Modified Dualism Classical Christianity, i.e, from the Apostolic Fathers to Augustine, has been characterized as "modified Dualism“: since the powers of.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Advertisements

KRISTUS, KEGENAPAN HUKUM TAURAT
KEMATIAN KRISTUS DAN HUKUM
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL
KEPUASAN DALAM BEKERJA (Yoh. 5: )
SabdaKehidupan September 2009 “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Mt 6:33)
“Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor” (Yesaya 64: 6) “Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena.
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
FREEDOM Kesempatan Baru.
TANPA HAMBATAN.
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
EXODUS 6:6-8 6 THEREFORE SAY TO THE CHILDREN OF ISRAEL: ‘I AM THE LORD; I WILL BRING YOU OUT FROM UNDER THE BURDENS OF THE EGYPTIANS, I WILL RESCUE YOU.
Kisah Para Rasul 15:1-21 TANTANGAN DOKTRINAL.
Copyright © 2009 Tommy's Window. All Rights Reserved ♫ Turn on your speakers! ♫ Turn on your speakers! CLICK TO ADVANCE SLIDES.
BERSUKARIALAH DALAMKEMUDAANMU
Pertemuan 7, Stmik_mdp, Pdt. Asyer
4. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan (Blessed are those who hunger and thirst for righteousness, for.
BIJAKSANA DALAM MEMAKAI DAN MENGISI SETIAP KESEMPATAN
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Dipanggil Panglima Efesus 2:1-10
Soteorologi Pertemuan ke 8.
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
Mengenal dan Bergaul dengan Allah Pendalaman Alkitab Interaktif
Lesson 1 for July 4, Allah menciptakan manusia Dia memberikan kebebasan berkehendak Manusia jatuh dalam dosa Allah adalah misionaris pertama Kita.
LIBERALISME (MATA KULIAH : TEOLOGIA & MISI KONTEMPORER
OTORITAS PAULUS DAN INJIL
BERTUMBUH DALAM KRISTUS
KESATUAN INJIL Lesson 3 for July 15, 2017.
SERUAN PASTORAL PAULUS
JALAN MENUJU IMAN Lesson 7 for August 12, 2017.
YESUS KRISTUS (Lanjutan)
Spiritual Growth vs Spiritual Abuse
Kebangkitan dan Transformasi
KEHIDUPAN JEMAAT (1 TES 5:12-28) Lesson 10 for September 8, 2012.
Pertemuan ke 8 stmik-mdp. Pdt. Asyer Wandi
HIDUP DALAM GOD’S NATURE
CHRISTIAN FAITH CREDO RUMUSAN-RUMUSAN PENGAKUAN IMAN GEREJA UNIVERSAL : ANATASIUS NICEA KONSTANTINOPEL PENGAKUAN IMAN RASULI.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Children’s rights By: leony and nicole.
PENGAMPUNAN: BERDAMAI DENGAN MASA LALU DAN MERAJUT MASA DEPAN
JANJI BAGI YANG TERANIAYA
INJIL DATANG KE TESALONIKA
EVALUASI KESAKSIAN DAN PENGINJILAN
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
KEMENANGAN ATAS KUASA-KUASA JAHAT
PEMBENARAN OLEH IMAN Lesson 4 for October 28, 2017.
Lesson 8 for August 23, “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam.
Lesson 6 for November 11, 2017 ADAM DAN YESUS.
TIDAK ADA PENGHUKUMAN Lesson 9 for December 2, 2017.
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
Pelajaran Sekolah Sabat ke 10, 8 Desember 2012
Ireneus dari Lyon Kelompok IV.
ILMU POLITIK NAMA ANGGOTA : RISKI RIANDA ALBERTUS ARYO ANDIKA TITO NUR
ALLAH ATAU MAMON? Lesson 3 for January 20, 2018.
Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya
BAPTISAN DAN KEPENUHAN ROH KUDUS Lesson 5 for February 4, 2017.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
SAMBUTAN KASIH Lesson 10 for June 9, 2012.
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
ORGANISASI GEREJA DAN PERSATUAN
OT-03 Creation of the Universe
MAKNA JUMAT AGUNG 1 Petrus 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup.
Dipanggil Panglima Dipanggil Panglima Efesus 2:1-10 AGAPE Kelas Yohanes
Lesson 9 for June 1, 2019 MASA KEHILANGAN.
YESUS DAN MEREKA YANG BERKEKURANGAN
Transcript presentasi:

Modified Dualism Classical Christianity, i.e, from the Apostolic Fathers to Augustine, has been characterized as "modified Dualism“: since the powers of good and evil are unequal, and the evil power is merely tolerated by the good power, who turns all the acts of the evil power into eventual good. St.Augustine and St. Basil the Great both explicitly mention this idea. St. John of Damascus proposed that God deliberately leaves some events "in our hands". In early modern times (1714) a modified Dualism was advocated by St. John (Maximovith) of Tobolsk.

Ada 2 Allah: Bapa sang Pencipta yang penuh hukuman dan murka, dan Putra Penebus yang menyelamatkan dan melindungi. Pandangan Marcion paralel dengan tendensi dualisme yang masuk dari Zoroastrian Persia di mana dunia adalah medan perang antara kebaikan dan kejahatan. Marcion Kejahatan dalam dunia diperlukan oleh Allah yang pengasih demi mengembangkan mahluknya yang berkehendak bebas, dari kemurnian semula menjadi mahluk rohani yang utuh.

Origenes Adanya kejahatan dan penderitaan adalah akibat penyalahgunaan kebebasan yang diterima dari Allah. Kesalahan itu terjadi dalam bingkai penentuan Ilahi yang mengarahkan nasib akhir manusia, namun membiarkan adanya pilihan dosa. BAPA GEREJA

Diciplinary view: kejahatan perlu untuk kesempurnaan kebaikan, karena menolong sebagai sarana mendisiplin kehidupan moral dan spiritual. IRENAEUS

Privatio Boni Plato (Evil as privation): Ketika manusia dengan kehendak bebasnya mengabaikan kehendak Allah maka ia menjadi jahat. Jadi kejahatan ada karena dosa manusia. Aesthetic arguments: Apa yang nampak jahat hanyalah dalam perspektif sempit di luar konteksnya yang lebih luas. Maka kejahatan dimengerti dalam hubungan dan pertentangan dengan yang baik. De Civitate Dei: pertarungan 2 kuasa dalam sejarah. Agustinus

Semua kejahatan dan penderitaan adalah akibat penyalahgunaan kebebasan manusia. Adanya kejahatan dan penderitaan adalah ciptaan Allah yang maha baik. A modern advocate of Augustine's view can be found in Alvin Plantinga (God, Freedom and Evil, 1974) who claimed that for God to have created a being who could only have performed good actions would have been logically impossible.

IRENEUS DAN AGUSTINUS Keduanya menunjuk kejahatan terkait dengan kebebasan kehendak manusia. Ketika manusia salah menggunakan kebebasannya melanggar kehendak Allah maka penderitaan terjadi. Ireneus tidak bertolak dari kisah Kejatuhan: Allah tidak menciptakan dunia yang sempurna, dan manusia tidak diciptakan sempurna, melainkan diciptakan dengan kemampuan berbuat jahat.

IRENEUS Kita diciptakan sebagai hewan berakal yang dikaruniai kapasitas moral dan spiritual yang besar. Babak kedua sedang berlangsung, di mana kita secara bertahap ditransformasi melalui kebebasan kehendak dari hewan manusiawi menjadi anak-anak Allah. Pandangan disciplinary Ireneus dimunculkan kembali setelah Kant oleh Schleiermacher, dan mendapat dukungan dalam tafsir teistik evolusi abad ke-19. Ireneus BAPA GEREJA

Filsafat Yunani Plato –Privatio Boni: Kejahatan hanyalah tiadanya kebaikan, dan tidak punya status ontologis. Bentuk- bentuk kejahatan moral adalah tiadanya kebaikan yang seharusnya. –Kejahatan dalam dunia dituntut Allah yang pengasih dalam mengembangkan mahluknya yang berkehendak bebas dari kemurnian semula menjadi mahluk rohani yang utuh.

