PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Kelas & Objek.
PHP.
Applet Oleh: Idris Winarno. Percobaan 1 Program menampilkan tulisan “Hello World” yang dibuat sebagai applet. Tulisan “Hello World” akan tampil pada browser.
Array.
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
JAVA ARRAY.
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Mobile Android # 4
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
ANDROID ACTIVITY.
Android AN’ ANQINUDIN L.,S.Kom.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Pemrograman GUI dengan Java
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 5.
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Dialog, NOTIFICATion, Intent
( JavaScript Object Notation )
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8 Kelompok 4 Anggota : 1. Aziz Nur Rahman 2. Fajar Bayu Wicaksono 3. Idha Aprian Firmansyah 4. Muhammad Syaikhan 5. Desta Ari Kuncoro 6. Permadi Endro Tanoyo 7. Dani Khoirul Wafa 8. Panji Dwi Suwarna 9. Doni Damara 10. Adiftian Al Azizi 11. Rifki Kurniawan Fauzi 12. Casro

PENGERTIAN ACTIVITY Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi. Bila dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop, Activity sama seperti halaman dan form. Activity tidak hidup abadi selamanya, dia bisa diciptakan dan dihancurkan. Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.

SIKLUS HIDUP ACTIVITY

SIKLUS HIDUP ACTIVITY onCreate() Di-method ini Activity sudah dimulai tapi belum terlihat oleh pengguna. Inisialisasi sebagian besar dimulai di sini. Misalnya memanggail setContentView() untuk membaca layout, membaca View, dll. onStart() Activity sudah terlihat tapi belum bisa berinteraksi. Method ini jarang dipakai, tapi bisa sangat berguna untuk mendaftarkan sebuah BroadcastReceiver untuk mengamati perubahan yang dapat mempengaruhi UI. onResume() Activity sudah terlihat dan pengguna sudah dapat berinteraksi. Di sini adalah tempat terbaik untuk menjalankan animasi, membuka akses seperti camera, mengupdate UI, dll.

SIKLUS HIDUP ACTIVITY onPause() Kebalikan dari onResume(). Activity sudah akan bersiap-siap meninggalkan layar (masih terlihat) dan sudah tidak berinteraksi dengan pengguna. Biasanya bila perlu melakukan undo untuk pekerjaan yang dilakukan di onResume() kita lakukan di sini. onStop() Kebalikan dari onStart() Activity sudah tidak terlihat. Biasanya kita melakukan undo untuk pekerjaan yang dilakukan di dalam onStart(). onDestroy() Kebalikan dari onCreate(). Method ini dapat terpanggil karena memanggil method finish() atau karena sistem membutuhkan memori lebih. Di dalam onDestroy() kita biasanya membersihkan proses-proses yang ada di belakang layar. Misalnya pengunduhan data dari internet yang mungkin masih berjalan jika tidak dihentikan di onDestroy(). onRestart() Dipanggil saat activity sudah melalui onStop() tapi akan diaktifkan lagi. Method ini jarang di implementasi.

Memulai Activity Dengan/Tanpa Mengirim Data Dengan Mengirim Data Di Android, passing data antar Activity ada dua cara, yaitu menggunakan Intent, dan menggunakan Bundle. Data yang akan dikirim pun tipenya bisa bermacam- macam, bisa berbentuk String, angka (integer, float, double), ArrayList, boolean, array, character, dan sebagainya. Namun tidak semua tipe data support untuk dikirim antar Activity, tipe data yang berukuran besar seperti gambar (image bitmap) atau file, tidak bisa dipassing antar Activity melalui metode ini.

Bundle bundle = new Bundle(); bundle Bundle bundle = new Bundle(); bundle.putString("data1", "somestring data"); bundle.putString("data2", "somestring data 2"); Intent intent = new Intent(TWOHActivityConcept3.this, TWOHActivityConcept4.class); intent.putExtras(bundle); startActivity(intent);

Memulai Activity Dengan/Tanpa Mengirim Data Jika memulai aktivity tanpa mengirim data maka kita tidak perlu menambahkan atribut putExtra() pada actifity yang mengirimkan data dan menambahkan atribut getExtra pada actifity yang menerima data, kita cukup mendefinisikan intennya saja.

INTENT Intent adalah sebuah kelas dalam programming Android yang berfungsi untuk perpindahan halaman. Intent juga merupakan suatu objek yang terdapat dalam suatu activity dimana objek tersebut dapat komunikasi dengan activity yang lain, baik activity pada fungsi internal android misal seperti memanggil activity dalam satu package atau beda package yang masih berada dalam satu project. Intent merupakan objek tipe android.content.Intent. Melalui metode startActivity() yang digunakan untuk memulai sebuah activity lain.

IMPLICIT INENT Implicit intent adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti Dial Number, Open Browser dan lainya. Contoh :

EXPLICIT INTENT Explicit Intent yang memanggil Activity lain yang masih dalam 1 project atupun beda project. Contoh :

Sumber : https://www.codepolitan.com/memahami-activity-lifecycle-di-android- 598d779a83dbf https://developer.android.com/training/basics/firstapp/starting- activity?hl=id https://code.tutsplus.com/id/tutorials/what-are-android-intents--cms-29335 https://www.codepolitan.com/belajar-menggunakan-intent-sebuah- jembatan-interaksi-antar-komponen-599a5576271ef http://agusharyanto.net/wordpress/?p=537