DIMENSI DAN PEMIKIRAN ISLAM Materi Dirasah Islamiyah-2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Akidah Islamiyah.
Advertisements

IJTIHAD SUMBER HUKUM ISLAM YANG KETIGA PGSD 1 E.
METODE MEMAHAMI ISLAM AGAMA ISLAM DIYAKINI MEMILIKI SEGALA KESEMPURNAAN DAN AJARAN YANG LENGKAP, TETAPI TERKESAN KAKU DAN MENJADI BEBAN KARENA DISAMPAIKAN.
Konsep Akhlak dan Tasawuf
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
POKOK BAHASAN TEOLOGI ISLAM
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Ar Rayu sebagai Sumber Hukum Islam
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
PGSD 1 E Disusun oleh MUHAMMAD SAIFUL ASRORI. Etimologi (asal usul kata): ijtahada- yajtahidu-ijtihadan berarti “berusaha dengan sungguh-sungguh” PENGERTIAN.
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
PEMIKIRAN FIQIH.
Pertemuan Ke-9.
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
Belajar dengan cermat Tanpa beban Ikhlas karena Allah.
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Materi Pertemuan XI Ar Rayu, Ijma’ dan Qiyas.
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASARKAN SUMBER
SUMBER HUKUM ISLAM Oleh: Deden Mulyadi, S.Pd.I.
ETIKA, MORAL DAN AKHLAK DALAM ISLAM
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
Syari’ah, Fikih dan Hukum Islam
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
ETIKA, MORAL DAN AKHLAK DALAM ISLAM
Tujuan Instruksional Umum:
Filsafat Ketuhanan Muhammad Noor, M.H.I.
Shabrina Luthfiani Hadiwirosa
ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH
Pendahuluan -Ushul fiqh adalah metodologi mujtahid untuk menggali hukum syara’ dari sumbernya. -sumbernya inilah yang dimaksud dengan dalil syar’I, yaitu.
CREATED BY: MARETTA DANIATY
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
Oleh: Muhsin Hariyanto
Fungsi Tafsir Tarbawi Dan Macam-Macam tafsir   Di Susun Oleh   Nama : ANGGI SYAHPUTRA LISA UMAIRAH.
Etika, Moral, dan Akhlak Oleh : Kelompok 5
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
KELOMPOK 11 ANGGOTA:1.ZAM-ZAM HIDAYA 2.NUNUNG 3.YAYI LATIFA 4.FIFI
BERLAKUNYA HUKUM ISLAM DI INDONESIA
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
SUMBER HUKUM ISLAM.
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Sebagai Upaya Mewujudkan dan Melestarikan Agama
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
MATA KULIAH: AKHLAQ TASAWUF
HUKUM ISLAM DALAM TATA HUKUM INDONESIA
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
Asal mula agama? Ketika manusia menemukan tiga hal: kebenaran, kebaikan dan keindahan , gabungan ketiganya dinamakan suci, manusia ingin mengetahui siapa.
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
BAB 3 SYARIAH DALAM KEHIDUPAN MUSLIM
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hafidz Abdurrahman Syariah Islam.
IJTIHAD Pengertian Ijtihad
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
Pokok Pokok Ajaran Islam
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
KONSEP HUKUM DAN SUMBER HUKUM ISLAM MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelompok 3/ Kelas 40 Jatmiko Dwi Purnomo ( ) Putri Nurul.
Menurut etimologi, Akhlak berasal dari kata al-khulq yang berarti perilaku. Tingkah laku yang lahir dari manusia dengan sengaja, tidak dibuat-buat, dan.
Transcript presentasi:

DIMENSI DAN PEMIKIRAN ISLAM Materi Dirasah Islamiyah-2

Dimensi Islam Yang dimaksud dimensi Islam adalah sisi utama keislaman seseorang yang sering disebut dengan “trilogi ajaran Islam” yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Dari sisi pelaksanaan ketiganya tidak bisa dipisahkan karena antara yang satu dengan yang lainnya memiliki keterikatan. Integrasi antara ketiganya dalam pelaksanaan menunjukkan kesempurnaan. Al-Syahrastani menyebut Islam adalah pemula (mabda’), iman adalah menengah (wasath) dan ihsan adalah kesempurnaan (al-kamal)

