Disusun oleh Ahmad Sarwat, Lc

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SHOLAT Dibagi menjadi dua : Sholat Fardu Sholat Sunah SHOLAT FARDU :
Advertisements

PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
Disusun oleh Ahmad Sarwat, Lc
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ KITABUZZAKAH
Kelompok Agama Bagus,Arip,Rio,Hafiz
FADHILA SEPTIYANING (9) FATIMAH AEWANI PUTRI (10)
Assalamua’laikum wr.wb
SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Thaharah Kelas VII semester 1 Lanjut.
ISTILAH KUNCI DALAM MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
RUKUN DAN SYARAT PERKAWINAN
Mempersembahkan
BAB III SYARAT DAN RUKUN PERKAWINAN YANG SYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PERTEMUAN KE DELAPAN SYARIAH DAN IBADAH
Disusun oleh Ahmad Sarwat, Lc
Pertemuan ke 9 muammalah
Pengantar fiqh dan ushul fiqih
I B A D A H IBADAH dalam pengertian khusus adalah segala perbuatan, ucapan, dan itikad dalam melakukan hubungan langsung dengan Alloh. (Trangkum dlm rukun.
THAHARAH Ismail, S.Pd.I, M.Pd..
Makanan dan minuman dalam islam
Shalat Berjamaah & SHALAT MUNFARID
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
Shalat Jum’at.
Mempersembahkan
LARANGAN PERKAWINAN DALAM ISLAM
KRITERIA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DALAM ISLAM
MAKANAN,MINUMAN DAN PENYEMBELIHAN
Fiqih Shalat.
Pertemuan ke 10 muammalah
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
SK/ KD Materi 1.
Berikut penjelasannya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
THAHARAH KELOMPOK 5 : ADIT ISTIQOMAH RIFDA KAMILA SILVIA PUJI LESTARI.
BAB VIII.
والعق في اللغة: القطع، ومنه عق الوالدين؛ أي قطع صلتهما
Fiqih Nikah.
SHALAT-SHALAT SUNAH BAB II KELAS 11.
KHutbah Jumat & Prinsip dakwah
Muthia ulfah A Nurul hidayah A
Fiqih Nikah.
BISMILLAH, ASSALAMU’ALAIKUM ILMU FIQH
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
L/O/G/O  Miftahul Muniroh ( )  M. Farkhan ( ) Kelompok 2:
IBADAH PUASA Masuk.
HAJI PAI 5 B KELOMPOK VIII 1. Agus Munip Pidianto 2. Agung Priyambodo
LOGOUT PROFIL SAYA WELCOME Syarat, Rukun, Rukun Puasa
BAGIAN II HADATS DAN NAJIS
MACAM-MACAM NAJIS Saat ini, banyak ummat Islam yang tidak mengerti dan tidak tahu akan ajaran agamanya. Bayangkan bagaimana jadinya generasi Islam beberapa.
MENJELASKAN KETENTUAN – KETENTUAN SHALAT JUMAT
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SHALAT.
Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
Present: Sinergi Foundation
Present: Sinergi Foundation
MENYALATKAN JENAZAH KELOMPOK 7.
SERTA ADAB KETIKA MAKAN SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH
Fikih sehari-hari.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM II
MUNAKAT Standar Kompetensi:
disusun oleh Ahmad Sarwat, Lc
Penjelasan Singkat tentang Tata Cara Ibadah Puasa Wajib dan Sunnah
Thaharah Oleh: Nova Saha Fasadena. DEFINISI THAHARAH  Menurut bahasa artinya bersih, bersuci.  Menurut istilah melenyapkan sesuatu yang ada di tubuh,
Oleh : Yulina Muhammad Miftahudin Kholid Mawardi
Shalat Jumat yang diwajibkan tidak diwajibkan syarat sah rukun khutbah.
KELOMPOK. Pengertian Hukum Islam. Pengertian Hukum Islam Menurut Ahmad Rofiq, Pengertian Hukum Islam adalah seperangkat kaidah-kaidah hukum yang didasarkan.
Kajian fiqih Ust. Lalu Abdul Mukmin, M.Pdi Jum’at, 25 April 2019 Ba’da Shubuh Masjid Al Falah Taman Bona Indah.
Transcript presentasi:

disusun oleh Ahmad Sarwat, Lc www.ustsarwat.com

Menu Utama muamalat Pengantar pernikahan FIQIH kuliner thaharah pakaian shalat rumah zakat ubudiyah non ubudiyah wanita puasa mawaris haji pengadilan perkembangan zaman kedokteran kontemporer politik

Pengantar Ilmu fiqih pengertian proses hukum bidang index

قَالُوا يَا شُعَيْبُ مَا نَفْقَهُ كَثِيرًا مِمَّا تَقُولُ bahasa paham - mengerti قَالُوا يَا شُعَيْبُ مَا نَفْقَهُ كَثِيرًا مِمَّا تَقُولُ “Mereka berkata: "Hai Syuaib, kami tidak banyak mengerti tentang apa yang kamu katakan itu (QS. Hud: 91) PENGERTIAN FIQIH ilmu tentang hukum-hukum syar’iyah الْعِلْمُ بِالأَْحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ الْعَمَلِيَّةِ الْمُكْتَسَبُ مِنْ أَدِلَّتِهَا التَّفْصِيلِيَّةِ bersifat amaliyah istilah yang diistimbath dari sumber yang rinci

metodologi yang akurat bersumber dari wahyu metodologi yang akurat semua aspek kehidupan lentur dan fleksible KEISTIMEWAAN FIQIH memberi kemudahan khazanah umat ikut perkembangan zaman banyak pendapat & berpahala

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ DALIL KEWAJIBAN BELAJAR ILMU FIQIH hadits quran وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ Tidak sepatutnya bagi mu'minin itu pergi semuanya. Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.(QS. At-Taubah : 122) إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ العِلْمَ اِنْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ العِلْمَ بِقَبْضِ العُلَمَاء حَتىَّ إِذَالمَ يُبْقِ عاَلِمًا اِتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu secara tiba-tiba dari tengah manusia, tapi Allah mencabut ilmu dengan dicabutnya nyawa para ulama. Hingga ketika tidak tersisa satu pun dari ulama, orang-orang menjadikan orang-orang bodoh untuk menjadi pemimpin. Ketika orang-orang bodoh itu ditanya tentang masalah agama mereka berfatwa tanpa ilmu, akhirnya mereka sesat dan menyesatkan (HR Bukhari dalam al Ilmu 1/234 dan Muslim dalam al-Ilmu 16/223) فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan (ulama) jika kamu tidak mengetahui (QS. An-Nahl : 43)

kunci memahami Quran Sunnah identitas keislaman kunci memahami Quran Sunnah porsi terbesar ajaran Islam tingginya kedudukan ulama HIKMAH BELAJAR FIQIH mengurangi perpecahan eksistensi umat menangkal liberalisme & sekulerisme meruntuhkan ekstrimisme

HUKUM BELAJAR ILMU FIQIH fardhu ‘ain fardhu kifayah setiap muslim ulama dasar ibadah pendalaman

DIKERJAKAN DITINGGALKAN PAHALA DOSA TIDAK DOSA TIDAK PAHALA wajib sunnah HUKUM FIQIH mubah makruh haram

proses terbentuknya hukum fiqih budaya zaman quran sumber hukum realitas kehidupan peradaban sunnah statis dinamis adat FAHAM FAHAM hukum ijtihad sosial ULAMA KAIDAH fiqih wajib sunnah mubah makruh haram

quran sunnah muttafaq ijma’ qiyas SUMBER FIQIH mashalih mursalah istidlal istishab mukhtlaf sadd adz-dzari’ah istihsan ‘urf syar’u man qablana

