Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu hadits pada masa Nabi dan Sahabat ikhrom.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
تلخيص من كتاب عمدة الأحكام. a) Bahasa : الدعاء (Do’a) b) Istilah : “Ibadah tertentu yang memiliki gerakan tertentu, perkataan dan perbuatan tertentu,
Advertisements

Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
MENGGAPAI KEBERKAHAN RAMADHAN
Bersumber dari: l&id_online=919 Microsoft PowerPoint By malcomahsan&JuRaiZ Penulis : Redaksi Sakinah Majalah.
Amanah dalam Perspektif Sunnah
BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
Kendala dan Penyakit di jalan dakwah. عن ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -: يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا.
‘ULÛMUL-HADÎTS عُلُوم الحديث
STRATEGI SUKSES MEMULAI BISNIS SESUAI SYARIAH
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
PENGANTAR ILMU HADIS Oleh: Syakir Jamaluddin
PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM
HADITS SUMBER KEDUA AJARAN ISLAM
Pengantar Studi Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag.
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
IMAN KEPADA QADHA dan QADAR
HUKUM TRANSFER (BADAL) PAHALA HAJI DAN UMRAH
Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam
Sebab Mengumbar Pandangan
حَـــــــــلاَوَةُ الإِيْمَـــــــــانِ
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي.
MENELADANI RASUL.
SUNNAH, HADIS, ATSAR, KHABAR
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Workshop Penulisan Makalah
PEMBAGIAN ILMU HADITS DAN CABANG-CABANGNYA
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Bagaimana Hadits Difahami
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
HIJRAH Dari Kompetensi Ke Kontribusi
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Pertemuan Ke-3.
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
Perkuliahan Tatap Muka Ke-3 Ulumul Hadis Selasa, 28 Oktober 2008
ASSALAMUALAIKUM.
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Amalan Setelah Melahirkan
Makna ilmu hadits Prof. Dr. Hasbi al-Siddiqi, sebagaimana dikutib Syuhudi Ismail dan Nur Sulaiman, mengartikan ilmu Hadits sebagai segala pengetahuan.
Maulid Nabi Muhammad SAW
TEORI SANAD HADIS Pengertian sanad Urgernsi sanad
ANASIR HADIS SIAP UNTUK KULIAH??? SANAD / RAWI MATAN
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
TARJIH al ADILLAH Oleh : Asep Suryanto.
Dalam kitab Shahih Bukhori bab Zakat terdapat penuturan hadist sebagai berikut : حدثنا سعيد بن أبي مريم حدثنا عبدالله بن وهب قال أخبرني يونس بن يزيد عن.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
KAIDAH MINOR SANAD BERSAMBUNG
Pengertian Ulumul Quran & Sejarah Perkembangannya
Makna ilmu hadits Prof. Dr. Hasbi al-Siddiqi, sebagaimana dikutib Syuhudi Ismail dan Nur Sulaiman, mengartikan ilmu Hadits sebagai segala pengetahuan.
KAIDAH MINOR SANAD BERSAMBUNG
Pertemuan Ke-3.
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
INSTITUT PENGAJIAN TINGGI AL-ZUHRI
 Kedudukan sunnah (hadis) dalam Islam sebagai sumber hukum. Para ulama juga telah berkonsensus bahwa dasar hukum Islam adalah Al- Quran dan sunnah (hadis).
Kelas Bimbingan Dewasa
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
H.M. Shiddiq Al-Jawi, S.Si, MSI
QUR’AN DAN HADITS Disusun oleh: Wita Ratnawulan, S.Pd.I Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Materi.
BISMILAHIRAHMINARAHIM TUJUAN PEMBELAJ ARAN Menjelaskan pengertian ijtihad Menjelaskan syarat-syarat ijtihad Menjelaskan pengertian ijma Menjelaskan pengertian.
Transcript presentasi:

Sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu hadits pada masa Nabi dan Sahabat ikhrom

Fokus : Bagaimana perkembangan ilmu hadits pada Nabi dan pada masa Sahabat? Bentuk ilmu hadits pada masa Nabi dan Masa Sahabat? Bagaimana Wilayah ilmu hadits pada masa Nabi itu? Bagaimana pula wilayah kajian ilmu hadits pada masa SAhabat?

