Dialog Intent & Notification

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Pelatihan Sikda GENERIK
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Referensi Cepat Lync 2013 RAHASIA. Distribusi Hanya untuk Mitra Di Bawah Perjanjian Kerahasiaan. Microsoft tidak memberikan jaminan, baik tersurat maupun.
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Mata Pelajaran TIK Kelas X Semester 2
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
Menu.
Perancangan Pencatatan Transaksi Formulir Pertemuan 23 s.d 24 Matakuliah: F0712 / Lab Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2007.
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Sekilas Impress Open Office.org.
Strategi Multiple-Window
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Penggunaan Aplikasi E-Purchasing (Distributor / Pelaksana Pekerjaan)
Referensi Cepat untuk Video
Perancangan Formulir Pertemuan 11 s.d 12
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Referensi Cepat untuk Suara
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemilihan Tipe Windows
Menu.
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
MICROSOFT EXCEL Validasi data.
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Komponen Aplikasi Android
ANDROID DATABASE SQLITE
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
FRAGMENT Nama anggota :
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
STIE YPP MUJAHIDIN TOLITOLI
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Transcript presentasi:

Dialog Intent & Notification

Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozak 3. Tito Ari Kusharyanto 4. Tri Widianto 5. Risma Dwi Ratri

Dialog Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan. Beberapa jenis dialog meliputi: Alert adalah gangguan mendesak yang menginformasikan situasi dan memerlukan pengakuan. Simple Menu pilihan sederhana untuk daftar item, sedangkan Simple Dialog dapat memberikan rincian atau tindakan tentang daftar item. Confirmation dialogs adalah gangguan mendesak yang menginformasikan situasi dan memerlukan pengakuan.

Dialog Dialog tidak boleh dikaburkan, baik oleh elemen lain maupun tepi layar. Dialog selalu mempertahankan fokus sampai diberhentikan atau tindakan yang diperlukan telah dilakukan

Dialog Kelas Dialog adalah kelas basis untuk dialog, namun harus menghindari pembuatan instance Dialog secara langsung. Sebagai gantinya, gunakan salah satu subkelas berikut: AlertDialog Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. DatePickerDialog atau TimePickerDialog Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu. Kelas-kelas ini mendefinisikan gaya dan struktur dialog Anda, namun harus menggunakan DialogFragment sebagai kontainer dialog. Kelas DialogFragment menyediakan semua kontrol yang di perlukan untuk membuat dialog dan mengelola penampilannya, sebagai ganti memanggil metode pada objek Dialog.

AlertDialog Kelas AlertDialog memungkinkan membangun berbagai desain dialog dan sering kali satu-satunya kelas dialog yang akan di perlukan. Ada tiga region pada dialog peringatan: Judul Area ini opsional dan hanya boleh digunakan bila area materi ditempati oleh pesan terperinci, daftar, atau layout khusus. Jika Anda perlu menyatakan pesan atau pertanyaan sederhana tidak memerlukan judul. Area materi Area ini bisa menampilkan pesan, daftar, atau layout khusus lainnya. Tombol aksi Tidak boleh ada lebih dari tiga tombol aksi dalam sebuah dialog.

Membuat Fragmen Dialog Anda bisa menghasilkan beragam rancangan dialog—termasuk layout khusus dan desain yang dijelaskan dalam panduan desain Dialog — dengan memperluas DialogFragment dan membuat AlertDialog dalam metode callback onCreateDialog(). Berikut ini sebuah AlertDialog dasar yang dikelola dalam DialogFragment:

Intent Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut. Mekanisme pengiriman Intent pada masing-masing jenis komponen : Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService() Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Conte xt.sendStickyBroadcast().

Intent Untuk Transfer Data Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut. Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “dian” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini.

Intent Untuk Melakukan Aktifitas Tertentu Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tersebut, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim email, aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta. Intent untuk mengirim email

Intent untuk membuka halaman website

Notification Notification adalah pesan yang bisa Anda tampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi. Bila Anda memberi tahu sistem untuk mengeluarkan pemberitahuan, pemberitahuan akan muncul lebih dahulu sebagai ikon dalam area pemberitahuan. Untuk melihat detail pemberitahuan, pengguna membuka laci pemberitahuan. Baik area pemberitahuan maupun laci pemberitahuan adalah area-area yang dikontrol sistem yang bisa dilihat pengguna kapan saja.

Membuat Pemberitahuan (Notification) Menetapkan informasi dan tindakan UI bagi Notification dalam objek NotificationCompat.Builder. Untuk membuat pemberitahuan itu sendiri, panggil NotificationCompat.Builder.build(), yang akan mengembalikan objek Notification berisi spesifikasi Anda. Untuk mengeluarkan Notification, Anda meneruskan objek Notification ke sistem dengan memanggil NotificationManager.notify(). Objek Notification harus berisi berikut ini: Ikon kecil, yang diatur dengan setSmallIcon() Judul, yang diatur dengan setContentTitle() Teks detail, yang diatur dengan setContentText()

Menghapus Pemberitahuan Pemberitahuan tetap terlihat hingga salah satu kejadian berikut terjadi: Pengguna menghilangkan pemberitahuan satu per satu atau dengan menggunakan "Clear All" (jika pemberitahuan bisa dihapus). Pengguna mengklik pemberitahuan, dan Anda memanggil setAutoCancel() bila Anda telah membuat pemberitahuan. Anda memanggil cancel() untuk ID pemberitahuan tertentu. Metode ini juga menghapus pemberitahuan yang berjalan. Anda memanggil cancelAll(), yang menghapus semua pemberitahuan yang dikeluarkan sebelumnya.

Notification Contoh Program Notification

Notification

Sumber https://diandeveloper.wordpress.com/2013/11/16/android-intent/ https://developer.android.com/guide/topics/ui/dialogs.html?hl=id https://developer.android.com/guide/topics/ui/notifiers/notifications.html? hl=id#ApplyStyle https://material.io/guidelines/components/dialogs.html?hl=id#