بَذْل الْوُسْعِ وَالطَّاقَةِ Mengerahkan kemampuan dan tenaga bahasa PENGERTIAN IJTIHAD بَذْلُ الوُسْعِ فيِ نَيْلِ حُكْمٍ شَرْعِيٍّ عَمَلِيٍّ بِطَرِيْقِ الاِسْتِنْبَاطِ Mengerahkan kekuatan untuk mendapatkan hukum syar'i yang bersifat praktek dengan metode istimbath. istilah

muslim shahihul fahm muttafaq mengenal sumber fiqih SYARAT MUJTAHID mukhtalaf ilmu nasakh mansukh ilmu bahasa arab ilmu ushul fiqih

mutlaq ghairu mustaqil PERINGKAT MUJTAHID muqayyad tarjih

1 punya semua syarat mujtahid menciptakan kaidah istimbath sendiri MUJTAHID MUTLAQ pendiri mazhab mainstream tidak ada lagi di masa kini Abu Hanifah – Malik – Syafi’i - Ahmad

2 punya semua syarat mujtahid pakai kaidah istimbath imamnya bisa berbeda dgn imamnya GHAIRU MUSTAQIL tidak ada lagi di masa kini hanafi Abu Yusuf - Muhammad maliki Abul Qasim – Ashab tokoh syafi`i Albuwaithy – Almuzani hambali Al-Astram – Almarwadzi

3 punya semua syarat mujtahid pakai kaidah istimbath imamnya berijtihad pada yg belum difatwakan GHAIRU MUQAYAD nisbah kepada mazhab bukan imam hanafi Attahawi – Alkarkhi - Albazdawi maliki Alabhari - Alqairuwani tokoh Almarwadzi - Asyirazi Ibnu Khuzaemah syafi`i hambali Alqadhi Abu Ya’la

4 punya semua syarat mujtahid pakai kaidah istimbath imamnya mentarjih perbedaan dlm mazhab TARJIH hanafi Alqaduri maliki Al’allamah Khalil tokoh An-Nawawi – Arrafi’i syafi`i hambali Almardawi - Albaghdadi

4 Imam Mazhab Abu Hanifah Malik Syafi’i Ahmad

> 4 imam mazhab Abu Hanifah 80 – 150 H sejarah manhaj karya murid

Sejarah Namanya An-Nu’man bin Tsabit bin Zuwatha, putera asli Persia > 4 imam mazhab > Abu Hanifah Sejarah Namanya An-Nu’man bin Tsabit bin Zuwatha, putera asli Persia Lahir dan Meninggal di Kufah (80 – 150 H) Kufah terkenal dengan para pemalsu hadits Bekerja sebagai pedagang kain di Kufah Mengalami masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah Tabi’in : bertemu Anas bin Malik dan meriwayatkan hadits (طلب العلم فريضة على كل مسلم) 18 tahun belajar khusus fiqih kepada Hammad bin Abi Sulaiman dari Ibrahim An-Nakha`i Digelari sebagai Faqih Ahli Iraq sejarah manhaj karya murid

Manhaj Ushul Manhaj Sangat ketat dalam menerima hadits Imam Ahli Ra’yi > 4 imam mazhab > Abu Hanifah Manhaj Ushul Manhaj Quran - Sunnah - Ijma` - Qiyas - Istihsan Sangat ketat dalam menerima hadits Imam Ahli Ra’yi Meluaskan qiyas dan komparasi sejarah manhaj karya murid

Murid Abu Yusuf (118-132 H) Muhammad (132-189 H) Zufar (110-158 H) > 4 imam mazhab > Abu Hanifah Murid Abu Yusuf (118-132 H) Muhammad (132-189 H) Zufar (110-158 H) Al-Hasan bin Ziyad (204 H) sejarah manhaj karya murid

Karya Abu Hanifah tidak menulis sendiri ilmunya > 4 imam mazhab > Abu Hanifah Karya Abu Hanifah tidak menulis sendiri ilmunya Murid-muridnya yang menuliskannya Kitab-kitab Mazhab Hanafi sejarah manhaj karya murid

Malik 93 – 179 H sejarah manhaj karya murid

Sejarah Malik bin Anas bin Abi Amir Al-Ashbahi > 4 imam mazhab > Malik Sejarah Malik bin Anas bin Abi Amir Al-Ashbahi Lahir dan wafat di Madinah (93-179 H) Mengalami masa Umawi dan Abbasi Imam Ahli Hadits dan Fiqih di Madinah Mengambil hadits dari Nafi` dari Ibnu Umar (silsilah dzahabiyah) Menjadi guru Imam Asy-syafi`i waktu kecil Asy-Syafi`i : Bila disebutkan daftar para ulama, maka Malik adalah bintang kejora sejarah manhaj karya murid

Manhaj Ushul Manhaj : 20 point Quran – Sunnah : Lainnya : Nash Quran > 4 imam mazhab > Malik Manhaj Ushul Manhaj : 20 point Quran – Sunnah : Nash Quran Zhahir Nash Quran Mafhum Muqafaqah Nash Quran Mafhum Mukhalafah Nash Quran Tanbih nash Quran Lainnya : Ijma Qiyas Amalu Ahlil-Madinah Qaul Shahabi Istihsan Istishab Sadd Adz-Dzariah Mashlahah Al-Mursalah Mura’atul Khilaf Syar’u man qablana 6. Nash Sunnah 7. Zhahir Nash Sunnah 8. Mafhum Muqafaqah Nash Sunnah 9. Mafhum Mukhalafah Nash Sunnah 10. Tanbih nash Sunnah sejarah manhaj karya murid

Murid Al-Imam Malik Mesir Maghrib Hijaz & Iraq Abu Abdullah 191 H > 4 imam mazhab > Malik Murid Al-Imam Malik Mesir Maghrib Hijaz & Iraq Abu Abdullah 191 H Abu Muhammad 125 – 197 H Ashab bin Abdil Aziz 150 H Abdulah bin Abd Hakam 214 H Asbagh bin Al-Farj 225 H Muhammad bin Abdullah bin Abd Hakam 268 H Muhammad bin Ibrahim Al-Iskandari 269 H Abul Hasan At-Tunisi 183 H Abu Abdullah Al-Qurtubi 193 H Isa bin Dinar 212 H Asad bin Al-Furat (145 – 213 H) Yahya Al-Laitsi 234 H Abdul Malik Assulami 238 H Sahnun 240 H Abu Marwan Al-Majisyun 212 H Ahmad bin Al-Mu`adzdzal Al-Qadhi Abu Ishak 282 H sejarah manhaj karya murid

> 4 imam mazhab > Malik Karya Al-Muwaththa` Kitab hadits tershahih sebelum era shahih Bukhari dan Muslim karya Al-Imam Malik rahimahullah sejarah manhaj karya murid

Asy-Syafi’i 150 – 204 H sejarah manhaj karya murid > 4 level mujtahid Asy-Syafi’i 150 – 204 H sejarah manhaj karya murid

Sejarah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi`. > 4 imam mazhab > Syafi`i Sejarah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi`. Lahir di Gaza Palestina 150 H wafat di Mesir 204 H Usia 2 tahun kembali ke Mekkah dan belajar syi`ir Arab dan syariah Berguru kepada Mufti Mekkah, Muhammad bin Az-Zinji, hingga di usia 15 tahun dizinkan menjadi mufti Mekkah Menghafal Quran di usia 7 tahun dan menghafal Al-Muwaththa` dalam 9 malam Berguru kepada Imam Malik mazhab ahli hadits di Madinah di usia 15 tahun menjadi murid termuda Mencari ilmu ke Yaman dan Iraq berguru kepada fuqaha Hanafi ahli ra’yi. sejarah manhaj karya murid

Manhaj Ushul Mazhab : Menolak : Meramu 2 Kekuatan Mazhab Besar : > 4 imam mazhab > Syafi`i Manhaj Ushul Mazhab : Quran – Sunnah – Ijma` - Qiyas Menolak : Aqwal Shahabah – Istihsan – Al-Mashlahah Al-Mursalah – Amalu Ahlil Madinah Meramu 2 Kekuatan Mazhab Besar : Ahli Hadits (Madinah) : Pembela Sunnah Ahli Ra’yi (Iraq) Imam dalam bidang Hadits – Fiqih – Ushul Fiqih sejarah manhaj karya murid

