Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Resource. What is XML? XML stands for EXtensible Markup Language XML is a markup language much like HTML XML was designed.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pengelolaan Database Lanjutan
Content Provider pada Android
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Inheritance.
Mekanisme penyimpan data pada Android
ANDROID ACTIVITY.
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Mendayagunakan Activity External
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pertemuan 5 Inheritance
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1

Activity Suatu Activity mewakili satu layar tunggal sebagai UI. Masing-masing Activity berdiri sendiri. Suatu Aplikasi dapat terdiri dari beberapa Activity Activity-activity bekerjasama membentuk user experience pada suatu aplkasi. Activity perlu didaftarkan pada Android- Manifest.xml Activity Manager bertanggung jawab untuk creating, destroying, dan manage activities.

Quiz Pernyataan2 berikut ini yang benar adalah: a. Suatu Activity adalah satu layar tunggal sebagai UI. b. Suatu Activity dikendalikan oleh Activity Manager. c. Masing-masing Activity bergantung satu sama yang lain d. Activity-activity bekerjasama membentuk user experience e. Activity tidak perlu didaftarkan pada Android- Manifest.xml

Activity Life Cycle Activity-activity dalam sistem diatur pada suatu activity stack. Ketika suatu activity dijalankan, dia akan ditempatkan pada posisi teratas didalam stack dan menjadi activity yang sedang berjalan. Activity sebelumnya berada dibawahnya didalam stack, dan tidak akan kembali ke foreground sampai dengan Activity diatasnya berakhir

Quiz Berikut ini yang bukan merupakan event pada Siklus hidup Activity: a. onCreate b. onInitialize c. onStart d. onResume e. onPause d. onStop e. onResume f. onDetruct g. onDestroy

4 State Activity Jika suatu Activity berada di foreground dari layar (pada bagian teratas dari Stack), dia adalah aktif dan sedang Running. Jika suatu Activity kehilangan fokus tetapi masih Visible (Tidak fullscreen atau Ada activity transparant lain diatasnya), maka dia sedang dalam kondisi pause. Suatu pause Activity masih hidup (tetap menangani state dan informasi serta tetap berada pada Window Manager), tetapi tetap dapat diakhiri oleh sistem jika berada dalam situasi kekurangan memori. Jika suatu Activity benar2 tidak kelihatan oleh aplikasi lainnya, dia adalah berada pada kondisi Stop, dia tetap mempertahankan semua state dan informasi tetao tidak Visible bagi pemakai, dan akan diakhiri oleh sistim jika berada dalam situasi kekurangan memori. Jika suatu activity dalam kondisi Pause atau Stop, sistem dapat membuang Activity tersebut dari memori dengan meminta dia untuk selesai, atau dengan membuangnya dari memori, ketika dia ditampilkan kembali ke user, dia harus benar-benar mulai dari awal dan mengembalikan dirinya ke state sebelumnya.

Quiz Pernyataan berikut ini yang salah adalah: a. Ketika suatu Activity berada pada posisi teratas pada Stack, maka Activity tersebut berada pada kondisi Running b. Ketika suatu Activity ditimpa oleh Activity transparent atau tidak full screen, maka Activity tersebut berada pada kondisi Stop. c. Ketika suatu Activity berada dibawah Activity lain dan tidak visible, maka Activity tersebut berada pada kondisi Pause. d. Activity pada kondisi Pause dan Stop, dapat diakhiri Activity Manager jika berada pada kondisi kekurangan memori. e. Activity yang telah dibuang dari memori, maka jika diaktifkan harus mulai dari awal kembali.

public class SegitigaActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); System.out.println("onCreate"); } protected void onStart() { // TODO Auto-generated method stub super.onStart(); System.out.println("onStart"); protected void onRestart() { super.onRestart(); System.out.println("onReStart"); protected void onResume() { super.onResume(); System.out.println("onResume"); protected void onPause() { super.onPause(); System.out.println("onPause"); protected void onStop() { super.onStop(); System.out.println("onStop"); protected void onDestroy() { super.onDestroy(); System.out.println("onDestory"); Jalankan aplikasi disamping ini, kemudian aktifkan DDMS untuk mengamati Event2 yang terjadi pada suatu activity.

Quiz Ketika suatu Activity di LAUNCH, tentukan urutan dari pengaktifan Method: a. onCreate, onStart, onRestart b. onCreate, onPause, onStart c. onCreate, onRestart, onStart d. onCreate, onStart, onResume e. onCreate, onResume, onStart

Quiz Ketika suatu Activity ditimpa oleh Activity lainnya terjadi event: a. onPause, onDestroy b. onResume, onPause c. onStop, onPause d. onResume, onPause e. onPause, onStop

Quiz Ketika suatu Activity kembali aktif, metode yang terjadi adalah: a. onCreate, onStart, onRestart b. onCreate, onPause, onStart c. onCreate, onRestart, onStart d. onCreate, onStart, onResume e. onRestart, onStart, onResume

Quiz Ketika suatu Activity diakhiri terjadi event: a. onPause, onStop, onDestroy b. onResume, onPause, onDestroy c. onStop, onPause, onDestroy d. onResume, onPause, onDestroy e. onPause, onStop, onDestroy

