Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENULIS JUDUL DAN LEAD. Dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENULIS JUDUL DAN LEAD. Dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya."— Transcript presentasi:

1 MENULIS JUDUL DAN LEAD

2 Dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya lebih kuat. Hindari penulisan judul yang sensasional dan berlebihan, sehingga terkesan ‘’menipu’’ pembaca Anda. Kata-kata berbentuk pasif tidak boleh dihilangkan awalannya. Misal: Wartawan Dipukul Paspampres tidak boleh menjadi Wartawan Pukul Paspampres. Judul

3 Jenis Judul Judul Puitis: Menekankan keindahan permainan kata. Bankir Kikir Kena Pelintir Surga Belanja di Manggadua Judul Bombastis: Berbau provokasi atau ajakan. Pecat Saja Menteri Tak Becus Polisi Bombardir Demonstran

4 Judul Nyeleneh/ Nyentrik: Mengomentari peristiwa. SBY Mendingan Bobok Saja Banyak Menteri yang Terdepak Judul Analogi: Analogi terhadap ungkapan yang sudah sangat dikenal. Habis Banjir, Terbitlah Asap Sedia Perahu, Sebelum Maju Judul Kutipan: Kutipan dari perkataan narasumber “Pekanbaru Tetap Bersih” MK: Pilkada Harus Diulang

5 Judul Prediksi: Judul yang memprediksi terhadap peristiwa yang akan dihadapi. Tahun Depan Indonesia Makmur 2015 Riau Swasembada Pangan Judul formal: memberi penjelasan apa yang terjadi dengan kata-kata yang cenderung formal. Gubernur Riau Menjamu SBY di Labersa Mahasiswa Mendemo Gubernur Tri Adi Sarwoko (2007). Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Penerbit ANDI.

6 LEAD Lead berita adalah jendela untuk melihat isi berita. Dengan membaca paragraf pertama yang sering disebut lead ini makan pembaca diajak untuk memahami isi berita ini. Dengan penjelasan singkat di paragraf pertama atau lead berita itu penulisnya berusaha mengajak pembaca memasuki tubuh berita.

7 Lead (Kepala Berita) Gunakan kalimat menarik yang menggambarkan inti persoalan. Bahkan, pada lead, Anda sudah harus menggambarkan secara garis Agar mudah menulis berita khususnya untuk membuatkan lead, seorang reporter ketika ditugaskan meliput peristiwa harus sudah tahu "pelatuk" apa yang akan dibuat sebelum menulis berita. Pelatuk berbeda dengan sudut berita.

8 Jenis-Jenis Lead Lead kutipan: Kutipan yang dalam dan ringkas bisa membuat lead menarik, terutama bila yang dikutip orang yang terkenal. Kutipan harus bisa memberikan tinjauan ke dalam watak si pembicara. "Tangkap hidup atau mati,“ kata Kapolri. Presiden Susilo Bambang Yodhoyono mengatakan, pemerintah akan menjalankan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan sejumlah pasal dalam UU Sistem Pendidikan Nasional sebagai bagian dari kepatuhan kepada konstitusi.

9 Lead pertanyaan. Lead ini efektif bila berhasil menantang pengetahuan atau rasa ingin tahu pembaca. Di mana Nazaruddin sekarang? Lead menuding langsung. Bila penulis berkomunikasi langsung dengan pembaca, ini disebut lead menunjuk langsung. Ciri-ciri lead ini adalah ditemukannya kata "Anda" yang disisipkan pada paragraf pertama atau di tempat lain. Bila Anda mirip Gayus harap hati-hati. Salah-salah Anda kena rampok, karena dikira bawa duit miliaran.

