Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cloud Computing Era. Member Teguh Julianto4212100038 Ilham Alfrianza4212100039 M Sukma Raganata S4212100041 Aji Suryadi4212100047 Suganda4212100115.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cloud Computing Era. Member Teguh Julianto4212100038 Ilham Alfrianza4212100039 M Sukma Raganata S4212100041 Aji Suryadi4212100047 Suganda4212100115."— Transcript presentasi:

1 Cloud Computing Era

2 Member Teguh Julianto Ilham Alfrianza M Sukma Raganata S Aji Suryadi Suganda

3 Cloud computing Komputasi awan adalah perpaduan antara teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan) Awan di sini sejatinya adalah metafora dari Internet. Menurut sebagian pakar IT, cloud computing adalah suatu abstraksi dari infrastruktur kompleks di mana informasi secara permanen tersimpan di server (internet) dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client), melalui desktop atau perangkat mobile sejenisnya.

4 History Line Pada tahun 1960, John McCarthy pakar Komputasi dan Intelegensi Buatan dari MIT memberi ilustrasi bahwa nantinya komputasi awan akan berbentuk seperti halnya infrasstruktur listrik atau telepon. Hingga saat ini telah dibuktikan dengan maraknya penyedian penyimpanan awan yang sering kita dengar seperti DropBox, SkyDrive, Google Drive, iCloud dan sejenisnya.

5 The Demand Di era yang serba ‘mobile’ ini tentunya kita akan sangat disulitkan dengan membawa perangkat penyimpanan fisik seperti Harddisk. Dengan Cloud Storage kita dapat ‘menenteng’ storage device virtual ke mana saja. Menggunakan koneksi internet di kampus yang limitless, kemudahan mengakses data yang telah di-upload akan menjadi mudah Kegiatan File-Sharing menjadi lebih praktis.

6 The Ups Cloud Storage merupakan tempat yang tepat untuk menampung back-up-an file-file penting. Anda dapat mengakses data di manapun kapanpun. File dapat dibagi kepada teman yang dikehendaki. File tidak akan hilang, bila akun tidak melakukan reset data. Terdapat banyak pilihan kapasitas yang dapat dibeli sesuai kebutuhan. File dapat secara langsung diintegrasikan dengan fasilitas penyedia layanan.

7 The Downs Membutuhkan koneksi nirkabel yang stabil. Kestabilan akses data tergantung dari server Ada beberapa Cloud Service yang mengharuskan penggunanya membayar untuk penggunaan di jangka waktu tertentu

8 Cloud Storage Provider Ada banyak penyedia layanan Cloud Storage yang populer di Internet. Di antaranya sebagai berikut:

9 Google Drive

10 Google Drive merupakan layanan penyedia yang dibesut oleh Google. Dulu layanan ini sejatinya adalah Google Docs. Hanya saja Google Docs menyimpan dokumen-dokumen saja yang dihasilkan oleh Docs itu sendiri. Google dinilai memiliki banyak keuntungan karena Drive dapat terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, YouTube, Picasa, Google+ dan sejenisnya.

11 Google Drive Bila Anda telah memiliki akun Gmail, anda cukup log-in menggunakan akun Gmail pada laman drive.google.com

12 Setelah sukses log-in, Anda dapat langsung meng-upoad tipe file yang dikehendaki. Bahkan anda dapat membuat file dokumen, presentasi dan excel secara online, fitur ini built-in dari Google sendiri sehingga hasil file tersebut tidak memakan kapasitas GB yang disediakan (15GB tersedia gratis).

13

14 Dropbox Dropbox merupakan suatu Layanan Gratis yang memberikan kepada kita kemudahan untuk menyimpan semua file-file dokumen, foto ataupun video dimanapun saja kita berada. File-file yang kita simpan di Dropbox akan secara otomatis juga akan tersimpan di komputer pribadi milik kita, ponsel (mobile device) dan website Dropbox. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi.

15 DropBox Komputer Pribadi Disimpan di Harddisk server dropbox Akses melalui website dropbox atau phone

16 Buat akun Gmail

17 Buat akun dropbox

18 Install & Setup dropbox

19 Login dropbox

20 Pilih kapasitas

21 Buat folder dropbox

22 iCloud

23 iCloud adalah ekosistem yag dibuat oleh Apple Inc. Untuk ‘menyatukan’ iDevice-nya seperti, iPhone, iPad, iPod Touch dan Macbook. iCloud sangat digemari karena kuat kaitannya dengan iTunes. iTunes merupakan toko online Apple yang menjual berbagai macam album musik dunia, e-Book dan Aplikasi iOS.

24 Layaknya Google Drive, iCloud juga dapat membuat dan mengedit dokumen secara online. Aplikasi online Apple ini mereka namakan Pages (MS Word), Number (MS Excel), Keynote (MS PowerPoint). iCloud yang berjalan di iOS juga dapat meng- upload foto dan mem-back-up data dari suatu aplikasi Untuk dapat menikmati iCloud, Anda harus memiliki akun Apple ID. Setelah itu buka lama icloud.com

25 Kelebihan mencolok yang dimiliki oleh iCloud dibandingkan dengan Cloud Service lainnya adalah ia dapat men-sirkonasi secara langsung kontak, agenda kalender, , reminders dari device ios seperti iPhone, iPad dan iPod Touch. Kapasitas yang disediakan 5GB gratis dan dapat diperbesar sesuai tarif yang berlaku.

26

27

28 Terima kasih


Download ppt "Cloud Computing Era. Member Teguh Julianto4212100038 Ilham Alfrianza4212100039 M Sukma Raganata S4212100041 Aji Suryadi4212100047 Suganda4212100115."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google