PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Referensi Cepat untuk Video
High Level User Interface
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pemrograman Perangkat Mobile
DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Mendayagunakan Activity External
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
Dialog Intent & Notification
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2 1. Ikmam Nur Fauzi (15.11.0016) 2. Bagas Pratikto (15.11.0019) 3. Suprayitno (15.11.0032) 4. Yusuf Budiaji (15.11.0037) 5. Upit Liana Sari (15.11.0042) 6. Edi Susanto (15.11.0046) 7. Adimas Dwi Nur H. (15.11.0062)

Bahan diskusi Notification Dialog Intent Penerapan Notification, Dialog dan Intent dalam program

1. Notification Adalah pesan pemberitahuan yang dapat ditampilkan kepada pengguna, diluar user UI dari aplikasi. Bila kita memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam notification area. Biasanya akan muncul jika sesuatu terjadi, misalnya : diterima Pesan Baru, Email Baru, Ada panggilan tak terjawab dll.

Pemberitahuan di notification drawer Pemberitahuan di notification area

Penerapan notification pada program :

Penerapan notification pada program : public class MainActivity extends AppCompatActivity {     // identititas id unik untuk notification     public static final int NOTIFICATION_ID = 1;     @Override     protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {         super.onCreate(savedInstanceState);         setContentView(R.layout.activity_main);           getSupportActionBar().setSubtitle("Belajar di okedroid.com");     }

Penerapan notification pada program :   public void tampilNotification(View view) { /*Menmbangun atau mensetup Notification dengan NotificationCompat.Builder */         NotificationCompat.Builder builder = (NotificationCompat.Builder) new NotificationCompat.Builder(this)                 .setSmallIcon(R.mipmap.ic_launcher) //ikon notification                 .setContentTitle("Notifikasi Saya") //judul konten                 .setAutoCancel(true)//untuk menswipe atau menghapus notification                 .setContentText("Hello Okedroid"); //isi text /*Kemudian kita harus menambahkan Notification dengan menggunakan NotificationManager */         NotificationManager notificationManager = (NotificationManager) getSystemService(Context.NOTIFICATION_SERVICE);         notificationManager.notify(NOTIFICATION_ID, builder.build()         );     } }

2. Dialog Merupakan jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian yang mengharuskan user untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Contoh : Saat akan keluar dari program muncul pertanyaan “Apakah Anda yakin akan keluar ?” Jika user menjawab Yes, maka program akan dihentikan Jika user menjawab No, maka program akan dilanjutkan

Beberapa jenis dialog : Alert/Peringatan adalah gangguan mendesak yang menginformasikan situasi dan memerlukan pengakuan. Simple menus/Pilihan menu tampilan sederhana untuk item daftar, sedangkan simple dialogs/dialog sederhana dapat memberikan rincian atau tindakan tentang item daftar. Confirmation dialogs/Dialog konfirmasi mengharuskan pengguna untuk secara eksplisit mengkonfirmasi pilihan.

Penerapan dialog pada program :

Penerapan notification pada program : main.xml

Penerapan notification pada program : alertDialog.java

Penerapan notification pada program :

3. intent Suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver.

Beberapa contoh mekanisme pengiriman intent pada masing-masing jenis komponen : Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

Penerapan intent pada program : Intent Untuk Transfer Data Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut, seperti berikut ini. Intent intent = new Intent( this, ActivityProfile.class); intent.putExtra( "NAMA", "dian" ); intent.putExtra( "UMUR", 17); startActivity(intent);

Penerapan intent pada program : Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “dian” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini. Bundle extras = getIntent().getExtras(); String nama = extras.getString("NAMA"); int umur = extras.getInt( "UMUR");