Komponen Aplikasi Android

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Komponen Antarmuka Grafis
Komponen Antarmuka Grafis. Indrawani S/SPK/ GRAFIS • Grafis menjadikan presentasi informasi lebih jelas dalam mengungkapkan arti dari data dan dapat.
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
KoTA 105 : Irwan Nugraha ( ) Rendy Azhary ( ) Taufik Rohmat ( )
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Pembuatan Komponen Antar Muka Grafis
Perancangan Tampilan.
Komponen Antarmuka Grafis
 Tujuan Umum Setelah mengikuti materi ini mahasiswa diharapkan mengenal Arcview dan mampu mengoperasionalkannya dalam proyek di bidang MIK  Tujuan Khusus.
Komponen Antarmuka Grafis
Pembuatan Komponen Antarmuka Grafis
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
E-Learning SMKN 2 Kediri
komponen antarmuka pengguna
Mobile Programming Intro Android.
Konsep sistem informasi a
Graphical User Interface (GUI)
KONSEP INTERFACE
Konsep Teknologi Informasi a
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Membuat Table Pertemuan 3
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
Mobile Device User Interface
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Struktur Aplikasi Android
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
FRAGMENT Nama anggota :
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Pemrograman Mobile Location Based Service
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Transcript presentasi:

Komponen Aplikasi Android Komponen aplikasi adalah blok pembangun penting dari aplikasi Android. Setiap komponen merupakan titik berbeda yang digunakan sistem untuk memasuki aplikasi Ada empat macam tipe komponen aplikasi : Aktivitas Layanan Penerima siaran Penyedia materi

Ada beberapa komponen tambahan yang bisa digunakan untuk melengkapi komponen diatas. Fragments, Merepresentasikan suatu perilaku atau sebagian dari user interface suatu Activities. Views, Elemen UI yang digambar di layar termasuk tombol, daftar bentuk dll. Layouts, Menampilkan hirarki yang mengontrol Format layar dan tampilan Views. Intents, Komponen bersama untuk pengiriman pesan /messaging. Resources, Unsur eksternal, seperti string, konstanta dan drawables gambar.. Manifest, File konfigurasi untuk aplikasi.  

Hyrarchy of screen element setiap komponen aplikasi didefinisikan menggunakan hierarki objek View dan ViewGroup, Setiap kelompok tampilan merupakan kontainer tak terlihat yang mengelola tampilan anak, sementara tampilan anak ini dapat berupa kontrol masukan atau widget lain yang menggambar sebagian dari UI. seperti yang ditampilkan dalam gambar dibawah ini

PROSES AND THREAD Proses  adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Android bisa memutuskan untuk mematikan proses pada waktu tertentu, bila memori tinggal sedikit dan diperlukan oleh proses lain yang lebih mendesak untuk melayani pengguna. Komponen aplikasi yang berjalan dalam proses yang dimatikan maka sebagai konsekuensinya juga akan dimusnahkan. Proses dimulai kembali untuk komponen itu bila ada lagi pekerjaan untuk mereka lakukan. Ada lima tingkatan dalam hierarki 1. Proses latar depan 2. Proses yang terlihat 3. Proses layanan 4. Proses latar belakang 5. Proses kosong

B. Thread Thread sangat penting karena bertugas mengirim kejadian ke widget antarmuka pengguna yang sesuai, termasuk kejadian menggambar. Ini juga merupakan thread yang membuat aplikasi berinteraksi dengan komponen dari toolkit Android UI (komponen dari paket android.widget dan android.view). Karena itu, thread 'main' juga terkadang disebut thread UI.

SIKLUS HIDUP ACTIFITY Activity adalah suatu kelas yang disediakan oleh Android guna mengimplementasikan siklus hidup suatu kelas-kelas pada suatu aplikasi.

STRUKTURE PROYEK Setiap proyek di Android Studio berisi satu atau beberapa modul dengan file kode sumber dan file sumber daya. Jenis-jenis modul mencakup: Modul aplikasi Android Modul Pustaka Modul Google App Engine Semua file versi terlihat di bagian atas di bawah Gradle Scripts dan masing-masing modul aplikasi berisi folder berikut: manifests: Berisi file AndroidManifest.xml. java: Berisi file kode sumber Java, termasuk kode pengujian JUnit. res: Berisi semua sumber daya bukan kode, seperti tata letak XML, string UI, dan gambar bitmap.

