P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Mendapatkan input dari keyboard
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Pengenalan Visual Basic
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Graphical User Interface (GUI)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
ANDROID ACTIVITY.
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
JSF Java Server Faces.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Android database mysql dan webservice
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pemrograman Mobile Location Based Service
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

P E R T E M U A N 5 FRAGMENT

Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi (15.11.0307) Warsito Aji (15.11.0306) Karima Dewi R (15.11.0313) Alfano Kurniawan W (15.11.0316) Bagus Nanda P (15.11.0301) Shisen Nugraha B (15.11.0311)

Fragment adalah salah satu komponen, antar muka (user interface) yang merupakan sebuah bagian dari Activity, dapat disebut juga dengan nama sub-Activity. Satu Activity bisa mengelola beberapa fragment untuk menampilkan hasil di layar user (pengguna) Contoh penerapan fragment pada android

Poin – poin penting dalam fragment : Sebuah fragment memiliki layout sendiri dan lifecycle callback sendiri. Dapat menambah atau mengurangi fragment dalam activity ketika activity tersebut sedang berjalan. Dapat menggabungkan beberapa fragment dalam suatu activity tunggal untuk membangun UI multi-pane. Sebuah fragment dapat digunakan dalam beberapa activity. Lifecycle Fragment berkaitan erat dengan  activity lifecycle induk yang berarti ketika activity induk dihentikan sementara maka semua fragment yang tersedia pada activity tersebut juga dihentikan. Sebuah fragment dapat menerapkan perilaku yang tidak memiliki komponen user interface. Fragment ditambahkan ke dalam Android API dalam versi Honeycomb Android versi API 11.

12 Method dari fragment berikut : onAttach(Activity)  :  digunakan untuk memanggil 1 kali ketika menempel di Activity. onCreate(Bundle)   : digunakan untuk mempersiapkan fragment. onCreateView(LayoutInflater, ViewGroup, Bundle)  : menciptakan dan menampilkan kembali secara hirarki. onActivityCreated(Bundle) : method ini dipanggil setelah method onCreate().

onStart() : digunakan untuk membuat fragment terlihat. 12 Method dari fragment berikut : onViewStateRestored(Bundle) : digunakan untuk menyatakan informasi  kepada fragment bahwa semua akan disimpak ke dalam state (layar) dari tampilan fragment secara hirarki yang telah dipulihkan. onStart() : digunakan untuk membuat fragment terlihat. onResume() : digunakan untuk membuat fragment interaktif. onPause()  : digunakan jika fragment tidak lagi interaktif. onStop()  :digunakan jika fragment tidak lagi  terlihat. onDestroyView() : digunakan untuk membersihkan resources (sumber daya.

onDetach() : digunakan ketika fragment ,tidak lagi ada di Activity. 12 Method dari fragment berikut : onDestroy()  : digunakan untuk membersihkan akhir resources (sumber daya )dari layar fragment. onDetach() : digunakan ketika fragment ,tidak lagi ada di Activity.

Membuat Fragment dan Menambahkan fragment pada activity Listing program berikut : activity_main.xml

Membuatan fragment dan Menambahkan fragment pada activity fragment_satu.xml

Membuatan fragment dan Menambahkan fragment pada activity fragment_dua.xml

Membuatan fragment dan Menambahkan fragment pada activity MainActivity.java

Membuatan fragment dan Menambahkan fragment pada activity

Membuatan fragment dan Menambahkan fragment pada activity Output Program

Membuat UI flexible dengan fragment Activity_main.xml

Membuat UI flexible dengan fragment Buatlah Class baru bernama Fisrtfragment.java dan isikan kode dibawah ini : ((MainActivity)getActivity()) untuk mengakses ActionBar dikarenakan kita menggunakan App Compability Library maka untuk method getActionBar() tidak dapat digunakan, akan menghasilkan null pointer exception error. Maka dari itulah kita menggunakan method getSupportActionBar() yang disupport oleh App Compability Library.

Membuat UI flexible dengan fragment Buatlah layout baru bernama Fisrtfragment.xml dan isikan kode dibawah ini :

Membuat UI flexible dengan fragment Buatlah Class baru bernama Secondfragment.java dan isikan kode dibawah ini : Disini kita menambahkan fungsionalitas BackButton pada ((MainActivity)getActivity()).getSupportActionBar().setDisplayHomeAsUpEnabled(true);dan event ketika back button diklik maka akan menjalankan perintah getFragmentManager().popBackStack(); yang akan membuat fragment saat ini dikeluarkan dari stack.

Membuat UI flexible dengan fragment Buatlah layout baru bernama Secondfragment.xml dan isikan kode dibawah ini :

Membuat UI flexible dengan fragment Buatlah layout baru bernama Thirdfragment.xml dan isikan kode dibawah ini : Buatlah Class baru bernama Thirdfragment.java dan isikan kode dibawah ini :

Membuat UI flexible dengan fragment MainActivity.java Proses penambahan fragment dengan menggunakan method add() agar FirstFragment dapat tampil ke layar dengan sebelumnya kita melakukan pengecekan terhadap isi dari object savedInstanceState();

Membuat UI flexible dengan fragment Output Program

KOMUNIKASI ANTAR FRAGMENT Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk membuat fragment saling berkomunikasi: Jangan langsung referensi dari fragment ke fragment lainnya. Buatlah Interface yang berisikan method yang akan bertindak sebagai pembawa suatu event. Implements interface pada activity Fragment 1 menggunakan interface untuk mengirim pesan. Pada activity, method interface yang telah diimplementasikan dapat direferensikan ke fragment 2 dan melakukan perubahan pada sesuai method yang diberikan.

Buat dua class java baru dengan nama FragmentA dan FragmentB kemudian extend fragment.

Kemudian buat layout untuk fragment dengan nama fragment_a Kemudian buat layout untuk fragment dengan nama fragment_a.xml dan fragment_b.xml. Buka direktori res/layout, klik kanan -> new -> Layout resource file -> masukan nama layout fragment dan ubah Root element dengan RelativeLayout, jika sudah selesai klik OK. FRAGMENT A FRAGMENT B

3. Buat interface dengan nama communicator, ini berguna untuk menghubungkan kedua fragment yang telah kita buat. Untuk membuat interface sama saja dengan membuat java class, yang membedakan pada kind pilih interface

4. Buka activity_main.xml, kemudian masukan layout fragment.

5. Buka MainActivity.java, implements interface yang sudah dibuat dan implementasikan method dari Communicator.

Output Komunikasifragment