Grha Seni modern surabaya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pelaksanaan Kegiatan Kehumasan
Advertisements

APLIKASI RANCANGAN 3.
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
Latar Belakang Masalah
MENEMUKAN/MENCIPTAKAN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
LATAR BELAKANG MASALAH
APRESEASI SENI BUDAYA.
Perencanaan Kota Minggu 8.
minggu 10 CAKUPAN ISI TUJUAN PEMBELAJARAN KRITERIA PENILAIAN
Mata Kuliah Seminar I Smt VI Prodi Tari
ELEMEN URBAN DESIGN Perancangan Kota (Urban design) bertujuan untuk mewujudan proses ruang kota yang berkualitas tinggi dilihat dari kemampuan ruang tersebut.
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
SENI TEATER.
Latar Belakang Kota Surabaya yang berkembang dengan pesat terutama dalam bidang bisnis hiburan dibandingkan dengan kota-kota lain di jawa timur ini. Di.
MEDIA SEDERHANA Oleh : SRI SURYANI.
OLEH AGREPINO GUTERRES G. XIMENES NIM ARSITEKTUR OLEH AGREPINO GUTERRES G. XIMENES NIM ARSITEKTUR.
Evaluasi Event Mengukur kesuksesan event melalui kuisioner
PENATAAN RANGKAIAN TIK DI SEKOLAH
Painting #13 Multimedia Seni rupa adalah di antara ranah seni yang kian cepat mengusung reformasi dari tatanan seni konvensional. Suatu bukti yang banyak.
Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis FIB UI
Seni dan Institusi.
PENDIDIKAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
SOSIALISASI e-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI
Hand Out Drama & teater.
Pembuatan Buku City Guide untuk Meningkatkan Wisata Cagar Budaya di Surabaya dengan Menggunakan Figur Cak dan Ning sebagai Icon Nama : Yudha Wahyu Krisyandi.
Rachmat Kriyantono, Ph.D
NAMA : AGRIPINO GUTERRES NIM: SEMESTER: III.
MATERI KULIAH KOTA DAN PERMUKIMAN Pertemuan ke - 9
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
E-Learning by : AIRA 2009.
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA
KARYA INOVATIF Karya Seni
Pengantar Apresiasi Seni
PENGETAHUAN HAKI prodi desain komunikasi visual
EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL: SOLUSI DALAM ERA MEA
TATA LETAK BANGUNAN DAN PERANCANGAN RUANG TERBUKA
SENI TEATER.
KOMUNIKASI DALAM ARSITEKTUR
GAYA SELINGKUNG Jurnal Ilmiah Populer ‘WUNY’ SUMARYADI
Pengalaman Estetis.
ELEMEN KOTA MATERI MK PLANOLOGI.
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
SENI RUPA PAMERAN SENI RUPA.
APRESEASI SENI BUDAYA.
Kurikulum IPS dan Seni.
Public Visual Art InDonesia
MENEMUKAN/MENCIPTAKAN
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
Merancang Layout Display Karya Inovasi Pembelajaran
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA PROGRAM PASCASARJANA
desain multimedia dasar
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
TAMAN KOTA: KRITERIA DAN MANFAAT
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
LITERASI MEDIA&ANTISIPASI TERHADAP MASALAH SOSIAL
PERENCANAAN PRODUK PARIWISATA
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
MENGGALI KREATIVITAS UNTUK JURNALISTIK
PENGELOLAAN KESAN PENGAMEN TOPENG DI KOTA BANDUNG
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Elemen perancangan kota
 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Zonasi merupakan pembagian atau pemecahan suatu areal menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan.
Transcript presentasi:

Grha Seni modern surabaya Tugas Akhir Periode 63 Guntur DG | 22406030 mentor : Altrerosje Asri, S.T, M.T

