Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI BAB 2. Dampak perkembangan TIK  Positif a. Semakin memudahkan pekerjaan manusia diberbagai bidang b. Semakin cepat dalam mengakses informasi,dll.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI BAB 2. Dampak perkembangan TIK  Positif a. Semakin memudahkan pekerjaan manusia diberbagai bidang b. Semakin cepat dalam mengakses informasi,dll."— Transcript presentasi:

1 MATERI BAB 2

2 Dampak perkembangan TIK  Positif a. Semakin memudahkan pekerjaan manusia diberbagai bidang b. Semakin cepat dalam mengakses informasi,dll  Negatif a. Semakin marak kejahatan di dunia maya (cybercrime) b. Semakin berkembang perilaku yang melanggar norma –norma agama

3 Alat komunikasi kuno (tradisional)  Kentongan, digunakan untuk memanggil masyarakat (biasanya untuk keadaan genting)  Bedug, Memanggil masyarakat untuk melaksanakan Sholat  Asap, Suku bangsa Indian Amerika menggunakan asap sebagai alat untuk komunikasi dengan sukunya ataupun kepada suku lainnya. Kepulan asap digunakan untuk memberi tahu kepada masyarakat sekitar jika ada bencana / pencuri.  Daun lontar, Daun Lontar biasanya di gunakan untuk mengirim surat kapada negeri tetangga. Umumnya media komunikasi yang di gunakan adalah dengan daun lontar, dengan alasan daun lontar sangat mudah di dapatkan.  Terompet, digunakan oleh raja ketika ada pengumuman  Lonceng  dll

4 Radio  Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).  AM (Amplitudo Mudulation), FM (frequency Modulation)  FM (memiliki kualitas suara yang jernih), AM sebaliknya AM  FM (memiliki jangkauan siaran yang terbatas) dibanding AM Gelombang Radio FM dan AM

5 Televisi  Televisi LCD, Penampil kristal cair (Inggris: liquid crystal display; LCD) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat- alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer  Televisi CRT (Cathode Ray Tube), merupakan televisi dengan penampil utama menggunakan tabung sinar katoda  Televisi Plasma, Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan

6 Telefon  Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.  Alexander Graham Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon.

7 GSM dan CDMA  GSM: GLobaL System for MobiLe Communications. merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah timeslot. GSM sendiri merupakan turunan dari teknologi Time Division Multiple Access (TDMA). Teknologi TDMA ini mengirimkan data berdasarkan satuan yang terbagi atas waktu, artinya sebuah paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa time slot.  CDMA: Code Division Multiple Access Berbeda dengan teknologi GSM, teknologi CDMA tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode (coding). Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaitu Code Division Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Kode yang unik ini juga akan mengeliminir kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.

8  Jaringan Tetap adalah Sebuah jaringan tetap adalah suatu jaringan telepon yang melalui sebuah medium padat, baik melalui kabel logam atau serat optis. Jaringan tetap berbeda dengan jaringan selular, dimana medium yang digunakan adalah gelombang udara.  (Personal Digital Assistant; PDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana- mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik ( ), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.

9  Telepon pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.  Layanan pesan singkat atau Surat masa singkat (bahasa Inggris: Short Message Service disingkat SMS) adalah sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek.

10 Sejarah komputer (wikipedia)  Komputer generasi pertama ( ) Ciri : Karakteristik bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Contoh komputer (Z3, Colossus, MARK 1, ENIAC, EDVAC, UNIVAC 1,  Komputer generasi kedua ( ) Dengan ditemukannya transistor menjadikan ukuran komputer pada generasi ini secara drastis lebih kecil dari pendahulunya, lebih cepat,lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi. (contoh : Stretch (IBM), LARC). Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Bahasa pemrograman muncul pada generasi ini (COBOl. FORTRAN) yang menggantikan kode mesin yang rumit menjadi lebih mudah untuk dipahami  Komputer generasi ketiga Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

11  Komputer generasi keempat Komputer pada masa tidak lagi menjadi dominasi perusahaan, tapi juga penggunaan secara individu, dijual dalam paket komputer lengkap dengan programnya. Pasar komputer diramaikan dengan produk IBM yang bersaing dengan Apple Macintosh (yang mengunggulkan program grafisnya). Komputer dengan processor 486, Pentium 1,2,3,4(intel), dan produk AMD masuk dalam komputer generasi ke empat  Komputer generasi kelima Komputer generasi ini mampu menerima intruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.


Download ppt "MATERI BAB 2. Dampak perkembangan TIK  Positif a. Semakin memudahkan pekerjaan manusia diberbagai bidang b. Semakin cepat dalam mengakses informasi,dll."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google