Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTRODUCING. 2 Generation Z (1995 –now) Generation Z (1995 –now) life online social networking rapid communication games and simulations Generation Y.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTRODUCING. 2 Generation Z (1995 –now) Generation Z (1995 –now) life online social networking rapid communication games and simulations Generation Y."— Transcript presentasi:

1 INTRODUCING

2 2 Generation Z (1995 –now) Generation Z (1995 –now) life online social networking rapid communication games and simulations Generation Y (81-94) (81-94) Multitasking goal Positive orientation

3 Latar Belakang Penggunaan media dikalangan remaja dan anak-anak usia sekolah Media membawa pengaruh kuat dalam kehidupan remaja dan mendominasi muncul karena tidak ada pembimbingan dari ortu dan guru dan dianggap telah mengabaikan fungsi mendidik media literasi adalah kemampuan untuk menganalisa dan mengevaluasi informasi yang terdapat di dalam media dan mengomunikasikannya dalam berbagai macam format.

4 Tantangan Pengembangan Kurikulum 2013 Tantangan Masa Depan •Globalisasi: WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA •Masalah lingkungan hidup •Kemajuan teknologi informasi •Konvergensi ilmu dan teknologi •Ekonomi berbasis pengetahuan •Kebangkitan industri kreatif dan budaya •Pergeseran kekuatan ekonomi dunia •Pengaruh dan imbas teknosains •Mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan Kompetensi Masa Depan •Kemampuan berkomunikasi •Kemampuan berpikir jernih dan kritis •Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan •Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab •Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda •Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal •Memiliki minat luas dalam kehidupan •Memiliki kesiapan untuk bekerja •Memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya •Memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan Persepsi Masyarakat •Terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif •Beban siswa terlalu berat •Kurang bermuatan karakter 4 Perkembangan Pengetahuan dan Pedagogi •Neurologi •Psikologi •Observation based [discovery] learning dan Collaborative learning

5 Pengajaran dengan ICT •Blended Learning •On line learning •Flipped classroom •Video tutorials •Chat voice and text •Webinar/second life •Content and Language Integrated Learning (CLIL)

6 Penggunaan Media dlm Pembelajaran •Context: Pembelajaran bahasa Inggris dalam CLIL yang membutuhkan berbagai macam informasi •Enquiry based learning - membuat siswa terhubung the ICT untuk mencari tahu pengtahuan baru •Flipped classroom - guru dan siswa wajib berinteraksi sebelum dan sesudah pelajaran di sekolah

7 Penggunaan Media dlm Pembelajaran (contd’) •Semua pengajaran melalui ICT tidak bisa di biarkan tetapi perlu proses pembimbingan •Menjadikan pembelajaran melalui ICT sebagai bahan pemikiran baru untuk mengembangkan potensi berpikir kritis untuk siswa

8 KONSEP PENDIDIKAN MEDIA •Guru mengajarkan bagaimana cara memilah dan memilih media sebagai sumber informasi (biasanya banyak di lihat siswa dalam segmen pop culture) •Guru harus mengajarkan key concept of media literacy ketika siswa berhubungan langsung dengan media dan ICT

9 Key Concepts 1.Media = construct Produk di media (TV, Internet, apps) biasanya disusun sedemikian rupa dengan maksud-maksud tertentu untuk mempengaruhi sedangkan media literacy bisa dijadikan alat untuk membongkar (deconstruct) produk media tsb 2. Audience negotiates meaning siswa memahami dan mempersepsikan media dengan cara yang berbeda karena mereka memiliki background knowledge yang berbeda.

10 3. Media have commercial implication Pencipta media selalu profit oriented dan pemiliknya memiliki ideologi tertentu. Jadi siswa wajib mempertanyakan dan mengendalikan apa yang mereka lihat, baca dan dengar dari media. 4. Ideological messages underpin all media Ideologi dibalik media. Siswa harus bisa melihat siapa/apa yang ditayangkan atau disembunyikan oleh media

11 Kelas 1.Kelas Bahasa kelas bahasa adalah kelas yang paling banyak kesempatannya untuk belajar media literasi misal: menganalisa apakah sebuah text itu bias (tdk objective) – 4 resources model (code breaker, meaning maker, text user, text analyst)/ SFL untuk menganalisa multimodal image 2. ICT/TIK siswa mencari keaslian informasi, foto yang menggunakan adobe, tipuan tipuan visual

12 3. IPS/PKN media dan politik bisa berkontribusi untuk kesadaran siswa sebagai warga negara yang baik, tidak mudah terpengaruh oleh kampanye politisi dan juga bisa menilai masalah sosial dan hak asasi manusia yang masalah2 ini bisa didiskusikan dengan masyarakat international. 4. Seni/Music/Rupa seni music merupakan pelajaran yang pas untuk melihat pengaruh media/music terhadap remaja. Music dan visual merupakan bagian penting untuk mempelajari manipulasi2 visual di media.

13 Contoh: 4 Roles of a Reader – Video Genre: A Bug’s Life By Chris Coleborn and Debbie Coxon •Code Breaker •Look at the: •Colours used •Scenes – indoor/ outdoor •Characters – size, colour, angle, eyes •Activity •1. Focussed analysis questions

14 •Meaning Maker •What prior knowledge does the viewer need to have about ants ( why are they collecting food)? •What is an abacus and what is it used for? •Shell is used a a horn/ siren and all the ants run – why? •There are mushrooms in the ant’s nest – is this normal? •The change of season is indicated by the falling of a leaf Activity Draw and Label a diagram of an Ant’s nest •Text User •Identify what has happened so far and stop video at selected spot. •Activity •Predict what will happen next – draw a picture of the next scene.

15 •Text Analyst •Look at the ways that the characters are represented- princess, young ant, inventor ant and old ant. •Activities •Compare the characters : –Aggressive v timid –voices –size –Colour •Role play a character and discuss their given traits. •Invent and draw a cartoon character – how will you show what they are like?

16 Kesimpulan Kurikulum 2013 •Kemajuan teknologi informasi •Konvergensi ilmu dan teknologi •Kemampuan berkomunikasi •Kemampuan berpikir jernih dan kritis •Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan •Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda •Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal Media Literacy •Pendidikan Media memotivasi siswa untuk mempertanyakan, mengevaluasi, dan menghargai kultur multimedia •Pendidikan Media menjembatani dunia remaja masa kini dengan kelasnya di sekolah yang diterapkan dalam bbrp mapel •Pendidikan Media terintegrasi dalam students-centeredness dan analysis •Pendidikan Media mengajarkan representasi media yg membedakan kenyataan dan fantasy, media heroes n real-life heroes

17 THANK YOU

18 Reference •http://www.readwritethink.org/classroom- resources/lesson-plans/critical-media- literacy-programs-96.htmlhttp://www.readwritethink.org/classroom- resources/lesson-plans/critical-media- literacy-programs-96.html •http://edselect.com/media-literacy-for- students-and-teachershttp://edselect.com/media-literacy-for- students-and-teachers •https://www.learningplace.com.au/deliver/c ontent.asp?pid=28828https://www.learningplace.com.au/deliver/c ontent.asp?pid=28828


Download ppt "INTRODUCING. 2 Generation Z (1995 –now) Generation Z (1995 –now) life online social networking rapid communication games and simulations Generation Y."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google