Murid Al-Imam Asy-Syafi`i Al-Buwaythi 231 H Al-Muzani 264 H > 4 imam mazhab > Syafi`i Murid Al-Imam Asy-Syafi`i Al-Buwaythi 231 H Al-Muzani 264 H Al-Muradi 270 H Harmalah 266 H Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam 268 sejarah manhaj karya murid

> 4 imam mazhab > Syafi`i Karya Ar-Risalah ARRISALAH adalah kitab pertama yang menjelaskan ushul fiqih secara tersendiri, terstruktur dan lengkap. Dengan kitab ini Asy-Syafi`i dinobatkan menjadi Peletak Dasar Ilmu Ushul Fiqih sejarah manhaj karya murid

Karya Al-Umm AL-UMM berarti Induk > 4 imam mazhab > Syafi`i Karya Al-Umm AL-UMM berarti Induk Merupakan kitab Fiqih yang berisi mazhab As-Syafi`i yang baru (qaul jadid) sejarah manhaj karya murid

> 4 level mujtahid Ahmad bin Hanbal 164 – 241 H

index najis wudhu mandi tayammum haidh Kitab Thaharah nifas istihadhah

kesucian najis hadats fisik hukum ringan sedang berat kecil besar menu thaharah kesucian najis hadats fisik hukum ringan sedang berat kecil besar wudhu mandi pensucian tayammum

kesucian najis hadats fisik hukum ringan sedang berat kecil besar menu thaharah kesucian najis hadats fisik hukum ringan sedang berat kecil besar wudhu mandi pensucian tayammum

menu 1 Najis hukum pembagian pensucian

القَذَارَة bahasa kotoran PENGERTIAN صِفَةٌ حُكْمِيَّةٌ تُوجِبُ لِمَوْصُوفِهَا مَنْعَ اسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ بِهِ أَوْ فِيهِ Sifat hukum suatu benda yang mengharuskan seseorang tercegah dari kebolehan melakukan shalat bila terkena atau berada di dalamnya istilah

نَهَانَا أَنْ يَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ بِعَظَمٍ menu thaharah najis berdosa boleh menyentuh yahudi badan dipotong pakaian syarat ibadah shalat – itikaf – thawaf – sa’i وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk. (QS. Al-A'raf : 157) haram dimakan HUKUM NAJIS نَهَانَا أَنْ يَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ بِعَظَمٍ Beliau SAW melarang kita beristinja' dengan tahi atau tulang. (HR. Muslim Abu Daud dan Tirmizy) haram buat istinja’ لَعَنَ اللَّهُ الْيَهُودَ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَيْهِمْ الشُّحُومَ فَبَاعُوهَا وَأَكَلُوا أَثْمَانَهَا Dari Abu Daud radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW telah bersabda,”Allah SWT telah melaknat orang-orang Yahudi, lantaran telah diharamkan lemak hewan, namun mereka memperjual-belikannya dan memakan hasilnya”. (HR. Bukhari dan Muslim) haram diperjual-belikan haram terkena tempat suci masjid – mushaf – kitab syariah

يُغْسَلُ مِنْ بَوْلِ اَلْجَارِيَةِ وَيُرَشُّ مِنْ بَوْلِ اَلْغُلامِ menu thaharah najis يُغْسَلُ مِنْ بَوْلِ اَلْجَارِيَةِ وَيُرَشُّ مِنْ بَوْلِ اَلْغُلامِ Air kencing bayi perempuan harus dicuci sedangkan air kencing bayi laki-laki cukup dipercikkan air saja. (HR. Abu Daud, An-Nasai dan Al-Hakim) ringan kencing bayi laki يَا عَمَّارُ إِنَّمَا يُغْسَلُ الثَّوْبُ مِنْ خَمْسٍ مِنَ الْغَائِطِ وَالْبَوْلِ وَالْقَىْءِ وَالدَّمِ وَالْمَنِىِّ Wahai Ammar, sesungguhnya pakaian itu dicuci oleh sebab salah satu dari 5 hal : kotoran, air kencing, muntah, darah dan mani. (HR. Ad-Daruquthny PEMBAGIAN NAJIS sedang طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذْ وَلَغَ فِيهِ اَلْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولاهُنَّ بِالتُّرَابِ sucinya wadah air kalian yang diminum anjing adalah dengan mencucinya tujuh kali, salah satunya dengan tanah. (HR. Muslim) berat anjing babi

susu hewan haram dagingnya darah nanah muntah bangkai susu hewan haram dagingnya benda keluar dari kemaluan

istihalah najis samak PENSUCIAN NAJIS cuci siram warna tambah air menu thaharah najis istihalah najis samak PENSUCIAN NAJIS cuci siram warna tambah air terkena najis kerik hilang aroma keset rasa lap jemur

menu thaharah 2 Wudhu rukun keharusan sunnah membatalkan

mengusap sebagian lepala menu thaharah wudhu niat يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَين Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan kakimu sampai dengan kedua mata kaki... (QS. Al-Maidah : 6) membasuh wajah RUKUN WUDHU membasuh kedua tangan mengusap sebagian lepala membasuh kedua kaki tertib

لاَ صَلاَةَ لمَِنْ لاَ وُضُوْءَ لَهُ menu thaharah wudhu shalat menyentuh mushaf لاَ صَلاَةَ لمَِنْ لاَ وُضُوْءَ لَهُ Tidak ada shalat kecuali dengan wudhu'. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah) DISYARATKAN WUDHU khutbah Jumat لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ المُطَهَّرُون Tidak ada yang menyentuhnya kecuali orang-orang yang suci. (QS. Al-Waqi`ah : 79) أَنْ لاَ يَمَسَّ اَلْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ Janganlah seseorang menyentuh Al-Quran kecuali orang yang suci”.(HR. Malik). tawaf Tawaf di Ka`bah itu adalah shalat, kecuali Allah telah membolehkannya untuk berbicara saat tawaf. (HR. Ibnu Hibban, Al-Hakim dan Tirmizy)

resapkan air ke jenggot menu thaharah wudhu cuci tangan basmalah kumur istinsyak istintsar sikat gigi SUNNAHWUDHU resapkan air ke jenggot tiga kali membasahi seluruh kepala memasuh telinga mendahulukan kanan takhlil

keluar sesuatu dari kemaluan menu thaharah wudhu keluar sesuatu dari kemaluan tidur hilang akal MEMBATALKAN WUDHU menyentuh kemaluan menyentuh lawan jenis terkena najis

3 Mandi Janabah mewajibkan haram dilakukan rukun sunnah mandi sunnah menu thaharah 3 Mandi Janabah mewajibkan haram dilakukan rukun sunnah mandi sunnah

haidh wanita nifas melahirkan MEWAJIBKAN MANDI hubungan seksual menu thaharah mandi haidh nifas wanita melahirkan MEWAJIBKAN MANDI hubungan seksual keluar mani Pria wanita meninggal

shalat sujud tilawah puasa tawaf HARAM DILAKUKAN sa`i menyentuh mushaf menu thaharah mandi shalat sujud tilawah puasa tawaf HARAM DILAKUKAN sa`i menyentuh mushaf melafadzkan Quran masuk masjid

meratakan air ke seluruh tubuh menu thaharah mandi niat RUKUN MANDI JANABAH meratakan air ke seluruh tubuh

membersihkan kemaluan menu thaharah mandi mencuci tangan membersihkan kemaluan SUNNAH MANDI JANABAH menghilangkan najis wudhu mendahulukan kanan

setelah memandikan mayat menu thaharah mandi shalat Jumat shalat Ied shalat gerhana MANDI SUNNAH setelah memandikan mayat sadar dari pingsan gila mabuk haji umrah

menu thaharah tayammum 4 Tayammum syarat rukun membatalkan

air tidak ada air tidak terjangkau air tidak cukup SYARAT TAYAMMUM menu thaharah tayammum air tidak ada air tidak terjangkau air tidak cukup SYARAT TAYAMMUM sakit dingin habis waktu shalat

mengusap wajah dengan tanah RUKUN TAYAMMUM menu thaharah tayammum niat mengusap wajah dengan tanah RUKUN TAYAMMUM mengusap kedua tangan hingga siku dengan tanah tertib

semua yang membatalkan wudhu menu thaharah tayammum semua yang membatalkan wudhu BATAL TAYAMMUM air ditemukan hilangnya penghalang