Pemikiran Islam Dari aspek pemikiran, ketiga dimensi Islam tersebut telah melahirkan tiga bidang pemikiran, yaitu pemikiran kalam, fikih dan tasawuf. Pemikiran kalam muncul dari upaya para ulama aliran teologi dalam menyelesaikan persoalan- persoalan kalam. Karena itu wajar bila terjadi perbedaan pendapat di antara aliran kalam dalam mengkaji suatu obyek tertentu, karena perbedaan metode berfikir masing-masing aliran

Pemikiran kalam Ada dua corak pemikiran kalam, yaitu rasionalis dan tradisionalis. Rasionalis hanya terikat pada ayat-ayat yang qath’i, memberi kebebasan berkehendak (free will) dan berbuat (free act), dan memberi peranan yang besar terhadap akal. Tradisionalis ; terikat pada ayat-ayat yang dzanni, tidak memberi kebebasan berkehendak dan berbuat, dan memberi peran yang kecil terhadap akal

Istilah lain Ada juga yang mengatagorikan pemikiran kalam menjadi ; antroposentris, teosentris, dan konvergensi/sintesis Antroposentris ; Manusia memiliki potensi yang menjadikannya mampu membedakan yang baik dan yang jahat. Jadi manusia memiliki kebebsan mutlak tanpa campur tangan Tuhan Teosentris ; daya dan potensi manusia bisa datang sewaktu-waktu dari Tuhan. Jadi manusia tidak mempunyai daya sama sekali terhadap semua perbuatannya (jabary)

Lanjutan … Konvergensi/sintesis ; Ada perpaduan harmonis antara daya transendental (Tuhan) dengan daya temporal (manusia). Konsekwensinya, manusia akan memperoleh pahala atau siksa sebanyak andil temporalnya dalam mengaktualisasikan peristiwa/kejadian tertentu

Pemikiran fikih Aktivitas ijtihad para sahabat melahirkan dua aliran; madrasah al-Baghdad (ar- Ra’yu) dan madrasah al-Madinah (al- hadis). Namun secara institusional, kedua aliran ini terbentuk pada masa tabi’in. Ahlur Ra’yi berpusat di Irak dan Ahlul Hadis berpusat di Madinah. Kendati demikian ada juga ulama ahlul hadis di Irak dan sebaliknya.

Ahlur Ra’yi Berorientasi pada kebutuhan maslahah dalam kehidupan manusia (realistik) Dalam berijtihad lebih mengandalkan metode istihsan dan maslahah al-mursalah Mengangkat tradisi masyarakat menjadi ketentuan hukum yang sah (al-’adah muhakkamah) sejauh tidak bertentangan dengan nash Berusaha memberikan makna nash dalam konotasi yang realistik (kontekstual)

Pemikiran tasawuf Tasawuf (mistik Islam) berasal dari kata “shafa” (suci), shaff (barisan), shufu (wol kasar), dan ahlus suffah (komunitas yang memiliki karakter menyibukkan diri dalam beribadah). Tasawuf ; aktivitas pembersihan jiwa, mengisinya dengan sifat terpuji, melalui cara suluk dan mendekatkan diri serta berada dihadirat Allah

Lanjutan … Aqil Siraj; tasawuf dibedakan menjadi khuluqi dan falsafi. Khuluqi ; tasawuf yang berkonsentrasi pada perbaikan akhlak melalui metode takhalli, tahalli dan tajalli. Tasawuf khuluqi identik dengan tasawuf sunni (ortodok) karena landasan berpijaknya adalah al-Qur’an dan as-Sunnah. Falsafi (heterodok); teorinya identik dengan filsafat dan berorientasi pada pantheisme

Ahlul Hadis Berorientasi untuk memahami kemauan syari’ sesuai nash dan berusaha mengaplikasikannya pada kehidupan sosial (idealistik) Membatasi peran akal dan subyektifitas mujtahid. Peran akal hanya sebatas pada penggunaan qias Tidak mengangkat tradisi sebagai ketentuan hukum yang sah Memberikan makna apa adanya sesuai yang dikehendaki nash (tekstualis, skrptualis)

Lanjutan … Perbedaan ; tasawuf khuluqi menekankan kesinambungan syariat dan hakikat, sehingga ma’rifat merupakan maqam tertinggi dimana manusia dapat mengenal Allah dengan kalbu. Sedangkan dalam tasawuf falsafi dikenal syathahat (ungkapan ganjil) dan maqam diatas ma’rifat, yakni ittihad (rasa bersatu dengan Tuhan, hulul (Tuhan bertempat pada tubuh manusia) dan wahdatul wujud (manunggaling kawulo gusti)