PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
Advertisements

Sejarah Nabi Muhammad Saw
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
V SEJARAH AL-QUR'AN A. Pemeliharaan al-Qur'an Masa Nabi
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
Jawablah soal di bawah ini dengan memilih options a,b,c dan d Setiap soal waktunya 2 menit Selamat bekerja.
Bagaimana Tinjauan keterlibatan Muslimah dalam Politik ?
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
AL-MUQAWQIS, GUBERNUR ROMAWI DI MESIR
Heraclius Kaisar Romawi Timur
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MADINAH
Masnur As-Siyasah Masnur
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
PAISAL SALMAN ALPARIDJI ( )
Peristiwa Fathu Makkah (penaklukan kota Mekah)
KELOMPOK 6 : NANDYA WANTIKE NUR LAILA PUTRI NABILA SEPTIANI
PRAKTEK POLITIK MASA KHULAFA AL-RASYIDUN
KELOMPOK 6 : NANDYA WANTIKE NUR LAILA PUTRI NABILA SEPTIANI
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
SMA NEGERI I WURYANTORO
BAB XIII Khulafaurrasyidin.
Bab 8 SISTEM POLITIK Bab 8 ISLAM Sistem politik Islam.
DAKWAH NABI PERIODE MADINAH
MASA KHULAFAURRASYIDIN
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Dakwah masa khulafaur rasyidin
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
بسم الله الرحمن الرحيم وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا.
PERJANJIAN AQABAH.
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
SEJARAH BENDAHARAWAN HADIS MASA SHAHABAT
Hajar nava khunafi Akselerasi 1
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Bab III Iman pada kitab Alloh SWT Kompetensi dasar yang harus dikuasai
Nabi Yusuf By Ibam.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
SEJARAH ARAB MASA NABI MUHAMMAD SAW.
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
KHULAFAUR RASYIDIN Nama Kelompok Reno Anugerah Pratama Nurmani
Makalah Akidah Akhlak Tentang Menganalisa Perjuangan Khalifah Usman bin Affan Dan Khalifah Ali bin Abi Thalib Nama : Rina Ajizah Kelas : Ix 3 Sekolah.
Kisah Teladan Nabi Ulul Azmi
Universitas muhammadiyah yogyakarta
Pengertian Makna Khulafa ar-Rasyidin secara harfiah berarti “para pengganti yang diberi petunjuk”. Sedangkan secara istilah Khulafa ar-Rasyidin berarti.
Start Perkembangan Islam Di Dunia
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
SYI’AH DAN MURJI’AH
BAB 4 : KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN R.A.
Manusia dan Masyarakat Di Zaman Khulafa’ Rashidin
MENENGAH 3 SEJARAH ISLAM
MENENGAH 3 SEJARAH ISLAM
SAIDINA ALI BIN ABU TALIB
BAB 3 : KHALIFAH UMAR BIN AL-KHATTAB R.A.
BAB 2 : KHALIFAH ABU BAKAR AL-SIDDIQ R.A.
BAB 5 : KHALIFAH ALI BIN ABI TALIB R.A.
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
Transcript presentasi:

PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN BAB: 4 KELAS XI SMT I

DEFINISI Secara bahasa: berasal dari kata: KHULAFA ( خُلَفاَء ) Bentuk jamak dari KHALIFAH ( خَلِيفَةٌ ) berarti: Pemimpin RASYIDIN ((رَاشِدِين berarti: Arif bijaksana Secara Istilah: Khulafaur Rasyidin adalah,”Para pemimpin setelah Rasulullah wafat yang memimpin berdasarkan petunjuk Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi wasallam

SIAPA SAJA? ABU BAKKAR- AS SHIDDIK UMAR BIN KHATTAB – AL FARUQ UTSMAN BIN AFFAN-DZUN NURAIN ALI BIN ABI THALIB- ABU THURAB