5 Haidh darah wanita usia haidh masa haidh masa suci larangan menu thaharah 5 Haidh darah wanita usia haidh masa haidh masa suci larangan masa iddah

keluar saat melahirkan dan sesudahnya menu thaharah haidh haidh keluar karena sehat DARAH WANITA nifas keluar saat melahirkan dan sesudahnya istihadhah selain haidh dan nifas

awal 9 tahun jumhur USIA HAIDH 50 tahun hanafi akhir 70 tahun maliki menu thaharah haidh awal 9 tahun jumhur USIA HAIDH 50 tahun hanafi akhir 70 tahun maliki tanpa batas syafi’i

sekejap maliki minimal 1 hari 1 malam syafi’i 3 hari 3 malam hanafi menu thaharah haidh sekejap maliki minimal 1 hari 1 malam syafi’i 3 hari 3 malam hanafi MASA HAIDH 10 hari hanafi maksimal 15 hari syafi’i hambali

13 hari hambali minimal 15 hari jumhur MASA SUCI maksimal tanpa batas menu thaharah haidh 13 hari hambali minimal 15 hari jumhur MASA SUCI maksimal tanpa batas jumhur

shalat puasa tawaf sa’i HARAM DILAKUKAN menyentuh mushaf menu thaharah haidh shalat puasa tawaf sa’i HARAM DILAKUKAN menyentuh mushaf melafadzkan quran masuk masjid jima’ diceraikan

وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوَءٍ menu thaharah haidh MASA IDDAH WANITA YANG DICERAI 3 quru’ 3 kali haidh 3 kali suci وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوَءٍ Wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru. (QS. Al-Baqarah : 228) Suci 1 dicerai Suci 1 Haidh 1 7 hari 7 hari Haidh 1 Suci 2 23 hari 23 hari Suci 2 Haidh 2 7 hari 7 hari Haidh 2 Suci 3 23 hari selesai Suci 3 Haidh 3 7 hari Suci 4 selesai

menu thaharah 6 Nifas pengertian masa nifas

darah yang keluar dari kemaluan wanita saat melahirkan atau sesudahnya menu thaharah nifas nifas darah yang keluar dari kemaluan wanita saat melahirkan atau sesudahnya

minimal sekejap jumhur MASA NIFAS 40 hari hanafi hambali maksimal menu thaharah nifas minimal sekejap jumhur MASA NIFAS 40 hari hanafi hambali maksimal 60 hari syafi’i

menu thaharah 7 Istihadhah pengertian bentuk hukum

darah yang keluar dari kemaluan wanita selain haidh dan nifas menu thaharah istihadhah istihadhah darah yang keluar dari kemaluan wanita selain haidh dan nifas

keluar darah sebelum usia haidh (9 tahun) menu thaharah istihadhah keluar darah sebelum usia haidh (9 tahun) keluar darah setelah usia haidh (50-70 tahun) TERMASUK ISTIHADHAH keluar darah setelah masa haidh (13-15 hari) keluar darah sebelum melahirkan keluar darah setelah masa nifas (40-60 hari)

boleh menyentuh mushaf tidak berlaku larangan haidh menu thaharah istihadhah wajib shalat 5 waktu wajib puasa ramadhan boleh tawaf sa’i boleh menyentuh mushaf tidak berlaku larangan haidh boleh melafadzkan quran boleh masuk masjid HUKUM ISTIHADHAH boleh jima’ boleh diceraikan menyumbat hadats kecil berwudhu tiap shalat tidak wajib mandi

kitab Shalat hukum waktu syarat rukun sunnah membatalkan shalat safar index hukum waktu syarat rukun sunnah membatalkan kitab Shalat shalat safar shalat jumat berjamaah

HUKUM MENINGGALKAN SHALAT menu shalat dosa besar meyakini kewajiban UKHRAWI kafir mengingkari kewajiban HUKUM MENINGGALKAN SHALAT bunuh hanafi penjara - pukul DUNIAWI maliki syafi’i bunuh hambali bunuh

Nabi SAW didatangi oleh Jibril ‘alaihissalam dan berkata kepadanya, menu shalat Nabi SAW didatangi oleh Jibril ‘alaihissalam dan berkata kepadanya, "Bangunlah dan lakukan shalat". Maka beliau melakukan shalat Zhuhur ketika matahari tergelincir. Kemudian waktu Ashar menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat". Maka beliau SAW melakukan shalat Ashar ketika panjang bayangan segala benda sama dengan panjang benda itu. Kemudian waktu Maghrib menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat". Maka beliau SAW melakukan shalat Maghrib ketika matahari terbenam. Kemudian waktu Isya' menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat". Maka beliau SAW melakukan shalat Isya' ketika syafaq (mega merah) menghilang. Kemudian waktu Shubuh menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat". Maka beliau SAW melakukan shalat Shubuh ketika waktu fajar menjelang. (HR. Ahmad, Nasai dan Tirmizy) zhuhur zawal matahari s/d ashar ashar panjang benda = panjang bayangan s/d maghrib WAKTU maghrib terbenam matahari s/d isya isya hilangnya mega merah s/d subuh subuh terbit fajar shadiq s/d terbit matahari

muslim WAJIB baligh berakal SYARAT tahu sudah masuk waktu menu shalat muslim WAJIB baligh berakal SYARAT tahu sudah masuk waktu suci dari hadats SAH suci dari najis menutup aurat menghadap kiblat

niat takbiratul ihram berdiri alfatihah ruku` i`tidal RUKUN SHALAT menu shalat niat takbiratul ihram berdiri alfatihah ruku` i`tidal RUKUN SHALAT sujud tuma’ninah duduk antara 2 sujud duduk tahiyat akhir baca tahiyat akhir shalawat salam tertib

tasyahhud awal sujud sahwi AB’ADH shalawatnya qunut shubuh & witir menu shalat tasyahhud awal AB’ADH shalawatnya sujud sahwi qunut shubuh & witir SUNNAH angkat tangan – sedakep - doa iftitah - ta’awudz - ta’min - baca ayat – jahr - takbir intiqal - tasbih ruku & sujud - tangan di paha waktu duduk - duduk ifitrasy - tawaruk pada tahiyat akhir - salam kedua HAI’AT

tidak menghadap kiblat menu shalat berbicara makan minum banyak gerak tidak menghadap kiblat terbuka aurat berhadats MEMBATALKAN SHALAT kena najis tertawa murtad - hilang akal berubah niat meninggalkan 1 rukun mengucapkan salam

menu menu shalat Shalat Safar jama’ qashar syarat qashar syarat jama’

qashar 4 rakaat menjadi 2 rakat SHALAT SAFAR taqdim dzhuhur menu shalat safar qashar 4 rakaat menjadi 2 rakat SHALAT SAFAR taqdim dzhuhur dzhuhur & ashar ta’khir ashar jama’ taqdim maghrib maghrib & isya ta’khir isya’

tidak bermakmum kepada muqim menu shalat safar niat safar bukan safar maksiat SYARAT QASHAR minimal berjarak 89 km tidak bermakmum kepada muqim niat qashar tiap shalat

JAMA’ TAQDIM SYARAT JAMA’ JAMA’ TA’KHIR menu shalat safar sesuai urutan shalat niat jama’ sejak awal JAMA’ TAQDIM bersambung masih dalam perjalanan SYARAT JAMA’ niat menta’khir sejak waktu awal JAMA’ TA’KHIR masih dalam perjalanan

Shalat Jumat yang diwajibkan tidak diwajibkan syarat sah rukun khutbah menu menu shalat Shalat Jumat yang diwajibkan tidak diwajibkan syarat sah rukun khutbah

DIWAJIBKAN SHALAT JUMAT menu shalat jumat muslim berakal baligh DIWAJIBKAN SHALAT JUMAT laki-laki muqim sehat merdeka

TIDAK WAJIB SHALAT JUMAT menu shalat jumat sakit musafir TIDAK WAJIB SHALAT JUMAT anak-anak wanita

SYARAT SAH SHALAT JUMAT menu shalat jumat dilaksanakan dalam pemukiman dilaksanakan di waktu dzhuhur قُلتُ كَمْ كٌنْتُمْ؟ قَالَ أَرْبَعِين Aku bertanya, berapa jumlah kalian. Dia menjawab : 40 orang (HR. Abu Daud dan Al-Baihaqi) SYARAT SAH SHALAT JUMAT minimal 40 orang yang wajib shalat jumat tidak didahului jumat yang lain dilokasi yang sama diawali 2 khutbah كَانَ رَسُولُ اللهِ ص يَخْطُبُ يَوْمَ الجُمُعَةِ خُطْبَتَيْنِ يَجْلِسُ بَيْنَهُمَا Rasulullah SAW khutbah di hari Jumat dengan dua khutbah dan duduk di antara keduanya (HR. Bukhari Muslim)

hamdalah khutbah 1 -2 shalawat Nabi khutbah 1 -2 RUKUN KHUTBAH JUMAT menu shalat jumat hamdalah khutbah 1 -2 shalawat Nabi khutbah 1 -2 RUKUN KHUTBAH JUMAT washiyat taqwa khutbah 1 baca sebagian Quran khutbah 2 khutbah 2 doa buat mukminin

فَقَامَ مُتَوَكِّأً عَلىَ قَوْسٍ أَوْ عَصَا menu shalat jumat كَانَ التَّأذِيْنُ يَوْمَ الجُمُعَةِ حِيْنَ يجَلِسُ الإِمَاُم عَلىَ المِنْبَرِ Adzan dilaksanakan saat imam duduk di atas mimbar (HR. Bukhari) di atas mimbar فَقَامَ مُتَوَكِّأً عَلىَ قَوْسٍ أَوْ عَصَا Beliau berdiri berpegangan pada busur atau tongkat (HR. Abu Daud) menyampaikan salam duduk waktu adzan SUNNAH KHUTBAH JUMAT pegang busur / tongkat فَأَطِيْلوُا الصَّلاَةَ وَأَقْصِرُوا الخُطْبَةَ Panjangkanlah shalat dan pendekkan khutbah (HR. Abu Daud) khutbah singkat mengeraskan suara كَانَ رَسُولُ اللهِ ص يَخْطُبُ عَلىَ المِنْبَرِ Rasulullah SAW khutbah di atas mimbar (HR. Bukhari)

menu shalat Shalat Berjamaah hukum imam makmum ketentuan shaf rakaat

HUKUM SHALAT BERJAMAAH menu shalat berjamaah sunnah muakkadah fardhu kifayah HUKUM SHALAT BERJAMAAH ikhtilaf ulama fardhu ‘ain syarat sah shalat

paling mengerit ilmu shalat menu shalat berjamaah paling fasih paling paham fiqih paling mengerit ilmu shalat bukan wanita kecuali wanita SYARAT IMAM sah shalatnya diridhai makmumnya imam rawatib banyak hafalannya

tidak melewati posisi imam menu shalat berjamaah niat jadi makmum tidak melewati posisi imam tahu gerakan imam tidak terpisah dengan imam SYARAT MAKMUM tidak tertinggal 2 gerakan rukun tidak mendahului imam ikut semua gerakan imam mengakui sahnya shalat imam

jamaah boleh beda jenis shalat menu shalat berjamaah imam tidak harus niat jamaah boleh beda jenis shalat gerakan shalat harus sama KETENTUAN BERJAMAAH jumlah rakaat tidak kurang dari imam shalat imam sah imam wanita = makmum wanita

urutan shaf imam posisi makmum dewasa laki menu shalat berjamaah urutan shaf imam posisi makmum dewasa laki posisi makmum anak-anak laki posisi makmum anak-anak wanita posisi makmum dewasa wanita

menu shalat berjamaah membentuk shaf imam 13 11 9 7 5 3 1 2 4 6 8 10 12 26 24 22 20 18 16 14 15 17 19 21 23 25 38 36 34 32 30 28 27 29 31 33 35 37 39

sendiri dalam shaf imam 13 11 9 7 5 3 1 2 4 6 8 10 12 14 22 20 26 24 menu shalat berjamaah sendiri dalam shaf imam 13 11 9 7 5 3 1 2 4 6 8 10 12 14 22 20 26 24 18 16 21 23 19 25 17 14 22 20 26 24 18 16 21 23 19 25 17 15 27

tidak ruku’ bersama imam menu shalat berjamaah makmum masbuk muwafiq tidak ruku’ bersama imam ruku’ bersama imam tertinggal rakaat mendapat rakaat

Shalat Sunnah rawatib dhuha istisqa tarawih `ied gerhana tahajjud menu menu shalat Shalat Sunnah rawatib dhuha istisqa tarawih `ied gerhana tahajjud istikharah tasbih

2 rakaat sesudah maghrib menu shalat 2 rakaat sebelum shubuh 2 rakat sebelum zhuhur muakkadah 2 rakaat sesudah zhuhur 2 rakaat sesudah maghrib RAWATIB 2 rakaat sesudah isya` 2 rakaat sebelum ashar ghairu muakkadah 2 rakat sebelum maghrib 2 rakaat sebelum isya`

2 rakaat sesudah maghrib menu shalat 2 rakaat sebelum shubuh 2 rakat sebelum zhuhur muakkadah 2 rakaat sesudah zhuhur 2 rakaat sesudah maghrib TARAWIH 2 rakaat sesudah isya` 2 rakaat sebelum ashar ghairu muakkadah 2 rakat sebelum maghrib 2 rakaat sebelum isya`

Kitab Zakat pengertian proses hukum bidang index

menyembuhkan penyakit menu zakat menjaga harta menyembuhkan penyakit HIKMAH memperbanyak harta mensucikan jiwa

dimiliki secara sempurna menu zakat dimiliki secara sempurna produktif melebihi nishab KRITERIA HARTA ZAKAT melewati haul melebihi hajat selamat dari hutang

1. peternakan 2. pertanian 3. perdagangan 4. emas perak uang 5. fithr menu zakat 1. peternakan 2. pertanian 3. perdagangan klasik 4. emas perak uang JENIS ZAKAT 5. fithr 6. rikaz 7. profesi kontemporer 8. persewaan

fuqara miskin amil muallaf budak berhutang sabilillah ibnu sabil menu zakat fuqara punya penghasilan tapi tidak cukup miskin tidak punya penghasilan amil petugas pengumpul - pendistribusi muallaf diharapkan - sudah masuk islam MUSTAHIQ ZAKAT budak menebus diri untuk merdeka berhutang hutang penyambung hidup sabilillah perang fisik membela agama islam ibnu sabil kehabisan bekal

menu zakat Zakat Ternak

menu zakat unta nisab TERNAK ZAKAT sapi - kerbau nisab kambing nisab

Nishab Unta Besar Zakatnya Nisab 1 ekor syaah 5 - 9 2 ekor syaah menu zakat Nishab Unta Keterangan : syaah = kambing betina bintu makhadh = unta betina genap berusia 1 tahun masuk tahun ke-2. bintu labun = unta betina genap berusia 2 tahun masuk tahun ke-3 hiqqah = unta betina genap berusia 3 tahun masuk tahun ke-4 jaza'ah = unta betina genap berusia 4 tahun masuk tahun ke-5 Besar Zakatnya Nisab 1 ekor syaah 5 - 9 2 ekor syaah 10 - 14 3 ekor syaah 15 - 19 4 ekor syaah 20 - 24 1 ekor bintu makhadh 25 - 35 1 ekor bintu labun 36 - 45 1 ekor hiqqah 46 - 60 1 ekor jaza'ah 61 - 75 2 ekor bintu labun 76 - 90 3 hiqqah 91 - 120 3 banat labun / 2 hiqqah + 1 ekor syah (hanafi) 121 - 129 2 hiqqah dan 2 syaah (hanafi) 130 - 134 2 hiqqah dan 3 syaah (hanafi) 135 - 139 2 hiqqah dan 4 syaah (hanafi) 140 - 144

