Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
PROSES AWAL PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
PROF. DR. KH. DIDIN HAFIDHUDDIN, M. SC
UNIVERSITAS PASUNDAN Universitas Pasundan (Unpas) berdiri sejak tanggal 14 November 1960, didirikan oleh Paguyuban Pasundan(1913). Pada usianya menjelang.
Data-Data, Tata Cara Pendataan, dan Pemetaan Keluarga
Rasulullah Profil Teladan Sepanjang Masa
UNIVERSITAS ISLAM ASY-SYAFI`IYAH JAKARTA  PENGERTIAN PANCASILA  PENGERTIAN KEBUDAYAAN  HUBUNGAN ANTARA PANCASILA DAN KEBUDAYAAN  PENGERTIAN.
Arti Revolusi Pada tanggal 27 November 1956 diadakan upacara pemberian gelar Doctor Honoris Causa kepada Bung Hatta oleh Universitas Gadjah Mada, bertempat.
B A B 15. Kesimpulan Penelitian adalah hasil suatu proses tertentu pada penelitian dengan cara menarik dalam arti memindahkan sesuatu (bukanlah merupakan.
Hak Asasi Anak dan Perempuan
LATIHAN SOAL SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Pendidik Nasionalis Yang Agamis
SENI DALAM PANDANGAN UMUM
Pengampu : Terry Irenewaty M.hum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2011.
Universitas Gunadarma Fakultas Psikologi for further detail, please visit
EKO RUDYANTO, Pembelajaran Seni Grafis Cetak Saring pada Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Pati.
Kelompok 4 Adi Jadmiko (03) Doni Pradana (08) Gilang Pratama (13)
A. Syarat Materil : B. Syarat Formil Materil Umum/Absolut
Selo Soemardjan Annisa Nur .A Mia .F Nadya R Shifa
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA
dasar apreasiasi seni rupa anak
TATA CARA MEMPEROLEH KEWARGANEGARAAN RI
TM 5 Penyusunan Proposal
والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan.
Orang Tua Hebat : Inisiasi Revolusi Mental Bangsa Indonesia
Warga Negara Pewarganegaraan.
SRI WINDARTI, PERAN MASJID MENARA KUDUS BAGI WISATAWAN, MASYARAKAT SEKITAR DAN PENDIDIKAN GENERASI MUDA.
BAHASA DALAM TATA NASKAH DINAS
Cum Laude Menurut rencana, pada tanggal 18 Februari 1968, Bung Hatta, Pak Njoto Amidjojo, Pak Hutabarat serta dua calon promo-vendus, Drs. Zainul Jasni.
Profil kh ahmad azhar basyir
BIODATA Nama : Lia Anggraini, SKM,M.kes
Prof. DR. H. YUSUF SUYONO, MA.
PEMBATASAN TERHADAP ISI TESTAMENT
SENI RUPA PAMERAN SENI RUPA.
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO
Negara, Agama dan warga Negara
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
Seni Lukis Indonesia Modern PraNasionalisme Pertemuan 6
WIDYA SULISTIA, Pembelajaran Berbasis Budaya Dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas II SD Negeri 01 Kendaldoyong Petarukan Pemalang Pada Mata.
Pandangan Filsafat Sejarah Karl Marx
SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Teori Kinetik Gas Thermodinamika Media Pembelajaran Berbasis TIK
NUR CAHYANI, Fakot-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Prancis pada Siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 8 Semarang.
Negara, Agama dan warga Negara
Sri Rohyanti Zulaikha UPAYA LEMBAGA KEPENDIDIKAN ILMU KEPUSTAKAWANAN DALAM MENCETAK CALON PUSTAKAWAN BERCITRA POSITIF Sri.
Latar Belakang Integrasi-Interkoneksi
RIWAYAT HIDUP ANAK I. A. IDENTITAS ANAK Nama Anak : Jenis Kelamin :
VISI DAN MISI 0LEH Motto:
Pendekatan dalam melakukan apresiasi
Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6
POKOK BAHASAN (3) HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA.
Saya dan kelompok saya akan menceritakan tentang sunan ampel.
ILMU ALAMIAH, BUDAYA DAN SOSIAL DASAR
Summative Assessment Unit 3
PROFIL PENGAJAR Nama : Ir. Hendro Budi Santoso M.Si
PERKAWINAN CAMPURAN.
Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
Berkarya seni rupa.
Negara, Agama dan warga Negara
PERENCANAAN PRODUK PARIWISATA
KONSORSIUM DAN INTEGRASI ILMU
DEPARTEMEN PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS PENDIDIKAN SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2015 Sekilas pandang.
DR. DEDE RAHMAT H Biografis Lahir di sukabumi, 26 April 1971 Pendidikan : Doktor (S3) Psikologi & Konseling Universiti Kebangsaan Malaysia.
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
Peran Orang Tua dalam Pembangunan Keluarga dan Bina Keluarga
KREASI KARYA SENI RUPA.
Keindahan dan Estetika
BAHASA DALAM TATA NASKAH DINAS
Transcript presentasi:

Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8 KARYA SENI AMRI YAHYA Oleh : Aulia hazar putri XII IPA 8

PROFIL AMRI YAHYA : 1. Nama lengkap : Ki Prof. Dr. H. Amri Yahya 2. Tempat tanggal lahir : Ogan Ilir-Palembang, 29 September 1939. 3. Agama : Islam 4. Pekerjaan : Guru besar Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. 5. Nomer Induk Pegawai : 130367418 6. Bidang Ilmu : Seni Lukis dan Pendidikan Seni Rupa 7. Status Keluarga : Menikah 8. Alamat : Jl. Gampingan No.6 Yogyakarta 55253