ABU BAKAR AS SHIDDIK ( 632-634 M) NASAB: عبد الله بن عثمان بن عامر بن عمرو بن كعب بن سعد بن تيم بن مرة بن كعب بن لؤي القرشي التيمي . ABDULLAH BIN UTSMAN BIN ‘AMIR,BIN AMRU BIN KAAB BIN SA’D BIN TAYM BIN MURRAH BIN KA’AB BIN LUAIY AL QURASY AT TAYMI

GELAR & PANGGILAN GELARNYA ADA 2 AS SHIDDIK- الصديق Karena Abu Bakkar membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj. Saat itu ia berkata: إن كان قال فقد صدق “ Jika demikian yg dikatakan, maka Rasul benar”. AL ‘ATIQ – العتيق dipanggil Al Atiq karena wajahnya sangat tampan, dan terdahulu dalam kebaikan.

KEUTAMAAN ABU BAKAR Pertama kali masuk islam dari kalangan laki-laki dewasa Imannya paling sempurna dari seluruh iman penduduk dunia, setelah Rasulullah. Paling dicintai Rasulullah Ia menyerahkan seluruh harta bendanya di jalan Allah

PENGANGKATAN ABU BAKAR MENJADI KHALIFAH Rasulullah wafat pada tahun 11 Hijriyah Terjadi perbedaan pendapat antara kaum Anshar dan Muhajirin Kaum Anshar mengajukan Sa’ad bin Ubadah, kaum Muhajirin menginginkan dari kelompoknya, sementara kelompok lain mengajukan Ali bin Abi Thalib, karena menantu Rasulullah dan kedekatannya. Umar mengusulkan agar diadakan musyawarah, Bertempat di Tsaqifah Bani Saidah, terpilihlah Abu Bakar As Siddik sebagai khalifah.

SISTEM POLITIK ABU BAKAR AS SHIDDIK Kekuasaan bersifat sentral ( berpusat ) di tangan Khalifah Memutuskan perkara melalui Dewan Syura ( semacam MPR )

Kebijakan Politik Abu Bakar Mengirim pasukan ke Syam, untuk menyerbu Romawi seperti perintah Rasulullah semasa hidup di bawah komando Usamah Bin Zaid Mengembangkan islam ke wilayah Persia dan Syiria dibawah komando Khalid bin Walid Tidak memberikan kekuasaan kpd anggota keluarga, menjaga fitnah.

PENULISAN AL QUR’AN PADA ZAMAN NABI MUHAMMAD Pada masa Nabi Muhammad para sahabat lebih fokus hafalan dari tulisan, karena nabi masi hidup Semakin banyaknya wahyu turun, nabi memiliki penulis-penulis wahyu diantaranya: Khulafaur Rasyidin, Abdullah Ibn Mas’ud, Salim Maula Abu Hudzaifah, Ubay Ibn Ka’ab, Mu’adz Ibn Jabal, Zaid Ibn Tsabit dan Abu Darda Al Qur’an ditulikan pada sarana seadanya: batu, kayu, pelepah kurma, kulit binatang dll.

PENULISAN AL-QUR’AN PADA MASA ABU BAKAR SHIDDIQ Usul Umar bin Khattab kepada Abu Bakar agar Al Qur’an dituliskan dalam satu mushaf (jilid buku) alasannya: Pada perang Yamamah banyak dari kalangan Al-Qurra’ (penghafal dan pembaca) yang terbunuh, di antaranya Salim Maula Abu Hudzaifah, khawatir kelak Al Qur’an akan lenyap jika tidak ditulis. Abu Bakar tidak mau melakukannya karena takut dosa, karena Nabi tidak melakukannya, namun Umar terus mengemukakan pandangannya hingga Allah Subhanahu wa Ta’ala membukakan pintu hati Abu Bakar untuk hal itu, dia lalu memanggil Zaid Ibn Tsabit. Abu Bakar memerintahkan kepada Zaid, “Sesunguhnya engkau adalah seorang yang masih muda dan berakal cemerlang, kami tidak meragukanmu, engkau dulu pernah menulis wahyu untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sekarang carilah Al-Qur’an dan kumpulkanlah!”, Zaid berkata,“Maka akupun mencari dan mengumpulkan Al-Qur’an dari pelepah kurma, permukaan batu cadas dan dari hafalan orang-orang. Mushaf tersebut berada di tangan Abu Bakar hingga dia wafat, kemudian dipegang oleh Umar hingga wafatnya, dan kemudian di pegang oleh Hafsah Binti Umar Radhiyallahu ‘anhuma.

