Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kalimat Berita, Tanya, dan perintah  Apa itu kalimat berita, tanya, dan perintah ?  Bagaimana contohnya ?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kalimat Berita, Tanya, dan perintah  Apa itu kalimat berita, tanya, dan perintah ?  Bagaimana contohnya ?"— Transcript presentasi:

1 Kalimat Berita, Tanya, dan perintah  Apa itu kalimat berita, tanya, dan perintah ?  Bagaimana contohnya ?

2 Kalimat berita adalah kalimat yang mengandung suatu pengungkapkan peristiwa atau kejadian. Kalimat berita positif cirinya menggunakan kata tugas akan, memang, benar. Contohnya: * Adhel akan pergi ke sekolah.

3 Kalimat berita negatif cirinya menggunakan kata tugas: tidak akan, bukan, tidak benar dsb. Contohnya: * Salsabila tidak akan pergi ke sekolah.

4 Kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung suatu permintaan agar kita diberitahukan tentang sesuatu. Kalimat tanya memiliki ciri sebagai berikut: Intonasi digunakan tanda tanya Contohnya: * Kamu sudah belajar ?

5 Sering mempergunakan kata tanya. Contoh: * Apa kamu sudah belajar ? DDDDapat pula mempergunakan partikel tanya kah. Contoh: * Apakah kamu sudah belajar ?

6 Kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung suatu suruhan atau permintaan kepada orang lain agar orang itu melakukan sesuatu yang kita kehendaki.

7 Kalimat Perintah 1. P erintah biasa (Kerjakan soal itu dengan teliti.) 2. P ermintaan (Tolong, bawakan tas ini sebentar.) 3. P emberian izin (Kerjakan soal itu, seberapa kau bisa.) 4. A jakan (Marilah kita beristirahat sebentar.) 5. L arangan (jangan kau tembaki burung itu.)

8 Latihan 1. Buatlah kalimat berita positif dan negatif ! 1. Buatlah kalimat perintah dibawah ini: a. perintah biasad. Ajakan b. permintaane. Larangan c. pemberian izin $$$ Selamat Bekerja $$$

9

10


Download ppt "Kalimat Berita, Tanya, dan perintah  Apa itu kalimat berita, tanya, dan perintah ?  Bagaimana contohnya ?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google