Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS STRUKTUR 1 Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS STRUKTUR 1 Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS STRUKTUR 1 Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

2 Pada saat penurunan balok girder ini terjadi ketidak seimbangan, sehingga akhirnya balok terguling & menyandar membebani pada balok ke 5. Akibat dari gaya lateral yang timbul, akhirnya balok ke 5 juga terguling menyandar ke balok 4, demikian seterusnya. Karena balok 1 tidak ada sandaran, maka berakibat balok secara keseluruhan jatuh ke laut dan patah.

3 GAYA (Force) Titik Tangkap (point of application) Besar Gaya (panjang vektor) Garis kerja (line of action) Gaya coplanar Gaya concuren Gaya kolinear (colinear force)

4 Coplanar Force

5 Non Coplanar Force

6 R 2 = (F 1 +F 2 Cos  ) 2 + (F 2 Sin  ) 2 R 2 = F F 1 F 2 Cos  + F 2 2 Cos 2  + F 2 2 Sin 2  R 2 = F F 2 2 (Cos 2  + Sin 2  ) + 2 F 1 F 2 Cos  R 2 = F F F 1 F 2 Cos  MENENTUKAN RESULTAN (Dua Buah Gaya) F 2.Cos  

7

8

9 Torsi kompatibilitas = Momen torsi yang timbul karena komptabilitas deformasi antara elemen-elemen struktur yang bertemu pada sambungan, seperti gambar dibawah.. Torsi (twist) atau momen puntir adalah momen yang bekerja terhadap sumbu longitudinal balok/elemen struktur.Torsi dapat terjadi karena adanya beban eksentrik yang bekerja pada balok tersebut.Selain itu,pada umumnya torsi dijumpai pada balok lengkung atau elemen struktur portal pada ruang.

10 Torsi keseimbangan = momen torsi yang timbul karena dibutuhkan untuk keseimbangan struktur, seperti terlihat pada gambar diatas,dari gambar (a) sampai gambar (d).

11 REAKSI & PERLETAKAN Saya waktu pertama belajar dulu sempat bingung, yang namanya rol atau sendi itu aktualnya “makhluk”-nya bagaimana sih? dan sayangnya memang kadang2 tidak semua dosen merasa perlu untuk mengilustrasikan kepada mahasiswa bentuk nyata dari pemodelan itu..

12 vertikal Roll atau Geser, dapat memberikan reaksi vertikal

13 Jenis-jenis perletakan : 1. Sendi, dapat memberikan reaksi vertikal dan horizontal Sendi, dapat memberikan reaksi vertikal dan horizontal

14 , horizontal dan momen Jepit, dapat memberikan reaksi vertikal, horizontal dan momen

15 tumpuan sendi (tradisionil)

16 sendi dengan elastomer

17

18 Cantilever Beam

19

20

21

22 Bending Moment

23 Shear Stress point load

24 Cantilever Retaining Wall

25

26 Syarat 2 Keseimbangan

27 Uniform load

28 Shearing Force Diagram SFD Bending moment Diagram (BMD) Normal Force Diagram (NFD)

29 Shearing Force Diagram SFD Bending moment Diagram (BMD)


Download ppt "ANALISIS STRUKTUR 1 Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google