Ayah : Yahya (alm. 1951) Ibu : Zainab (almh. 1985) Istri : Hj. Sud Sri Zuzamti (lahir 9 September 1944) Anak : 1. Emi Palupi Yogananti (1962) 2. Adwi Prasetya Yogananta (1964) 3. Yunipan Nur Yogananta 91967) 4. Feriqo Asya Yogananta (1970) Menantu : 1. H. Yanrezeki (1959) 2. Jubaidah (1965) 3. Dwiyana Putri Nurcahyani (1975) Cucu : 1. Hajar Ismail (1983) 2. P.K. Arasy Amri (1991) 3. Mirza Nur Marhan (1994) 4. Juan Gifari Amri (2002)

BIOGRAFI AMRI YAHYA Amri Yahya dan Seni Lukis Kaligrafinya Tahun 1976–2000 M Sekitar abad ke-20, banyak tokoh seniman yang bermunculan di Indonesia. Akan tetapi, masyarakat Indonesia banyak yang tidak mengetahui perjalanan hidup dari para tokoh seniman tersebut. Bahkan masyarakat kebanyakan hanya mengetahui nama-nama mereka saja. Salah satu seniman yang terkenal pada waktu itu adalah Amri Yahya, dia banyak mencurahkan perhatiannya terhadap dunia seni, terutama seni lukis. Dia banyak menghasilkan karya seni, baik berupa lukisan murni maupun lukisan kaligrafi islami. Hasil karyanya banyak dikoleksi oleh berbagai lapisan masyarakat baik dalam maupun luar negeri, mulai dari pejabat, pengusaha, maupun orang-orang awam.

Amri Yahya merupakan salah satu tokoh seni lukis batik kontemporer, dia juga menjadi salah satu pelopor seni lukis kaligrafi islami. Dia adalah seorang seniman sekaligus dosen seni di berbagai universitas ternama di Yogyakarta, seperti UNY, UIN Sunan Kalijaga, UII, AKK, dan lain-lain. Kepatuhannya dalam dunia seni telah mengantarkan dia memperoleh gelar doktor dan profesor honoris causa dari Universitas Negeri Yogyakarta. Hal-hal yang melatarbelakangi dia menekuni seni lukis kaligrafi adalah karena faktor usia, ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah, terinspirasi pada waktu berkunjung ke luar negeri dan kota-kota besar di Indonesia, mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat, dan berniat untuk dakwah di jalan Allah. Perkembangan yang terjadi pada hasil lukisan kaligrafinya sangat signifikan dari waktu ke waktu, mulai dari bentuk tulisannya yang sederhana, kemudian lebih indah dan seterusnya. Model tulisan kaligrafinya bercorak naskhi dan tsulus, adapun alirannya adalah abstrak-ekspresionis. Lukisan kaligrafi yang dihasilkannya mengandung banyak nilai di dalamnya, yaitu nilai keindahan, nilai pendidikan, dan nilai dakwah. Hal ini dapat dilihat dari bentuk tulisannya yang sederhana, dan mudah difahami.

PANDANGAN UMUM Amri Yahya adalah sosok yang tak hanya pintar melukis batik tapi juga mencermati dan mengkritisi sikap bangsa Indonesia dalam memperlakukan batik. Ia sangat sedih luar biasa saat mengetahui Malaysia berupaya mematenkan batik sebagai karya negeri jiran tersebut. ”Padahal dunia luar sudah lama mengetahui dan mengakui bahwa batik adalah milik bangsa Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia mengenal seni batik. Ini merupakan kesalahan kita sendiri, karena kita kurang menghargai apa yang disebut hak paten,” katanya.

Ia begitu dikenal sebagai pelukis batik yang tersohor hingga mancanegara. Kesetiaannya terhadap dunia seni itu telah mengantarkan ia meraih gelar doktor dan profesor honoris causa. Amri yang kesehariannya juga menjadi dosen itu pun disebut-sebut sebagai perintis terkemuka dalam seni lukis batik kontemporer. Pilihannya menjadi pelukis batik, bukan hanya karena ingin mencari sesuatu yang lain tapi juga karena ia ingin menjaga salah satu akar seni tradisional Indonesia. Karena itulah, dalam wawancara dengan wartawan sebelum ia wafat, Amri sempat menyatakan kesedihannya ketika ada negara lain yang mengklaim batik sebagai karya budaya mereka. Wajar jika sepanjang perjalanan hidupnya, ia total mendedikasikan diri bagi upaya menjaga dan melestarikan batik Indonesia. Saking cintanya kepada batik, setiap kali ayah empat anak ini diundang untuk pameran dan ceramah ia selalu membawa perabotan membatik dan melukis secara lengkap seperti kompor kecil, canting, lilin dan lainnya. Disela ceramahnya, ia mendemonstrasikan keahlian melukis batik.

KARYA-KARYA AMRI YAHYA

Kritik karya Amri Yahya : Menurut saya karya dari amri yahya ini merupakan lukisan yang sederhana namun terlihat sangat menarik untuk dilihat. Walaupun hanya bercorak abstrak tetapi karyanya sangatlah menarik, penuh arti, dan sangat luar biasa.