Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA : QANAAH UNTUK SMP / MTs KELAS : IX BY : SUFIAH HANUM HARAHAP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA : QANAAH UNTUK SMP / MTs KELAS : IX BY : SUFIAH HANUM HARAHAP."— Transcript presentasi:

1

2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA : QANAAH UNTUK SMP / MTs KELAS : IX BY : SUFIAH HANUM HARAHAP

3 A. QANAAH

4 1.PENGERTIAN QONAAH Qanaah adalah sikap pribadi yang tulus menerima apa yang telah dianugerahkan Allah Swt. Kepada dirinya dengan perasaan puas dan penuh kesyukuran, karena bahwa itulah yang telah menjadi bagiannya, dan semua yang telah diterimanya merupakan hasil segala usaha dan ikhtiar yang dilakukannya.

5 Hadis Rasulullah Saw.  “bukankah kekayaan itu karena banyaknya harta benda, tapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayan hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)  “Qanaah itu adalah harta yang tak pernah akan habis dan simpanan yang tidak akan lenyap.” (HR. Thabrani)

6 2.Sikap Qanaah dalam Berbagai kehidupan  Qanaah dalam Kehidupan Individu Setiap muslim / muslimah yang berjiwa qanaah memiliki beberapa macam sikap dan perilaku individu sebagai berikut. 1. Menerima dengan ikhlas dan rela atas apa yang ada padanya, karena menyadari bahwa hal itu merupakan ketentuan dan takdir dari Allah Swt. Firman Allah Swt, dalam surat Hud : 6 Artinya: “Dan tidak ada suatu binatang melata di bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya.”

7 3. Limpahan rezeki dan karunia materi yang Allah Swt. Berikan bagi orang yg berjiwa qanaah dianggap hanya sebagai titipan semata. 4. Orang yang qanaah berserah diri atas segala kejadian kehidupan yang menimpanya. Kesusahan dan kesenangan yang datang silih berganti merupakan proses kehidupan alami yang harus dijalani umat manusia. 5. Tawakal dan rasa syukur kepada allah Swt. Merupakan sikap yang mengiringi jiwa qanaah. 2.Sikap qanaah adalah cerminan perilaku dari dasar hati dan jiwa yang memilikinya. Namun dalam hal menjalani kehidupan duniawi bukan berarti orang yang qanaah tidak mencari rezekinya dalam kehidupannya.

8 1. Menghapuskan dan menghilangkan jurang pemisah antara si kya dan si miskin. 2. Menghilangkan berbagai tindak kriminal dalam masyarakat seperti pencurian, perampokan, penipuan, korupsi, dan manipulasi. 3. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat. 4. Meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, karena sikap qanaah juga dapat meningktkan martabat kehidupan sosial masyarakat baik dai aspek budaya, ekonomi, ilmu pengtahuan, dan teknologi. 5. Kesejahteraan duniawi dan ukhrawi dapat terlaksana dengan jiwa qanaah, krn dapat meningkatkan semangat beribadah yg tiada ternilai harganya.  Qanaah dalam Kehidupan Bermasyarakat

9 B.TASAMUH

10 1.PENGERTIAN TASAMUH Tasahum adalah sikap toleransi atau saling, menghargai di antara sesama manusia. Dalam berhubungan dengan sesama manusia atau hablum minannas, kita dituntu untuk memiliki sikap tasamuh

11 2.Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari a. Dalam Perdaganganb. Dalam Jual Beli  Seandainya kita menjadi seorang pedagang, maka pedagang yang dicintai oleh Allah adalah pedagang yang tasamuh. Yang tidak mementingkan diri sendiri dengan mengambil keuntungan yng sebesar-besarnya  kalau kita menjadi konsumen atau pembeli, maka pembeli yang dikasihi oleh Allah itu adalah pembeli yang tasamuh, yakni tidak mementingkan kepentingan sendiri tanpa memperhatikan kepentingan si pedagang.

12 C.Dalam Utang Piutang  Seandainya kita punya piutang, maka penagih yang dikasihi allah Swt. Adalah penagih yang bijaksana ketika menagih, memahami tata cara menagih yang baik, sopan, dll.  Sebagaimana firman Allah Swt., sebagaimana firman Allah Swt. Dalam surat Al-Baqarah :280  Artinya: “dan jika (orang yg berutang itu) dlm kesukaran, maka berilah tangguhan sampai ia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya

13 D.Dalam Membayar Utang  Bila kita punya utang, maka yang disukai oleh Allah Swt. Adalah yang tasamuh ketika membayar utangnya.  Sebagai balasan atas kebaikan orang yang memberikan utang, maka kewajiban orang yang punya utang adalah membayarnya dengan secepatnya apabila sudah ada dana untuk membayarnya.

14 SEKIAN & TERIMA KASIH… SEMOGA BERMANFAAT


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TEMA : QANAAH UNTUK SMP / MTs KELAS : IX BY : SUFIAH HANUM HARAHAP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google