PERISTIWA PENTING Munculnya gerakan Riddah ( murtad ) Setelah Rasulull wafat, muncul gerakan keluar dari agama Islam, murtad ( riddah ). Munculnya nabi-nabi palsu Musailamah Al Kadzab Aswad Al Unsi Tulaihah Al Asadi

PRESTASI-PRESTASI ABU BAKAR Memberantas Nabi Palsu Menumpas para pembangkang zakat Memberantas kaum murtad Mulai mengumpulkan Al Qur’an dalam satu mushaf

UMAR BIN KHATTAB

KELAHIRAN UMAR BIN KHATTAB Lahir : Mekkah, 581 M AYAHNYA: al-Khatab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurt bin Razah bin Adi bin Ka’b IBUNYA: Hantamah binti Hasyim binti al-Mughirah binti Abdullah binti Umar binti Makhzum

ISTRI DAN ANAK UMAR BIN KHATTAB Zainab binti Maz’un Abdullah Abdurrahman Hafshah Mulaikah binti Jarwal Ubaidullah Zaid Ummu Hakim binti al Harits Fatimah Atikah binti Zaid bin Amr Iyadh Jamilah binti Ashim Ashim Fukaihah Zainab istri Anak

GELAR AL FARUQ: Yang membedakan antara baik dan buruk.

Sifat –sifat Umar bin Khattab Sebelum masuk Islam, dia adalah seorang orator yang ulung, pegulat tangguh, dan selalu diminta sebagai wakil sukunya bila menghadapi konflik dengan suku Arab yang lainnya. Terkenal sebagai orang yang sangat pemberani dalam menentang Islam, punya ketabahan, kemauan keras dan tegas. Setelah masuk islam ia berbalin menjadi pembela islam paling pemberani

Masuk Islamnya Umar Ia masuk Islam setelah mendengar ayat-ayat Al-Quran yang dibaca oleh adiknya (Fatimah binti Khattab), padahal ketika itu ia hendak membunuhnya karena mengikuti ajaran Nabi. Dengan masuknya Umar kedalam Islam, maka terjawablah doa Nabi yang meminta agar Islam dikuatkan dengan salah satu dari dua Umar (Umar bin Khattab atau Amr bin Hisyam) dan sebagai suatu kemenangan yang nyata bagi Islam

KEUTAMAAN UMAR BIN KHATTAB Salah satu dari 10 orang yang di jamin masuk syurga langsung. Sederhana dan Adil terhadap rakyatnya, Kisah Umar yang memikul sendiri gandum untuk wanita janda dan anaknya saat inspeksi malam hari. Kisah surat Umar utk sungai Nil Kisah Yahudi dan tanahnya Umar kepercayaan Rasulullah bersama Abu Bakar. Syetan takut kepada Umar Pendapat Umar banyak dibenarkan oleh Allah ( kisah Yahudi Abdullah bin Ubay, tawanan perang Badar)