Lactantius Mungkin Allah mau melenyapkan kejahatan tapi tak mampu, atau mampu tapi tak mau, atau tak mampu dan tak mau. Jika Dia mau dan mampu, mengapa ada kejahatan? Filsafat Yunani

Silogisme Ateis Kalau Allah maha baik akan Dia hancurkan kejahatan. Kalau Allah maha kuasa Dia dapat menghancurkan kejahatan. Tapi kejahatan tidak dihancurkan. Kalau begitu Allah tidak ada.

Bagi kaum Stoics, seperti Epictetus and Marcus Aurelius, penderitaan adalah bagian normal dari kehidupan. Stoic Filsafat Yunani Penderitaan adalah hakekat manusia yang terkurung dalam fisik. Pembebasan dicapai ketika manusia mampu menuju asal Ilahinya Gnostik

BAPA GEREJA Paradoks: Injil vs skeptisisme filsafat Iman vs kemustahilan Tertullian opposed the intrusion of Neoplatonic philosophy into Christian doctrine. His cry was "free Jerusalem from Athens and the church of Christ from the Academy of Plato." TERTULLIANUS

Luther dan Calvin mengikuti doktrin Augustinus bahwa semua kejahatan timbul dari dosa dan kejatuhan manusia. Luther secara khusus menekankan iman tidak terkait dengan akal, dan menolak semua konsepsi teodise filsafat berdasarkan keimanan. Bukan Allah yang perlu dibenarkan, melainkan manusia, dan pertanyaan- pertanyaan spekulatif teodisi hanyalah mengungkapkan seluruh kondisi keberdosaan manusia. Martin Luther REFORMASI

Sengsara Kristus dan penderitaan kita adalah aktualisasi perbuatan Allah sedemikian rupa bahwa penderitaan menghancurkan kategori-kategori dan keinginan- keinginan kita. Maka teologi salib bukanlah doktrin untuk dipelajari melainkan suatu jalan melihat dan menjalani kehidupan. Satu-satunya jawaban yang patut adalah menantikan anugerah Allah dalam penderitaan. REFORMASI Martin Luther theologia crucis

Juga mengikuti Agustinus: setiap orang dapat dan memang memilih kejahatan dalam bingkai luas predestinasi Allah. penderitaan manusia: ketakterfahaman Allah; hukuman Allah; program pendidikan Allah menyucikan manusia. REFORMASI Johanes Calvin

Thomas Aquinas Thomas Aquinas memakai teori privation dan aesthetic argument Agustinus. Evil is simply a privation of something which a subject is entitled by its origin to possess and which it ought to have,... privation is not an essence; it is, rather, a negation in a substance. Therefore, evil is not an essence in things God is the creator of everything. Evil is a thing. Thus, God created evil. God is the creator of everything. Evil is not a thing, but a privation. Thus, God is not necessarily the creator of evil. MEDIEVAL

Nicholas of Cusa the goodness of the world … karena seluruh ciptaan diciptakan sebagai gambar Ilahi maka dunia telah ada sebagai yang paling mungkin dengan semua keterbatasan dan kekurangannya. Abad 17: penemuan harmoni matematis dan organik menjadi bukti empiris keadilan Allah. MEDIEVAL

Penderitaan hanyalah masalah tambahan dalam dunia alami yang dapat dihadapi melalui cara-cara alami: perencanaan, rekayasa, pengobatan, dan pendidikan. Tradisi ini menginformasi aktivis sosial liberal selama berabad-abad yang berhasil memperbaiki standar hidup banyak orang. PENCERAHAN

Dalam karya pembelaan terhadap Allah dari serangan ateis dan kaum libertin, Pascal menghubungkan kejahatan dengan dosa manusia, yang akan ditebus dalam penyataan mistik melalui iman. BLAISE PASCAL PENCERAHAN

Membebaskan Allah dari yang baik dan yang buruk, yang lebih berhubungan dengan yang berguna atau berbahaya bagi manusia … Spinoza PENCERAHAN

