Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Analisis Segmentasi targeting dan Positioning Kegiatan 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Analisis Segmentasi targeting dan Positioning Kegiatan 1."— Transcript presentasi:

1 Analisis Segmentasi targeting dan Positioning Kegiatan 1

2 Tujuan Mahasiswa mampu melakukan identifikasi, analisis, dan evaluasi terhadap kebijakan segmentasi pasar yang dilakukan oleh pemasar suatu produk melalui alat promosinya, serta mampu memberikan usulan perbaikan. Mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan analisis serta evaluasi terhadap kebijakan pentargetan pasar yang dilakukan oleh pemasar suatu produk melalui alat promosinya, serta mampu memberikan usulan perbaikan. Mahasiswa mampu melakukan identifikasi dan analisis serta evaluasi terhadap kebijakan pemosisian produk yang dilakukan oleh pemasar suatu produk melalui alat promosinya, serta mampu memberikan usulan perbaikan.

3 Kegiatan 1 Lakukan observasi terhadap produk atau gambar produk utama yang ada pada Peraga 1. Selanjutnya lakukan pencarian bebarapa aspek, antara lain: 1) siapakah yang menjadi pengguna dari produk tersebut; 2) siapakah yang berpotensi menjadi pengguna dari produk tersebut. Dalam menjawab pertanyaan ini, boleh dilakukan dengan menyebutkan beberapa jawaban dalam klasifikasi tertentu. Jawaban klasifikasi misalnya : lulusan SMU golongan kelas menengah ke atas, masyarakat surabaya, dan remaja kelas atas, dan sebagainya. Lakukan pula observasi terhadap label yang digunakan oleh produk tersebut. Label produk merupakan keseluruhan keterangan baik berupa, gambar, simbol atau tulisan yang ada atau melekat pada produk. Dari lebel yang ada pada produk temukan bahasa, simbol, gambar apa yang digunakan dan bagaimana digunakan dalam label.

4 Kegiatan 2 Lakukan pengamatan dan observasi terhadap semua jenis produk yang dipasarkan oleh perusahaan, yang berada dalam lini produk yang sama. Selanjutnya daftar produk-produk tersebut hingga pada tingkatan item produk. Selanjutnya amati berbagai alat-alat pemasaran atau alat promosi pemasaran, temukan siapakan yang menjadi konsumen atau pengguna dari produk masing-masing. Dari daftar produk dan pengguna yang telah dibuat, simpulkan siapakah target pasar dari pemasar, dan strategi melingkup pasar yang manakah yang digunakan oleh pemasar. Berikan analisis, evaluasi dan rekomendasi perbaikan bagi program tersebut.

5 Kegiatan 3 Lakukan pengamatan dan observasi mendetail terhadap kebijakan produk (manfaat, desain, label, warna, merek, kemasan dsb), kebijakan promosi (iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, publisitas, dsb), distribusi, dan harga. Sebisa mungkin dapatkan argumentasi yang mungkin menjadi dasar dalam menentukan pemosisian produk apa yang dilakukan oleh pemasar. Sehingga kemudian Anda akan mendapatkan kebijakan pemosisian dari produk yang dianalisis. Lakukan analisis, evaluasi dan berikan rekoendasi perbaikan bagi kebijakan pemosisian produk tersebut.


Download ppt "Analisis Segmentasi targeting dan Positioning Kegiatan 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google