Nuzulul Qur’an dan Qadifikasi Al-Qur’an

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA Kelas X
Advertisements

Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
Belajar Baca dan Tulis Al-Qur’an
V SEJARAH AL-QUR'AN A. Pemeliharaan al-Qur'an Masa Nabi
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
HADITS SUMBER KEDUA AJARAN ISLAM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
AL-MUQAWQIS, GUBERNUR ROMAWI DI MESIR
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
Keteladanan Rasulullah Saw. DALAM MEMBINA UMAT PADA PERIODE MAKKAH
SUMBER HUKUM ISLAM. PENGERTIAN SUMBER: ASAL SESUATU (KAMUS PURWODARMINTO) SUMBER HUKUM ISLAM: TEMPAT ASAL/PENGAMBILAN HUKUM ISLAM.
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
DIPLOMA PENGAJIAN AL-QURAN & SUNNAH
III TURUNNYA AL-QUR'AN Al-Qur’an diturunkan dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari, yaitu mulai dari malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi sampai.
AL-QUR’AN KELOMPOK 1.
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
KETELADANAN RASULULLAH SAW
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Al-Qur’an Kelompok 6.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
DAKWAH NABI PERIODE MADINAH
SISTIMATIKA AL-QUR’AN
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK
Dakwah Rasulullah SAW Periode Mekkah
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MAKKAH
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Bab III Iman pada kitab Alloh SWT Kompetensi dasar yang harus dikuasai
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
KLASIFIKASI AYAT AL-QUR’AN (MAKKIYAH MADANIYAH)
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
KHULAFAUR RASYIDIN Nama Kelompok Reno Anugerah Pratama Nurmani
Kelompok 2 Anne Dylan Deinar Jethro Revaldo Vincent
Universitas muhammadiyah yogyakarta
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
SEJARAH PEMBUKUAN AL-QUR'AN
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
PEMBAHASAN SUMBER AJARAN ISLAM
SYI’AH DAN MURJI’AH
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
RASMUL QURAN Tajuk-tajuk perbincangan:- Ilmu Rasmul Quran
BAB 5 : BERIMAN DENGAN KITAB-KITAB ALLAH
Sirah KBK 6 Modul 1.
BAB 2 : KHALIFAH ABU BAKAR AL-SIDDIQ R.A.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Perjuangan Nabi di Kota Mekah dalam Menegakan Agama Islam Oleh : Felita Ulfa Fauziyyah Robiatul Adhawiyah.
Transcript presentasi:

Nuzulul Qur’an dan Qadifikasi Al-Qur’an Oleh: Team Teaching Lembaga Pengembangan Studi dan Studi Islam UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA LPSI UAD

Pokok-Pokok Bahasan Pengertian Nuzulul Qur’an Hikmah Turunnya Al-Qur’an Secara Berangsur Kodifikasi Al-Qur’an Ciri-Ciri Kodifikasi Al-Qur’an Sejak Periode Nabi, Abu Bakar dan Usman bin Affan. LPSI UAD

Pengertian Nuzulul Qur’an Secara etimologis Nuzulul Qur’an berarti peristiwa al-Qur’an turun atau turunnya al-Qur’an. Penggunaan istilah Nuzulul Qur’an bersifat Majazi, maksudnya mempermaklumkan al-Qur’an dengan cara dan sarana yang dikehendaki Allah sehingga dapat diketahui oleh malaikat di Lauhul Mahfudz dan oleh Nabi Muhammad SAW. di dalam hatinya yang suci. Dalam al-Qur’an Nuzulul Qur’an diungkap dengan dua ungkapan, yaitu (1) dengan kata Nazzala – yunazzilu – tanzilan, dengan makna konotatif “turun secara berangsur-angsur”, dan (2) dengan kata anzala – yunzilu – inzalan, dengan makna denotatif “menurunkan”. LPSI UAD

Proses Turunnya Al-Qur’an Dalam hal ini, turunnya al-Qur’an ada 3 pendapat: Al-Qur’an turun sekaligus dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia pada malam Lailatul Qodar, kemudian dituturunkan kepada Nabi Muhammad secara bertahap, sejak diangkatnya beliau menjadi Rasul hingga wafat. Al-Qur’an diturunkan ke langit dunia setiap tahun pada malam Lailatul Qadar, kemudian diturunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad. Allah menjadikan malam lailatul Qadar sebagai awal pembuka diturunkannya al-Qur’an secara bertahap LPSI UAD

Karakter Turunnya Al-Qur’an Periode pertama, kandungan al-Qur’an berisi tiga hal; Pendidikan kepribadian bagi Rasulullah (Q.S. al- Mudatssir (74): 1-7); Pengetahuan dasar mengenai ketuhanan (Q.S. al- A’la (87) dan Q.S. al-Ikhlas (112)); Dasar-dasar akhlak Islamiyah dan pembentukan masyarakat Muslim. LPSI UAD

Sebagian kecil menerima dengan baik; Periode ini berlangsung 4-5 tahun dan menimbulkan reaksi di kalangan masyarakat Arab: Sebagian kecil menerima dengan baik; Sebagian besar menolak karena kebodohan mereka (Q.S. al-Anbiya’ (21):24), mempertahankan adat-istiadat nenek moyang (Q.S. az-Zukhruf (43):22); Dakwah al-Qur’an mulai melebar hingga perbatasan Makkah menuju daerah-daerah sekitarnya. LPSI UAD