Penyair Hafidz Ibrahim Menggambarkan Tentang Umar وَرَاعَ صَاحِبَ كِسْرَى أَنْ رَأَى عُمَراً = بَيْنَ الرَّعِيَّـةِ عُطْـلاً وَهْـوَ رَاعِيْهَا وَعَـهْدُهُ بِمُلُـوكِ الفُرْسِ أَنَّ لَهَـا = سُوْراً مِنْ الجُنْدِ وَالحُرَّاسِ يَحْمِيْـهَا رَآهُ مُسْتَغْـرِقـاً فِي نَوْمِهِ فَـرَأَى =فِيْـهِ الجَلاَلَةَ فِـي أَسْمَى مَعَانِيْـهَا فَوْقَ الثَّرَى تَحْتَ ظِلِّ الدَّوْحِ مُشْتَمِلاً= بِبُرْدَةٍ كَـادَ طُـوْلِ العَهْدِ يُبْلِيْهَا فَهَـانَ فِي عَيْنِهِ مَا كَانَ يُكْبِـرُهُ = مِـنَ الأَكَاسِرَ وَالدُّنْيَـا بِأيْدِيْـهَا وَقَـالَ قَـوْلَةَ حَقٍّ أَصْبَحَتْ مَثَلاً = وَأَصْبَحَ الجِيْلُ بَعْدَ الجِيْلِ يَرْوِيْـهَا أَمِنْتَ لَمَّا أَقَمْتَ العَـدْلَ بَيْنَهُمُو = فَنِمْتَ نَوْمَ قَرِيْرِ العَيْـنِ هَانِيْـهَا

Saat utusan Kisra melihat Umar # Diantara gembala yang digembalakannya Raja Persia memiliki # benteng prajurit dan pelindung Ia melihat Umar lelap tidur # keagungan yang tinggi makna Beralas tanah diawah sebatang pohon rindang# dengan penutup wajah kusam nan usang Terbetik dalam pandangan utusan itu # mahkota sang Raja dengan dunia dalam genggaman Ia berkata dalam ungkapan # yang abadi sepanjang generasi Imanmu, tegaknya keadilanmu # kau damai dalam lelap bak sang bidadari

PRESTASI dan KEBIJAKAN UMAR BIN KHATTAB Menetapkan penanggalan hijriyah, sebelumnya menggunakan penanggalan Masehi, penanggalan hijriyah mulai di hitung sejak hijrahnya Rasulullah ke Madinah. Menetapkan uang resmi negara Membentuk Baitul Mal sebagai lembaga keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh umat. Membangun kota Kuffah dan Bashrah di Iraq Menetapkan gaji pegawai kekhalifahan Membentuk angkatan perang yang kuat Merapikan struktur dan administrasi pemerintahan Membentuk lembaga peradilan

PERLUASAN WILAYAH PADA MASA UMAR BIN KHATTAB Dibawah kepemimpinan Umar Damaskus jatuh pada tahun 635 M Setahun kemudian setelah tentara Bizantium kalah dalam perang Yarmuk, seluruh daerah Syiria jatuh di bawah kekuasaan Islam dengan memakai Syiria sebagai basis, Ekspansi diteruskan ke Mesir di bawah pimpinan ’Amr bin Ash pada tahun 641 H Ekspansi Irak di bawah pimpinan Sa’ad bin abi Waqash. Iskandaria, ibu kota Mesir, ditaklukkan pada Ekspansi ke Al Qadisiah kota dekat Iraq tahun 637 H Ekspansi ke Persia tahun 641 H Dengan demikian, pada masa kepemimpinan Umar, wilayah kekuasaan Islam telah meliputi jazirah Arab, Palestina, Syiria, sebagian besar kota Persia dan Mesir. Bersamaan dengan ekspansi tersebut, pusat kekuasaan Madinah mengalami perkembangan yang Di samping itu karena wilayah kekuasaan semakin luas, maka wilayah Islam dibagi menjadi unit-unit administratif yang diatur menjadi delapan wilayah propinsi yaitu: Mekah, Madinah, Jasirah, Basrah, kufah, Palestina, dan Mesir.