Nishab Sapi - Kerbau Besar Zakatnya Nisab 1 ekor tabii' 30 - 39 menu zakat Nishab Sapi - Kerbau Keterangan tabii' = sapi betina atau jantan yang sudah genap berusia 1 tahun dan masuk tahun ke-2. musinnah = sapi betina yang sudah genap berusia 2 tahun dan masuk tahun ke-3. Besar Zakatnya Nisab 1 ekor tabii' 30 - 39 1 ekor musinnah 40 - 59 2 ekor tabii' 60 - 69 1 ekor tabii' dan 1 ekor musinnah 70 - 79 2 ekor musinnah 80 - 89 3 tabii' 90 - 99 1 ekor musinnah dan 2 tabii' 100 - 109 2 ekor musinnah dan 1 ekor tabii' 110 - 119 3 ekor musinnah atau 4 ekor tabii' 120 - ...

Nishab Kambing Besar Zakatnya Nisab tidak wajib zakat 1 - 39 menu zakat Nishab Kambing Keterangan Demikian seterusnya, setiap bertambah 100 ekor ada kewajiban zakat berupa 1 ekor kambing. Besar Zakatnya Nisab tidak wajib zakat  1 - 39 1 ekor kambing betina 40 - 120 2 ekor kambing betina 121 - 200 3 ekor kambing betina 201 - 399 4 ekor kambing betina 400 - 499 5 ekor kambing betina 500 - 599

menu menu zakat Zakat Tanaman

buah jenis butir TANAMAN nishab waktu zakat menu zakat anggur buah kurma kismis jenis gandum jelai butir beras jagung TANAMAN nishab 520 kg waktu tiap panen 5 % diairi zakat 10 % tidak diairi

menu zakat Zakat Emas Perak

tidak dipakai sbg perhiasan menu zakat syarat tidak dipakai sbg perhiasan 85 gram emas nishab EMAS PERAK 595 gram perak waktu tiap tahun qamariyah zakat 2,5 %

menu zakat Zakat Perdagangan

nilai barang yang diperdagangkan menu zakat nilai barang yang diperdagangkan dihitung setara 85 gram emas nishab PERDAGANGAN waktu tiap tahun qamariyah zakat 2,5 %

menu zakat Zakat Rikaz

penemuan barang berharga peninggalan orang kafir masa lalu menu zakat penemuan barang berharga peninggalan orang kafir masa lalu definisi setara 85 gram emas nishab RIKAZ waktu waktu ditemukan zakat 20 %

menu menu zakat Zakat Profesi

ZAKAT PROFESI ikhtilaf wajib tidak wajib menu zakat ZAKAT PROFESI ikhtilaf wajib tidak wajib orang kaya wajib zakat tidak ada nash qardawi wahbah zuhaili

gaji nishab ZAKAT PROFESI waktu zakat menu zakat kotor langsung bayar gaji bersih sisa kebutuhan pokok nishab setara 520 kg gabah ZAKAT PROFESI waktu waktu menerima gaji zakat 2,5 %

Kitab Puasa syarat rukun yang membatalkan dispensasi disunnahkan diharamkan index

muslim WAJIB baligh berakal SYARAT PUASA muslim berakal SAH menu puasa muslim WAJIB baligh berakal SYARAT PUASA muslim berakal SAH suci dari haidh nifas bukan di hari haram

jima’ walau tanpa inzal menu puasa harus sejak malam puasa wajib niat tidak harus puasa sunnah RUKUN PUASA sengaja makan minum sengaja muntah jima’ walau tanpa inzal imsak sengaja keluar mani haidh nifas murtad

menu puasa semakin parah sakit tertunda pulih فمن كان منكم مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين Siapa diantaramu sakit atau bepergian, (boleh tidak puasa) dan gantilah di hari lain. Siapa yang tidak mampu (boleh tidak puasa) dan bayarlah fidyah memberi makan orang miskin (QS. Al-Baqarah : 184 ) qadha’ DISPENSASI PUASA mubah bepergian hamil menyusui => 89 km tua renta tidak mampu fidyah tidak sembuh

tidak bersyahwat mubah menu puasa mengakhirkan sahur mempercepat ifthar tidak bicara kotor SUNNAH DALAM BERPUASA baca quran infaq tidak bersyahwat mubah memberi ifthar

idul fithr idul adha HARI HARAM BERPUASA 11-12-13 dzulhijjah menu puasa idul fithr idul adha HARI HARAM BERPUASA 11-12-13 dzulhijjah hari jumat saja hari syak (meragukan)

Kitab Haji index

al-haram mekkah 2020

niat wukuf di arafah qadha’ RUKUN HAJI tawaf LUPUT sa’i dam tahallul

ihram dari miqat mabit di muzdalifah dam WAJIB HAJI mabit di mina LUPUT 3 hari di haji melontar jamarat puasa 7 hari pulang tawaf wada’

menutup wajah (wanita) pakaian berjahit menutup kepala (laki) menutup wajah (wanita) berparfum menyisir rambut LARANGAN DALAM IHRAM cukur rambut potong kuku jima’ akad nikah berburu menebang pohon

mulai dan berakhir di hajar aswad suci dari hadats menutup aurat SYARAT TAWAF mulai dan berakhir di hajar aswad ka’bah di sebelah kiri 7 putaran

setelah tawaf mulai dari safa SYARAT SA’I berahir di marwah 7 putaran

RITUAL TAWAF hijir ismail KA’BAH hajar aswad

RITUAL SA’I shafa marwah

8 ke mina 9 10 JADWAL HAJI 11 12 13

kitab Muamalat jual-beli riba bagi hasil kredit gadai index

menu muamalat 1 Jual Beli dalil pengertian rukun

وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا menu muamalat jual-beli أَيُّ اَلْكَسْبِ أَطْيَبُ ؟ قَالَ : عَمَلُ اَلرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ Pekerjaan apakah yang paling baik?. Beliau bersabda: “Pekerjaan seseorang dengan tangannya dan setiap jual-beli yang bersih”. (HR Al-Bazzar) وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا Dan Allah telah menghalalkan jual-beli dan telah mengharamkan riba. (QS. Al-Baqarah : 275)

tukar barang dengan uang melepaskan hak kepemilikan saling rela menu muamalat jual-beli bahasa tukar menukar PENGERTIAN JUAL-BELI tukar barang dengan uang melepaskan hak kepemilikan saling rela istilah

penjual pelaku aqil baligh pembeli suci bermanfaat barang dimiliki menu muamalat jual-beli penjual pelaku aqil baligh pembeli suci bermanfaat RUKUN JUAL-BELI barang dimiliki bisa diserahkan terukur akad

menu menu muamalat 2 Riba dalil pengertian rukun

(HR. Ibnu Rajah dan Al-hakim) menu muamalat riba اَلرِّبَا ثَلاثَةٌ وَسَبْعُونَ بَابًا أَيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ اَلرَّجُلُ أُمَّهُ Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri. (HR. Ibnu Rajah dan Al-hakim) لَعَنَ رَسُولُ اَللَّهِ ص آكِلَ اَلرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ Rasulullah SAW melaknat pemakan riba’, yang memberi makan, kedua orang saksinya dan pencatatnya.(HR Muslim) يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (QS Al-Baqarah 276) دِرْهَمُ رِبَا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتٍّ وَثَلاَثِيْنَ زَنِيَّةٍ Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan sadar jauh lebih dahsyah dari pada 36 wanita pezina. (HR. Ahmad)

