KEBUDAYAAN DAN AGAMA Clifford Gerrtz SLIDE 4.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kapita Selekta Budaya Nusantara
Advertisements

“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
Kuliah ke 4 Kwn Identitas Nasional.
SEJARAH DAN PERIODISASI TARI DI INDONESIA
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
Asal Usul Agama & Hakekat Magi
Religion gabungan Ida Kristin Sianipar
Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia
SISTEM KEPERCAYAAN DAN KEJAHATAN
Worldview & Intercultural Communication
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
Struktur sosial masyarakat
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
WAYANG KULIT maulfisr.lecture.ub.ac.id.
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
SISTEM KEPERCAYAAN MASYARAKAT PRIMITIF
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DIFERENSIASI SOSIAL.
TUHAN ITU BEGITU NYATA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
SOSIOLOGI AGAMA Dr Erna Karim M Si.
SEJARAH INDONESIA.
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Estetika nusantara.
Maria Angelia Christine, Simangunsong, S,Th, M.Pd.k
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
Worldview: Cultural Explanations
AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
PERGESERAN MAKNA SENI TARI PRAJURITAN DESA TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO Dwiyan Novriawan Drs. Tri Widiarto, M.Pd.
Struktur sosial masyarakat
PERBEDAAN BUDAYA.
Agama dan Keberagaman Budaya Materi diskusi Lokakarya Pendidikan Agama “Membangun Wawasan Bhinneka Tunggal Ika Melalui Penanaman Nilai-nilai Agama” Institut.
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6
MD101Q & MD101R Pengampu: Tony Tampake
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Assalamu’alaikum Wr Wb. Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan dan Tujuan 2. Pemecahan Masalah 3. Pembangunan Diri Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan.
RUWATAN Kelompok 3.
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
Struktur sosial masyarakat
ARTI TUHAN : Berasal dar i Tuan, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti : 1. Orang tempat mengabdi 2. Orang yang memberi pekerjaan 3. Orang laki-laki.
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb.
DESAIN DAN KEBUDAYAAN Oleh rudi Irawanto Slide 3.
SISTEM HUKUM ADAT OLEH: ARINTO NUGROHO.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
Konsep Ketuhanan Animisme dan Dinamisme
KAIN TAPIS LAMPUNG OLEH : KELOMPOK 16 KORTEN : Ahmad Salsabila.
Bab.4 KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA Kelompok 4. X-6 Nama Anggota : 1. Firizki Rahayu Maharani 2. Febri Nuryadi 3. Fredrik Ariel.O 4. Erlando 5. Widya.
SISTEM HUKUM ADAT OLEH: ARINTO NUGROHO.
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam
SISTEM KEPERCAYAAN ISIP 4214 ABDUSSHAUFI, M.PD. A. RELIGI DAN SISTEM KEPERCAYAAN Religi (Fischer) : apabila kesadaran akan adanya hal-hal yang dianggap.
Transcript presentasi:

KEBUDAYAAN DAN AGAMA Clifford Gerrtz SLIDE 4

Create of Adam

RELEGI DAN RITUAL Kepercayaan Spritualitas Keimanan Upacara khusus Memiliki tradisi Petunjuk untuk hidup

PAGANISME Paganisme, dalam arti yang luas mencakup ajaran keagamaan diluar agama abrahamik, dan, dalam arti sempit, semua kecuali Kristen, Yahudi, dan agama Islam. Istilah ini juga digunakan sebagai setara dengan Politeisme. Paganisme melihat alam memiliki kekuatan yang berimplikasi terhadap kehidupan manusia. Maka para penganut pagan berupaya menselaraskan kehidupannya dengan siklus alam

TAKHAYUL Kepercayaan terhadap kekuatan supranatural (tylor)

AGAMA (1) Sistem simbol-simbol yang berlaku untuk (2) menetapkan suasana hati dan motivasi yang kuat , meresapi dan tahan lama dalam diri manusia dengan (3) merumuskan konsep-konsep mengenai suatu tatanan umum eksistensi dan (4) membungkus konsep ini dengan semacam pancaran faktualitas, sehingga (5) suasana hati dan motivasi itu tampak khas realitas (Gertz) Agama merupakan candu masyarakat (Marx)

