Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
  Setelah anda selesai membuat Aplikasi,anda pilih add, new project lalu anda pilih “Other Project Types”.  Pilih “Setup and Deployment”,lalu klik.
Membuat File Database & Tabel
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Perangkat Mobile
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Pemrograman Mobile Android # 5
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Class Java Android
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
JSF Java Server Faces.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
ANDROID MULTIMEDIA.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
ANDROID DATABASE SQLITE
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Kelas TI 15 A
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Android database mysql dan webservice
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Kelompok 3 Khoerul Umam 15.11.0241 Dwi Yulianto K.W 15.11.0231 Anggen Dias Restu Wardani 15.11.0229 M. Reza Fadilah 15.11.0249 Afrizal Rifai 15.11.0253 Riyanuar Nugroho 15.11.0252 Safki Fajar Fatmawan 15.11.0255

Pemograman Mobile  Pemograman mobile merupakan pemograman berbasis OOP didalam pemograman mobile memiliki struktur struktur yang sangat terkonsep terlebih bahasa android yang mulai berkembang secara pesat dengan adanya pemograman mobile ini diharapkan teman teman mampu mengimplentasikan kedalam bentuk syntak pada pemograman Android selain itu mahasiswa dapat mengembangkan aplikasi android berbasis OOP yang dapat menunjang tesis untuk tugas akhir (TA). Untuk itu kami sekolompok akan mengulas tentang seputar Pemograman Android mulai dari : Android Fragment Komunikasi Antar Fragment Dan Fragment Pada Activity Membuat Fragment Membangun UI Flexsibel dengan Fragment

Android Fragment Fragmen adalah bagian modular dari desain aktivitas dan ini digunakan untuk mewakili perilaku antarmuka pengguna (UI) dalam suatu aktivitas. Dengan menggunakan fragmen kita bisa membuat desain UI yang fleksibel yang bisa disesuaikan berdasarkan ukuran layar perangkat seperti tablet, smartphone.Kita bisa membangun multi pane UI dengan menggabungkan beberapa fragmen dalam satu aktivitas dan kita dapat menggunakan kembali fragmen yang sama dalam beberapa aktivitas. Fragmen ini memiliki siklus hidup dan panggilan balik sendiri dan menerima kejadian masukannya sendiri. Kami dapat menambahkan atau menghapus fragmen dalam aktivitas saat aktivitas berjalan

Contoh Android Fragment

Komunikai Antar Fragment Fragment merupakan bagian dari UI dalam activity. Kita dapat menggabungkan beberapa fragment dalam activity untuk membuat multi-pane UI.Ada beberapa hal yang kamu perlu tahu tentang fragment yaitu, fragment memiliki siklus hidup(lifecycle) sendiri, dapat proses event sendiri, dan dapat ditambah atau dihapus ketika activity sedang jalan. Fragment diperkenalkan pada HoneyComb API 11 namun bisa digunakan pada perangkat android lama dengan menggunakan Support Library dari 1.6 sampai 2.0.

Android Life Cycle Pada Fragment Activity onCreate() dipanggil, dimana activity dapat mengatur tampilan dengan menggunakan method setContentView(). onAttach() dipanggil setelah fragment dikaitkan dengan activity. Fragment mendapat refrensi ke objek activity yang dapat digunakan sebagai konteks. onAttachFragment dipanggil oleh activity untuk menotifikasi activity bahwa fragment telah di attach. onCreate () dipanggil saat fragment dibuat.

Proses Penghancuran Fragment onPause() dipanggil di dalam fragment. onPause() dipanggil di dalam activity onSaveInstanceState () digunakan untuk menyimpan informasi fragment dalam objek Bundle. onSaveInstanceState () digunakan untuk menyimpan informasi activity dalam objek Bundle. onStop() dipanggil di dalam fragment.

Proses Penghancuran Fragment onStop() dipanggil di dalam Activity. onDestroyView () dipanggil setelah hirarki view fragment tidak lagi dapat diakses. onDestroy () dipanggil setelah fragment tidak digunakan, masih ada objek java melekat pada activity. onDestroy () dipanggil di dalam activity. onDetach () fragment tidak terikat dengan activity, dan tidak memiliki hirarki view lagi.

Membuat Fragment ( UI Fexibel) Buat dua class java baru dengan nama FragmentA dan FragmentB kemudian extend Kemudian kita akan membuat file layout untuk fragment dengan nama fragment_a.xml dan fragment_b.xml. Buka direktori res/layout, klik kanan -> new -> Layout resource file -> masukan nama layout fragment dan ubah Root element dengan RelativeLayout, jika sudah selesai klik OK. Buat interface dengan nama communicator, ini berguna untuk menghubungkan kedua fragment yang telah kita buat. Untuk membuat interface sama saja dengan membuat java class, yang membedakan pada kind pilih interface.

Membuat Fragment ( UI Fexibel)  Buka content_main.xml, kemudian masukan layout fragment. Bagi yang menggunakan android studio versi lama, gunakan activity_main.xml Buka MainActivity.java, implements interface yang sudah dibuat dan implementasikan method dari Communicator. Buka kembali class FragmentB,tambahkan method changeText.

Output Fragment

Membangun UI Flexsibel dengan Fragment Dua fragmen yang ditampilkan dalam konfigurasi yang berbeda untuk aktivitas yang sama pada berbagai ukuran layar. Pada layar besar, kedua fragmen muat dari sisi ke sisi, tetapi pada perangkat handset, hanya satu fragmen muat dalam satu waktu, jadi fragmen harus menggantikan satu sama lain seiring pengguna bernavigasi. Kelas FragmentManager menyediakan metode yang mengizinkan kita untuk menambahkan, membuang, dan mengganti fragmen ke sebuah aktivitas pada waktu proses untuk menciptakan pengalaman dinamis.