Setelan Struktur Proyek Untuk mengubah beragam setelan bagi proyek Android Studio, buka dialog Project Structure dengan mengeklik File > Project Structure. Isinya adalah bagian- bagian berikut: SDK Location Project Developer Services Modules

XML Satu fitur yang paling bermanfaat di Android sebagai lingkungan pengembangan adalah penggunaan XML untuk mendefinisikan banyak atribut di dalam infrastruktur aplikasi. Ini menyebabkan tidak diperlukannya bekerja di dalam bahasa programming Java untuk menangani atribut-atribut ini. Sekian ratus kode Java bisa menjadi hemat. Segala yang ada di dalam aplikasi – mulai dari layout User Interface, string teks, animasi, hingga komunikasi antar proses dengan layanan sistem operasi Android (seperti menggetarkan gadget atau memutar ringtone) – dapat dilakukan via XML. XML memberikan fleksibilitas yang luar biasa untuk mengakomodasi beragam hal di dalam aplikasi, seperti ukuran layar yang berbeda, bahasa, dan rancangan UI.

LAYOUT Layout adalah sebuah struktur visual yang digunakan untuk antarmuka pengguna. Jenis – jenis layout, yaitu : Relative Layout Relative Layout adalah layout yang menampilkan elemen-elemen yang saling berhubungan. Linear Layout Linear layout adalah suatu layout yang biasanya digunakan untuk tampilan statis

Table Layout Table Layout adalah layout sederhana yang nantinya posisi dari komponen-komponennya otomatis tertata seperti layaknya tabel pada umumnya. Frame Layout Frame layout adalah layout yang sederhana dengan menumpuk komponen-komponen agar saling menutupi satu sama lain. Urutan komponen pertama, kedua, dan seterusnya dimulai dari bawah.

MENDESAIN UI/LAYOUT Kunci dari sebuah desain antar muka (user interface) website atau aplikasi yang bagus atau menarik adalah kemudahan pengguna dalam menggunakannya. Prinsip dalam membuat desain antar muka (user interface) sangat penting karena jika terlalu memusingkan, pengguna harus belajar lagi cara menggunakannya dan akan membuat mereka frustasi. Berikut panduan supaya kamu tidak salah terlalu jauh : Ketahui karakteristik pengguna Pecahkan masalah Tetap konsisten Penempatan/layout Toleransi kesalahan pengguna Buatlah sederhana Lanjut terus

Android Kontrol UI kontrol input adalah komponen interaktif di antarmuka pengguna aplikasi Anda. Android menyediakan berbagai macam kontrol yang dapat digunakan dalam UI Anda, seperti tombol, bidang teks, mencari bar, centang kotak, tombol zoom, tombol toggle, dan banyak lagi.

TextView Kontrol ini digunakan untuk menampilkan teks ke pengguna. EditText EditText adalah subclass yang telah ditetapkan dari TextView yang mencakup kemampuan editing kaya. AutoCompleteTextView The AutoCompleteTextView adalah tampilan yang mirip dengan EditText, kecuali bahwa hal itu menunjukkan daftar saran penyelesaian secara otomatis saat pengguna mengetik. Tombol A push-tombol yang bisa ditekan, atau diklik, oleh pengguna untuk melakukan suatu tindakan. ImageButton AbsoluteLayout memungkinkan Anda untuk menentukan lokasi yang tepat dari anak-anaknya.

kotak centang On / off switch yang dapat diubah oleh pengguna. Anda harus menggunakan kotak centang ketika menyajikan pengguna dengan sekelompok opsi yang dapat dipilih yang tidak saling eksklusif. ToggleButton Sebuah tombol on / off dengan lampu indikator. Tombol radio The RadioButton memiliki dua negara: baik diperiksa atau dicentang. RadioGroup Sebuah RadioGroup digunakan untuk kelompok bersama satu atau lebih tombol radio.

Progress Bar Progress Bar lihat memberikan umpan balik visual tentang beberapa tugas yang sedang berlangsung, seperti ketika Anda melakukan tugas di latar belakang. Pemintal Sebuah daftar drop-down yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu nilai dari satu set. TimePicker Pandangan TimePicker memungkinkan pengguna untuk memilih waktu hari, baik dalam modus 24-jam atau mode AM / PM. DatePicker DatePicker lihat memungkinkan pengguna untuk memilih tanggal hari.

TERIMAKASIH…

Referensi http://android-beginner-lessons.blogspot.co.id/2015/10/android-mengenal-komponen- aplikasi.html https://www.sinaryuda.web.id/tutorial/komponen-pada-applikasi-android.html https://developer.android.com/guide/components/fundamentals.html?hl=id https://www.petanikode.com/android-activity/ https://awesomedit.wordpress.com/2013/04/22/siklus-hidup-activity-android/ https://developer.android.com/studio/projects/index.html?hl=id https://creatorbe.github.io/programming/android/2017/03/30/memahami-struktur-project- di-android-studio-creatorbe.html https://medium.com/@Hendrawanss/jenis-jenis-layout-pada-android-studio-331e21d24872 https://tasarinovi.wordpress.com/2013/05/12/pemanfaatan-xml-didalam-android- programming/ https://developer.android.com/guide/topics/ui/overview.html?hl=id http://www.w3ii.com/id/android/android_user_interface_controls.html http://www.idseducation.com/articles/tips-dalam-mendesain-user-interface-yang-mudah- digunakan/