pinjam alat tukar : uang - emas dengan charge apapun namanya nasi’ah menu muamalat riba emas perak gandum beda jenis fadhl pertukaran kurma beda ukuran terigu JENIS RIBA garam pinjam alat tukar : uang - emas dengan charge apapun namanya nasi’ah

riba bagi hasil riba kredit riba gadai riba hibah SOLUSI RIBA menu muamalat riba riba bagi hasil riba kredit SOLUSI RIBA ubah transaksi riba gadai riba hibah

menu menu muamalat 3 Bagi Hasil dalil pengertian rukun

menu menu muamalat 4 Kredit dalil pengertian rukun

menu menu muamalat 5 Gadai dalil pengertian rukun

barang yang digadaikan rahin yang menggadaikan murtahin yang menerima gadai RUKUN GADAI rahn barang yang digadaikan marhun bihi uang yang dipinjam dengan jaminan gadai akad ijab kabul

kitab Pernikahan hikmah hukum memilih mahram rukun index

menu pernikahan sunnah para nabi وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِّن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan (QS. Ar-Ra’d :38) Empat hal yang merupakan sunnah para rasul : Hinna', berparfum, siwak dan menikah. (HR. At-Tirmizi) tanda kekuasaan Allah وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya (QS. Ar-Ruum :21) menjadi kaya URGENSI NIKAH إِن يَكُونُوا فُقَرَاء يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas lagi Maha Mengetahui.(QS. An-Nur : 32) setengah agama Orang yang diberi rizki oleh Allah SWT seorang istri shalihah berarti telah dibantu oleh Allah SWT pada separuh agamanya. Maka dia tinggal menyempurnakan separuh sisanya. (HR. Thabarani dan Al-Hakim 2/161). tidak ada pembujangan ciri makhluk hidup

wajib sunnah mubah makruh haram HUKUM NIKAH mampu lahir batin menu pernikahan wajib mampu lahir batin beresiko zina sunnah mampu lahir batin tidak beresiko zina HUKUM NIKAH mubah tidak mampu lahir/batin istri rela makruh tidak mampu lahir batin istri tidak rela haram tidak mampu lahir batin istri disakiti

asasi manusiawi taktis kualitas agama keturunan MEMILIH ISTRI menu pernikahan asasi kualitas agama keturunan MEMILIH ISTRI manusiawi kecantikan harta ilmu kesuburan budaya taktis kesetaraan status kesehatan harta lifesyle

selamanya sementara MAHRAM boleh terlihat aurat kecil menu pernikahan MAHRAM selamanya sementara boleh terlihat aurat kecil haram terlihat aurat kecil boleh bersentuhan haram bersentuhan boleh berkhalwat haram berkhalwat boleh bepergian haram bepergian nasab pernikahan penyusuan

MAHRAM KARENA NASAB bibi ayah ibu bibi sdri sdri sdri sdra LAKI keponakan anak pr keponakan

MAHRAM KARENA PERNIKAHAN mertua ayah istri ayah istri LAKI anak tiri anak laki istri anak

MAHRAM KARENA PENYUSUAN nenek ibu sdri ibu suami sdri wanita anak pr LAKI

masuk ke perut sampai kenyang SYARAT minimal 5 kali maksimal 2 tahun

menu pernikahan wali 2 saksi RUKUN NIKAH ijab kabul suami istri

penyebutan mahar & waktu pelunasan menu pernikahan tidak poligami bulan syawwal di masjid hari jumat melihat calon SUNNAHNIKAH penyebutan mahar & waktu pelunasan khutbah sebelum akad diumumkan undangan makan doa & tahniah doa suami untuk istri

tidak sah dibatalkan salah satu pihak selamanya tidak sah bila dibatasi waktu KARAKTER AKAD NIKAH lazim tidak sah dibatalkan salah satu pihak

Kitab Kuliner skema proses hukum bidang index

diperintahkan membunuh menu kuliner najis terkontaminasi najis UMUM memabukkan madharat hak orang lain KRITERIA MAKANAN HARAM eksplisit diharamkan bangkai bercakar - bertaring HEWANI dilarang membunuhnya diperintahkan membunuh khabaits

darah nanah muntah mazi + wadi air kencing tinja Benda Najis marus menu kuliner marus darah ular darah lawar sosis darah nanah muntah Benda Najis mazi + wadi air kencing terapi urine tinja

padat terkena langsung Terkena Najis cair prosentase gas menguap

Black Pudding

Marus

Lawar

Kue Darah Babi

Darah Ular

Air Kencing

Kopi Luwak ?

definisi mabuk khamar identifikasi penetapan Memabukkan hilangnya akal sehat diminum memabukkan alkohol / bukan dimakan khamar dihisap disuntik Memabukkan ahli medis + ulama sejumlah relawan identifikasi test mabuk belum pernah mabuk diutamakan non muslim penetapan fatwa resmi

Alcohol CnH2n + 1 OH' Rumus Kimia Sering disebut Etanol > Non Hewani Alcohol Rumus Kimia CnH2n + 1 OH' Sering disebut Etanol istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon, yang ia sendiri terikat pada atom hidrogen dan/atau atom karbon lain. Alkohol belum tentu khamar (nasi, singkong, buah, obat) Khamar belum tentu Alkohol (shabu, ganja, putau, extasy dll)

haram mencelakakan diri haram bunuh diri dalil haram mencelakakan diri Madharat mematikan kriteria menimbulkan penyakit

Paku

Racun

Kadaluarsa

Formalin bahan pengawet mayat

Rokok halal atau haram?

sebatang rokok kaya dengan . . . bahan cat NIKOTIN pembunuh serangga ARSENIC racun mematikan METHANOL bahan bakar roket AMONIA pembersih toilet CADMIUM bahan baku baterai BUTANE cairan korek api METHANE limbah gas

hak orang lain riba judi Tidak Halal pencurian bunga bank resmi perampokan bunga deposito liar penipuan tersamar penggelapan harta anak yatim pemerasan suap korupsi

Hewan Haram Dimakan 1. eksplisit diharamkan 2. bangkai 3. bercakar - bertaring 4. dilarang membunuhnya 5. diperintah membunuh 6. khabaits

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالْدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ eksplisit diharamkan babi keledai peliharaan حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالْدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ Diharamkan bagimu bangkai, darah dan daging babi (QS. Al-Maidah : 3) Dari Abu Tsa’labah bahwa Rasulullah SAW mengharamkan daging keledai piaraan (HR Muslim 3582)

disembelih tidak syar’i mati tanpa disembelih haram disembelih tidak syar’i potongan hewan hidup bangkai ikan halal belalang hewan tanpa darah

وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ (Diharamkan bagimu) yang disembelih atas nama selain Allah (QS. Al-Maidah 3) niat kepada selain Allah وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ حِلٌّ لَّكُمْ وَطَعَامُكُمْ حِلُّ لَّهُمْ Sembelihan ahli kitab itu halal untukmu dan sembelihanmu halal untuk mereka. (QS. Al-Maidah : 5) bukan muslim penyembelih bukan ahli kitab penyembelihan tidak syar`i syar`i : mengeluarkan semua darah lewat leher dengan benda tajam salah teknis وَاذْكُرُواْ اسْمَ اللّهِ عَلَيْهِ sebutlah nama Allah atas penyembelihannya (QS. Al-Maidah : 4) wajib hanafi maliki hambali tanpa basmalah sunnah syafi`i

كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ اَلسِّبَاعِ فَأَكَلَهُ حَرَامٌ- وَزَادَ: وَكُلُّ ذِي مِخْلَبٍ مِنْ اَلطَّيْرِ Semua hewan yang punya taring dari hewan buas, maka haram hukumnya untuk dimakan". - "Semua yang punya cakar dari unggas" (HR. Muslim) bercakar - bertaring

