Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By : ROSYIDAH By : ROSYIDAH. M ACAM D ARAH P EREMPUAN 1. Haid 2. Nifas 3. Istihadloh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By : ROSYIDAH By : ROSYIDAH. M ACAM D ARAH P EREMPUAN 1. Haid 2. Nifas 3. Istihadloh."— Transcript presentasi:

1 By : ROSYIDAH By : ROSYIDAH

2 M ACAM D ARAH P EREMPUAN 1. Haid 2. Nifas 3. Istihadloh

3 حيض : دم جبلة يخرج من أقصى رحم المرأة على سبيل الصحة في أوقات مخصوصة Haid : darah (alami) yang keluar dari rahim perempuan dengan jalan yang sehat pada waktu yang di tentukan استحاضة : دم فساد يخرج في غير أوقات مخصوصة Istihadloh : darah rusak (penyakit) yang keluar bukan pada waktu yang ditentukan.

4

5

6 P ERMULAAN H AID B AGI W ANITA Usia paling muda waktu keluar darah haid bagi seorang anak wanita, ialah berumur 9 tahun Qamariyah Taqriban (kira- kira).(8thn8bln 23hr masehi).

7 Adapun pengertian taqriban atau kira-kira ialah, apabila seorang anak wanita yang cukup umur 9 tahun kurang 16 hari dan malamnya ke atas (waktu yang cukup digunakan paling sedikitnya haid dan paling sedikitnya suci), mengeluarkan darah, maka tidak dihukumi haid, tetapi dihukumi darah istihadlah atau darah rusak Adapun pada waktu mengeluarkan darah seorang wanita, sudah berusia 9 tahun kurang dibawahnya 16 hari dan malam (waktu yang tidak cukup untuk paling sedikitnya haid serta paling sedikitnya suci) maka dihukumi darah haid.

8 Seorang anak perempuan yang mengeluarkan darah 10 hari pada umur 9tahun kurang 20 hari maka hukumnya yang 4 hari lebih sedikit dihukumi istihadloh sedangkan sisanya yang 6 hari kurang sedikit dihukumi haid / 9 tahun حيض استحاضة

9 L AMANYA W AKTU H AID DAN S UCINYA Waktu haid sedikitnya sehari semalam (24 jam) Baik terus menerus atau terputus-putus selama tidak lebih dari 15 hari. Dan sebanyak-banyaknya 15 hari dan 15 malam. Adapun waktu suci sedikitnya 15 hari dan 15 malam.Dan sebanyak-banyaknya suci tidak ada batasnya.

10 j 4j 4j غ غ حيض j 4j 4j استحاضة

11 P ERKARA Y ANG D IHARAMKAN B AGI O RANG H AID DAN N IFAS 1. Shalat 2. Thawaf 3. Menyentuh dan membaca ayat al-Qur’an, kecuali karena mengharap barakah, seperti membaca Bismillahirrahmaanirrahiim, memulai pekerjaan yang baik. 4. Sujud Tilawah dan syukur. 5. I’tikaf di dalam masjid. 6. Masuk masjid, sekiranya dikhawatirkan darahnya tertetes didalamnya.

12 7. Puasa, tetapi diwajibkan qadla. Adapun shalat tidak diwajibkan qadla. 8. Meminta cerai kepada suaminya, atau sebaliknya. 9. Melakukan Istimta’, bersenang-senang suami istri dengan pertemuan kulit antara pusar sampai dengan kedua lutut apalagi bersetubuh. 10. Bersuci, baik berwudlu ataupun mandi besar dengan niat ibadah ( ( تلاعب العبادة

13 الاستحاضة المعتادة غير مميزة ذاكرة للوقت دون القدر ذاكرة للقدر دون الوقت ناسية لهما ذاكرة للقدر والوقت معا مميزة المبتدأة غير مميزة مميزة

14 yaitu seorang wanita yang mengeluarkan darah melebihi 15 hari yang sebelumnya belum pernah haid dan ia mampu membeda- beda kan darah yang dikeluarkan diantara darah kuat (tua) dengan darah lemah(muda). Hukumnya darah yang lemah dinamakan istihadlat dan darah yang kuat dinamakan haid. Apakah darah yang kuat itu keluar lebih dulu, atau terakhir atau di tengah, selama tidak silih berganti.

