Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

MAIL MARGE ( SURAT MASAL ). NAMA KELOMPOK. :. 1. DWIN RIZPUARI. 2
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
Inneke Ajeng Ayu Putri Kelas IX 4.
Komponen-Komponen dalam J2ME
Sekilas Impress Open Office.org.
BAB 5 Mengakses Internet.
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Mobile Programming Intro Android.
Graphical User Interface (GUI)
High Level User Interface
Pengenalan Google Map API
Operating System Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd.
MIDP High-Level User Interface
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
Oleh Arief Bahtiar dan Tim
WIRA CHENDHA IRIYANTO ( ) PENDIDIKAN EKONOMI 3B AKUNTANSI
Pemrograman Mobile Android # 3
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Oleh : UU INDRA GUNAWAN, S.Kom.
PAKET PROGRAM APLIKASI
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Mendayagunakan Activity External
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
Notification, Dialog, dan Intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Penerapan Notification,Dialog dan Inten
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
FRAGMENT Nama anggota :
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Android Location Based Services
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
Pelatihan Aplikasi Android Laporgub Admin Untuk Person In Charge (PIC)
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Pokok Bahasan Registrasi Pengguna MDN Pelaporan Verifikasi.
Transcript presentasi:

Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio Arif Risqiantoro Dadang Wahyu Utomo Isnan Aditya

Notification Notifikasi adalah pesan yang bisa ditampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi

Notification Notificiaton adalah salah satu fitur ,background services  tertua ,yang ada pada perangkat Android (API Level 1) artinya fitur ini sudah ada semenjak ,Android versi 1.0 Lahir. Hingga sekarang API 24 yang di pakai pada perangkat Android Versi 7.0 (Nougat) ,Notification sudah mengalami,  banyak perubahan entah itu dari segi fitur ,tampilan , yang pasti lebih flekesibel , dan makin memudahkan pengguna Android, dalam menggunakan elemen , atau bagian penting dari notifikasi. 

Notification Membangun Notifikasi Pada Program

Notification

Output Program

Intent Intent merupakan suatu pesan yang digunakan untuk mengaktifkan tiga komponen dasar pada aplikasi Android yaitu Activity, Service, dan Broadcast Receiver. Aktifasi pada komponen-komponen tersebut bisa terjadi pada aplikasi yang sama atau berbeda, seperti menjalankan Activity, inisiasi Service, atau pengiriman pesan kepada Broadcast Receiver. Pada saat terjadi komunikasi antar komponen, Intent menyimpan paket informasi yang digunakan pada proses tersebut.

INTENT Berikut ini adalah beberapa contoh mekanisme pengiriman Intent pada masing-masing jenis komponen : Object Intent untuk menjalankan Activity baru atau memerintahkan Activity melakukan sesuatu dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startActivity() atau Acvity.startActivityForResult(). Object Intent untuk menginisiasi sebuah Service baru atau melakukan sesuatu pada Service yang sedang berjalan dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.startService(). Object Intent untuk mengirimkan pesan kepada seluruh Broadcast Receiver dengan mempassing object Intent pada fungsi Context.sendBroadcast(), Context.sendOrderedBroadcast(), atau Context.sendStickyBroadcast().

INTENT Intent dapat digunakan untuk transfer data antar Activity. Pada saat sebuah Activity memanggil Activity yang lain, Intent dapat menyimpan data informasi yang ikut dikirimkan pada pemanggilan tersebut, seperti berikut ini : Intent intent = new Intent( this, ActivityProfile.class); intent.putExtra( "NAMA", "dian" ); intent.putExtra( "UMUR", 17); startActivity(intent);

INTENT Pada pemanggilan Activity tersebut, dikirimkan informasi berupa data NAMA dengan nilai String “dian” dan data UMUR dengan nilai integer 17. Informasi tersebut dapat ditangkap oleh activity yang dipanggil dengan code seperti ini. Bundle extras = getIntent().getExtras(); String nama = extras.getString("NAMA"); int umur = extras.getInt( "UMUR");

INTENT Mengirim email, membuka halaman website, melihat lokasi pada map, merupakan aktifitas-aktifitas yang biasanya ada pada aplikasi Android. Untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut, kita bisa membuat sendiri fiturnya atau bisa dengan memanfaatkan Intent untuk mengerjakannya. Intent dapat memanggil aplikasi lain untuk mengerjakan aktifitas tersebut, seperti memanggil aplikasi Gmail untuk mengirim email, aplikasi browser seperti Opera atau Chrome untuk membuka halaman website, atau aplikasi Maps untuk menampilkan lokasi pada peta.

INTENT Beberapa contoh pemanfaatan Intent untuk melakukan aktifitas tertentu dengan bantuan aplikasi lain : Intent untuk mengirim email Intent emailIntent = new Intent(android.content.Intent. ACTION_SEND ); String emailList[] = { "diandeveloper@gmail.com" }; emailIntent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_EMAIL , emailList); emailIntent.setType( "plain/text" ); emailIntent.putExtra(android.content.Intent. EXTRA_SUBJECT , "[diandeveloper - Mengenal Intent]" ); startActivity(Intent. createChooser(emailIntent, "Send via"));

INTENT

INTENT Intent untuk membuka halaman website String url = "https://diandeveloper.wordpress.com" ; Intent intent = new Intent(Intent. ACTION_VIEW); intent.setData(Uri. parse(url)); startActivity(intent);

INTENT

INTENT Intent untuk menampilkan lokasi pada peta Intent intent = new Intent(Intent.ACTION_VIEW, Uri.parse("geo:-7.290192,112.737136?q=Surabaya startActivity(intent);

INTENT

DIALOG Dialog adalah jendela kecil yang meminta pengguna untuk membuat keputusan atau memasukkan informasi tambahan. Dialog tidak mengisi layar dan biasanya digunakan untuk kejadian modal yang mengharuskan pengguna untuk melakukan aksi sebelum bisa melanjutkan.

DIALOG Kelas Dialog adalah kelas basis untuk dialog, namun Anda harus menghindari pembuatan instance Dialog secara langsung. Sebagai gantinya, gunakan salah satu subkelas berikut: Alert Dialog Dialog yang bisa menampilkan judul, hingga tiga tombol, daftar item yang dapat dipilih, atau layout khusus. Dialog berisi UI yang sudah didefinisikan dan memungkinkan pengguna memilih tanggal atau waktu. DatePickerDialog atau TimePickerDialog

DIALOG Kelas-kelas ini mendefinisikan gaya dan struktur dialog Anda, namun Anda harus menggunakan DialogFragment sebagai kontainer dialog Anda. Kelas DialogFragment menyediakan semua kontrol yang Anda perlukan untuk membuat dialog dan mengelola penampilannya, sebagai ganti memanggil metode pada objek Dialog. Menggunakan DialogFragment untuk mengelola dialog akan memastikan bahwa kelas itu menangani kejadian daur hidup dengan benar seperti ketika pengguna menekan tombol Kembali atau memutar layar. Kelas DialogFragment juga memungkinkan Anda menggunakan ulang UI dialog sebagai komponen yang bisa disematkan dalam UI yang lebih besar, persis seperti Fragment biasa (seperti saat Anda ingin dialog UI muncul berbeda pada layar besar dan kecil).

SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH