PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Muhammad Rofiq PENGERTIAN الْجَدِيدُ (baru) اَلْحَدِيْثُ، لُغَةً الْخَبَرُ (kabar/berita) Hadis secara istilah: مَا أُضِيْفَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَوْلاً أوْ فِعْلاً أو تَقْرِيرًا Segala hal yg disandarkan kpd Nabi saw, baik berupa perkataan, perbuatan, persetujuan beliau. Ada istilah selain hadis Nabi (hadis Nabawi) yi: hadis Qudsiy /Ilâhiy / Rabbani. Hadîts qudsiy (quds scr bhs: suci/bersih) adalah riwayat yg dinisbatkan kepada Nabi saw & diteruskan kepada Allah Yang Maha Suci. Sebagian ulama mendefinisikan hadis Qudsi sbg hadis yg maknanya dari Allah SWT, sdg redaksinya dari Nabi saw. Berbeda dg Al-Q yg sudah pasti kesahihannya, hadis qudsi tidak otomatis berkualitas sahih. Tdk ada jaminan Allah thd keterpeliharaan hadis qudsi.
Sinonim Kata Hadis 1. السُّنَّةُ(scr bahasa: jalan, tuntunan, kebiasaan, hukum) adalah: sesuatu yg dituntunkan oleh Nabi saw berupa perintah, larangan ataupun anjuran. Dlm pengertian di atas, سُنَّة >< بِدْعَة (scr bhs: mencipta sstu yg baru tanpa contoh sblmnya), yaitu: suatu cara dlm agama yg diciptakan menyerupai agama sbg ibadah pd Allah. Bid‘ah = penyimpangan => SESAT. Ulama Hadis menyamakan ant Hadis dg Sunnah.Dan kalaupun ant Hadis dg Sunnah hrs dibedakan maka hadis adlh rwyt ttg segala hal yg disandarkan pd Nabi saw, sdgkan sunnah adlh segala hal yg benar2 diajarkan Nabi saw. Dengan kata lain, hadis adalah media utk memberitakan sunnah Nabi saw. 2. الخَبَرُ (berita). Sbgn ulama menyamakan arti khabar dg hadis yg juga dpt digunakan utk hadîts marfû‘, mawqûf, & maqthû‘. Tetapi sbgn lagi mengguna-kan khabar utk selain Nabi, dan mengatakan hadis lbh umum drpd khabar shg setiap hadis adlh khabar, namun tdk setiap khabar adlh hadis. 3. الأثَرُ (jejak/bekas/pengaruh). Sbgn ulama menyamakan arti atsar (jejak Nabi saw) dg hadis. Hanya ulama Khurasan yg brpendpt bhw atsar utk hadîts mawqûf, sdg khabar utk hadîts marfû‘.
Kedudukan Hadis Hadis memiliki kedudukan yg sgt penting krn ia sbg sumber hukum ke-2 dlm ajaran Islam. -يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ ... فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ (النساء:59) -وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (الحشر: 7) - وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلاَّ لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ (4: 64) -مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا (النساء: 80)
FUNGSI HADIS Fungsi utama hadis adalah utk menjelaskan kehendak Allah dlm Al-Qur’an. Hal ini krn tdk semua hal dijelaskan scr rinci dlm Al-Q. Itulah sbbnya Allah SWT mengutus Rasul-Nya utk menjelaskan Al-Q melalui hadis2nya: وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (16: 44) Fungsi hadis dpt dirinci sebagai berikut: 1. Bayân al-ta’kîd / al-taqrîr: Utk mempertegas apa yg tlh dinyatakan dlm Al-Q. Contoh: Perintah berwudlu, kewajiban shalat, puasa, dll. 2. Bayân al-tafsîr / al-tawdlîh: Utk menjelaskan Al-Q yi dg merinci ayat yg bersifat global, mmbatasi ayat yg mnybutkan apa adanya, & mengkhususkan ayat yg umum. a. Hds yg merinci ayat yg brsifat global, spt:صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي(HR.Bukh) merinci QS. 2: 43: وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَءَاتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ. b. Hds yg membatasi ayat yg apa adanya, spt: tgn pencuri yg boleh dipotong sebatas pergelangan tangan (مِن مِفْصَلِ الْكَفِّ) membatasi ayat potong tangan pencuri dlm QS. 5: 38: وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا c. Hds yg mengkhususkan ayat yg brsifat umum, spt: pembunuh tdk mewarisi sdikitpun warisn org yg dibunuhnya: لا يَرِثُ الْقَاتِلُ مِنْ الْمَقْتُولِ شَيْئًا (Drm & Ah, dr Ibn ‘Abbâs), men-takhshîsh keumuman QS. 4: 11: يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلادِكُمْ .
3. Bayân al-tasyrî‘: Membuat hukum baru yg tdk didpti dlm Al-Q, spt: Haramnya emas & sutra bg lk2, haramnya menikahi wanita dg bi2nya skligus, dll. UNSUR HADIS terdiri dari 2 bagian: Sanad/ سَنَدٌ scr bahasa: المُعْتَمَد/sandaran / tumpuan / jalan yg menyampaikan pd matan. Sdgkan scr istilah: سِلْسِلَةُ الرُّوَاةِ الَّذِيْنَ نَقَلُوا الْمَتَنَ عَنْ مَصْدَرِهِ اْلأَوَّل Silsilah para periwayat yg menukil matan dari sumbernya yg awal. Sanad => rangkain para periwayat hadis yg dijadikan sandaran matan. 2. Matan/ مَتَنٌ, scr bahasa: permukaan/dataran yg keras, tampak & menonjol. Sdgkan scr istilah: أَلْفَاظُ الْحَدِيْثِ الَّتِى تَتَقَوَّمُ بِهَا مَعَانِيْهِ Lafal hadis yg mengandung makna Matan => berita ttg hal-ihwal Nabi saw. Matan ini disebut sbg inti hadis.
Contoh: HR. al-Bukhâri (No: 16) ttg Manisnya Iman: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُالْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّه عَنْهم عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الْإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ Sanad hadis di atas adalah: Periwayat awal / sanad akhir أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ (و 91 ه) أَبِي قِلاَبَةَ (و 103 ه) أَيُّوبُ (و 131 ه) عَبْدُالْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ (194 ه) مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى (252 ه) Periwayat akhir / sanad awal الْبُخارىّ (256 ه) Adapun lafal ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ hingga فِي النَّارِ adalah matan hadis.
PEMBAGIAN HADIS Dari segi kehujjahannya (diterima-tidaknya sbg dalil syar‘i), hadis dibagi menjadi 2, yaitu: Hadis Maqbûl / مَقْبُوْلٌ : Diterima sbg dalil syar‘i, spt: hadis sahih & hadis hasan Hadis Mardûd / مَرْدُوْدٌ: Ditolak sbg dalil syar‘i, spt: hadis da‘if. Dari sg kualitas sanad & matannya, hadis dibg mjd 3: 1. Hadis Shahîh 2. Hadis Hasan 3. Hadis Dla‘îf
Hanya hadis maqbûl yang dpt diterima sbg hujjah, yaitu: 1. Hadis Shahih (scr bahasa: sehat / benar) ,yaitu: مَا رَوَاهُ عَدْلٌ تَامُ الضَّبْطِ مُتَّصِلُ السَّنَدُ غَيْر مُعَلَّلٍ وَلاَ شَاذٍ Hadis yg diriwayatkan oleh periwayat yg ‘adil (muslim yg memiliki integritas akhlaq), sempurna kekuatan hapalannya, bersambung sanad-nya, tidak bercacat & tidak janggal/menyimpang. Hadis yg paling sahih adalah hadis mutawâtir, yaitu: Hds yg jumlah prwytnya banyak pd setiap level shg menurut adat tdk mungkin mrk bersepakat utk berdusta. 2. Hadis Hasan, yaitu hadis yg memenuhi kualifikasi hds sahih, kecuali dlm hal hapalan yang kurang begitu kuat. Adapun hadis mardûd (ditolak sbg hujjah), yakni: Hadis dla‘îf (lemah), yaitu: hadis yg tidak terkumpul syarat-syarat hadis maqbul (yakni: syarat hadis sahih & hasan). Hadis daif terbagi 2: daif biasa & daif sekali. Hds daif sekali, seperti: hadis mawdlu‘ (palsu), hadis munkar, hadis matruk, dsm.