Deskripsi Proyek “Grha Seni Modern di Surabaya” merupakan pusat kreatifitas seni modern dengan tujuan pusat kegiatan dan wadah komunitas yang digunakan para seniman modern untuk berkreasi baik berupa seni rupa, seni lukis, seni musik, seni tari, fotografi, film, arsitektur, seni instalasi, karya produk, desain komunikasi visual, ajang pementasan dan sebagainya. Grha Seni Modern ini akan menjadi suatu wadah Komunitas / Community Space, sarana kegiatan seseorang atau beberapa orang dimana ekspresi,pemikiran dan kreasi seseorang disampaikan dan sebagai area publik yang bersifat terbuka

Latar Belakang Munculnya seni modern , diperkenalkan lagi dengan kemasan yang “fresh” dan disesuaikan dengan jaman modern tanpa menghilngkan esensi awalnya. Lemahnya eksistensi seni modern di Surabaya , Seniman yang kurang muncul ke permukaan  lemahnya network, kurangnya informasi. Bukti berkembangnya Seni Modern di Surabaya, potensi beberapa pelaku dan seniman terkenal asal Surabaya, memiliki institusi pendidikan seni, festival : Festival Seni Surabaya (FSS), Festival Cak Durasim, Festival Negarakertagama, dll Dibutuhkannya Fasilitas yang mewadahi Kesenian Hubungan Seni Modern dengan konteks Urban dan permasalahan yang terjadi di dalamnya. Rumusan Masalah : Bagaimana suatu Grha seni dapat mewadahi, meningkatkan interaksi masyarakat dan mengkomunikasikan produk-produk kesenian modern yang nyaman dan menarik bagi masyarakat?

Sasaran dan Lingkup pelayanan Proyek ini pada khususnya ditujukan bagi komunitas-komunitas seniman modern untuk memotivasi berkarya sesuai idealismenya dalam peranannya yang dapat memberikan kontribusi terhadap dunia seni modern di kota Surabaya Masyarakat, sebagai apresiator yang turut mengembangkan bidang seni modern tersebut bagi peningkatan potensi kota Surabaya.   Lingkup Pelayanan: Fungsi Edukatif Adanya fasilitas sanggar/bengkel seni dan forum yang memberikan wawasan di bidang seni modern bagi masyarakat yang ingin memperdalam bidang ini di luar bidang akademik. Fungsi Informatif Sebagai wadah diskusi, seminar, pagelaran, pameran, festival yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memberikan apresiasi, opini, kritk, dan saran. Fungsi Komunikatif sebagai fasilitas memamerkan hasil karya seniman, menjadi media komunikasi antara pengunjung dan dunia seni modern. Fungsi Rekreatif Kegitan dan fasilitas area publik didalamnya juga sebagai fungsi rekreatif yaitu media yang menampung kepuasan kebutuhan rekreatif, kesenangan pengunjung dengan menikmati karya seni yang dipamerkan.

Kegiatan Event khusus : Agenda kegiatan rutin : Klasifikasi sederhana jenis Seni Modern : Seni Rupa, mencangkup : seni lukis, graffiti, seni patung/pahat, seni instalasi, seni keramik. Seni Pertunjukan, mencangkup : seni musik, seni tari, teater, film, seni sastra. Desain, mencangkup : Arsitektur, desain grafis, desain produk, fotografi, desain busana. Event khusus : Festival seni tahunan Pagelaran seni dan budaya Pertunjukan musik / konser Pementasan teater / sastra Pertunjukan tari Pagelaran busana Pemutaran / festival film Acara lelang karya seni Simposium Bazaar Acara-acara lain Agenda kegiatan rutin : Kunjungan institusi Seminar / diskusi / kuliah umum Pertemuan komnitas seniman Pameran Sanggar / bengkel seni Konservasi dan restorasi