Peta Ekspansi Masa Umar Bin Khattab

WAFATNYA UMAR BIN KHATTAB Pagi itu bukan hanya Umar yang ditusuk oleh Abu Lu’luah. Tetapi ada 13 orang lainnya. Dari mereka, 7 meninggal. Penusukan yang telah ditargetkan oleh Abu Lu’luah yang beragama majusi berdasarkan dendam terhadap Umar dan juga muslimin. DR. Ali Muhammad ash-Shalabi mengatakan bahwa bukti kuat kalau Abu Lu’luah bukan hanya memiliki dendam pribadi kepada Umar tetapi juga kepada muslimin adalah dia menusuk 13 muslimin yang sedang berjamaah Shalat Shubuh. “Kalaulah benar Umar telah berbuat dzalim kepadanya, tetapi apa dosa para shahabat yang dia tusuk. Dan aku berlindung kepada Allah menyebut Umar sebagai orang dzalim,” begitu Ali ash-Shalabi menjelaskan (Umar bin Khattab h. 644) Abu Lu’luah adalah budaknya Mughirah bin Syu’bah. Di mana dia digaji setiap harinya 4 Dirham dengan kemampuannya sebagai seorang pembuat alat penggiling.

Sejarah menyebutkan bahwa dendam pribadi Abu Lu’luah ketika dia kecewa dengan keputusan Umar yang dirasa tidak adil saat dia mengadukan tuannya Mughirah. “Semua merasakan keadilannya (Umar), kecuali saya,” kata Abu Lu’luah. Suatu saat Umar berkata, “Saya diancam oleh seorang budak.” Kalimat diucapkan setelah Abu Lu’luah berbicara kepada Umar, “Saya akan buatkan ‘alat penggilingan untukmu yang akan menjadi pembicaraan manusia.” Maka, dia membuat senjata khusus untuk membunuh Umar. Sebuah pisau berkepala dua dengan pegangan di tengahnya yang telah dibubuhi racun. Umar mendapatkan 6 tusukan, salah satunya di bawah pusarnya. Menjelang kematiannya, Umar diberitahu bahwa yang menusuknya adalah seorang majusi yang bernama Abu Lu’luah. Umar pun berkata, “Segala puji bagi Allah yang tidak menjadikan kematianku di tangan seorang yang mengaku muslim.”

23 H-35 H/644 M-655M

NAMA, KELAHIRANDAN NASABNYA Nama: Utsman bin Affan bin Abu Al ‘Ash bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab Nasabnya bertemu dengan Rasulullah pada Abdul Manaf,Ibunya bernama Arwa binti Kuraiz bin Rabi’ah, telah memeluk islam dan wafat pada masa pemerintahannya, sedangkan ayahnya wafat pada masa jahiliyah. Utsman lahir pada tahun 574M dari kalangan Bani Umayyah

GELARNYA DZUNNURAIN ( Pemilik Dua Cahaya) Karena menikahi dua putri Rasulullah yaitu, Ruqayyah dan Ummu Kultsum ( Sunan Al Baihaqi,7/73) Riwayat lain mengatakan sebab Utsman dijuluki Dzunnurain adalah karena dia memperbanyak membaca Al Qur’an setiap malam ketika shalat, Al Quran adalah satu cahaya (nur), dan shalat adalah satu cahaya (nur)

SIFAT Utsman bin Affan adalah sahabat nabi yang memiliki sifat yang sangat pemalu. “Orang yang paling penyayang diantara umatku adalah Abu Bakar, yang paling tegas dalam menegakkan agama adalah Umar, yang paling pemalu adalah Utsman, yang paling mengetahui halal dan haram adalah Muadz bin Jabal, yang paling hafal Al Qur’an adalah Ubay bin Ka’ab, yang paling mengetahui ilmu waris adalah Zaid bin Tsabit, setiap umat memiliki seorang yang terpercaya dan orang yang terpercaya dikalangan umatku adalah Abu Ubaidah bin al Jarrah ( HR. Ahmad, 3/184)

MASUK ISLAM Pada usia 34 tahun tatkala Abu Bakar mengajak beliau utk masuk islam. Beliau termasuk orang ke empat yang masuk Islam Beliau sangat cepat menyambut dakwah, bukan berpijak dari kecerobohan atau kebodohan, namun karena keyakinan dan pembenaran yang berakar kuat tidak ragu. Beliau juga termasuk dari 10 sahabat yang dijamin masuk syurga.

KEDERMAWANAN UTSMAN Pada perang Dzatu Riqa dan perang Ghatafan Utsman menginfaqkan 950 unta dan 70 kuda serta 1000 dirham Membeli sumur Roumah milik suku Ghifar utk di berikan kepada kaum muslimin pada seharga 35.000 dirham (setara dengan 11 Milyar sekarang) Pada masa Abu Bakar, ia pernah memberikan gandum yg diangkut dengan 1000 unta utk membatu kaum miskin di musim kemarau saat itu.

KEBIJAKAN UTSMAN BIN AFFAN Meneruskan kebijakan Umar bin Khattab dalam bidang lembaga keuangan Menerapkan kebijakan ekonomi seperti kewajiban menyerahkan zakat ke Baitul Mal dan mendistribusikan ke para mustahiq Menerapkan pajak bumi (kharaj), dan penetapan pajak barang perdagangan 10 % Memberikan izin utk memanfaatkan tanah-tanah milik negara kepada penduduk miskin

PRESTASI-PRESTASI UTSMAN BIN AFFAN Prestasi terbesar beliau adalah menyatukan umat dalam satu penulisan mushaf, yang sebelumnya nyaris terjadi perpecahan umat karena perbedaan dalam cara baca Al Qur’an. Menaklukkan wilayah-wilayah hingga ke Syam Mengatur pola pemerintahan sesuai dengan management khalifah.

PENULISAN AL-QUR’AN PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN Sebabnya terjadi perbedaan cara baca Al Qur’an sesuai dialek bangsa Arab dan mushaf-mushaf yang berada ditangan para sahabat, perbedaan ini memicu pertentangan dan nyaris pertikaian Utsman bermaksud menyatukan mereka dalam satu mushaf, lalu meminta mengirimkan mushaf yang dipegang oleh Hafshah yang dahulu dituliskan pada masa Abu Bakar. Utsman lalu memerintahkan Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Az-Zubair, Sa’id bin Ash dan Abdurrahman bin Harits untuk menuliskannya kembali dan memperbanyaknya. Lalu disatukan dan dikirimkan ke kota-kota utama, sementara mushaf-mushaf lama dimusnahkan.

TUDUHAN NEPOTISME PADA MASA UTSMAN TIDAKLAH BENAR Ini adalah tuduhan yang dilemparkan oleh orang-orang syiah Utsman menjawab tuduhan itu,”Aku tidak mengangkat seseorang kecuali telah disepakati, dewasa, diterima, dan memiliki kompetensi masing-masing” ( Tarikh at Thabari,5/416) Ali bin Abu Thalib berkata,”Utsman tidak mengangkat seorang pemimpin kecuali adil, sehat dan Rasulullah pun telah mengangkat Uttab bin Usaid sebagai gubernur Mekkah saat berusia 20 tahun”. ( Al Bidayah wa Nihayah,8/178)

LATAR BELAKANG KONFLIK MASA Utsman bin Affan Fitnah yang dilancarkan oleh Abdullah bin Saba’ seorang Yahudi yang memecah belah umat islam dengan melemparkan berbagai tuduhan kepada Utsman bin Affan salah satunya adalah Utsman banyak mengangkat kerabat dekatnya, ternyat tuduhan ini tidak benar, dengan fakta berikut: Walid bin ‘Uqbah gubernur Kuffah, kerabat Utsman ternyata telah memegang jabatan sejak masa Umar bin Khattab Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarah, saudara sesusuan Utsman menjadi gubernur Mesir, menggantikan Amr bin Ash, Abdullah bin Sa’ad terkenal dengan sifat terpuji dan gesit dalam bertindak serta profesional, tak mungkin Utmasn memilih hanya karena pertimbangan saudara belaka. Muawiyah bin Abi Sufyan pun telah menjadi gubernur Damaskus pada masa Umar, Utsman hanya meneruskan saja

