Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Visual I Renni Angreni, S.Kom. Pengenalan Visual Studio 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Visual I Renni Angreni, S.Kom. Pengenalan Visual Studio 2008."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Visual I Renni Angreni, S.Kom. Pengenalan Visual Studio 2008

2 Pendahuluan Pemrograman Visual (Visual Basic) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memanfaatkan suatu lingkungan/ tampilan secara visual sebagai antarmuka dengan usernya. Pembuatan suatu program basis visual salah satunya atau lebih umumnya sering menggunakan software Microsoft Visual Studio.

3 Mulai tahun 2003 Microsoft telah mengeluarkan seri Visual Studio 2003 yang kemudian disusul dengan Visual Studio Pada perkembangan selanjutnya diluncurkanlah versi Visual Studio 2008 dengan penambahan fitur-fitur yang belum ada sebelumnya. Keunggulan dari Visual Studio adalah pada interface designnya yang menggunakan IDE (Integrated Development Environment), maksudnya lingkungan pengembangan program yang sudah terintegrasi.

4 Memulai Visual Studio 2008 (VB.net) Tampilan awal saat membuka aplikasi Visual Studio 2008 :

5 Recent Projects Jendela ini memuat proyek-proyek yang pernah dibuat dan disimpan, baik yang sudah selesai atau yang masih dalam tahap pengembangan. Untuk membuka proyek yang sudah ada, klik link Open Project atau klik saja nama proyeknya bila masih ada di daftar yang terlihat. Jika ingin membuat proyek baru, klik link Create Project.

6 Getting Started Jendela ini memuat semacam tutorial untuk penggunaan Visual Studio Para programmer pemula bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk mempelajari Visual Studio Visual Studio Developer News Jendela ini memperlihatkan judul-judul berita tentang bahasa pemrograman di dalam software Visual Studio 2008 dari pengembangnya.

7 Solution Explorer Jendela ini baru akan aktif sewaktu ada proyek yang dibuka, entah proyek lama ataupun proyek baru. Solution adalah semacam kumpulan file dari proyek yang dibuat (biasanya berupa sebuah direktori yang sesuai dengan nama proyek).

8 Memulai Project VB.net : Klik menu FILE  NEW  PROJECT

9 Akan muncul window seperti berikut ini :

10 Pada Project types, pilih Visual Basic – Windows Kemudian pada Templates, pilih Windows Forms Application

11 Pada Name, silahkan masukkan nama project Anda. Pada Location, silahkan tentukan lokasi penyimpanan project yang akan dibuat (gunakan Browse untuk mengubah drive). Pastikan checkbox Create directory for solution tidak tercentang, lalu klik OK.

12 Inilah tampilan lembar kerja project Anda :

13 Toolbox Jendela kecil yang biasanya terletak di sebelah kiri ini berisi semua kontrol yang hendak digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasiskan windows form. Pada toolbox terdapat beberapa kelompok kontrol yang disusun berdasarkan kegunaannya. Jendela ini dapat diperluas (expand +) atau diperkecil (collapse -).

14 Design Window Jendela ini terletak di tengah IDE dan menjadi pusat kegiatan perancangan. Pada jendela inilah terdapat windows form yang akan kita gunakan untuk menampung semua kontrol yang berguna dalam pengembangan program. File Visual Basic 2008 berekstensi.vb

15 Solution Explorer Jendela ini berfungsi menampilkan semua file yang terdapat dalam proyek. Properties Jendela ini berguna untuk menampilkan properti-properti sebuah kontrol yang digunakan dan untuk melakukan beberapa penyesuaian guna pengembangan program aplikasi.

16 Klik tanda (+) di samping kiri di tiap-tiap menu untuk menampilkan apa yang ada di dalamnya. Klik tanda (-) untuk mengembalikan tampilan menjadi seperti semula. Tanda panah ke bawah digunakan untuk memunculkan menu pengaturan tampilan jendela toolbox Membuat jendela toolbox fixed

17 Nama dan icon pada form ini dapat diganti pada jendela properties Tombol untuk menutup windows form Tombol untuk maximize Tombol untuk minimize Kotak kecil bewarna putih ini digunakan untuk mengubah ukuran form

18 Beberapa Tool pada Common Controls Button  Label  Picture Box  Textbox 


Download ppt "Pemrograman Visual I Renni Angreni, S.Kom. Pengenalan Visual Studio 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google