Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KORELASI Dosen: Nunung Nurhayati. Korelasi Misal diberikan dua variabel acak X dan Y dan diambil sampel acak berukuran n. Pertanyaan: 1.Apakah X dan Y.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KORELASI Dosen: Nunung Nurhayati. Korelasi Misal diberikan dua variabel acak X dan Y dan diambil sampel acak berukuran n. Pertanyaan: 1.Apakah X dan Y."— Transcript presentasi:

1 KORELASI Dosen: Nunung Nurhayati

2 Korelasi Misal diberikan dua variabel acak X dan Y dan diambil sampel acak berukuran n. Pertanyaan: 1.Apakah X dan Y berkorelasi (berhubungan linier)? 2.Jika ya, seberapa besar kekuatannya? Bagaimana cara mengukurnya? Xx1x1 x2x2 x3x3 …xnxn Yy1y1 y2y2 y3y3 …ynyn

3 Koefisien Korelasi Digunakan untuk mengukur korelasi atau hubungan linier (linear dependency ) antara variabel acak X dan Y. Untuk populasi, koefisien korelasi didefinisikan Penaksir untuk disebut Pearson's product-moment coefficient (cukup ditulis koefisien korelasi sampel) yang didefinisikan sebagai:

4

5 Interpretasi Korelasi Rentang nilai koefisien korelasi Jika dekat ke 1 atau -1 berarti X dan Y mempunyai hubungan yang kuat dan jika dekat ke 0, berarti hubungannya lemah. 1.Korelasi positif : X naik  Y naik 2.Korelasi negatif: X naik  Y turun 3.Korelasi nol  X & Y tidak berhubungan linier. Jenis korelasi :

6 Korelasi positif Korelasi negatif Korelasi nol Ilustrasi 6 © 2008 by RFU

7 Contoh 1. Diberikan data pengamatan X = berat badan bayi (kg) dan Y = lingkar badan bayi (cm) xixi yiyi xiyixiyi  x i = ….  y i = … = …= ….  x i y i = …

8

9 Uji Korelasi Untuk menguji apakah X dan Y berkorelasi atau tidak dapat digunakan hipotesis: Statistik uji: ditolak jika Signifikansi pengujian juga dapat didasarkan pada nilai-p.

10 Contoh 2. Dari Contoh 1, diperoleh r XY = 0,784. Uji apakah X dan Y berkorelasi pada ? Akan diuji Dik. n = 9 dan r XY = 0,784 maka Untuk  = 0,05 dan d.k = 7, Daerah kritis: Karena t > 2,3645 maka ditolak. Jadi X dan Y signifikan berkorelasi.

11 Contoh 2. Dari Contoh 1, diperoleh r XY = 0,784. Uji apakah X dan Y berkorelasi pada  = 0,05? Akan diuji Dik. n = 9 dan r XY = 0,784 maka Untuk  = 0,05 dan d.k = 7, Daerah kritis: atau Karena t > 2,3645 maka ditolak. Jadi, pada taraf  = 0,05, X dan Y berkorelasi.

12 Cara lain: Pengujian hipotesis dengan nilai-p Hipotesis Untuk t = 3,3415 dan d.k = 7, diperoleh 0,01 < nilai-p < 0,05 Keputusan : ditolak secara signifikan. Jadi X dan Y signifikan berkorelasi.


Download ppt "KORELASI Dosen: Nunung Nurhayati. Korelasi Misal diberikan dua variabel acak X dan Y dan diambil sampel acak berukuran n. Pertanyaan: 1.Apakah X dan Y."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google