Ilmu hadits pada Nabi SAW Pengkajian sanad dan matan? Bidang Sanad : Sikap Rasul SAW dalam menyampaikan hadits (guru terhadap murid)  al-muksyirun fi riwayat al-hadits Proses lahirnya hadits Media penyampaian hadits Cara mengenali hadits (Tidak semua yang berasal dari Rasul itu dikategorikan sebagai hadits!) Terdapat perintah : Sahabat yang hadir harus menyampaikan ‘pesan’ (hadits) pada orang yang tidak hadir. Bidang Matan : Bagaimana Rasul SAW menyeleksi ‘kalimat’ (matan); setiap kalimat  penuh makna Kehati-hatian Rasul SAW dalam menyampaikan matan; pelan dan diulang tiga kali.

Orang Yang Hadir wajib Sampaikan hadits pada orang yang tidak hadir: أن النبي صلى الله عليه وسلم كلما أمر بأمر أو نهى عن شيء أنه يجمع جميع الصحابة ويخبرهم. بل يخبر ثم يبلغ الحاضر الغائب. فكان النهي مما غاب عن جابر، ولم يسمعه من النبي صلى الله عليه وسلم، فظل على الأصل وهو الإباحة حتى علم عن طريق عمر أنها حرام فقال بتحريمها. - (ت) عبد الله بن مغفل - رضي الله عنه - :قال : سمعتُ رسولَ الله -صلى الله عليه وسلم- يقول : « لِيُبَلِّغ الحاضرُ الغائبَ ، اللهَ اللهَ في أصحابي، لا تَتَّخِذُوهُم غَرَضا بعدي، فمن أحبَّهم فَبحبِّي أحبَّهم ، ومَنْ أبغضَهم فببغضي أبغضهم ، ومن آذاهم فقد آذاني، ومن آذاني، فقد آذى الله، ومن آذى الله ، فيوشك أن يأخذه ، ومن يأخذه الله فيوشك أَن لا يُفْلِتَه». أخرجه الترمذي. ولم يذكر : « لِيُبلّغ الحاضر الغائب » ، وانتهى حديثه عند قوله : « فيوشك أن يأخذه».

Ilmu hadits pada Masa Sahabat Ilmu kritik sanad pada masa Sahabat Abu Bakar saksi Umar bin Khottob Utsman bin Affan Sumpah Ali bin Abi Tholib Ilmu kritik matan pada masa Sahabat Kritik Aisyah -- kritik matan dimulai Ilmu metodologi pemahaman Hadits  metode ijma’; metode analog (qiyas).

هذا نموذج تطبيق ”تشهيد“ علىرواية حديث حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ خُصَيْفَةَ عَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا فِي مَجْلِسٍ مِنْ مَجَالِسِ الْأَنْصَارِ فَجَاءَ أَبُو مُوسَى فَزِعًا فَقُلْنَا لَهُ مَا أَفْزَعَكَ قَالَ أَمَرَنِي عُمَرُ أَنْ آتِيَهُ فَأَتَيْتُهُ فَاسْتَأْذَنْتُ ثَلَاثًا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي فَرَجَعْتُ فَقَالَ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَأْتِيَنِي قُلْتُ قَدْ جِئْتُ فَاسْتَأْذَنْتُ ثَلَاثًا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي وَقَدْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اسْتَأْذَنَ أَحَدُكُمْ ثَلَاثًا فَلَمْ يُؤْذَنْ لَهُ فَلْيَرْجِعْ قَالَ لَتَأْتِيَنَّ عَلَى هَذَا بِالْبَيِّنَةِ فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ لَا يَقُومُ مَعَكَ إِلَّا أَصْغَرُ الْقَوْمِ قَالَ فَقَامَ أَبُو سَعِيدٍ مَعَهُ فَشَهِدَ لَهُ

