Mobile Programming Intro Android.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
ARCHITECTURE.
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
Pemrograman Perangkat Mobile
Content Provider pada Android
Pendahuluan Android Sekilas tentang Android.
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
PIBJ (PEMROGRAMAN INTERNET BERBASIS JAVA)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
JSF Java Server Faces.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Komponen Aplikasi Android
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Android database mysql dan webservice
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
Android database mysql dan webservice
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pemrograman Mobile Location Based Service
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Transcript presentasi:

Mobile Programming Intro Android

Capaian Pembelajaran Mengenal arsitektur OS (Operating Sistem) Android. Mengenal IDE Android Studio. Mengenal struktur aplikasi mobile berbasis Android. Memahami fungsi file inti dalam aplikasi mobile berbasis android; AndroidManifest.xml, MainActivity.java, activity_main.xml strings.xml

Arsitektur OS Android OS Android terdiri dari tumpukan komponen perangkat lunak yang dibagi menjadi lima bagian. Application Application Framework Libraries Android Runtime Linux Kernel Kelima bagian perangkat lunak tersebut tersusun dalam empat lapisan utama

Arsitektur OS Android

Arsitektur OS Android Lapisan yang paling dominan dalam pembuatan aplikasi berbasis Android adalah bagian: Application Merupakan lapisan tempat aplikasi-aplikasi android yang sering digunakan oleh pengguna Andoid. Application Framework Lapisan Application Framework berisi java classes yang melayani berbagai kebutuhan aplikasi Kita sebagai pengembang aplikasi dapat memanfaatkan layanan dari java classes pada lapisan application framework ini

Komponen Aplikasi Bebasis Android Aplikasi mobile berbasis Android dimungkinkan memiliki komponen-komponen sebagai berikut; Komponen Fungsi / Deskripsi Activities Menentukan UI dan menangani (handle) interaksi pengguna pada layar smartphone. Services Menangani background processing dari suatu aplikasi. Broadcast Receivers Menangani komunikasi aplikasi dengan OS Android Content Providers Menangani hal yang terkait pengelolaan data dan database

Activities Satu activity merepresentasikan satu tampilan layar berisi UI (User Interface), berarti aplikasi wajib memiliki komponen ini Contoh implementasi activity; aplikasi email memiliki; 1 activity untuk pengguna membuat email 1 activity untuk pengguna membaca email Jika suatu aplikasi memiliki lebih dari satu activity, maka salah satu dari activity harus menjadi activity utama (MainActivity) yang akan ditampilkan saat aplikasi dijalankan.

Activities Class MainActivity Class MainActivity adalah class activity utama yang akan ditampilkan pertama kali saat aplikasi dijalankan. class MainActivity merupakan turunan dari class activity. Penulisan class MainActivity: public class MainActivity extends Activity { }

Services Services merupakan komponen (dalam bentuk class) yang diperlukan jika aplikasi ingin memiliki fitur runs in the background. Contoh: Aplikasi music player yang tetap mengalunkan music meskipun aplikasi sedang tidak ditampilkan dilayar. class jenis service merupakan turunan dari class Service Penulisan komponen service: public class MyService extends Service { }

Broadcast Receivers Komponen broadcast receiver akan merespon pesan dari sistem atau aplikasi lain. Komponen broadcast receiver (dalam bentuk class) diperlukan jika aplikasi ingin memiliki fitur komunikasi dengan sistem atau aplikasi lain. Class jenis broadcast receiver merupakan turunan dari class BroadcastReceiver Penulisan komponen broadcast receiver: public class MyReceiver extends BroadcastReceiver { }

Content Provider Komponen content provider men-supply data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya berdasarkan permintaan. Data tersebut dapat disimpan dalam sistem file, database atau tempat lainnya. Class jenis content provider merupakan turunan dari class ContentProvider Penulisan komponen content provider: public class MyContentProvider extends ContentProvider { }