Tokek raksasa, seberat 64 kilogram yang ditemukan di perbatasan Nunukan-Malaysia harganya konon mencapai 179 milyar rupiah gagak خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِي الْحَرَمِ الْفَأْرَةُ وَالْعَقْرَبُ وَالْحُدَيَّا وَالْغُرَابُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ Lima macam hewan yang hendaklah kamu bunuh dalam masjid: Tikus, kalajengking, elang, gagak dan anjing hitam. (HR. Bukhari Muslim) elang kalajengking dilarang membunuh tikus Dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahuanhu berkata, “Nabi SAW memerintahkan untuk membunuh tokek dan menyebutnya fasiq kecil” (HR. Muslim) anjing hitam tokek

diperintahkan membunuh semut أَنَّ النَّبِيَّ  نَهَى عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوَابِ : النَّمْلَةِ وَالنَحْلَةِ وَالهُدْهُد وَالصُّرَدِ Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu, Rasulullah saw. melarang membunuh empat macam hewan: semut, lebah, hud-hud, dan shurad. (HR. Abu Daud) lebah diperintahkan membunuh hud-hud shurad

khabaits

وَيُحَلِّلُ عَلَيْهِمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الخَبَائِثَ Dan Allah menghalalakan untukmu yang baik-baik serta mengharamkan atasmu al-khabaits (QS. Al-A’raf : 157) khabaits

Memakan Najis (Jallalah) Pengertian Khabaits Menjijikkan Relatif Menurut ukuran orang Arab Memakan Najis (Jallalah) Dari Ibnu Umar Ra,“Sesungguhnya dia mengurung ayam pemakan najis selama tiga hari.” (HR Ibnu Abi Syaibah).

Pabrik Tempe Tahu = menjijikkan?

> Hewani Sering Ditanyakan

Hewan Dua Alam Khilaf Ulama Jumhur ulama tidak mengharamkan amfibi Mazhab Syafi`i yang mengharamkan Hadits Dhaif Hewan Amfibi Terbatas Jumlahnya

Kepiting Kepiting bukan amfibi : Fatwa MUI : kepiting halal Bernafas dengan insang Berhabitat di air (air tawar atau air laut atau keduanya) Tidak ada kepiting yang berhabitat di darat Tidak mengeluarkan telur di darat tapi di air Fatwa MUI : kepiting halal 4 Rabi’ul Akhir 1423 / 15 Ju1i 2002

Bekicot Khilaf Ulama Haram : Menjijikkan (khabaits) Beracun : (madharat) Halal Menjijikkan relatif Tidak semua beracun

S E L E S A I

MATERI INI BISA DIDOWNLOAD DARI ustsarwat.com/download

Kitab Mawaris urgensi definisi hibah wasiat rukun syarat mencegah index

mengapa kita WAJIB belajar ilmu faraidh? ancaman neraka perintah mempelajari وَمَن يَعْصِ اللّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُّهِينٌ Dan orang yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya (hukum waris), niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka kekal di dalamnya. Baginya siksa yang menghinakan.(QS. An-Nisa' : 14) mengapa kita WAJIB belajar ilmu faraidh? perintah mengajarkan تَعَلَّمُوا الفَرَائِضَ وَعَلِّمُوْه فَإِنَّهُ يُنْسَى وَهُوَ أَوَّلُ مَا يُنْزَعُ مِنْ أمَّتِي Pelajarilah ilmu faraidh dan ajarkanlah. Karena dia setengah dari ilmu dan dilupakan orang. Dan dia adalah yang pertama kali akan dicabut dari umatku". (HR. Ibnu Majah, Ad-Daruquthuny dan Al-Hakim) URGENSI banyak dilupakan dicabut pertama kali mencegah perpecahan sesungguhnya mudah

berpindahnya sesuatu dari seseorang kepada orang lain bahasa PENGERTIAN berpindahnya hak kepemilikan harta legal dan syar'i istilah dari orang yang meninggal kepada ahli warisnya yang masih hidup

PERBEDAAN WARIS HIBAH WASIAT WAKTU PELAKSANA PENERIMA HUKUM HITUNGAN ditetapkan sebelum wafat diserahkan setelah wafat dibagi setelah wafat dibagi sebelum wafat PELAKSANA ahli waris pemilik harta pemilik harta PENERIMA ahli waris ahli waris + bukan bukan ahli waris HUKUM membagi waris = wajib menghibahkan = sunnah berwasiat = sunnah HITUNGAN sesuai ilmu faraidh terserah pemilik harta maksimal = 1/3

muwarrits pewaris pemilik harta yang wafat RUKUN waris ahli waris penerima harta warisan mauruts warisan harta yang dibagi waris

muwarrits sudah wafat SYARAT PEWARISAN ahli waris masih hidup tidak adanya mawani’

pembunuhan MENCEGAH PEWARISAN perbedaan agama perbudakan

pemilahan harta muwarrits biaya pengurusan jenazah harta bersama pemilahan harta muwarrits milik pihak lain rumah sakit memandikan biaya pengurusan jenazah mengkafani menyolatkan URUTAN KERJA menguburkan pembayaran hutang tidak berlaku sebaliknya pelaksanaan wasiat maksimal 1/3 pembagian waris

SESI : 2 Ahli Waris = 22 pihak Jalur C Jalur F ALM Jalur D Jalur B ibunya ibu أم أم 21 ibunya ayah أم أب 8 ayahnya ayah أب أب 7 Jalur C ibu أم 6 ayah أب 5 paman seayah-ibu عم شقيق 15 paman seayah عم لأب 16 Jalur F sepupu laki ابن عم شقيق 17 sepupu laki ابن عم لأب 18 sdr/i seibu أخ/أخت لأم 22 istri زوجة 3 suami زوج 4 sdri seayah-ibu أخت شقيقة 10 sdr seayah-ibu أخ شقيق 9 sdr seayah أخ لأب 11 sdri seayah أخت شقيقة 12 ALM Jalur B keponakan laki-laki ابن 13 Jalur D keponakan laki-laki ابن 14 Jalur G anak pr بنت 2 anak laki ابن 1 Jalur E Jalur A cucu pr بنت ابن 20 cucu laki ابن ابن 19

mantan suami – mantan istri anak angkat – anak asuh anak tiri mantan suami – mantan istri keponakan perempuan BUKAN AHLI WARIS keponakan dari saudara perempuan mertua – menantu saudara ipar cucu dari anak perempuan paman bibi jalur ibu saudara lain ayah lain ibu

tertutupnya posisi ahli waris almarhum anak cucu termasuk ahli waris PENERIMA WARIS tertutupnya posisi ahli waris tidak terhijab karena adanya ahli waris lain sehingga tidak menerima waris

Jalur C Jalur F ALM Jalur B Jalur G Jalur D Jalur E Jalur A أم أم ibunya ibu أم أم 21 ibunya ayah أم أب 8 ayahnya ayah أب أب 7 Jalur C ibu أم 6 ayah أب 5 paman seayah-ibu عم شقيق 15 paman seayah عم لأب 16 sepupu laki ابن عم شقيق 17 sepupu laki ابن عم لأب 18 Jalur F sdr/i seibu أخ/أخت لأم 22 istri زوجة 3 suami زوج 4 sdri seayah-ibu أخت شقيقة 10 sdr seayah-ibu أخ شقيق 9 sdr seayah أخ لأب 11 sdri seayah أخت شقيقة 12 ALM Jalur B keponakan laki-laki ابن 13 keponakan laki-laki ابن 14 Jalur G Jalur D anak pr بنت 2 anak laki ابن 1 Jalur E Jalur A cucu pr بنت ابن 20 cucu laki ابن ابن 19

Kitab Hudud pengertian proses hukum bidang index

pencurian potong tangan rajam sudah nikah perzinaan cambuk 100 x belum nikah menuduh zina cambuk 80 x minum khamar cambuk 40 – 80 x HUDUD murtad bunuh pembunuhan bunuh bunuh salib hirabah potong tangan kaki dibuang