15 C ONTOH : ط ا ح ط ح ا ط ح ا

16 Mubtadi’at Mumayyizat dapat dihukumi seperti di atas, apabila menepati syarat-syarat empat perkara sebagai berikut: 1. Darah kuat lebih dari masa sehari semalam. 2. Darah kuat tidak lebih dari 15 hari dan 15 malam. 3. Darah yang lemah tidak kurang dari 15 hari dan 15 malam. 4. Antara darah kuat dengan darah lemah harus tidak silih berganti. Apabila syarat empat perkara tersebut tidak cukup, maka ia terma suk golongan Mubtadi’at Ghairu Mumayizat, sebagaimana yang akan diterangkan. Bagi Mubtadi’at Mumayyizat pada bulan pertama dalam melaksanakan mandi harus menunggu penuhnya 15 hari dan 15 malam. Dan ia kewajiban mengqadla shalat yang ditinggalkan, selama mengeluarkan darah lemah.

17 Darah qowi kurang sehari j Darah qowi lebih 15 hari Darah dloif kurang dari 15 hari Darah dloif diselang-selingi darah qowi

18 Pada bulan pertama tidak wajib mandi dan sholat kecuali setelah 15 hari, jadi klo sudah melebihi 15 hari baru wajib mandi meski haidnya kurang dari 15 hari. Kemudian wajib mengqodlo sholat yang ditinggalkan ketika keluar darah dloif yang ternyata dihukumi suci. Baru mulai bulan 2 dan seterusnya wajib mandi setelah habis darah qowi lalu sholat seperti biasa dengan cara sholatnya istihadloh.

19 C ONTOH : Bulan غ Bulan غ Bulan غ Bulan غ

20 yakni seorang anak wanita yang baru haid pertama kali, dan tidak bisa membeda- bedakan darah yang dikeluarkan antara darah kuat dengan darah lemah, atau ia mampu membeda-bedakan darah yang dikeluarkan, tetapi tidak memenuhi syarat- syarat Mubtadi’at Mumayyizat yang jumlahnya ada empat macam seperti tersebut di atas.

21 Adapun hukumnya yang disebut haid hanya sehari semalam, dan masa sucinya adalah 29 hari dan malam untuk setiap bulannya sekira ia ingat waktu pertama mulai mengeluarkan darah. Bagi seseorang Mubtadi’at Ghairu Mumayyizat ini untuk bulan pertama dalam melaksanakan mandi, harus menunggu lengkapnya keluar darah 15 hari dan malam. Dan ia diwajibkan mengqadla shalat selama 14 hari dan malamnya. Untuk bulan kedua dan seterusnya, di-dalam melaksanakan mandi, ia tidak lagi perlu menunggu sampai leng-kapnya 15 hari dan malam, tetapi apabila darah sudah cukup sehari semalam, maka ia sudah kewajiban mandi.

22 C ONTOH : Bulan 1 طهر ا ح غ Bulan 2 طهر ا ح غ Bulan 3 طهر ا ح غ

23 yakni seorang wanita yang sudah pernah haid dan pernah suci. Ia mampu membeda- bedakan darah yang dikeluarkan pada antara darah kuat dengan darah lemah.