Pembuatan Activity Menyiapkan Resources Membuat Layout Membuat Activity Class Mendaftarkan Activity ke Android Manifest

Pembuatan Resources <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <string name="app_name">Segitiga</string> <string name="lblPanjang">Panjang</string> <string name="lblLebar">Lebar</string> <string name="lblHitung">Hitung</string> <string name="lblNone">Belum ada Hasil</string> <string name="lblHasil">Hasil hitung adalah %1$.2f</string> </resources>

Pembuatan Layout <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent"> <TextView android:text="@string/lblPanjang" android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/textView1" android:layout_width="wrap_content"></TextView> <EditText android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="match_parent" android:id="@+id/editPanjang"> <requestFocus></requestFocus> </EditText> <TextView android:text="@string/lblLebar" android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/textView2" android:layout_width="wrap_content"></TextView> <EditText android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="match_parent" android:id="@+id/editLebar"></EditText> <Button android:text="@string/lblHitung" android:id="@+id/button1" android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="wrap_content"></Button> <TextView android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge" android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="wrap_content" android:text="@string/lblNone" android:id="@+id/textHasil"></TextView> </LinearLayout>

Quiz Widget yang digunakan pada layout berikut ini terdiri dari: …..........................

Aplikasi Java package com.example; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; public class SegitigaActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); } Package, sesuai dengan Package dimana aplikasi Java berada Class SegitigaActivity (sesuai dengan nama file SegitigaActivity.java) Extends Activity (mewarisi semua prilaku dari Super Class Activity) @Override (menulis ulang method onCreate) Super.onCreate (memanggil method onCreate pada SuperClass, dalam hal ini Activity)

Quiz Pernyataan berikut ini yang benar adalah: a. Setiap Activity adalah Subclass dari Activity b. setContentView(R.layout.main); untuk menentukan layout yang digunakan sebagai UI Activity. c. super.onCreate(savedInstanceState); bersifat optional d. Semua Activity diatur oleh ActivityManager e. Anda perlu import android.app.Activity; dan import android.os.Bundle;

Mengakses Widget dengan Java public void hitungOnClick(View target) { TextView panjang = (TextView) findViewById(R.id.editPanjang); TextView lebar = (TextView) findViewById(R.id.editLebar); TextView hasil = (TextView) findViewById(R.id.textHasil); Double nPanjang = Double.parseDouble(panjang.getText().toString()); Double nLebar = Double.parseDouble(lebar.getText().toString()); Double nHasil = nPanjang * nLebar; Resources res = getResources(); hasil.setText(String.format(res.getString(R.string.lblHasil),nHasil)); } findViewById(ViewId), mengambil object View berdasarkan ViewId TextView panjang = (TextView) findViewById(R.id.editPanjang); Deklarasi variable Panjang yang merupakan Object TextView. (TextView) findViewById(...) Hasil object View di casting menjadi TextView

Quiz Pernyataan berikut ini yang benar adalah: a. TextView panjang, mendeklarasikan suatu variable panjang yang bertipe object TextView b. findViewById(R.id.editPanjang); Mengembalikan object yang memiliki nama @+id/editPanjang pada resource Layout c. (TextView) findViewById(R.id.editPanjang); object dicasting menjadi object TextView d. panjang.getText().toString(), mengambil string dari object yang direferensikan pada variable panjang e. Double.parseDouble(...), konversi string menjadi Double f. Resources res = getResources();, variable res mengacu kepada Object Resource g. hasil.setText(...), set Text pada object yang direferensikan pada variabel hasil

Source Code Activity package com.example; import android.app.Activity; import android.content.res.Resources; import android.os.Bundle; import android.view.View; import android.widget.TextView; public class SegitigaActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); } public void hitungOnClick(View target) { TextView panjang = (TextView) findViewById(R.id.editPanjang); TextView lebar = (TextView) findViewById(R.id.editLebar); TextView hasil = (TextView) findViewById(R.id.textHasil); Double nPanjang = Double.parseDouble(panjang.getText().toString()); Double nLebar = Double.parseDouble(lebar.getText().toString()); Double nHasil = nPanjang * nLebar; Resources res = getResources(); hasil.setText(String.format(res.getString(R.string.lblHasil),nHasil)); <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="app_name">Segitiga</string> <string name="lblPanjang">Panjang</string> <string name="lblLebar">Lebar</string> <string name="lblHitung">Hitung</string> <string name="lblNone">Belum ada Hasil</string> <string name="lblHasil">Hasil hitung adalah %1$.2f</string> </resources>

Set On click

Android Manifest Merupakan file XML yang berisi informasi terkait dengan aplikasi Anda. <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" package="com.hendra" android:versionCode="1" android:versionName="1.0"> <uses-sdk android:minSdkVersion="10" /> <application android:icon="@drawable/icon" android:label="@string/app_name"> <activity android:name=".SegitigaActivity" android:label="@string/app_name"> <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> </application> </manifest> Didalam application dapat memiliki beberapa Activity, dan hanya ada satu activity dengan jenis android.intent.action.MAIN dan android.intent.category.LAUNCHER.

Latihan Buatlah aplikasi Android yang dapat menghitung Luas lingkaran Buatlah aplikasi Android yang dapat melakukan konversi suhu Celcius ke Farenheit

2525 Sekian & Terima Kasih 25 25