ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ZIKR, SHALAT, DAN DOA.
Advertisements

PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH QS AL BAQARAH AYAT 30
DEFENISI SECARA ETIMOLOGI
TAUHID; Dasar ajaran islam.
AKIDAH.
Tauhid Nama : Dian Ari Wicaksono ( )
Tuhan dan TAUHID Siapakah Tuhan Itu?
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78
BERIMAN KEPADA RASUL - RASUL ALLAH SWT
IMAN KEPADA ALLAH.
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM AKIDAH (TAUHID)
TARBIYAH ALA LUKMAN AL HAKIM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONSEP KEIMANAN DALAM ISLAM
Studi Islam 2 Wujudullah Tahun Akademik 2015
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
ALAM dan LINGKUNGAN HIDUP
PENGERTIAN TAUHID Tauhid adalah meyakinkan (mengitikadkan bahwa Allah adalah satu, tidak ada syarikat bagi-Nya).
EKSISTENSI TUHAN Agama menurut WJS. Poerwadarminta:
MENGENAL ALLAH Melalui asmaul husna
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Tauhid Dzat, Sifat, Rububiyah dan Uluhiyah Pertemuan Ke-4
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
[”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa [”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
AL-ASMA’UL AL-HUSNA OLEH: HAMKA,S.Pd.I NUPTK
WUJUDULLAH ???? DEFINISI Secara etimologi wujudullah terdiri dari 2 kata. Wujud yang berartikan keberadaan dan disambung dengan kata Allah Secara.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Agama Islam Ke-iman-an dan Dan ke-taqwa-an.
Pengertian Ilmu Tauhid
KELOMPOK 1 Beriman Kepada Allah
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
Hubungan antara Akidah dan Akhlak
KONSEP ISLAM TENTANG METODE, PROSES MENGENAL ALLAH SEBAGAI PENCIPTA ALAM SEMESTA Disusun oleh: Mochammad Tri Indrawan( ) Siti Nur Rahmah( )
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
ASSALAMUALAIKUM.
AQIDAH UNIT 2 Kelas Bimbingan Dewasa.
AKIDAH DAN APLIKASINYA Oleh: Tia Agusta Wira Mahardika Wicaksana Herdin Yosha Mauser Mahedra
MAKRIFAT KEPADA ALLAH.
BAB 3 : BERIMAN KEPADA ALLAH S.W.T.
TAUHID; Dasar ajaran islam.
TAUHID; Dasar ajaran islam.
Disusun oleh : Irfan Nur Azhari( ) Wahyu Utomo Budi Prasetyo( ) Eko Suryo Utomo( )
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X disusun oleh : MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Jombang Keikhlasan Dalam beribadah.
MENGENAL SIFAT JAIZ Oleh RAHMADI, S.Pd.I AQIDAH. AQIDAH SIFAT ALLAH WAJIB MUSTAHIL JAIZ
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH PERTEMUAN KETUJUH ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH

ANTARA ZAT DAN SIFAT - Pembicaraan tentang zat dan sifat Tuhan dalam kajian ilmu kalam tidak dapat dipisahkan dari pengaruh filsafat, terutama filsafat Yunani. - Para mutakalimin ketika sampai kepada pembicaraan zat dan sifat Tuhan, terjadi perbedaan yang cukup kontroversial di antara mereka. - Sebagian membolehkan manusia membicarakan zat Tuhan, sebagian tidak. - Sebagian mengakui adanya sifat Tuhan, sebagian tidak.

Zat Tuhan adalah: - Wujud Tuhan itu sendiri yang bersifat mutlak, kekal, tidak tersusun dari unsur luar, berbeda dengan zat selain Tuhan, tidak ada batasnya, tidak dapat dibagi- bagi. (menurut Ibnu Sina). - Keberadaan zat Tuhan hukumnya adalah wajib. Zat Tuhan tidak bergantung pada sesuatupun diluar dirinya. Zat Tuhan itu berdiri sendiri atau Esa. (menurut al- Gazali).

