Why and why not? Computer vs Information


Download ppt "Pentingnya sistem informasi bagi organisasi Untuk menciptakan perusahaan yang berhasil dan kompetitif, mengelola perusahaan secara global, menambah nilai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google