Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
LKM IMK 1-11.
Pengantar Teknik Kompilasi
TEORI BAHASA & OTOMATA (KONSEP & NOTASI BAHASA)
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)
Procedures, Functions and Methods
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Interaksi Manusia dan Komputer
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.
Dialogue Notations and design
Dialogue Notation and Design
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia Komputer
1 Spesifikasi Program. 2 Pendahuluan Programer bekerja berdasarkan spesifikasi program Spesifikasi program akan mendefinisikan atau menentukan input,
Perancangan Tampilan.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
KONSEP dan NOTASI BAHASA
Flowchart (Diagram Alur)
Desain dan Notasi Dialog
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK
Membuat data flow diagram.
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 5.
Interaksi Manusia dan Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi manusia komputer
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
Pengantar Teknik Kompilasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
MATERI PERKULIAHAN TEKNIK KOMPILASI
Pengantar Teknik Kompilasi
MATERI PERKULIAHAN TEKNIK KOMPILASI
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia dan Komputer
DAN PERANCANGAN DIALOG
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Pengantar Teknik Kompilasi
Review.
KSI Pertemuan 12 BANGSIS Lanjutan
ALFIARINI.
Bina Sarana Informatika
ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
KONSEP dan NOTASI BAHASA
Konsep dan Notasi Bahasa
Pertemuan Keduabelas Desain dan Notasi Dialog
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 6
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar Teknik Kompilasi
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengenalan Sistem Pakar
Spesifikasi Program.
Desain dan Notasi Dialog
Pengantar Teknik Kompilasi
Analisa Sistem Informasi
Pemrograman Terstruktur
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Teknik Kompilasi
Pengantar Teknik Kompilasi
Desain dan Notasi Dialog
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog) RAHMA DWI WAHYUNI, S.KOM

Pendahuluan Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

Bahasa komputer 3 tingkatan bahasa : Leksikal Merupakan tingkatan yang paling rendah Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata Sintaksis yaitu urutan dan struktur dari input dan output pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat Semantik DIALOG SEMANTIK.doc yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal. pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan

NOTasi dialog Diagramatik State transition networks (jaringan transisi keadaan / status)STATE TRANSITION NETWORK.doc Flowchart Flowchart.pdf Diagram JSD DFD DFD 1.pdf Tekstual Formal grammars (tata bahasa formal) Production rules (aturan produksi) CSP

Diagram JSD Digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog, misal : Diagram JSD di atas terbagi menjadi tiga bagian yaitu LOGIN, TRANSACTION dan LOGOUT. Urutan pengoperasiannya berjalan dari kiri ke kanan. Tanda asterik (*) merepresentasikan iterasi atau pengulangan. Tanda (o) merepresentasikan pilihan atau opsional.

Tata bahasa (grammar) Mempunyai arti sebagai aturan dalam menggunakan suatu bahasa. Pada IMK, tata bahasa merupakan suatu ekspresi reguler yang menjelaskan suatu maksud dari suatu kalimat. Salah satu bentuk formal yang sering digunakan untuk notasi dialog tekstual adalah BNF (Backus Naur Form) dan ekspresi reguler. BNF dan ekspresi reguler berfokus pada aksi yang dilakukan user dimana ekspresi reguler lebih sering digunakan untuk mendeskripsikan kriteria pencarian tekstual yang lebih komplek dan analisis leksikal bahasa pemrograman. BNF diperluas untuk dialog desain yang meliputi urutan seperti pembuatan polyline pada STN yang direpresentasikan dengan SELECT-LINE CLICK CLICK* DOUBLE-CLICK. BNF tidak baik untuk menangani interface berbasis grafik dan tidak bisa menangani dialog berbarengan atau escape

ATURAN PRODUKSI (production rules) Aturan ini menggunakan kondisi IF kondisi THEN aksi. Bila semua aturan aktif dan sistem cocok dengan bagian dari kondisi maka kondisi selanjutnya tidak akan diperiksa. Atruran produksi sangat baik digunakan untuk tugas yang berbarengan tetapi tidak baik digunakan untuk tugas berurutan.

Aturan produksi memiliki dua tipe, yaitu : 1. Event-oriented Rule Pada event ini terdapat tiga tipe yaitu USER EVENT (begin in upper case), INTERNAL EVENT (begin in lower case) dan system response event (shown in angle brackets), contoh : 2. State-oriented Rule Merupakan aturan yang hanya berorientasi pada setiap kondisi. Misalnya :