Pertemuan Ke-11.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AL HAKIM (yang berhak membuat hukum)
Advertisements

BAB IV. PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SALEH
ETIKA MORAL DAN AKHLAK ETIKA AJARAN TENTANG BAIK DAN BURUK BERDASARKAN  AKAL MORAL.
TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DOSEN: Muh. Samsudin, S. Ag, M.Pd
Antara dunia dan akhirat
AKHLAK.
Bab 4 : Berperilaku Terpuji
Berbagai Perilaku Tercela
Peran Agama dalam Pembangunan Moral Bangsa
Berperilaku Terpuji Bayu Kresna Mukti Habibur Rachman
Akhlak Materi -11.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
Akhlak-Moral-Etika Created by : Ci Hadi Purnomo
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ETIKA, MORAL, DAN AKHLAQ Pengertian Etika, Moral, dan Akhlaq
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
Pertemuan Ke-9.
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
NAMA : - Maya Indah. S ( ) -Sri Hardiyanti ( )
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB VII ETIKA, MORAL DAN AKHLAK.
BAB 3 AKHLAK PENGERTIAN AKHLAK AKHLAK KEPADA ALLAH SWT
KONSEP AL-HAAKIM (PEMBUAT HUKUM).
“ Penerapan Etika, Moral dan Akhlak Dalam Kehidupan “
SISTEMATIKA PENGAMALAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AKHLAK MAHMUDAH ))) assalamualaikum (((
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
Akhlak Materi -7.
KUMPULAN DOA SEMOGA BERMANFAAT Zainal arifin. b.
Menghindari akhlak Tercela Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah
DOA HARIAN RAMADHAN.
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
OLEH RIDA ARIFI HIDAYATIFAMA MATEMATIKA(NK) A
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
Ulangan Harian Pendidikan Agama Islam
BERBISNIS SECARA SYAR’I…
Sayid Sabiq Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo
Etika, Moral, dan Akhlak Oleh : Kelompok 5
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
AKHLAK, ETIKA-MORAL, DAN TASAWUF
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Etika Individu Pebisnis (Akhlaq Pebisnis Muslim)
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Cinta yang membawa ke surga
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
HIDAYAH MILIK ALLAH SURAH AL-AN’AM : AYAT 125.
Model Pembangunan Potensi Manusia
Bab 20: BERSUCI ASAS KEHIDUPAN UNIT 1: KONSEP BERSUCI
Cinta yang membawa ke surga
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Makna Tasyri’ Dari segi bahasa: 1-Sumber air 2-Jalan yang lurus
AKHLAK KOMPETENSI DASAR:
BAB 1: AKHLAK MUSLIM TERHADAP AGAMA ISLAM
BAB 2: MENJAGA AKHLAK TERHADAP ALLAH
Firman Allah SWT: Surah Luqman [31:17] “Wahai anak kesayanganku, dirikanlah solat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan serta laranglah (manusia) daripada.
Cinta yang membawa ke surga
DAKWAH: Saling menasihati dan Berbuat Baik (Ihsan)
Disusun oleh : Irfan Nur Azhari( ) Wahyu Utomo Budi Prasetyo( ) Eko Suryo Utomo( )
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
KBM 3 AKHLAK ISLAMIAH BAB 1 : MENSUCIKAN JIWA
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
KBM 3 AKHLAK ISLAMIAH BAB 2: HATI YANG SIHAT
Hukum Pernikahan Beda Agama (Dalam Perspektif Islam) KARYA TULIS & PEMIKIRAN Diselesaikan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Jurusan ekonomi.
Transcript presentasi:

Pertemuan Ke-11

Konsep Baik dan Buruk dalam Islam Makna baik dan buruk dalam Islam Kriteria baik dan buruk Akhlaq utama / terpuji (mahmudah) dan cara membentuknya. Akhlaq tercela (madzmumah) dan cara menghindarinya.

Makna baik dan buruk Makna baik dalam al-Qur’an disebutkan dengan kata-kata yang beda-beda, antara lain: Al-Husnu adalah segala sesuatu yang menggembirakan lagi disenangi. Ini ada tiga bentuk: Sesuatu yang dianggap baik oleh akal (rasio) Sesuatu yang dianggap baik oleh hawa nafsu. Sesuatu yang dianggap baik oleh panca indra (mata). Al-Hasanah adalah segala sesuatu yang membahagiakan berupa kenikmatan yang sampai pada manusia di dalam jiwanya, badannya dan keadaannya (perbuatan atau tingkahlakunya). Sedangkan kata as-Sayi’ah (keburukan) adalah sebaliknya. Keduanya merupkan kata yang musytarok, bisa ada pada hewan dan juga manusia.

Perbedaan kata al-Husnu-al-Hasanah dan al-Husnu Al-Husnu digunakan dalam dua tempat yaitu pada mata dan kejadian. Dan secara umum lebih banyak digunakan pada sesuatu yg dianggap baik oleh matan hati sanubari. Seperti seorang laki yang baik dan sangat baik, seorang perempuan yang baik dan sangat baik. Al-Hasanah gunakan pada sifat dan kejadian. Al-Husnu hanya digunakan pada suatu kejadian.