Ini hadits lengkap dengan sanad yang berisi tentang kritik Aisyah r Ini hadits lengkap dengan sanad yang berisi tentang kritik Aisyah r.a terhadap matan hadits: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ ابْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ قَالَ تُوُفِّيَتْ ابْنَةٌ لِعُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ بِمَكَّةَ قَالَ فَجِئْنَا لِنَشْهَدَهَا قَالَ فَحَضَرَهَا ابْنُ عُمَرَ وَابْنُ عَبَّاسٍ قَالَ وَإِنِّي لَجَالِسٌ بَيْنَهُمَا قَالَ جَلَسْتُ إِلَى أَحَدِهِمَا ثُمَّ جَاءَ الْآخَرُ فَجَلَسَ إِلَى جَنْبِي فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ لِعَمْرِو بْنِ عُثْمَانَ وَهُوَ مُوَاجِهُهُ أَلَا تَنْهَى عَنْ الْبُكَاءِ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْمَيِّتَ لَيُعَذَّبُ بِبُكَاءِ أَهْلِهِ عَلَيْهِ فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ قَدْ كَانَ عُمَرُ يَقُولُ بَعْضَ ذَلِكَ ثُمَّ حَدَّثَ فَقَالَ صَدَرْتُ مَعَ عُمَرَ مِنْ مَكَّةَ حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالْبَيْدَاءِ إِذَا هُوَ بِرَكْبٍ تَحْتَ ظِلِّ شَجَرَةٍ فَقَالَ اذْهَبْ فَانْظُرْ مَنْ هَؤُلَاءِ الرَّكْبُ فَنَظَرْتُ فَإِذَا هُوَ صُهَيْبٌ قَالَ فَأَخْبَرْتُهُ فَقَالَ ادْعُهُ لِي قَالَ فَرَجَعْتُ إِلَى صُهَيْبٍ فَقُلْتُ ارْتَحِلْ فَالْحَقْ أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ فَلَمَّا أَنْ أُصِيبَ عُمَرُ دَخَلَ صُهَيْبٌ يَبْكِي يَقُولُ وَا أَخَاهْ وَا صَاحِبَاهْ فَقَالَ عُمَرُ يَا صُهَيْبُ أَتَبْكِي عَلَيَّ وَقَدْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْمَيِّتَ يُعَذَّبُ بِبَعْضِ بُكَاءِ أَهْلِهِ عَلَيْهِ فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ فَلَمَّا مَاتَ عُمَرُ ذَكَرْتُ ذَلِكَ لِعَائِشَةَ فَقَالَتْ يَرْحَمُ اللَّهُ عُمَرَ لَا وَاللَّهِ مَا حَدَّثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يُعَذِّبُ الْمُؤْمِنَ بِبُكَاءِ أَحَدٍ وَلَكِنْ قَالَ إِنَّ اللَّهَ يَزِيدُ الْكَافِرَ عَذَابًا بِبُكَاءِ أَهْلِهِ عَلَيْهِ قَالَ وَقَالَتْ عَائِشَةُ حَسْبُكُمْ الْقُرْآنُ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى قَالَ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ عِنْدَ ذَلِكَ وَاللَّهُ أَضْحَكَ وَأَبْكَى قَالَ ابْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ فَوَاللَّهِ مَا قَالَ ابْنُ عُمَرَ مِنْ شَيْءٍ و حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ عَمْرٌو عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ كُنَّا فِي جَنَازَةِ أُمِّ أَبَانَ بِنْتِ عُثْمَانَ وَسَاقَ الْحَدِيثَ وَلَمْ يَنُصَّ رَفْعَ الْحَدِيثِ عَنْ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا نَصَّهُ أَيُّوبُ وَابْنُ جُرَيْجٍ وَحَدِيثُهُمَا أَتَمُّ مِنْ حَدِيثِ عَمْرٍو

KESIMPULAN ILMU HADITS pada Nabi masih berbentuk perilaku-perilaku Nabi SAW dalam kegiatan proses lahirnya hadits. Demikian pula, ILMU HADITS pada Sahabat juga masih berbentuk perilaku-perilaku para sahabat dalam kegiatan penyampaian hadits Rasul SAW. Oleh karena itu, ILMU HADITS pada kedua masa ini disebut ILMU HADITS AMALY (Ilmu hadits dalam bentuk perilaku)