Android Studio Welcome Screen

New Project

Menentukan Target Device

Memilih/Menambahkan Activity

Meng-Custom Activity

Tampilan Setelah Project Jadi

Struktur Aplikasi Android Secara garis besar aplikasi android terdiri dari 3 bagian (folder): manifests java res

Struktur Aplikasi Android Jika 3 folder tersebut di expand (buka) maka akan terlihat seperti gambar di samping. Terdapat beberapa file inti (yang wajib diketahui) dalam folder2 tersebut, yaitu: AndroidManifest.xml MainActivity.java activity_main.xml strings.xml

File Inti Aplikasi Android Berikut adalah file inti dalam aplikasi android yang wajib diketahui pertama kali: AndroidManifest.xml MainActivity.java activity_main.xml strings.xml

AndroidManifest.xml File yang pertama dijalankan pada saat aplikasi dipanggil/dijalankan Mengatur jalannya aplikasi Berisi definisi dan daftar semua class activity yang ada pada aplikasi kita (biasanya merujuk ke file .java).

AndroidManifest.xml Definisi activity Menandakan activity yg pertama kali dijalankan Definisi activity

AndroidManifest.xml Pada aplikasi biasanya terdapat beberapa activity (misal; About, Product, Help, dsb). Activity yang pertama kali dijalankan pada AndroidManifest.xml biasanya adalah class MainActivity (filenya: MainActivity.java). Pada definisi MainActivity ini biasanya diberi atribut category sebagai LAUNCHER di dalam tag <intent-filter>, yang menandakan bahwa activity tersebut dijalankan pertama kali. Activity yang didefinisikan category LAUNCHER pada tag <intent- filer> merupakan activity utama (yang pertama kali tampil)

MainActivity.java Activity merupakan layar halaman (beserta UI) yang kita buat utk aplikasi kita, satu activity berarti satu layar halaman. MainActivity adalah layar halaman yang merupakan layar halaman utama dari aplikasi kita, Pada AndroidManifest.xml, MainActivity biasanya didefinisikan memiliki atribut category sebagai LAUNCHER.

MainActivity.java onCreate(), method dijalankan jika class activity tersebut akan aktif Definisi Layout layar

MainActivity.java Pada setiap class activity terdapat method onCreate() yang merupakan method yang selalu dijalankan pada saat class activity tersebut akan aktif. Di dalam method onCreate() tesebut terdapat instruksi setContentView(R.nama_layout) merupakan definisi layout yang digunakan oleh activity. Pada MainActivity.java; setContentView(R.layout.activity_main); Artinya: Layar menggunakan layout tampilan yang ditulis pada activity_main.xml yang terletak di folder res  layout Nama file layout biasanya merupakan kebalikan dari nama class activity dan dalam huruf kecil, Contoh; Nama class: MainActivity.java Nama Layout: activity_main.java

activity_main.xml File yang berisi layout yang mengatur tampilan dari layar halaman MainActivity. File layout berisi definisi seluruh pengaturan (setting) tampilan termasuk widget beserta pengaturannya yang dipakai pada layar halaman. Pengaturan tampilan diantaranya; Pengaturan jenis layout, Definisi widget-widget yang dipakai, Pengaturan ukuran, Pengaturan warna, Pengaturan letak, dsb.

MainActivity.java Definisi jenis layout dan pengaturannya Definisi widget TextView

strings.xml File ini digunakan untuk menampung seluruh string/teks yang sering digunakan dalam aplikasi android kita. Contohnya; dalam menampilkan message box tentunya kita menggunakan teks sebagai informasi, pesan, petunjuk atau output, teks tersebut tentunya digunakan berkali-kali. Hal ini sangat membantu utk kita tidak membuat banyak variable utk suatu nilai yang tidak berubah namun sering digunakan. Hal ini memudahkan kita untuk membuat aplikasi yang multi bahasa, karena kita cukup menuliskan teks pada file strings.xml untuk bahasa yang dituju tanpa harus memodifikasi program.

strings.xml Menggunakan teks yang ada di file strings.xml dengan name: teksDisplay Definisi teks dengan nama: teksDisplay

Terima Kasih