Ihsan dibagi dua makna yaitu: Memberikan kebaikan kepada orang lain, seperti ia berbuat baik kepada si fulan. Buat ihsan dalam bentuk perbuatan, artinya setelahia mengetahui suatu pengetahuan yang baik lalu mengamalkannya. Ihsan itu berada di atas keadilan, maka keadilan adalah memberikan sesuatu di atasnya dan mengambilnya untuknya. Sedangkan ihsan memberikan sesuatu darinya untuknya dan mengambil lebih sedikit darinya untuknya. Maka adil itu hukumnya wajib sedangkan ihsan itu hukumnya sunnah.

Makna Khair dan Syarr Al-Khair adalah sesuatu yang disukai setiap orang, misanya berakal, keadilan, keutamaan, dan sesuatu yang bermanfaat. Sedangkan al-Syarru sebaliknya. Al-Khair ini ada dua bentuk, yaitu: Al-Khair secara mutlak yaitu sesuatu yang disukai dalam setiap keadaan dan setiap orang. Misanya surga disifat dengan salam. Seperti perkataan orang: Tidak ada kebaikan dibalas dgn kebaikan yang setelah kebaikan itu adalah Neraka. Tidak ada kejelekan dibalas dengan kejelekan yang setelah kejelekan itu adalah surga. Al-Khair itu kadang dianggap baik oleh satu orang, namun belum tentu baik bagi yang lainnya.

Makna Thayyib dan Khabits Thayyib ada dua makna: Sesuatu yang benar-benar baik. Sesuatu yang dirasakan lezat (nikmat) oleh panca indera dan jiwa. Bumi yang subur, tanah yang tidak bernajis. Makanan yang baik bagi jiwa. Khabits ada beberapa makna: Sesuatu yang tidak disukai (dibenci). Sesuatu yang tidak sesuai dengan jiwa dari yang dilarang. Perbuatan yang buruk dari amalan yang shalih. Jiwa-jiwa yang kotor dari jiwa-jiwa yang suci. Sesuatu yang haram dari yang halal. Kafir dari yang mukmin Perbuatan fasid dari perbuatan yang shalih.

Ma’ruf dan Munkar Ma’ruf adalah nama untuk setiap pekerjaan yang diketahui kebaikannya oleh akal dan syara’. Munkar adalah sesuatu yang diingkari oleh akal dan syara’.

‘Izzun / ‘Izzah dan Dzillun/ Dzillah Mulya dan kemulyaan bagi Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang mukmin adalah kemulyaan yang tetap dan hakiki. Sedangkan Izzah bagi orang-orang kafir adalah dzillun (kehinaan). Orang yang ingin dapat izzah maka ia membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. Dzillah: Sesuatu yang terjadi dari keperkasaan. Sesuatu yang terjadi setelah kesusahan. Tunduk kepada kepada kedua orang tua.

Kesimpulan baik dan buruk Baik adalah adalah segala sesuatu yang dipandang baik oleh Allah dan Rasul-Nya dan sesuai al-Quran al-Sunnah. Buruk adalah segala sesuatu yang dipandang buruk oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak sesuai al-Quran al-Sunnah.

Kriteria Baik dan Buruk Kriteria baik dan buruk adalah prilaku yang tidak sesuai dengan akhlak yang mulya dan akhlak terpuji berdasar kepada al-Qur’an dan al-Sunnah.

Macam-macam Akhlak Akhlak Terpuji (Akhlaq al-Mahmudah) Akhlak Tercela (Akhaq al-Mazmumah)

Akhlaq al-Mahmudah Akhlak Terpuji (Akhlaq al-Mahmudah) adalah sifat yang tetap tertanam dalam jiwa (manusia) yang bersifat fitri atau dapat diusahakan yang menghantarkan kepada jalan yang terpuji menurut akal. Bisa dibedakan antara akhlak terpuji dengan akhlak lainnya dengan sungguh akhlak terpuji merupakan setiap yang jalan yang ditempuh oleh seorang individu atau masyarakat untuk menemukan jiwa2 kemanusiaan dalam melakukan kebaikan sekalipun terjadi perbedaan agama, mazhab, kebiasaan dan tradisi.

Akhlak Tercela (Akhlaq al-Mazmumah) Akhlak Tercela (Akhlaq al-Mazmumah) adalah sifat yang tetap tertanam dalam jiwa (manusia) yang bersifat fitri atau dapat diusahakan yang menghantarkan kepada jalan yang tercela menurut akal. Bisa dibedakan antara akhlak tercela dengan akhlak lainnya dengan sungguh akhlak tercela merupakan setiap yang jalan yang ditempuh oleh seorang individu atau masyarakat untuk menemukan jiwa2 kemanusiaan dalam melakukan keburukan sekalipun terjadi perbedaan agama, mazhab, kebiasaan dan tradisi.

Cara membentuk akhlak yang baik Memurnikan akidah (akidah yang benar) Berdoa Mujahadah Muhasabah Memikirkan bentuk2 yang menghadirkan atau membentuk kepada akhlak yang baik. Memperhatikan hukuman atau akidah yang ditimbulkan dari akhlak yang buruk. Himmah yang tinggi. Sabar Saling mewasiati dengan akhlak yang baik Berteman dengan orang baik dan orang2 yang memiliki akhlak yagn utama.