Tugas teodisi menunjukkan bahwa kenyataan kejahatan cocok dan timbul dari penciptaan dan pemeliharaan Allah, yang sifat-Nya sempurna. Leibniz The best possible world CANDIDE: satire Voltaire terhadap Leibniz PENCERAHAN

David Hume 1. Ilah yang maha kasih akan mencegah semua kejahatan terjadi. 2. Ilah yang maha kuasa dan maha tahu dapat mencegah kejahatan terjadi. 3. Toh Kejahatan terjadi di dalam dunia. 4. Maka entah Allah tidak maha kasih atau tidak maha tahu atau tidak maha kuasa. PENCERAHAN Reformulasi dilemma Epicurus

Menekankan dasar batin- moral teodise Kant Sejarah dunia adalah proses perkembangan dan perwujudan roh melalui berbagai drama sejarah – inilah teodisi sejati, pembenaran Allah dalam sejarah. Hegel PENCERAHAN

Mendukung para pemikir teistik dan idealistik dalam menghidupkan teodise Irenaeian, bahwa kejahatan dan kebebasan adalah keadaan yang dipilih Allah supaya dengannya manusia dididik menjadi warga Kerajaan Allah. Alam mendukung kemajuan dan perbaikan kehidupan PENCERAHAN Social Darwinists

Søren Kierkegaard Karena kehendak manusia dibengkokkan Dosa Asal, maka tidak mungkin manusia hidup tanpa dosa. Sebagai akibat dosa, maut masuk ke dalam dunia. Manusia pada saat tertentu menghadapi suatu momento mori, peringatan kematian -- semua orang harus menghadapi fakta bahwa mereka akan mati (the Thanatos desire, or death wish, to Freudians). Namun melalui pengorbanan Kristus di kayu salib, manusia diberi kesempatan kedua pada hidupnya.

Skeptisisme terhadap akal --yang menggeser teodisi dari filsafat ke penyataan dan iman-- sudah sejak Ayub, dan muncul pula dalam Neo-Ortodoksi (Karl Barth) Karl Barth Kemahakuasaan Allah tidak dapat difahami lepas dari penyataan diri dan pemilihan manusia di dalam dan melalui Yesus Kristus Barth mengakui adanya kuasa misterius ketiadaan (das Nichtige), yang tidak diinginkan Allah dalam ciptaan. Kuasa itu lebih kuat dari semua ciptaan namun tunduk kepada Allah. Sebagai partisipan rahmat Allah dalam dunia, kita dipanggil dan diberdayakan melawan ketiadaan itu.

Jews Protest Theodicies (Elie Wiesel, John Roth, Arthur Cohen, dan Richard Rubenstein): mengakui kedaulatan kuasa Allah namun mempersoalkan kebaikan dan keadilannya. Since the Second World War Process Theodicies (John Cobb dan Marjorie Suchocki): penderitaan timbul dari keterbatasan- keterbatasan kuasa Allah dalam proses metaphysics Liberation Theodicies (James Cone): menekankan solidaritas dan kerjasama aktif dengan allah melawan penderitaan manusia. Teodise Irenaeian John Hick dengan pendekatan pertumbuhan kearah potensi manusia, kini dan masa depan, dibentuk oleh penderitaan manusia menuju kegenapan yang positif.

Process Theology Process theology menyatakan bahwa kenyataan Allah belumlah utuh, dan bahwa Allah sendiri masih berkembang. Allah "dwikutub" - mental dan fisik. Yang fisik adalah dunia materil yang berfungsi sebagai “tubuh” Allah. Karena hubungan itu Allah sebagian terbedakan dan sebagian tercampur dengan dunia – sebagaimana manusia dengan tubuhnya. Akibatnya setiap penderitaan dalam ciptaan juga dialami Allah, dan penciptaan sendiri dilihat sebagai kerjasama antara Allah dengan semua mahluk lain. Apakah kerjasama terjadi, terserah manusia – Allah tidak dapat memaksa manusia melakukan kehendak-Nya, hanya dapat mempengaruhi mereka.