Pengetahuan Manusia. - Pengetahuan manusia bersifat relatif, terbatas, terikat dengan ruang dan waktu. - Pertanyaannya: apakah bisa pengetahuan manusia yang terbatas mengenal zat Tuhan yang mutlak, tidak terbatas. - Karena itulah para ulama berbeda pendapat. Mayoritas ulama salaf tidak mau membicarakannya, sebab diluar batas kemampuan akal manusia. - Sebagian ulama yang lain tetap membolehkan untuk membicarakan zat Tuhan. - Ungkapan ulama salaf: berfikirlah kamu tentang ciptaan-Nya, dan jangan berfikir tentang pencipta-Nya (Ibnu Kasir, Tafsirnya).

Media Pengenalan: - Satu-satunya media yang dapat digunakan untuk mengambarkan atau mendeskripsikan zat Tuhan adalah bahasa, yakni bahasa manusia. - Karena itu, mau tidak mau gambaran zat Tuhan tersebut tidak bisa lepas dari sifat bahasa manusia yang bersifat manusiawi. - Kesimpulannya: cara yang dapat dilakukan dalam membicarakan zat Tuhan adalah tasybih (personifikasi), yakni menyerupakan dg sesuatu. - Contoh: zat Tuhan sebagai pencipta, pemelihara, pemberi rizki, semuanya adalah personifikasi dari diri manusia. - Ayat yang mendukung: al-Muluk:16, al-An’am:60, an-Nahl:50, Taha:5, Yunus:3, al-Baqarah:210, dll.

SIFAT TUHAN - Ulama juga berbeda pendapat tentang esensi sifat Tuhan SIFAT TUHAN - Ulama juga berbeda pendapat tentang esensi sifat Tuhan. - Sebagian menyatakan bahwa Tuhan tidak punya sifat. Alasanya: jika Tuhan punya sifat berarti ada banyak yang kekal, dan ini akan membawa kepada syirik. - Dengan demikian, jika dikatakan Tuhan Mengetahui, bukan berarti Tuhan punya sifat mengetahui, tapi Tuhan mengetahui dengan zat atau diri-Nya sendiri. - Jadi pengetahuan Tuhan bukanlah sifat bagi- Nya, tapi pengetahuan itu adalah dirinya sendiri.

Sebagian lagi berpendapat (al-Gazali): - Tuhan punya sifat Sebagian lagi berpendapat (al-Gazali): - Tuhan punya sifat. Hal itu dapat dilihat pada perbuatan-perbuatan Tuhan, seperti berkuasa, melihat, mendengar, dll. - Sifat Tuhan, bukanlah zat Tuhan. Akan tetapi sifat itu ada dalam zat. - Jadi sifat itu bukanlah Tuhan, tetapi juga bukan lain dari Tuhan. - sifat Tuhan adalah kekal, karena ada bersama zat-Nya. Namun tidak membawa kepada syirik. - Karena pada prinsipnya sifat dan zat Tuhan adalah satu. Meskipun sifat-Nya, tapi tetap berada dalam diri yang satu.

TAUHID RUBUBIYAH DAN ULUHIYAH A. Tauhid Rububiyah. - Kata Rabb bisa berarti memelihara, mengelola, mencipta, memberi rizki, dan mendidik. - Kata Rabb juga dapat diartikan dengan memimpin, mengepalai dan menyelesaikan suatu perkara. - Arti dan pengertian di atas memberikan pemahaman bahwa yang dimaksud dengan tauhid rububiyah adalah sebuah keyakinan bahwa satu-satunya Zat Yang Maha Mencipta, Memelihara, Mengelola, Memiliki dan Memberi rizki hanyalah Allah. Contoh: al-Baqarah: 21, - Kata Rububiyah adalah isim sifat dari kata Rabb. contoh

B. Tauhid Uluhiyah - Kata Ilah, dapat berarti tentram, tenang, lindungan, cinta dan sembah. - Kata Ilah erat kaitannya dengan kata ‘abdun, ibadah, al-Ma’bud. - Dengan demikian, dapat dipahami bahwa tauhid uluhiyah adalah mempercayai Allah SWT sebagai satu- satunya Zat al-ma’bud (Zat yang wajib disembah). Contohnya: surat Taha:14. - kata Uluhiyah merupakan isim sifat dari kata Ilah. contoh