Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CANTIK Putri Rahma Amalia 0810962024 Rara Ficarima 0810962027 Annisa Anindya 0810962047.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CANTIK Putri Rahma Amalia 0810962024 Rara Ficarima 0810962027 Annisa Anindya 0810962047."— Transcript presentasi:

1 CANTIK Putri Rahma Amalia Rara Ficarima Annisa Anindya

2

3

4

5 Kecantikan... Sebuah kata yang memikat semua orang, kaum adam terutama sangat memuja kecantikan. Dan kecantikan itu sendiri sangat erat kaitannya dengan wanita di seluruh dunia.

6 Kecantikan di era modern saat ini pun semakin berkembang. Meski nilainya sangat relatif, tapi kecantikan tetap menjadi pujaan. Inner beauty misalnya, banyak pria yang merasa wanita yang memancarkan inner beauty adalah wanita yang paling cantik.

7 Sementara yang tidak sependapat bisa membalikan pendapat ini, seperti, seorang pria tidak akan menyukai wanita yang memancarkan inner beauty tetapi penampilan fisik yang tidak sebanding dengan inner beauty-nya tersebut.

8 CANTIK ala PONDS

9 Iklan Ponds menggambarkan bagimana sosok wanita cantik yang ideal.

10 Iklan Ponds itu juga benar-benar menarik simpati masyarakat sebab memiliki skenario atau cerita singkat yang cukup kuat, sehingga semua orang menantikan bagaimana kelanjutan kisahnya. Bahkan di Indonesia pun dibuat sebuah kuis tentang bagaimana kisah akhir dalam iklan tersebut, yang pastinya lebih menyedot perhatian masyarakat pada saat itu.

11 Peirce menyatakan “Nothing is a sign unless it is interpreted as a signâl”. Dalam artian, apapun dalam kehidupan ini merupakan sebuah tanda selama semua itu di baca sebagai tanda. Maka, jika dibahas dengan teori yang dikeluarkan Barthes, tanda-tanda tersebut dapat dijadikan sebagai media pembangun mitos.

12 CANTIK.. Hanyakah Sebuah MITOS???

13 Teori tentang mitos yang diusung barthes lebih tepat diaplikasikan untuk membaca budaya populer. Karena bagaimanapun, jika ditelaah secara mendalam setiap budaya populer telah dengan sengaja menitipkan pemahaman pemahaman tertentu yang semuanya tanpa disadari oleh masyarakat. Contoh konkrit dari masalah ini adalah iklan.

14 Secara garis besar, iklan merupakan sebuah sarana untuk mempromosikan barang atau jasa yang ingin ditawarkan, terutama kepada masyarakat. Untuk menggaet hati konsumen para pengiklan dituntut untuk kreatif sehingga diharapkan mampu menjadi daya tarik sendiri.

15 Lebih dari itu, sebuah iklan diharapkan mampu menjadi jembatan untuk menananamkan sebuah kepercayaan kepada masyarakat umumnya dan konsumen produk tersebut khususnya. Jika hal ini tercapai maka sebuah iklan dapat dikatakan berhasil. Dengan artian, timbulnya sebuah kepercayaan terhadap suatu produk akan mendorong para konsumen untuk mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan. Dari kepercayaan yang timbul itu menjelmalah sebuah kata mitos.

16 iklan-iklan tentang produk kecantikan, khususnya tentang produk pemutih. Dalam iklan tersebut, baik cetak maupun elektronik, di tampilkan model-model yang cantik. Tinggi semampai, langsing dan yang paling umum, berkulit putih. Model- model tersebut adalah contoh manusia hasil dari penggunaan produk yang ditawarkan,

17 Dampak dari mitos ini adalah mereka yang merasa tidak memiliki ciri cantik, kemudian berbondong-bondong mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Yang gemuk ingin menjadi langsing, yang hitam ingin menjadi putih. Lebih parah lagi, mereka seakan rela mengubah apapun yang melekat pada dirinya hanya untuk memenuhi kepercayaan akan mitos kecantikan.

18 Di sisi lain, mitos yang berkembang melalui media, terutama iklan, ditanam dengan cara yang halus, sehingga dengan sendirinya, sadar atau tidak, masyarakat telah terbawa dengan pemikiran yang ditawarkan iklan. Dan bagaimanapun, iklan bukanlah satu-satunya sarana pembangun karena setiap tipe tuturan, entah berupa sesuatu yang tertulis atau sekedar representasi, verbal atau visual, secara potensial dapat menjadi mitos.

19 Secara visual, iklan ini sangat menarik sebab tokoh wanita yang digambarkan merupakan representasi dari wanita cantik. Kemudian jalan cerita pun sangat ringan sebab kisah percintaan yang digambarkan bisa jadi representasi realitas yang ada.

20 Kebanyakan iklan produk kosmetika sekarang, lebih menyerang sisi whitening seorang wanita sehingga iklan-iklan kosmetika pun berlomba-lomba merebut hati pasar dengan memanfaatkan hal ini.

21 Pandangan dari sebuah produk kosmetik misalnya, ingin mengatakan bahwa wanita kulit putih lebih cantik (memang) tetapi produk kosmetik juga tidak pernah mengatakan keadaan yang sebenarnya. Produk kosmetik lebih sering menggunakan wanita dengan kulitnya putih dari pada yang sawo matang atau warna kulit lainnya.

22 MITOS PUTIH ITU CANTIK Kampanye mengenai wanita cantik adalah wanita berkulit cerah atau berkulit putih. Tanpa disadari, sekarang stigma ini yang menjadi sebuah pakem bagi pria. Meskipun tidak semua pria mengagungkan stigma ini, tetapi kalangan remaja begitu mengagungkan kecantikan wanita terpancar dari kulitnya yang cerah. Memang patut diakui wanita berkulit cerah memiliki daya cantik yang lebih, tetapi bukan berati bahwa wanita berkulit gelap tidak memiliki daya cantik juga.

23 Stigma PONDS sendiri ingin mengatakan bahwa wanita kulit putih lebih cantik, tetapi produk kosmetik juga tidak pernah mengatakan keadaan yang sebenarnya. Produk kosmetik lebih sering menggunakan wanita dengan kulitnya putih dari pada yang sawo matang atau warna kulit lainnya.

24 Satu hal kecantikan wanita Indonesia yang tidak dimiliki wanita di negara manapun adalah wanita Indonesia memiliki ethnical face yang sangat beragam sehingga masing-masing etnis memiliki daya cantik masing...

25 THANKS


Download ppt "CANTIK Putri Rahma Amalia 0810962024 Rara Ficarima 0810962027 Annisa Anindya 0810962047."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google