John Hick: soul making theodicy Hick's Irenaean theodicy: ciptaan tidak sempurna melainkan berlangsung dalam proses 2 tahap: Pertama, manusia berkembang menjadi mahluk yang mampu melakukan interaksi sosial, sikap moral dan refleksi atas lingkungan termasuk kesadaran akan Yang Ilahi. Kedua, perkembangan di mana manusia dengan kebebasan kehendaknya diciptakan ke dalam gambar Ilahi. Kesempurnaan ini ada di masa depan.

The soul making theodicy memberi makna pada penderitaan: Kesulitan-kesulitan yang keras dan berat adalah kondisi yang disyaratkan bagi pengembangan karakter dan moral seseorang. Kepedihan juga mungkin perlu untuk kesenangan akhir yang dicapai.

Open Theism adalah suatu alternatif terhadap ide klasik Allah, dengan menekankan bahwa Allah tidak tahu segala sesuatu mengenai masa depan. Ada alasan untuk percaya adanya Allah, namun tidak ada untuk untuk sifat-sifat kemahakuasaan, kemahatahuan, atau kemahakasih-Nya, dan walaupun benar Allah maha kuasa, maha kasih, dan maha tahu, Dia tidaklah tak terbatas. Karena itu kejahatan sungguh-sungguh ada dan nyata, dan bertentangan langsung dengan kehendak Allah. 1994, five essays were published by evangelical scholars under the title of "The Openness of God". God of the Possible: A Biblical Introduction to the Open View of God by Gregory A. Boyd (Grand Rapids: Baker, 2000) Open Theism, or Free will Theism

C. S. Lewis “Allah berbisik kepada kita dalam kesenangan, Dia berbicara melalui nurani kita, namun Dia berteriak melalui kesakitan kita: penderitaan adalah megafon-Nya menyadarkan dunia yang tuli”.

Theodicy

Allah para filsuf dengan sifat- sifat sempurna Allah Yesus yang transenden tidak dapat direduksi menjadi tokoh Ilahi yang memenuhi harapan kita Two images of God: Monarchial God dan Vulnerable God Saliblah yang dengan jelas memberi kita imej yang baru: suatu imej Allah yang tersalib

Monarchial image of God: Allah bertanggungjawab atas setiap peristiwa alam -- kekeringan, banjir, gempa bumi, badai dan kebakaran – sebagai hukuman Allah. Vulnerable image of God: menolak menghubungkan sebab akibat antara keadaan yang dihadapi seseorang dengan perbuatannya. Alkitab: Mayoritas-Minoritas

Moltmann: Hamba yang menderita tidak memaksakan kebaikan dengan kuasa-Nya kepada dunia, melainkan Dia menderita ketidakadilan dari penguasa. Kitamori: 'When the pain of man becomes the symbol of the pain of God, man's pain is in turn healed. What heals our wounds is the love rooted in the pain of God.‘ SALVIFICI DOLORIS Kasih adalah sumber terlengkap jawaban terhadap makna penderitaan. Jawaban ini diberikan Allah kepada manusia dalam salib Yesus Kristus.

Finite Godism Greater good Soul making Free Will The best possible world Natural Order Defence Messianic Eschatology Dualism Indian Karma No evil, Limited Perspective Maltheism Eutheism Dystheism No God Theodicy

Alkitab Luther/Calvin Filsafat Yunani Barth Agama-agama Kierkegaard Tertullianus “revelation” theodicy: fideism

Alkitab Irenaeus Luther/Calvin Filsafat Yunani Hick Barth Agama-agama Process Theology Kierkegaard Open Theism Tertullianus Free will – Open Theodicy

Alkitab Agustinus Irenaeus Luther/Calvin Leibniz Filsafat Yunani Hick Barth Medieval: Thomisme Agama-agama Process Theol Kierkegaard Open Theism Tertullianus Filsafat Theisme Privatio Boni Theodicy

Alkitab Agustinus Irenaeus Luther/Calvin Leibniz Filsafat Yunani Hick Barth Medieval: Thomisme Agama-agama Process Phil/Theol Kierkegaard Open Theism Atheism Agnostisme Tertullianus Filsafat Theisme No God