Dari segi kuantitas periwayatnya, hadis dibagi mjd 2 : Hadis Mutawâtir/ مُتَوَاتِرٌ : Hds yg jumlah prwytnya banyak pd setiap level sanadnya shg menurut adat tdk mungkin bersepakat utk berdusta. Sbnrnya, definisi di atas sdh cukup komprehensip. Namun sbgn ulama menetapkan jumlh minml prwyt hds mtwtr, msl: minml 4 org (saksi lk2), 5 org (ulul-azmi), 10 org, 20 org, 40 org, dst. Hadis Mutawatir sendiri terbagi mjd 2 macam, yaitu: 1. Hds Mutawâtir Lafdzi. Jumlah hadis ini sangat sedikit. 2. Hds Mutawâtir Ma‘nawi Ingat: Setiap hds mutawatir, mesti sahih, tapi tidak setiap hds sahih mesti mutawatir. 2. Hadis Ahad/ أحَدٌ : Hds yg jmlh prwytnya tdk mncapai jmlh prwyt hds mtwtr a. Hds Masyhûr : jumlah jalur prwytnya ant 3 s.d 9 jalur b. Hds ‘Azîz : jumlah jalur prwytnya dari 2 ke 2 jalur. c. Hds Gharîb : jumlah prwytnya hanya 1 ke 1 org (satu jalur). Kualitas Hadis Ahad, bisa sahih, bisa hasan & bisa da‘if. Dari segi kebrsambungn sanadnya, hadis dibg mjd 2: 1. Hadis muttashil (bersambung sanadnya) 2. Hadis munqathi‘ (terputus sanadnya)
الحديث الضعيف Scr bahasa, dla‘îf = lemah >< kuat, sdg scr istilah: الحديث الضعيف هو كلُّ حديثٍ لَمْ يَجْتَمِعْ فِيه صِفَاتُ الْقَبُولِ (يعنى: صفات الحديث الصحيح والحسن). Hadis dla‘îf adalah semua hds yg tdk terkumpul di dlmnya sifat2 hds maqbûl, yakni sifat2 hadis sahih dan hasan. Dr sg kualitas kedaifannya, hds daif dibgi mjd 2 tingkatan, yi: 1. Hadis dla‘îf yg tdk terlalu lemah, spt: perwytnya lemah/jelek hapalannya ، لَيِّن، ضَعْف) سيّء الحفظ (. Hds dg periwayat spt ini masih bisa ditolerir kelemahannya selama ada dukungan dari hds lain yg minimal sederajat. 2. Hadis dla‘îf jiddan (lemah sekali), spt: Hadis yg dirwytkan oleh periwayat pendusta (=> hds mawdlû/palsu), tertuduh dusta (hds matrûk & hds munkar), ahli bid‘ah, periwayat yg mubham/majhûl (tidak dikenal), periwayat yg hapalannya kacau / kebolak-balik (hds mudltarrib). Hds yg kedaifannya ketrlaluan, tidak bisa slg mendukung satu sama lain.
Hadis daif yang paling lemah adalah hadis palsu / hadis mawdlu’ Scr bahasa,مَوْضُوْعٌ => yg digugurkan, yg diletakkan / ditinggalkan, yg diada2kan / dipalsukan (الإفْتِرَاءُ وَالإخْتِلاَقُ). Sdgkan scr istilah, hadis mawdlû‘ adalah: ما نُسِبَ إلى الرَّسُولِ صلّى الله عليه وسلم اِخْتِلاَقًا وَكِذْبًا مِمَّا لَمْ يَقُلْهُ أَوْ يَفْعَلْهُ أَوْ يُقِرَّهُ Hadis yg disndarkan kpd Nabi saw scr mengada2 & dusta thd sstu yg beliau tdk sabdakan, tdk lakukan / tdk setujui. Memalsukan hadis Nabi termasuk dosa besar yg diancam dengan siksa api neraka. Nabi saw bersabda: مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّار “Brgsiapa berdusta atas namaku niscaya akan menempati tempat duduk dari api neraka” (Hds Mutawatir).
