Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS KORELASI. Koefisien korelasi antara variabel acak X dan variabel acak Y (koefisien korelasi populasi) didefinisikan sebagai :,,, Koefisien korelasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS KORELASI. Koefisien korelasi antara variabel acak X dan variabel acak Y (koefisien korelasi populasi) didefinisikan sebagai :,,, Koefisien korelasi."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS KORELASI

2 Koefisien korelasi antara variabel acak X dan variabel acak Y (koefisien korelasi populasi) didefinisikan sebagai :,,, Koefisien korelasi : adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat hubungan linier antara variabel acak X dan variabel acak Y.

3 Berbeda dengan analisis regresi yang dapat menaksir nilai variabel dependen apabila diketahui nilai tertentu dari variabel independen, analisis korelasi hanya sebatas menjelaskan kekuatan hubungan linier antara dua variabel X dan Y.

4 Jika terdapat sampel acak berukuran n maka koefisien korelasi sampel adalah : =, Koefisien korelasi sampel r adalah dugaan titik dari.

5 disebut koefisien determinasi sampel, yaitu nilai yang menyatakan besarnya proporsi variabilitas dalam Y yang dapat dijelaskan oleh hubungan liniernya dengan X.

6 UJI HIPOTESIS UNTUK Hipotesis: A. B. C. Statistik yang digunakan: yang mendekati distribusi normal dengan mean dan variansi. Statistik uji :

7 Bandingkan nilai statistik penguji z dengan nilai kritik dari distribusi normal sesuai dengan tingkat signifikasi yang dipilih.

8 Contoh : Liat contoh 12 dan 13 di buku Walpole


Download ppt "ANALISIS KORELASI. Koefisien korelasi antara variabel acak X dan variabel acak Y (koefisien korelasi populasi) didefinisikan sebagai :,,, Koefisien korelasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google