Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KRITIK SENI Pertemuan ke 9. Kritik Seni Kritik seni sebagai ilmu pengetahuan terdiri atas kumpulan teori sebagai hasil pengkajian yang teliti oleh pakar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KRITIK SENI Pertemuan ke 9. Kritik Seni Kritik seni sebagai ilmu pengetahuan terdiri atas kumpulan teori sebagai hasil pengkajian yang teliti oleh pakar."— Transcript presentasi:

1 KRITIK SENI Pertemuan ke 9

2 Kritik Seni Kritik seni sebagai ilmu pengetahuan terdiri atas kumpulan teori sebagai hasil pengkajian yang teliti oleh pakar estetika dan pakar teori seni. Pada dasarnya pengetahuan ini dikembangkan dari kenyataan di lapangan. Teori kritik seni mencangkup segala sesuatu yang berhubungan dengan persyaratan dan metodologi yang deperlukan dalam kegiatan mengapresiasi dan menilai karya seni. Pada prinsipnya ada dua pendekatan yang dilakukan untuk membangun teori kritik seni.

3 pendekatan yang dilakukan untuk membangun teori kritik seni : Berakar pada pendekatan filsafat metafisis yang melahirkan tipe kritik yang bersifat dogmatis. Pendekatan empiric modern yang mengpergunakan data objektif sebagai bassis penilaian karya seni.

4 Tujuan kritik seni evaluasi seni, apresiasi seni, dan pengembangan seni ke taraf yang lebih kreatif dan inovatif. Bagi masyarakat kritik seni berfungsi untuk memperluas wawasan seni. Bagi seniman kritik tampil sebagai ‘cambuk’ kreativitas. Suatu ketika kritik seni berperan memperkenalkan karakteristik seni baru. Kebangkitan seni modern, misalnya, sukar dipisahkan dari aktivitas kritik.

5 Dalam kritik seni sesungguhnya tedapat tiga asumsi terpenting, yakni: 1) Kritik sebagai aktivitas apresiasi seni 2) Kritik sebagai aktivitas penghakiman 3) Kritik sebagai aktivitas seni tersendiri


Download ppt "KRITIK SENI Pertemuan ke 9. Kritik Seni Kritik seni sebagai ilmu pengetahuan terdiri atas kumpulan teori sebagai hasil pengkajian yang teliti oleh pakar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google