Periode kedua, sejarah turunnya al-Qur’an berlangsung selama 8-9 tahun, dimana ayat-ayat al- Qur’an telah sanggup memblokade paham jahiliyah dari segala segi, sehingga mereka tidak lagi mempunyai arti dan kedudukan dalam alam pikiran sehat (Q.S. an-Nahl (16): 125; Fushilat (41):13; Yasin (36): 78 – 82) LPSI UAD

Periode ketiga, dicirikan; Dakwah al-Qur’an telah mencapai atau mewujudkan prestasi yang sangat besar. Periode ini berlangsung selama 10 tahun (Quraish Shihab, 1992:35-37). Islam telah disempurnakan oleh Allah dengan turunnya ayat surat al-Ma’idah ayat 3 (ayat tentang hukum), ketika Nabi wukuf pada waktu haji wada’ pada tanggal 9 Dzulhijjah 10 H/ 7 Maret 632 M. Sehingga dari ayat yang pertama sampai yang terakhir turun memakan waktu sekitar 22 tahun. LPSI UAD

Hikmah Turunnya Al-Qur’an Secara Berangsur-Angsur Menguatkan dan meneguhkan hati Nabi Muhammad SAW. Kesesuaian dengan peristiwa dan pentahapan dalam penetapan hukum, misalnya tahapan dalam pelarangan khamr. Memuliakan Nabi Muhammad SAW dan menunjukkan sifat lemah lembut Allah kepada beliau. Tantangan dan Mukjizat. Mempermudah hafalan dan memahami. Bukti yang pasti bahwa al-Qur’an diturunkan dari sisi yang Maha Bijaksana dan Maha terpuji. LPSI UAD

Kodifikasi Al-Qur’an Pertama : pengumpulan dalam arti Hifdzuhu (menghafalkannya dalam hati). Jumma’ul Quran artinya huffazuhu (penghafal-penghafalnya, orang yang menghafalkannya di dalam hati). Kedua : pengumpulan dalam arti kitabuhu kullihi (penulisan al-Qur’an semuanya) Ketiga: pengumpulan dalam arti merekam suara bacaan al-Qur’an, yaitu pelestarian al- Qur’an dengan cara merekam dalam pita suara. LPSI UAD

Periode Kodifikasi Zaman Nabi Zaman Abu Bakar Zaman Usman LPSI UAD

Ciri-Ciri Kodifikasi Al-Qur’an Zaman Nabi dicirikan; Nabi mengangkat para penulis wahyu al-Qur’an, seperti Ali, Muawiyah, ‘Ubai bin K’ab dan Zaid bin Sabit Menuliskannya pada pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit kayu, pelana, potongan tulang belulang binatang. Jibril membacakan al-Qur’an kepada Rasulullah pada malam-malam bulan Ramadan (muraja’ah). LPSI UAD

Contoh lempengan batu yang digunakan menuliskan al-Qur’an. LPSI UAD

Inkripsi al-Qur’an yang ditulis di atas kulit onta. LPSI UAD

Mengenai susunan surat, Nabi sendiri yang memerintahkannya. Nabi mengoreksi langsung hapalan para sahabat, diantaranya: Ali bin Abi Thalib, Muaz bin Jabal, Ubai bin Ka’ab, Zaid bin Sabit dan Abdullah bin Mas’ud dan yang terakhir Zaid bin Sabit. Belum dibukukan dalam bentuk mushaf sebab masih menanti wahyu yang diturunkan. Mengenai susunan surat, Nabi sendiri yang memerintahkannya. LPSI UAD

Contoh kodifikasi mushaf dalam kulit-kulit kayu. LPSI UAD

Zaman Abu Bakar dicirikan; Banyak para sahabat ahlul qura (penghapal) syahid dalam perang Yamamah. Umar kemudian meminta kepada Abu Bakar membukukan al-Qur’an. Mengumpulkan tulisan-tulisan dari para penghapal yang terserak. Para penghapal harus membawa 2 orang saksi. Dikumpulkan oleh Zaid bib Tsabit dalam satu mushaf (terbuat dari kulit onta), kemudian disimpan di rumah Hafsah. Belum dilengkapi tanda baca, juz, dan keterangan-keterangan lainnya seperti saat ini. LPSI UAD

Diduga mushaf yang dikumpulka n oleh Abu Bakar LPSI UAD

Zaman Khalifah Usman dicirikan; Terjadi perbedaan qira’at (bacaan) al-Qur’an, dan dikhawatirkan terjadi perpecahan. Disusun dalam bentuk mushaf dengan dialek Qurays. Usman membentuk panitia yang terdiri dari: Zaid bin Sabit , Abdullah bin Zubair, Sa’ad bin ‘As dan Abdurrahman bin Haris bin Hisyam. Menggandakannya menjadi beberapa; ada yang menyebutnya 5 dan 7 kali. Membakar semua mushaf selain yang ditulis. LPSI UAD

Mushaf Usmani yang tersimpan di Museum Yaman LPSI UAD

Wallahu’alam bishawab, Wassalamu’alaikum... LPSI UAD