Kebijakan Imigrasi keluar Madinah pada masa Utsman Tersebarnya para sahabat ke berbagai daerah, dunia terbuka luas, banyak diantara mereka yang kaya raya, dan muncul euforia mengkritik kebijakan pemerintah. Dalang dibalik kritik ini adalah Malik bin Harits al Asytar, Muhammad bin Huzaifah, Ghafiki bin Harb al Akki, Kinanah bin Bisyr, Sudan bin Humran, Hukaim bin Jabalah, mereka memiliki akidah menyimpang,gemar berfoya-foya.

KRONOLOGIS TERBUNUHNYA UTSMAN BIN AFFAN Fitnah semakin menyebar Kaum pemberontak membentuk aliansi beberapa daerah, Kuffah, Mesir dan Bashrah, menuju Madinah, menuduh Utsman tidak adil dan sewenang-wenang, namun dibalik itu mereka berencana membunuh Utsman. Kaum pemberontak menuntut Utsman berjanji agar memenuhi tuntutan mereka,Utsman menyetujui, situasi mulai kondusif. Kaum pemberontak pulang, muncul desas desus Utsman telah membatalkan janjinya, bahkan mengirim surat rahasia ke Mesir agar para pemberontak ditindak saat mereka kembali dari Madinah. Utsman tidak tahu menahu perihal surat rahasia tersebut

Lanjutan Kronologis…. Pemberontak menuduh Marwan Bin Hakam, ia dekat dengan Utsman, sebagai penulis surat rahasia tersebut. Pemberontak meminta Utsman menyerahkan Marwan bin Hakam, atau memaksa Utsman lengser dari khalifah, keduanya ditolak Utsman. Sebagian sahabat mendukung Utsman agar tidak mundur, supaya kebiasaan ini tidak menjadi tradisi, setiap khalifah yg dibenci dituntut mundur. Pemberontak memblokir rumah Utsman selama 40 hari,bahkan air dan makanan tidak diperkenankan masuk Para sahabat berniat melindungi Utsman, namun Utsman memerintahkan mereka menjauh dan membubarkan diri agar pertumpahan darah tidak terjadi.

UTSMAN TERBUNUH.. Pemberontak merangsek kedalam rumah Utsman, pada siang hari dan mereka membunuh Khalifah Utsman bin Affan dengan sadis. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Utsman pun wafat, tepat diusia 82 tahun Dialah lelaki penghuni syurga yang tinggal dimuka bumi, radhiyallahu anhu

KHULAFAUR RASYIDIN KE-4 ALI BIN ABI THALIB

LAHIR,NAMA, NASAB & JULUKAN Lahir 10 tahun sebelum Rasulullah diangkat menjadi nabi.( menurut Ibnu Ishaq dan Ibnu Hajar) Nama: Ali bin Abi Thalib bin Muthalib bin Qushai bin Kilab bin Luai bin Ghalib Awalnya ibunda Ali memberi nama Haidar(singa) lalu diganti dengan nama Ali Julukannya Abul Hasan, sedangkan Abu Thurab adalah julukan yang diberikan oelah Rasulullah, saat Ali tertidur dengan badan bertabur debu ( debu:Thurab), lalu Rasululla membangunkan beliau dgn memanggil,” Bangunlah wahai Abu Thurab”. (HR. Muslim no.2409.)