10 Lead penggoda. Tujuan utamanya menggaet perhatian pembaca dan menuntunnya supaya membaca seluruh cerita. Lead jenis ini biasanya pendek dan ringan. Umumnya dipakai teka-teki, dan biasanya hanya memberikan sedikit, atau sama sekali tidak, tanda- tanda bagaimana cerita selanjutnya. Calon yang ditunggu-tunggu itu keluar juga: sekitar lima. Cara lain menampilkan lead jenis ini, mengiming- imingkan (memamerkan) potongan fakta di depan hidung pembaca supaya terpancing untuk terus membaca: Pendatang baru itu tampak misterius dan agak menakutkan. Namanya memang bagus, Chlamydia pneumoniae, tapi wataknya merepotkan para peneliti.

11 Lead deskriptif bisa menciptakan gambaran dalam pikiran pembaca tentang suatu tokoh atau tempat kejadian. Lead ini cocok untuk menulis profil pribadi. Wajah Syaiful Rozi bin Kahar samasekali tak mengesankan bahwa ia seorang bajak laut. Ia berpembawaan halus, sopan, dan ramah. Lead Teknik Kejut. Memberi kejutan kepada pembaca untuk membaca lebih jauh. Paling tidak tiga orang tewas setelah konsulat Amerika Serikat di Peshawar, Pakistan barat laut, diserang kelompok militan yang bersenjatakan senapan dan bom rompi binuh diri, kemarin.

12 Lead yang bercerita. Lead ini, yang digemari penulis fiksi (novel atau cerita pendek), menarik pembaca dan membenamkannya. Tekniknya adalah menciptakan satu suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama, entah dengan cara membuat kekosongan yang kemudian secara mental akan diisi oleh pembaca, atau dengan membiarkan pembaca mengidentifikasikan diri di tengah-tengah kejadian yang berlangsung. Kami makan anggur kematian, dan anggur itu lezat. Berair, biru kehitaman, manis dan asam. Mereka menggantungkan setandan anggur masak di beranda belakang rumah milik muslim yang istrinya belum lama tewas oleh bom orang Serbia. Ini senja di Bosnia, langit sama biru tuanya dengan anggur-anggur itu. (TEMPO, 27 Maret 1993, "Potret Berdarah dari Dalam").

13 Lead Kontras. Lead yang menggambarkan pertentangan antara kedua belah pihak. Sidang kedua gugatan perdata PT NSP di PN Pekanbaru diwarnai adu mulut dan argumentasi, antara tim kuasa hukum dan majelis hakim yang memimpin sidang, Rabu (14/4/2011). Lead Sensitif. Menggambarkan peristiwa secara sensitif. Nasib tragis menimpa Dudung (56), warga Tuahkarya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Diduga menjadi korban penipuan dan harus menanggung rugi hingga Rp 50 juta, bapak dua anak yang bekerja sebagai pengepul getah itu nekat gantung diri di rumahnya, Senin (29/3).

14 Lead 5W + 1 H Lead “What” Gubernur Riau akhirnya menetapkan pelaksana tugas walikota Pekanbaru dari pejabat Pemprov. Lead “Who” Juara dunia F1 Sebastian Vettel yakin balapan musim ini akan berjalan labih sengit dan seru sehingga penggemar balapan F1 terpuaskan.

15 Lead “Where” Bangunan bersejarah yang terletak di kawasan Pasar Bawah, Pekanbaru, akan segera dipugar. Lead “When” Pemerintah Indonesia dan Malaysia yang masing-masing diwakili menteri tenaga kerja kedua negara, di Kempinski Hotel Jakarta, Rabu (13/7) melakukan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan.

16 Lead “Why” Komisi Perlindungan Anak menilai pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 beberapa waktu lalu, terlalu berlebihan sehingga dikhawatirkan berdampak psikologis terhadap peserta ujian. Lead “How” Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga patokannya, BI rate 6,5%. Keputusan itu diambil di tengah inflasi yang masih sesuai dengan sasaran BI.How”


Download ppt "MENULIS JUDUL DAN LEAD. Dibuat dengan kalimat pendek, tapi bisa menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Menggunakan kalimat aktif agar daya dorongnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google