Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Program Paket Niaga Putu Putra Astawa S.Kom.,M.kom
KONSEP PEMROGRAMAN WEB
KoTA 105 : Irwan Nugraha ( ) Rendy Azhary ( ) Taufik Rohmat ( )
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
APLIKASI PETA SMA SWASTA DI BEKASI TIMUR PADA SMARTPHONE ANDROID
Pemrograman Mobile Android # 6
J2ME, Configuration & Profile
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
Mobile Programming Intro Android.
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
High Level User Interface
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Class Java Android
Adi Rachmanto,S.Kom UNIKOM
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
JSF Java Server Faces.
Struktur Aplikasi Android
Adi Rachmanto,S.Kom UNIKOM
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
Adi Rachmanto,S.Kom UNIKOM
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Location Based Services
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Transcript presentasi:

Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5

Anggota Kelompok Yuliadi Fajar Pangestu 15.11.0075 Rizqy Faiz F 15.11.0076 Muhammad Iqbal 15.11.0079 Adi Purnomo 15.11.0080 Mujiburohman 15.11.0085

Fragment Fragment merupakan bagian dari UI dalam activity. Dapat menggabungkan beberapa fragment dalam activity untuk membuat multi-pane UI. Hal hal yang harus di ketahui tentang fragment yaitu, fragment memiliki siklus hidup(lifecycle) sendiri, dapat proses event sendiri, dan dapat ditambah atau dihapus ketika activity sedang jalan. Fragment diperkenalkan pada HoneyComb API 11 namun bisa digunakan pada perangkat android lama dengan menggunakan Support Library dari 1.6 sampai 2.0.

Contoh fragment Pada UI smartphone saat user pertama kali akan melihat listview dan ketika item dari listview disentuh maka berpindah ke detail view. Berbeda dengan UI pada tablet karena tablet memiliki ukuran lebih lebar maka listview, DetailView dan other data view akan muncul secara bersamaan.

Membuat Fragment Dalam membuat sebuah fragment sama halnya dengan yang lain hal yang pertama dilakukan adalah mendisain dari tampilan atau sering disebut juga dengan User Interface. berikut adalah list program setelah membuat tampilannya, lebih tepatnya program ini ada pada kelas TampilanFragment.

Membuat Fragment Perhatikan pada code yang di blok warna biru. Di situ kita memanggil Fragment “TampilanFragment“ untuk menempati FrameLayout dengan id frame_layout yang telah kita buat sebelumnya di tampilan Main Activity.

Menambahkan Fragment Pada Activity Biasanya, fragmen berkontribusi pada sebagian UI ke aktivitas host, yang disematkan sebagai bagian dari hierarki tampilan keseluruhan aktivitas. Deklarasikan fragmen dalam file layout aktivitas. Dalam hal ini, Anda bisa menetapkan properti layout fragmen seakan-akan sebuah tampilan. aktivitas dengan dua fragmen

Menambahkan Fragment Pada Activity Secara programatis tambahkan fragmen ke ViewGroup yang ada. Kapan saja saat aktivitas berjalan, Anda bisa menambahkan fragmen ke layout aktivitas. Untuk membuat transaksi fragmen dalam aktivitas (seperti menambah, membuang, atau mengganti fragmen), Anda harus menggunakan API dari FragmentTransaction. Anda bisa mengambil instance FragmentTransaction dari Activity seperti ini: Menambahkan Fragment menggunaan Metode Add();

Menambahkan Fragment Pada Activity Saat mendesain aplikasi untuk mendukung berbagai ukuran layar, Anda bisa menggunakan kembali fragmen dalam konfigurasi layout yang berbeda untuk mengoptimalkan pada tampilan pengguna berdasarkan ruang layar yang tersedia. Misalnya, pada perangkat handset, bisa jadi tepat untuk menampilkan satu fragmen dalam satu waktu untuk antarmuka pengguna satu panel. Sebaliknya, Anda mungkin ingin menyetel fragmen dari sisi ke sisi pada tablet yang memiliki ukuran layar yang lebih lebar untuk menampilkan informasi lebih lanjut kepada pengguna.

Membuat UI fleksibel dengan fragment // Buat fragmen dan berikan argumen untuk menentukan artikel yang seharusnya ditunjukkannya ArticleFragment newFragment = new ArticleFragment(); Bundle args = new Bundle(); args.putInt(ArticleFragment.ARG_POSITION, position); newFragment.setArguments(args); FragmentTransaction transaction = getSupportFragmentManager().beginTransaction(); // Ganti apa pun yang ada dalam tampilan fragment_container dengan fragmen ini, // dan tambahkan transaksi ke tumpukan belakang sehingga pengguna bisa menavigasi kembali transaction.replace(R.id.fragment_container, newFragment); transaction.addToBackStack(null); // Komit transaksi transaction.commit();

Komunikasi antar fragment Fragment pada umumnya hanya berkomunikasi secara langsung dengan activity yang menampilkannya. Fragment dapat berkomunikasi melalui activity yang membacanya untuk mengatur data input dan output dari fragment tersebut ke fragment lain atau activity lain. Cukup anggap Activity sebagai controller yang mengatur interaksi antar fragment yang dia baca.

Komunikasi antar fragment Ada beberapa cara sebuah fragment dan sebuah activity dapat berkomunikasi : Bundle - Activity dapat membuat sebuah fragment dan menambahkan arguments. Methods - Activity dapat memanggil method di dalam instance fragment. Listener - Fragment dapat memanggil event listener di dalam sebuah activity lewat sebuah interface.

TERIMAKASIH

Daftar Pustaka https://www.codepolitan.com/membuat-dan-menggunakan-fragment-59f80eff061a4 https://blog.teknorial.com/tutorial-membuat-fragment-dalam-activity/ https://blog.teknorial.com/tutorial-komunikasi-antar-fragment/ https://developer.android.com/guide/components/fragments.html?hl=id https://phpisus.blogspot.sg/2016/10/berkomunikasi-dengan-fragment-yang-lain.html https://phpisus.blogspot.sg/2016/10/membuat-ui-yang-fleksibel.html https://blog.teknorial.com/mengenal-fragment-pada-aplikasi-android/