Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bentuk Antonim Antarkata Antonim kembar : Penyangkalan terhadap yang satu berarti penegasan terhadap anggota yang lain, penegasan terhadap yang satu berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bentuk Antonim Antarkata Antonim kembar : Penyangkalan terhadap yang satu berarti penegasan terhadap anggota yang lain, penegasan terhadap yang satu berarti."— Transcript presentasi:

1 Bentuk Antonim Antarkata Antonim kembar : Penyangkalan terhadap yang satu berarti penegasan terhadap anggota yang lain, penegasan terhadap yang satu berarti penyangkalan terhadap yang lain. Contoh: anak itu laki-laki = anak itu bukan wanita.

2 Antonim Majemuk Antonim yang mencakup suatu perangkat yang terdiri dari dua kata. Ciri utamanya adalah penegasan terhadap suatu anggota akan mencakup penyangkalan atas tiap anggota lainnya secara terpisah, tetapi penyangkalan terhadap suatu anggota akan mencakup penegasan mengenai kemungkinan dari semua anggota yang lain. Contoh: Kalau dikatakan baju itu merah, maka di dalamnya tercakup pengertian baju itu tidak hijau,tidak putih.

3 Antonim Gradual Antara dua istilah yang berlawanan masih terdapat sejumlah tingkatan antara. Contoh: antara panjang dan pendek terdapat gradasi /tingkatan sangat panjang, lebih panjang.

4 Antonim Relasional Antara dua kata yang mengandung relasi kebalikan Contoh: orang tua – anak, suami – istri, guru – murid, menghentikan – behenti. Utara – Selatan.

5 Antonim Hirarkis Antonim yang terjadi karena tiap istilah menduduki derajat yang berlainan. Contoh: inci – kaki – yard, milimeter – centimeter – dsimeter – meter – kilometer


Download ppt "Bentuk Antonim Antarkata Antonim kembar : Penyangkalan terhadap yang satu berarti penegasan terhadap anggota yang lain, penegasan terhadap yang satu berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google