24 Hukumnya ada 3 macam yang berbeda-beda 1. waktu dan ukuran darah qowi sama dengan waktu dan ukuran kebiasaannya(adatnya) Adat Istihadloh ا ح غ Istihadloh غ

25 2. waktu dan ukuran darah qowi tidak sama dengan waktu dan ukuran adatnya dan tidak ada jarak 15hari antara masa kebiasaanya haid dengan darah qowi. Adat Istihadloh ا ح غ Istihadloh bulan berikut غ

26 3. Waktu dan ukuran tidak sama dengan adatnya serta antara masa adat haidnya dan darah qowi ada jarak 15 hari. Contoh : Adat Istihadhoh غ غ Bulan berikut غ غ

27 Yakni Seorang wanita yang sudah pernah haid dan pernah suci. Ia tidak mampu membeda- bedakan darah yang dikeluarkan antara darah yang kuat dengan darah yang lemah. Atau ia mampu membeda-bedakan darah yang dikeluarkannya, tetapi tidak memenuhi syarat- syarat Mubtadi’at Mumayyizat yang jumlahnya empat macam, yang juga menjadi syarat-syarat Mu’tadat Mumayyizat. Dan ia ingat pada lamanya permulaan keluar darah haid yang telah lalu.

28 Adapun hukumnya lama (ukuran) dan permulaan haid itu disamakan dengan kebiasaannya. Kebiasaan yang dapat digunakan untuk pedoman itu, cukup satu kali selama tidak berubah.

29 C ONTOH : Adat (daur 25hari = 10hari haid+15hari suci) Istihadloh terus menerus غ غ حيض استحاضة حيض

30 Yakni: Seorang wanita yang sudah pernah haid dan pernah suci, ia tidak dapat membedakan darah, dan ia terlupa lamanya dan permulaannya keluar darah haid yang telah lewat. Orang wanita yang seperti itu, menurut istilah ulama Fiqih dinamakan Muhayyarat.

31 Adapun hukumnya, ia senantiasa kewajiban ihtiyath-berhati-hati. Yaitu senantiasa diharamkan bersetubuh, membaca al-Qur’an diluar shalat dan lain- lainnya, seperti orang yang haid. selalu diwajibkan shalat dan puasa Ramadlan seperti orang yang dalam keadaan suci. Apabila ia sama sekali tidak teringat waktu berhentinya darah haid yang telah lewat, maka ia diwajibkan mandi setelah masuk waktu untuk setiap mengerjakan shalat fardlu. Akan tetapi, apabila ia teringat waktu berhenti, upamanya waktu terbenamnya matahari, maka ia diwajibkan mandi hanya setiap waktu terbenamnya matahari. Dan untuk waktu-waktu shalat yang lain cukup wudlu saja.

32 . Adapun caranya puasa Ramadlan, ia harus melaksanakan puasa satu bulan terus menerus, karena menyerupai sebenarnya mulai haid tanggal 1 siang, lalu haid 15 hari dan malam. Jadi berhenti haid tanggal 16 siang. Dan menyerupai sebenarnya mulai haid tanggal 2 siang dan berhentinya tanggal 17 siang. Dan menyerupai pula sebenarnya mulai haid tanggal 3 siang dan berhentinya pada tanggal 8 siang. Demikian seterusnya. Jadi setiap tanggal satu bulannya (30 hari) yang dapat dipastikan sah terdapat 14 hari. Jadi puasa dua bulan, apabila dalam sebulan ada 30 hari, yang mesti sah ada 28 hari dan apabila dalam sebulan hanya 29 hari, maka yang sah adalah 27 hari.

33 C ONTOH : Bulan 1: Bulan 2 :

34 Membayar 2 hari Membayar 1 hari

35 Yakni: Seorang wanita yang sudah pernah mengalami haid serta suci dan ia tidak mampu membeda-bedakan darah yang dikeluarkannya diantara darah kuat dengan darah lemah. Atau ia mampu membeda-bedakan darah yang dikeluarkannya, tetapi tidak mencukupi syarat- syarat Mubtadi’at Mumayyizat. Dan ia hanya teringatnya pada kebiasaan lamanya haid dan terlupa kebiasaan mulainya (waktunya).