RELEGI LESAN DAN TERDOKUMENTASI Disampaikan secara lesan Reference lokal Tdak memiliki dogma yang kuat Terintegrasi dengan paham –paham non relegius RELEGI TERDOKUMENTASI Tertulis Memiliki kitap suci Memiliki konversi relegius

BENTUK BENTUK RELEGI PRIMITIF Animatisme Kepercayaan praanimisme yang menyakini sebuah kekuatan yang tidak berbentuk dalam sosok atau figur-figur. Animisme Kepercayaan tentang kekuatan adikodrati dalam bentuk yang telah berwujud. Pemujaan Terhadap Leluhur Kepercayaan tentang wujud roh nenek moyang yang turut mempengaruhi kehidupan pada hari ini. Pemujaan Terhadap Leluhur Kepercayaan tentang wujud roh nenek moyang yang turut mempengaruhi kehidupan pada hari ini.

KONSEP KETUHANAN Monoteisme Politeisme Monisme Pantheisme

MONOTHEISME Paham yang meyakini Tuhan sebagai sesuatu yang bersifat tunggal Paham monotheisme dinilai bersumber dari ajaran Ibrahim Beberapa agama besar mengakui paham monotheisme

POLITHEISME Kepercayaan tentang perwujudan Tuhan dalam berbagai bentuk Kekuasaan adikodrati dalam beragam tingkatan atau perwujudan

MONISME Keberadaan Tuhan melebur dalam keberadaan dunia.

PANTHEISME Dunia melebur di dalam Tuhan, dengan salah satu cara dunia merupakan salah satu hakikatnya

KONSEP KETUHANAN DALAM KEBUDAYAN NUSANTARA Sastra dan artefak sufistis di Jawa bernuansa Monoisme dan Pantheisme Wayang Kulit merupakan salah satu simbolisasi Visual monoisme dan Panthesime

Kelir Blencong/cahaya Pentas Wayang menjadi simbolisasi ADA Dalang menjadi simbolisasi Dzat Tuhan Ketika dalang berperan sebagai dzat Tuhan maka posisinya menjadi tidak penting. Penonton akan melihat wayang tanpa melihat dalangnya (proses Monoisme) Gerakan wayang adalah gerakan dalang (proses Pantheisme) Dalang Wayang Dzat Tuhan melebur pada ADA Penonton berada dibalik layar tidak dibelakang dalang.

DZAT TUHAN DAN KOSMOLOGI NUSANTARA Pandangan tentang Tuhan mempengaruhi pandangan tentang kosmologi Pandangan kosmologi mempengaruhi elemen budaya yang lain (aktifitas dan budaya fisik) Struktur budaya visual mempengauhi perwujudan artefak kebudayaan yang ada

DZAT TUHAN DALAM KONSEP KEBUDAYAAN NUSANTARA Konsep Dewaraja Konsep pantheisme dan monisme dalam perwujudan . Konsep ketuhanan yang tanpa perantara. Ketuhanan menyatu dalam figur atau sosok tertentu

Dualisme Kosmis dalam “agama” Nusantara Konsep dunia atas dan dunia bawah Proses hierogami (perkawinan) antara dunai atas dan dunia bawah Keturunan mereka menjadi penguasa dunai (teogoni) dan menghasilkan strata sosial (antropogoni) Lambang atas dan lambang bawah atau antar dewa mengasilkan konflik peperangan ( teomakhi) Kematian merupakan sarana pengorbanan diri untuk kesejahteraan yang menghasilkan sarana kesejahteraan (mitos aitiologis)

Payung Manik-manik Burung Binatang pengapit Jambangan bunga Pohon kalpataru Kalpataru merupakan representasi dunia tengah

Kalpataru di candi pawon Kalpataru di candi Prambanan

Gunungan merupakan salah satu Representasi karakter Dunia. Dunia Atas Kalpataru Dunia Bawah

Dewi Sri Loro Blonyo Paham patheisme dalam perwujudan Dewi Sri

Klasifikasi Dunia Pembagian dunia dalam 4 elemen. Pada beberapa kasus muncul elemen ke lima Konsep macapat atau pola empat di Jawa diaplikasikan dalam beberapa elemen Prinsip hitungan 4 dan 5 diturunkan menjadi konsep hemerologi (perhitungan hari baik dan buruk)

RITUAL DALAM KONTEKS KOSMOLOGI Raden Kamajaya dan Dewi Komaratih yang digambar pada kelapa muda Kelahiran