KELUARGA Ibnu Sa’d mengatakan, keturunan Ali bin Abi Thalib 14 laki-laki dan 19 perempuan, yg dibagan hanya sebagian saja Ali Khaulah binti Ja’far Muhamad al Akbar Laila binti Mahmud Al Abbas Utsman Ja’far Abdullah Asma Binti Umais Yahya Aun Fatimah Hasan Husain Zainab Ummu Kultsum

KEUTAMAAN ALI BIN ABI THALIB Masuk islam sejak kecil, bahkan termasuk Assabiqunal awwalun ( golongan yang pertama kali masuk islam) Pengorbanan Ali saat hijrahnya Rasulullah ke Madinah menggantikan posisi di tempat tidur nabi. Cerdas, pemberani dan berilmu, karena beliau sejak kecil bersama Rasulullah. Sering menjadi pemimpin pasukan muslim, ditunjuk langsung oleh Rasulullah Salah satu dari 10 sahabat yg dijamin masuk syurga. Sifatnya tawadhu,zuhud,adil dan dermawan

KEBIJAKAN PEMERINTAHAN MASA ALI BIN ABI THALIB Menetapkan lembaga peradilan dengan mengangkat para hakim yg terkenal, diantaranya: Syuraih bin Al Harits di Kufah Abu Musa al Asyari di Kufah Abdullah bin Mas’ud di Yaman Qais Bin Sa’ad di Mesir Abdullah bin Abbas di Bashrah Meletakkan dasar-dasar ekonomi Menerapkan hukum fikih

Fikih Ali bin Abi Thalib Wajib berwudhu bagi orang yg tidur sambil duduk jika hendak shalat. Kencing bayi perempuan disucikan dengan dicuci menggunakan air, sedangkan kencing bayi laki-laki yg belum mengkonsumsi apapun selain ASI,dengan memercikkan air pada pakaian yang terkena. Boleh membaca Al Qur’an dalam kondisi apapun selain junub Org yg enggan shalat dipenjarakan hingga ia mau shalat I’tikaf hanya di masjid jami’ yg digunakan utk shalat Jumat Haramnya daging hewan yg disembelih dengan niat sombong Haramnya bermain catur dan dadu, Ali bin Abi Thalib berkata,”Jika seseorg menyentuh bara api, itu lebih baik baginya dari pada bermain catur, karena catur adalah patung berhala yg dipermainkan”.

KONFLIK MASA AKHIR KEPEMIMPINAN ALI BIN ABI THALIB Terjadinya perang jamal Dinamakan perang Jamal karena Aisyah mengendarai unta untuk berperang Perang terjadi antara Ali melawan Talhah, Zubair dan Aisyah. Terbunuhnya Utsman bin Affan sebab munculnya fitnah besar Pengaruh hasutan Abdullah bin Saba’ Perbedaan sahabat dalam menyikapi hukum kepada pembunuh Utsman Pecahlah perang pada Kamis, bulan Jumadil Akhir tahun 36 H.

Perang Shiffin ( 37 H) Muawiyah bin Abu Sufyan gubernur Damaskus enggan berbaiat ( janji mendukung) kpd Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah, hingga ditemukan siapa pembunuh Utsman dan di hukum qishas (bunuh) Terjadi pertempuran antara Ali dan Muawiyah, hingga peristiwa tahkim ( perdamaian)

Terbunuhnya Ali Bin Abi Thalib Perang Siffin pecah diikuti dengan merebaknya fitnah seputar kematian Utsman bin Affan membuat posisi Ali sebagai khalifah menjadi sulit. Ali meninggal di usia 63 tahun karena pembunuhan oleh Abdrrahman bin Muljam, seseorang yang berasal dari golongan Khawarij (pembangkang) saat mengimami shalat subuh di masjid Kufah. Pada tanggal 19 Ramadhan, dan Ali menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 21 Ramadhan tahun 40 Hijriyah. Ali dikuburkan secara rahasia di Najaf, bahkan ada beberapa riwayat yang menyatakan bahwa ia dikubur di tempat lain. Selanjutnya kursi kekhalifahan dipegang secara turun temurun oleh keluarga Bani Umayyah dengan khalifah pertama Muawiyah. Dengan demikian berakhirlah kekhalifahan Khulafaur Rasyidin.