IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kompetisi dalam Kebaikan
Advertisements

ZINA ALA MUT’AH abu afnan nurul azmi
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
SENI DALAM PANDANGAN ISLAM
Aliran Sesat dan Cara Menghindarinya
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
Mewaspadai Aliran Kebatinan Di Sekitar Kita
BAB XI SIROH SAHABAT.
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 12/13
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
ILMU ASBABUN NUZUL.
URGENSI ILMU.
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
Oleh : Abu Hasan Budi Aribowo
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
IJMA’ SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: Irdanuraprida Idris, SH, MH
PENYESUAIAN DAN PEMBINAAN PENDAPAT YANG BERBEDA
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Amal Jama’I (Gerakan bersama)
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
IMAN KEPADA RASUL.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TEORI POLITIK PASCA KHULAFA AL-RASYIDUN (KHAWARIJ-SYIAH)
SUMBER HUKUM ISLAM.
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ
بسم الله الرحمن الرحيم وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا.
Inilah Kunci Surga Surga, dengan segala kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia, memiliki.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Memahami Islam dan Masalah Kehidupan Akhlak & Ibadah
SYIAH ZAIDIYAH & SYIAH GHULATH
Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Hajar nava khunafi Akselerasi 1
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Bab III Iman pada kitab Alloh SWT Kompetensi dasar yang harus dikuasai
STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
Aliran Sesat dan Cara Menghindarinya
ZAKAT FITRAH.
Pemikiran Politik (siyasah)
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
ZAKAT FITRAH.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
TOKOH-TOKOH MUFASIR DAN KITAB-KITAB TAFSIR
HADITS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
SYI’AH DAN MURJI’AH
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
BAB 2 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA FIRAQ
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH 1.Devintha Farahdila R. 2.Rafli Firmansyah 3.Salsabila Ainun.
Transcript presentasi:

IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH ABU AFNAN NURUL AZMI

DESCRIPTION SYIAH MEYAKINI BAHWA IMAMAH ADALAH RUKUN IMAN TERPENTING TIDAK MEYAKININYA ADALAH : KEKAFIRAN TIDAK BERMANFAAT SEMUA AMALAN HALAL DARAH, HARTA DAN KEHORMATAN DISEBUT DENGAN ISTILAH NASHIBY

SEMUA KESESATAN SYIAH BERAWAL DARI KEYAKINAN IMAMAH ALI. KONSKUENSINYA; KEKHALIFAHAN ABU BAKR, UMAR DAN UTSMAN TIDAK BERHAK DAN TIDAK SAH KARENA HAL TERSEBUT MAKA KETIGANYA KAFIR BEGITU JUGA SYIAH MENGKAFIRKAN SEMUA SHAHABAT

JUGA MENGKAFIRKAN SEMUA MUSLIM YANG MENCINTAI PARA SHAHABAT JUGA MENOLAK PERIWAYATAN AL QUR’AN DARI SHAHABAT DAN MENOLAK SEMUA HADITS YANG DIRIWAYATKAN PARA SHAHABAT

KEISTIMEWAAN PARA IMAM MA’SHUM DARI SEMUA DOSA DAN KESALAHAN MENGETAHUI HAL-HAL YANG GHAIB MENGATUR ALAM SEMESTA DERAJAT PARA IMAM LEBIH TINGGI DARI PARA NABI DAN MALAIKAT PALING BERHAK MENJADI PEMIMPIN ATAS SEMUA KAUM MUSLIMIN

NAMA-NAMA PARA IMAM ALI bin ABI THALIB AL MURTADHA HASAN bin ALI AL MUJTABA HUSEIN bin ALI ASY SYAHID ALI bin HUSEIN AS SAJJAD MUHAMMAD bin ALI AL BAQIR (114 H) >< ZAID bin ALI (122 H) JA’FAR bin MUHAMMAD ASH SHADIQ (148 H) MUSA bin JA’FAR AL KADZIM (183 H) ALI bin MUSA AR RIDHA (203 H)

NAMA-NAMA PARA IMAM MUHAMMAD bin ALI AL JAWWAD (220 H) ALI bin MUHAMMAD AL HADY (254 H) HASAN bin ALI AL ‘ASKARY (260 H) MUHAMMAD bin HASAN AL MAHDY/AL QHAIB ??? CATATAN; ULAMA DARI BANYAK ALIRAN SYIAH BERBEDA-BEDA TENTANG SIAPA SAJA IMAM SESUDAH ‘ALI, HASAN DAN HUSEIN, JUGA BERBEDA JUMLAH APAKAH 12 ATAUKAH 13???