SEBAB2 MUNCULNYA HADIS PALSU: Kepentingan politik yg memicu pertikaian politik, spt: ant Syi’ah (Rafidlah) vs Sunni, ant kelompok Ali vs Mu‘awiyah, dll. Kaum zindiq (Non-muslim) yg ingin merusak Islam dari dalam, yakni melalui pemalsuan hadis. Jumlah hds palsu yg dibuat oleh zindiqah ini ditemukan 12.000. Contoh: “Memandang wajah cantik itu ibadah”. Fanatisme buta thd ras, suku, daerah, pemimpin, & mazhab. Misal: Arab vs Parsi, pengikut Imam Muhammad bn Idris al-Syafi‘i vs pengikut Imam Abu Hanifah, dll. Kepentingn bisnis demi materi dr pr pedagang & tukang cerita. Contoh: “Terong adalah obat segala penyakit”. Antusias dlm mengajak kebaikan dari para moralis tanpa dasar ilmu agama --khususnya ilmu hds-- yg kuat. Kaum Rafidlah mslnya berpendapat: kalau ada kebaikan, segra saja kami buat hadisnya. Kaum al-Karamiyah juga membolehkan membuat hds palsu utk targhîb wa tarhîb. Menjilat penguasa.
Usaha para ulama dlm menjaga hadis Nabi saw, al.: Anjuran berpegang pada sanad Meningkatkan semangat ilmiah dlm merwytkan hds & meneliti hds yg disandarkan kpd Nabi saw, trmsk tdk sembrono dlm merwytkan hds palsu tanpa menjlskan letak kepalsuannya. Nabi saw bersabda: مَنْ حَدَّثَ عَنِّي حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبِينَ “Brgsiapa yg merwytkan hadis dariku yg ia ketahui dusta, mk ia trmsk salah seorg pendusta.” (HR. Mus, Tir, Ahm). Menjelaskan hal-ihwal periwayat hadis. Memerangi para pemalsu hadis & yg suka mengutip hds palsu. Membuat kaidah2 hadis yg maqbûl & mardûd sbg hujjah, serta menjelaskan ciri2 hadis mawdlû‘. Menghimpun hadis2 da‘if & palsu scr terpisah dari kelompok hadis2 maqbûl.
Ciri-ciri hadis palsu, al.: Perawinya dikenal sbg pendusta/pemalsu hds, baik dr pengakuan pemalsu (spt Abdul Karim bn Awjâ’ al-Wadldlâ’, Ghiyâts bn Ibrahim, Nuh bn Abi Maryam), ataupun dari pengetahuan para ulama hds yg menemukan indikasi pemalsuan pd prwyt yg dicurigai berdusta. Misal: Perwyt A mengaku merwytkan hds dari Syekh B, pdhl mustahil terjadinya proses perwytn ant mrk. Atau perwyt yg dicurigai tsb sering/selalu merwytkan hds dlm kesendirian & bertntngan dg riwayat pr periwayat tsiqah. Susunan redaksinya rusak scr bhsa & tdk menyerupai hds Nabi Pada umumnya memiliki makna yg janggal, yakni: bertentangan dg Al-Q, al-Sunnah, logika/akal sehat, ilmu pengetahuan & sejarah yg sudah pasti kebenarannya. Contoh: “Anak zina tdk masuk sorga hingga tujuh turunan” >< QS. 6: 164. Mendiskreditkan sahabat2 Nabi, spt menuduh shbt bersepakat utk menyembunyikan hadis Nabi. Misal: Hds yg menceritakan bhw Nabi saw memegang tangan Ali ra di hadapan seluruh shbt & bersabda: هذا وصيِّي وأخي والخليفةُ من بعدي , dsm.
Contoh hadis daif: Hadis keutamaan surat Yasin عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ. HDR, Tirmidzi (No: 2812) & Darimi (No: 3282) krn semua jalurnya mlalui Humayd bn ‘Abdurrahman yg daif & Harun Abu Muhammad yg majhul. Suyuthi & Munawi menilainya daif. (Faydl al-Qadir 2/638) Hadis membaca Yasin pada org mati عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اقْرَءُوا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ HDR. Abu Dd (No: 2714), Ibn Mjh (1438), Ahm (19415) & Ibn Hb (3002). Semua prwyt hds ini mllui Abu Utsman dari ayahnya yg ke-2nya majhul. Meski Suyuti menliainya hasan, namun Daraquthni, Nawawi, Ibn Hajr & Munawi mendaifkannya.