Sejarah Perkembangan Ilmu Hadits Pada Masa Tabiin ikhrom Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Melacak pokok-pokok ilmu hadits yang telah ada pada masa sebelumnya: Dua pokok kajian : Melacak pokok-pokok ilmu hadits yang telah ada pada masa sebelumnya: Melacak perkembangan IH di lihat dari segi periodisasi. Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Bag 1 : 4 ranah kajian ilmu hadits: Perkembangan kajian sanad Perkembangan kajian matan Perkembangan ilmu metodologi pemahaman hadits Perkembangan ilmu kesejarahan Ilmu asbabul wurud Ilmu sejarah matan (ilmu tarikh al-matan). Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Bag 2 : Perkembangan IH di lihat dari segi periodisasi Masa Perintisan Pelopor : Imam Al-Syafi’I Munculkan ilmu metodologi pemahaman hadits  ilmu mukhtalifil hadits. Ditemukan dalam : Kitab al-Um Ciri-Ciri utama IH pada masa ini : Mengapa masa ini disebut masa perintisan? Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Masa Kelahiran, dan Penamaan Tokoh : Imam al-Ramahurmudzi (265 – 360 H) Ditemukan pada : Kitab al-Muhaddits al-fashil bain al-Rawiy wa al-waiy Ciri-ciri utama ? Kritik Sanad : Kritik Matan : Kajian Sejarah : Asbab al-wurud Kajian Metodologi Pemahaman Hadits : Ilmu Mukhtalifil Hadits, Nasah mansukh Masa Penamaan : Tokoh : al-Hakim Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah al-Naisaburi (W. 405 H) Ditemukan pada : Kitab Ma’rifatu Ulumil Hadits Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Masa Perkembangan, Kejayaan, dan Kemunduran Tokoh : Abu Nuaim Ahmad Ahmad Ibn Abdullah al-Isfahany (W. 430 H) Hasil Karya : al-Mustakhrij Pemikiran IH : Kritik Sanad, kritik matan, kajian sejarah, dan kajian metodologi pemahaman hadits. Masa Kejayaan Tokoh : Abu Bakar Ahmad Ibn Aly Ibn Sabit al-Baghdady (392 – 463 H) Hasil Karya : al-Kifayah fi Qawaniny al-Riwayah Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

Masa Kebangkitan IH Tokoh-tokoh : Tokoh : Jamaluddin al-Qasyimy Karya : Qawaid al-Tahdits min Funun musthalahatul Hadits (Prinsip-prinsip periwayatan hadits dari bidang-bidang ilmu musthalahat al-Hadits) Pemikiran IH : Kritik Sanad : Kritik Matan : Kajian Sejarah : Asbab al-wurud Kajian Metodologi Pemahaman Hadits : Ilmu Mukhtalifil Hadits, Nasah mansukh Tokoh : Mustofa al-Shiba’i Karya : Al-Sunnah Wa Makanatuha fi al-Tasyri’ al-Islamy Pemikiran IH : Tokoh : Abu Zahw Karya : Al-Hadits wa al-Muhadditsun (Hadits dan para periwayatnya) Tokoh : Dr. Syaikh Muhammad al-Simahi Karya : Al-Manhaj al-Hadits fi Ulum al-Hadits (Metodologi periwayatan hadits dalam ilmu-ilmu hadits) Friday, April 07, 2017 MK Ulumul Hadits - 2010

MK Ulumul Hadits - 2010 Friday, April 07, 2017 Kesimpulan : Ilmu hadits pada masa tabiin secara perlahan tapi pasti mengalami perkembangan setahap demi setahap hingga mencapai kejayaan. Ilmu hadits pada masa tabiin telah menjelma sebagai sebuah disiplin ilmu yang mandiri (Disebut sebagai ILMU HADITS NADHARY – Ilmu hadits secara teoritik). Ilmu hadits pada masa tersebut telah mengkaji hampir seluruh wilayah kajian yang dibutuhkan. Bila dalam ilmu hadits ditemukan tiga pilar pokok obyek kajian, yakni, aspek sanad, matan, dan rawi, aspek sejarah, dan aspek metodologi pemahaman hadits, maka pada masa ini sudah ditemukan bukti-bukti, bahwa ketiga pilar utama IH tersebut telah dikembangkan.

Kesimpulan UMUM Ilmu hadits (Historis) dibagi dua: Ilmu hadits Amaly: Ilmu hadits dalam bentuk perilaku-perilaku para Sahabat dalam merespon Hadits Nabi. Di bidang kajian sanad Abu Bakar dan Umar bin Khottob menggunakan “Saksi”, dan Utsman dan Ali menggunakan “Sumpah” sebagai syarat diterima atau ditolaknya suatu Hadits. Sementara di bidang matan, Aisyah : orang pertama yang mengkritik matan Hadits. Ilmu hadits Nadhory: Ilmu hadits yang sudah berbentuk “disiplin ilmu –sebagaimana telah dibahas pada pertemuan pertama”. Wilayah kajiannya tidak hanya Aspek Sanad, dan matan saja, tetapi sudah menyangkut Aspek Kesejarahan, dan Aspek Metodologi Pemahaman teks Hadits.