IMAMAH ‘ALI bin ABI THALIB AYAT THATHIR QS. AL AHZAB : 33 AYAT WILAYAH QS. AL MAIDAH : 55 AYAT IBTIHAL QS. ALI IMRAN : 61 HADITS GHADIR KHUM/TSAQALAYN HADITS MANZILAH

HADITSUL INDZAR YAUMAD DAAR HADITS 12 KHALIFAH HADITS PERISTIWA HARI KHAMIS RIWAYAT PENGUTUSAN PASUKAN USAMAH bin ZAID RIWAYAT-RIWAYAT PALSU DIKITAB-KITAB SYIAH

DALIL MENURUT SYIAH MENURUT ULAMA SYIAH DALIL TERBAGI 2; JALIYY DAN KHAFIYY CONTOH DALIL JALIYY DALAM HAL IMAMAH ADALAH RIWAYAT “ALLAHUMMA A’THI ‘ALIYYAN UMUURAL MUSLIMIIN CONTOH DALIL KHAFIYY ADALAH AYAT AL WILAYAH

MAKA KITA BISA MENGAMBIL KESIMPULAN; TIDAK ADA DALIL YANG JELAS/JALIYY TENTANG IMAMAH ‘ALI YANG BISA DITERIMA KEDUA-BELAH PIHAK DALIL JALIYY HANYA LAH RIWAYAT-RIWAYAT PALSU DARI SYIAH ADAPUN AYAT AL QUR’AN DAN HADITS SHAHIH AHLUS SUNNAH TERNYATA DIAKUI HANYALAH DALIL KHAFIYY

AYAT THATHIR, QS. AHZAB : 33 (421) إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا Ayat diatas diclaim oleh Syiah bahwa Ahlul Bayt yang dimaksud hanyalah; Ali, Fathimah, Hasan dan Husein berdasarkan hadits Al Kisa’ riwayat Muslim Hal tersebut sangat jelas KELIRU kalau kita perhatikan rangkaian ayat sesudah dan sebelumnya.

Karena semua kata panggil dan dhamir dirujukan kepada isteri-isteri Nabi. Pada ayat ke-33 dhamir menjadi jama’ karena masuk didalamnya Rasulullah ‘alaihish sholatu wat taslim Aayat tathir adalah dalil bahwa semua isteri Nabi adalah ahlul bayt Hadits Kisa’ adalah tambahan keterangan tentang siapa Ahl Bayt

Sebagaimana hadits ghadir khum adalah tambahan keterangan tentang siapa ahlul bayt (bahwa keluarga ‘Uqail, keluarga Ja’far dan keluarga ‘Abbas merupakan ahlul bayt) Ma’na ar rijs pada ayat diatas adalah asy syakk sebagaimana yang dikatakan oleh Ja’far Ash Shadiq dan Muhammad bin Ali Al Baqir. Jaminan akan mendapat kesucian dari Alloh setelah melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan

Dan juga sebagaimana ayat; Ayat tathir sebagaimana ayat yang lain, bukanlah jaminan ushmah apalagi imamah, contohnya ayat; إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّن السَّمَاء مَاء لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ وَيُذْهِبَ عَنكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ (QS. Al Anfaal : 11) Dan juga sebagaimana ayat; وَلَـكِن يُرِيدُ لِيُطَهَّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (QS. Al Maidah : 06)

AYAT WILAYAH QS. AL MAIDAH : 55/117 AYAT TERSEBUT ADALAH; إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُواْ الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ TAFSIR ULAMA SYIAH; KALIMAT WALIYYU-KUM PADA AYAT DIATAS ADALAH PEMIMPIN/HAKIM ‘ALI ADALAH SATU-SATUNYA YANG BERZAKAT DALAM KONDISI RUKU’ KARENA ITULAH ‘ALI ADALAH KHALIFAH YANG TELAH DITENTUKAN OLEH ALLOH DAN RASUL-NYA

KALAU KITA LIHAT AYAT DIATAS PENGERTIANNYA UMUM, TIDAK ADA PENYEBUTAN IMAMAH DAN WASHIYYAH KALIMAT WALIYY PADA AYAT MA’NANYA BUKANLAH HAKIM AKAN TETAPI MA’NANYA ADALAH PENOLONG (ATH THABARY) ADAB SHOLAT WAJIB KHUSU’ BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADITS ALI BIN ABI THALIB ADALAH SHAHABAT YANG MISKIN DAN TIDAK WAJIB ZAKAT

JIKALAU DIFAHAMI DENGN PEMAHAMAN SYIAH MAKA BERSEDEQAH LEBIH UTAMA SAAT RUKU’ DHAMIR PADA AYAT TERSEBUT ADALAH DHAMIR JAMA’ DIAYAT TEERSEBUT TIDAK ADA PENEGASAN IMAMAH ‘ALI KALAU KALIMAT “INNAMA” ADALAH PEMBATASAN, LALU BAGAIMANA IMAMAH HASAN, HUSEIN DAN LAIN-LAIN

PARA MUFASSIRIN MENOLAK PEMAHAMAN SYIAH BAIK IBNU KATSIR, ATH THABARY, AR RAZIY, AL ALUSIY DAN MUFASSIR YANG LAIN MEREKA RATA-RATA BERPENDAPAT; HADITS TENTANG ALI LEMAH HADITS TERSEBUT UMUM YAITU SEMUA KAUM MU’MININ BERDASARKAN HADITS UBADAH BIN SHAMIT KALAUPUN “RAAKI’UUN” ADALAH HAAL MAKA ARTINYA “KHUDU’ DAN TADHARRU” ATAU HAAL BAGI DUA FI’IL SEBELUMNYA