Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 4 KEPEMIMPINAN Definisi: 1.Proses kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan orang lain/kelompok (pengikut) dalam hubungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 4 KEPEMIMPINAN Definisi: 1.Proses kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan orang lain/kelompok (pengikut) dalam hubungan."— Transcript presentasi:

1

2 BAB 4 KEPEMIMPINAN Definisi: 1.Proses kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan orang lain/kelompok (pengikut) dalam hubungan organisasional u/mendapatkan suatu tujuan pribadi&/tujuan organisasi. 2.Suatu seni /proses mempengaruhi sekelompok orang,sehingga mereke mau bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompok (H.Koonts & Cyrill O”Donnel,1982) 3.Kemampuan untuk mengajak orang lain mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan penuh semangat (Davis,1997) 4.Kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar supaya bekerja dengan ikhlas untuk mencapai tujuan bersama (Terry,1960) Wirausahawan yang berhasil: -merupakan pemimpin yang berhasil memimpin pengikut (anak buah) -sebagai pemimpin harus menemukan peluang usaha,mengelola SDM dengan baik Perilaku pemimpin: -berorientasi pada tugas -berorientasi pada orang/manusia

3 Pedoman kepemimpinan yang baik: -perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Pemimpin & Manajer Ada 2 macam pemimpin: 1.Natural leader: Seseorang yang terutama dengan menggunakan nalurinya,sikapnya,kemampuannya,& ciri-ciri kepribadiannya dapat menciptakan keadaan sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerhasama untuk mencapai tujuan. 2.Management leader: Seseorang dengan kedudukannya sebagai pemimpin terutama dengan melaksanakan tugas berdasarkan prinsip dasar manajemen,untuk perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan & pengendalian sehingga dapat menciptakan keadaan orang yang dipimpinnya saling bekerjasama untuk mencapai tujuan. Pemimpin belum tentu seorang manajer,tetapi seorang manajer adalah seorang pemimpin (Huse &Bowditch,1977) Manajer adalah orang yang bertugas mengkoordinasikan kegiatan orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan dengan melaksanakan fungsi manajemen.(perencanaan

4 Pengorganisasian,pelaksanaan,pengendalian) Pemimpin adalah orang yang mampu/pandai mempengaruhi & menggerakkan orang lain u/ mencapai tujuan tertentu,dengan demikian kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang pemimpin,juga memiliki kemampuan manajerial. B. TEORI KEPEMIMPINAN 1.Teori genetis: “leader are born and not made” 2.Teori sosial:”leader are madennot born” 3.Teori ekologis:”seseorang akan berhasil menjadi pemimpin yang baik apabila “ia”waktu dilahirkan telah membawa bakat-bakat,selanjutnya bakat dikembangkan melalui pendidikan yang teratur & pengalaman-pengalaman yang memungkinkan untuk jadi pemimpin. C. SIFAT KEPEMIMPINAN Yang dapat mendukung keberhasilan pemimpin dalam mengantisipasi macam-macam kondisi untuk 1.Sosial sensitivity: dengan tepat dapat merasakan & mengerti tingkah laku anggota kelompok & peka terhadap kebutuhannya. 2.Behavior flexibility : dapat menyesuaikan tingkah lakunya untuk mengadakan perubahan sesuai dengan kebutuhan & situasi kelompoknya.

5 GAYA KEPEMIM PINAN: 1.Otokratis : berpusat pada pemimpin 2. Demokratis: diskusi bersama

6 3.Laizes Faire : kebebasan bagi individu


Download ppt "BAB 4 KEPEMIMPINAN Definisi: 1.Proses kemampuan seorang pemimpin untuk mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan orang lain/kelompok (pengikut) dalam hubungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google