36 C ONTOH : Salah seorang wanita teringat bahwa haid dirinya selama lima hari menempati 10 hari pertama, namun terlupa mulainya bertepatan tanggal berapa, hanya ia teringat bahwa pada tanggal 1 ianya dalam keadaan suci, maka tanggal 1 yakin suci, tanggal 2 sampai 5 kemungkinan haid kemungkinan suci, tanggal 6 yakin haid, tanggal 7 sampai 10 kemungkinan haid dan kemungkinan pula suci, serta kemungkinan mulai berhenti haid, tanggal 11 sampai akhir bulan yakin suci

37 Dasar ketentuan hukumnya ialah: Waktu yang yakin haid, seperti kebiasaannya haid (haram shalat dan lainnya), waktu yang yakin suci, seperti kebiasaannya suci (halal bersetubuh dan sebagainya). Adapun waktu yang kemungkinan haid dan kemungkinan suci adalah hukumnya sama dengan seorang wanita Mutahayyirat seperti yang telah disebutkan (kewajiban berhati-hati), kecuali melaksanakan kewajiban mandi, hanyalah waktu yang kemungkinan mulai berhentinya haid saja.

38 Yakni: Seorang wanita yang sudah pernah mengalami haid serta mengalami suci. Ia tidak bisa membeda-bedakan darah yang dikeluar-kan, antara darah kuat dengandarah lemah. Atau mampu membeda-bedakan darah yang dikeluarkan, tetapi tidak mencukupi syarat-syarat Mubtadi’at Mumayyizat. Dan ia hanya teringat pada kebiasaan mulainya haid, dan terlupa kebiasaan lamanya haid tersebut

39 C ONTOH : Seorang wanita teringat bahwa mulainya haid pada tanggal 1, namun terlupa seberapa lamanya, maka tanggal 1 yakin haid, tanggal kemungkinan haid dan kemungkinan suci dan kemungkinan mulai berhenti haid, tanggal 16 sampai akhir bulan yakin suci Kemungkinan haid suci dan terhenti Yakin suci

40 Adapun hukumnya waktu yang yakin haid, ya seperti kebiasaan haid. Waktu yang yakin suci, ya seperti kebiasaannya suci. Dan waktu yang kemungkinan memper haid serta memper suci dan memper mulai- nya berhenti haid adalah hukumnya sama dengan orang wanita Mutahayyirat di atas.

41 K AIFIYAT S HALAT M USTAHADLAT Hal-hal yang perlu diperhatikan : - mensucikan kemaluannya -lalu di sumbat dengan kapuk atau kain sekiranya tidak sakit dan ketika tidak puasa. Apabila darahnya masih terus mengalir keluar di permukaan sumbatan, maka ia diwajibkan membalut. Dan apabila ia sedang berpuasa, hendaklah supaya membuat pembalut saja, karena menyumbat itu menyebabkan batal puasanya

42 Setelah dibalut, lalu wudlu dengan niat sepaya diperkenankan mengerjakan shalat fardlu. Bukan niat karena menghilangkan hadas Sejak mulai mensucikan kemaluan hingga wudlu, wajib dilakukan setiap akan mengerjakan shalat fardlu dan setelah masuk waktu shalat. Semua pekerjaan, mulai dari mensucikan kemaluan hingga shalat fardlu, wajib dilaksanakan dengan segera.

43 HARI SSRKJSA 1س1س 2 س 3س3س 4ح4ح 5 ح 6 ح 7ق7ق 8ق8ق 9ص9ص 10 ك BULAN: NOVEMBER

44 Nifas ialah darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita setelah melahirkan (wiladah), dan sebelum melampui 15 hari dan malam dari lahirnya anak. Permulaan nifas dihitung setelah kosongnya rahim dari anak meski masih berupa darah menggumpal(alaqoh) atau daging menggumpal (mudlghoh).

45 Sekurang-kurangnya seorang wanita keluar darah nifas adalah satu tetesan. Kebiasaannya Nifas 40 hari dan malam Sedang sebanyak-banyaknya nifas, selama 60 hari dan malam.


Download ppt "By : ROSYIDAH By : ROSYIDAH. M ACAM D ARAH P EREMPUAN 1. Haid 2. Nifas 3. Istihadloh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google