Struktur Class Java Android

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Workshop Developing Android Apps
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Pemrograman Berorientasi Objek
Abstract Class.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Applet Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat applet sederhana.
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
APPLET.
Inheritance Pertemuan 8
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
MODIFIER JAVA.
Pemrograman Berorientasi Objek
Content Provider pada Android
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Pemrograman Perangkat Mobile
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Exception Handling, Package, Abstract Class & Interface
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Interface Pertemuan 2.
ANDROID ACTIVITY.
Mobile Teknologi Pertemuan 2
PACKAGE.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemograman Lanjut M. Failrul Filza, S.Kom
Algoritma dan Struktur Data
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Inisiasi Class dan Object
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Struktur Class Java Android An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom

Package Statement Statement pertama yang diperkenankan di file Java adalah statement paket. Statement ini mendeklarasikan nama paket dan menginformasikan ke kompailer bahwa class yang didefinisikan adalah milik paket tersebut. Contoh package com.project.latihanandroid;

Import Statement Setelah statement paket, selanjutnya sebelum definisi class kita dapat mencantumkan sejumlah statement import. Contohnya : import android.os.Bundle; import android.annotation.SuppressLint; import android.app.Activity; import android.util.Log; Pernyataan ini menginstruksikan kepada interpreter untuk memuat class java.lang yang berisi class-class yang diperlukan untuk merancang bahasa pemrogramman java.

Interface Statement Suatu interface adalah seperti suatu class tetapi menyertakan sekelompok deklarasi metode. Ini juga merupakan bagian yang bersifat opsional dan digunakan hanya ketika kita berkeinginan mengimplementasikan sejumlah fitur pewarisan di dalam program. Contoh :

Class Definition Suatu program Java dapat berisi sejumlah definisi class. Class adalah element utama dan esensial dalam program Java. Class-class ini digunakan untuk memetakan objek dari masalah-masalah di dunia sebenarnya. Jumlah class yang digunakan bergantung dari tingkat kompleksitas masalah yang ingin dipecahkan. public class SplashScreen extends Activity implements OnClickListener

Main Method Class Dikarenakan setiap program stand-alone Java membutuhkan satu metode main/utama sebagai starting point, class ini adalah bagian penting dalam program java. Suatu program java sederhana bisa saja hanya berisi bagian ini. Metode main membuat objek dari berbagai class dan membuat komunikasi antar mereka. Pada saat akhir main, program dihentikan dan kontrol diserahkan kembali ke sistem operasi. protected void onCreate(Bundle savedInstanceState)

Konsep Activity Activity merupakan public class dalam aplikasi Android. Setiap activity merupakan sesuatu yang unik atau single, yang ditujukan untuk menghandle macam-macam hal yang bisa dilakukan oleh user. Umumnya, activity berhubungan dengan user di mana activity menciptakan windows atau UI yang mana ditampilkan dengan konsep setContentView (View). Ada dua metode yang pasti dimiliki oleh satu activity yaitu :

onCreate Untuk menginisiasi suatu activity, biasanya dipanggil dengan perintah setContentView(int) untuk resource yang kita definisikan di layout UI, dan perintah findViewById(int) untuk memanggil widget yang dibutuhkan UI untuk berinteraksi dengan aplikasi.

onPause Untuk menyatakan ketika user meninggalkan suatu activity. Untuk penggunaan dengan Context.startActivity(), semua kelas activity harus sesuai dengan <activity> yang di deklarasikan dalam suatu paket di AndroidManifest.xml. Activity adalah bagian penting dari keseluruhan siklus aplikasi, bagaimana activity dijalankan merupakan bagian penting dari model aplikasi.

Siklus Activity Activity aplikasi Android dikelola dengan sisten yang dikenal dengan nama "activity stack". Ketika suatu activity start, activity diletakkan pada stack paling atas dan activity-activity yang sudah berjalan ada dibawahnya dan akan terus berada pada posisi atas stack sampai muncul activity yang baru.

Pada dasarnya Activity memiliki 4 keadaan : active / running, jika activity berada pada posisi atas stack. pause, jika activity tidak dipakai atau dibutuhkan pada suatu saat tertentu, tetapi activity itu masih ada atau visible, ketika activity baru yang ditangani oleh sistem activity yang lama disebut pause dan masih berada di memory, bisa jadi suatiu activity yangsudah keadaan pause tidak ada di memory yang kemungkinan karena kekurangan Memory. stopped, jika activity sudah tidak dipakai lagi atau digantikan oleh activity lain, activity yang sudah stopped tidak pernah dipanggil lagi, dan secara permanen memory pun tidak menyimpan info mengenai activity  ini. restart, jika activity pause atau stopped, sistem dapat menge-drop activity ini dari sistem memory, dan ketika user membutuhkan activity tersebut, activity akan kembali keadaan awal, artinya activity mengalami proses restart.

Life-cycle Activity

Berdasarkan gambar lifecycle activity di atas, secara umum dapat kita jelaskan bahwa looping (perulangan) yang mungkin dialami oleh activity ada tiga perulangan, yaitu: entirelifetime, yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onDestroy(). Biasanya activity ini akan dibuat setup global ketika mendefinisikannya visible lifetime, yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onStop() foreground lifetime yaitu activity yang terjadi di antara onResume() dan onPause()

Syntaks Supperclass Public class Activity extends ApplicationContext { protected void onCreate (Bundle savedInstanceState); protected void onStart(); protected void onRestart(); protected void onResume(); protected void onPause(); protected void onStop(); protected void onDestroy();