Hadis tidurnya org puasa itu ibadah:نَومُ الصائم عبادة ... HDR. Al-Bayhaqi dlm Syu‘ab al-Iman, & Suyuthi menilainya daif krn trdpt Ma‘ruf bn Hisan yg daif & ada Sulayman al-Nakha’i si pendusta & pemalsu hds. Berpuasalah maka kamu akan sehat : صُومُوا تَصِحُّوا (HM: Hadis Mawdlu’)
Hadis Awal Ramadlan > rahmah… أوّل شهرِ رمضان رحمة وأوسطُه مغفرة وأخره عتق من النار HDR. Al-Baghdadi, Daylami, & Ibn Asakir. Al-’Uqayli menybtnya dlm Kitab al-Dlu‘afa, al-Suyuthi menilai: daif, & al-Albani menilainya munkar (krn ada Sallam bin Sawwar) bahkan matruk (krn ada Maslamah bin Shalt). Ada redaksi yg panjang dlm Shahih Ibn Khuzaymah bhw Nabi khutbah di akhir bln Sya‘ban. Namun riwyt ini juga daif krn ada Ali bin Zayd bin Jud’an yg tdk dpt dijdkan hujjah, & Ibn Khuzaimah sendiri meragukan hdsnya. Hadis Setahun Penuh Menjadi Ramadhan Semua Hadis yg sbnrnya matannya panjang di atas adalah HDR. Ibn Khuzaymah, Abu Ya‘la, al-Bayhaqi dikutip oleh Utsman al-Khubari (Durrah) & al-Mundziri (al-Targhib). Selain tanda kepalsuan ada pd matan yg panjang & janggal krn pahala yg sgt besar, juga ada pada Jarir bn Ayub al-Bajali yg dinilai sbg pemalsu hadis, matruk & munkar.
اعْمَلْ لِدُنْياك كَأنّكَ تَعِيْشُ أبَدا ... Al-Albani menilainya tdk ada sumbernya shg berkualitas daif. Tapi dlm Kitab Gharib li Ibn Qutaybah, Tsiqat li Ibn Hibban, & al-Zuhd li Ibn al-Mubarak disbtkan ada sanadnya, tapi tdk bersumber dari Nabi saw, melainkan dari Ibn ‘Amr bin ‘Ash, itupun munqathi‘. -Siapa mengenal dirinya, mk dia mngenal Tuhannya. (HDM) Dua kelompok yg apabila ke-2nya baik, maka baiklah semuanya, namun apabila ke-2nya jelek maka buruklah semuanya: al-ulama’ & al-umara’ (HDM) Perselisihan pendapat adalah rahmah (HDM) Cinta tanah air sebagian dari iman (HM) Memandang wajah cantik adalah ibadah (HM). Memandang wajah cakep dpt memperjelas pandgn …(HM) Wanita adalah tiang negara (Asalnya Bukan Hds) Sombong thd org yg sombong adalah shadaqah (Bkn Hds)
Hukum mengamalkan hadis da‘if Ada 3 pendapat besar mengenai hal ini, yaitu: 1. Hds da‘if tdk bisa diamalkan sama sekali, trmsk dlm hal fadlâ’il al-a‘mal & mawâ‘idz (nasihat). Pendukungnya: Yahya bin Ma‘în, Ibn al-‘Araby, al-Bukhâri, Muslim, Ibn Hazm, dll. 2. Hds da‘if bisa diamalkan scr mutlak. Pendukungnya: Abu Dâwud & Ahmad. Mrk brpdpt bhw hds da‘if lbh baik drpd ra’yu perseorangan. 3. Dlm hal fadlâ’il, mawâ‘idz, dsm, bisa digunakan selama keda‘ifannya tdk keterlaluan. Tapi dlm hal aqidah & hukum, tetap tdk bs digunakan. Pendukung: Ibn Hajar ‘Asq, al-Nawawi, al-‘Iraqi. Boleh merwytkan hadis da‘if utk pengetahuan selama dijlskan kualitasnya & tdk diungkap dg kesan yg mantap kesahihannya. Ungkapan yg disepakati dlm merwytkan hadis yg diragukan kesahihannya: رُوِيَ أو فِيمَا يُرْوَى .