Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian sejarah Kata “sejarah” dalam bahasa Indonesia: Etimologis, syajarah (bahasa Arab) berarti pohon. Menggunakan padanan kata history dalam bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian sejarah Kata “sejarah” dalam bahasa Indonesia: Etimologis, syajarah (bahasa Arab) berarti pohon. Menggunakan padanan kata history dalam bahasa."— Transcript presentasi:

1 Pengertian sejarah Kata “sejarah” dalam bahasa Indonesia: Etimologis, syajarah (bahasa Arab) berarti pohon. Menggunakan padanan kata history dalam bahasa Inggris.

2 Historia dari bahasa Yunani. Bermakna inquiry, wawancara, laporan hasil pengamatan. Pada abad I M, Tacitus sejarawan dari Romawi menggunakan kata historia untuk laporan pengamatan pribadi, menggunakan kata annales untuk laporan masa yang lebih awal. Perpaduan penulisan kronik yang ketat kronologis dan narasi bebas hasilkan pengertian baru pada kata historia.

3 Vitae, penulisan tentang orang besar. Dikenal di Eropa sejak Abad Pertengahan. Pengertian ini berdampak pada perkembangan awal kajian sejarah yang berorientasi pada riwayat orang besar.

4 Hanya manusia yang memiliki kesadaran sejarah, zoon historicon. Hakekat sejarah adalah korelasi manusia dengan dimensi ruang dan waktu. Dimensi ruang dan waktu memberi karakterisasi aktivitas manusia, sehingga manusia dapat mengenali proses dan tahapan orientasi kehidupannya.

5 Identitas manusia sebagai insan sosial dan berbudaya. Sebagai cermin bagi perkembangan peradaban manusia.

6 Perkembangan, pergeseran dari bentuk sederhana ke kompleks dalam proses waktu yang lama. Kesinambungan, dalam pergeseran tersebut masyarakat mengadopsi nilai/lembaga yang lama. Pengulangan, pengulangan pola sejarah pada waktu yang berbeda. Perubahan, pergeseran besar dalam waktu yang singkat.

7 Muh. Yamin, “sejarah ialah bentukan ruhani, tempat sesuatu kebudayaan mempertanggungjawabkan zaman yang lampau Edward Hallett Carr, “history is a continuous process of interaction between the historian and his facts, and an unending dialogue the present and the past”.


Download ppt "Pengertian sejarah Kata “sejarah” dalam bahasa Indonesia: Etimologis, syajarah (bahasa Arab) berarti pohon. Menggunakan padanan kata history dalam bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google