Program Kebutuhan Ruang Fasilitas Utama, meliputi : Galeri / ruang pameran, fungsi ruang untuk memamerkan karya-karya terbaru para seniman dan untuk event-event khusus Auditorium / teater, fasilitas dengan daya tampung cukup besar yang dirancang dengan desain khusus yang menunjang acara-acara seperti pagelaran musik, teater, tari dan sebagainya. Fasilitas Penunjang, meliputi : Perpustakaan / ruang diskusi / ruang kuliah umum, Workshop dan bengkel kreatifitas, Toko buku dan kios seni (art shop), Kedai / cafe , Kantor pengelola,. Ruang bersama terbuka (open space), Fasilitas service Fasilitas mekanikal dan elektrikal Toilet Ruang penyimpanan

Skema Hubungan Ruang

Lokasi Tapak

Analisa Tapak Analisis Tapak : Angin, Matahari, Kebisingan, Potensi View, dan Vegetasi Analisis Urban : (Hamid Shirvani) Land Use Open Space Building Form and Massing Circulation and Parking Pedestrian Way Activity Support Preservation Signage

Pendekatan Perancangan Pendekatan perancangan yang digunakan adalah pendekatan urban. Pendekatan Urban yang diambil disini adalah ”Theory of Place” yang diperkenalkan oleh Roger Trancik, dimana makna dari ruang kota tersebut diperlukan pemahaman dari berbagai segi bisa itu historis kota, jenis aktifitas, letak terhadap kota, dan sebagainya. Makna/nilai tersebut berakar dari budaya setempat

RUANG DIALOG (aksi dan refleksi) Konsep Perancangan Sebagai Kritik Sosial Realisme Sosial Dimensional Ekonomi  peoduk komesialisasi Ekspresionisme Individu SENI MODERN RUANG DIALOG (aksi dan refleksi)

Konsep Perancangan . . . RUANG DIALOG URBAN – Theory of Place Seni Modern RUANG DIALOG

Ruang publik juga dianggap sebagai ruang pertemuan yang strategis antara masyarakat dan karya seni selain itu ruang publik adalah alternatif bagi para seniman yang mengalami kesulitan untuk menembus galeri-galeri formal. Ruang tidak lagi diartikan sebagai sekadar tempat memajang lukisan, tetapi juga dimana sebuah komunitas bisa membangun suatu dialog Pergeseran arti ruang menyebabkan penamaan galeri saja tidak cukup bagi sebuah tempat berpameran. Rumah seni atau art house atau art space adalah perluasan dari galeri yang semula lebih mengutamakan pameran seni lukis dan berorientasi pada pasar. Sedangkan rumah seni, menyelenggarakan aktifitas seni rupa dalam batasan yang lebih luas, performance art, video art, seni digital, seni musik dengan kecenderungan penggarapan visual yang menonjol. Dasar dan semangat sebagai “Ruang Dialog” yang menjembatani berbagai elemen masyarakat. Media ruang publik dianggap cukup efisien dalam menyampaikan pesan-pesan mereka pada masyarakat luas, selain cara praktis. Visual yang mereka tampilkan secara jelas menggambarkan ruang hidup kemasyarakatan. Selain unsur visual terdapat pula teks yang bersifat tuntutan, slogan perjuangan dan sebagainya. Bentuk tersebut dianggap cukup komunikatif. Merancang “ruang” untuk seni ini yang memungkinkan terjadinya relasi yang lebih intens antara pelaku seni dan penontonnya dimana masing-masing pihak bisa berganti peran, Interaksi yang cukup intensif ini menjadi semacam grounded research yang kemudian membawa seniman pada praktek-praktek partisipasi observasi, wawancara, lifehistory analysis, dan metode lain.

Keterbukaan menghubungkan berbagai komunitas dan membangun interaksi.

Pendalaman Pencahayaan Arsitektural Sistem Limunair track. (paralel) Jarak lampu sorot terhadap bidang display ± 3 feet atau 1 meter (minimal 70 cm) secara horisontal. Sudut sorot ± 30o Dibutuhkan Pencahayaan Ambient. Standar pencahayaan galeri : 100-150 sampai 500 Lux 10 – 50 footcandles

Perspektif