Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desain dan Analisis Eksperimen Abdul Kudus, Ph.D. blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desain dan Analisis Eksperimen Abdul Kudus, Ph.D. blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id."— Transcript presentasi:

1 Desain dan Analisis Eksperimen Abdul Kudus, Ph.D. blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id

2 Proses Eksperimen Eksperimen itu mahal (waktu, tenaga & sumberdaya)  Dapatkah dibuat lebih efisien? Eksperimen: penyelidikan bidang tertentu dgn menggunakan alat yang sesuai dan kesimpulan yang diambilnya diperkuat oleh data yang didapatkan. Dalam eksperimen dilakukan pengukuran pengaruh dari satu atau lebih faktor terhadap hasil. Faktor: variabel independen. Hasil: respon atau variabel dependen.

3 Tahapan Proses Eksperimen 1.Pernyataan masalah. Apa yg ingin dicapai? apa tujuan? 2.Menentukan faktor yg akan diselidiki dan taraf-taraf dari faktor tsb. 3.Menentukan respon yang akan diteliti. 4.Menentukan desain eksperimen. Terdapat tarik ulur antara biaya dan validitas statistik. Semakin diperbanyak ulangan dlm suatu eksperimen, akan semakin baik. 5.Proses pengumpulan data  kinerja eksperimen. 6.Analisis data. 7.Pengambilan kesimpulan.

4 Contoh: Penelitian ttg hubungan antara komposisi campuran gliserol dan air dengan viskositasnya. Tujuan: ketergantungan antara viskositas campuran gliserol-air dgn komposisinya (tahap-1). Faktor yg diteliti (tahap 2) adalah komposisi campuran hingga sekitar 40% gliserol. Respon (tahap 3) adalah viskositas dari zat cair tsb yg diukur dengan metode yg akurat, misal menggunakan viskometer tabung-U. Karena hanya satu faktor yg diteliti, faktor-faktor lain yg mungkin mempengaruhi respon harus dihilangkan pengaruhnya atau dibuat tetap konstan. Misalnya suhu.

5 Kita tidak tahu apakah hubungannya berupa garis lurus atau kurva. Data hasil penelitian nantinya akan dimodelkan ke dalam suatu persamaan, sehingga kita perlu titik-titik data yang mencukupi utk pemodelan tsb. Oleh karena itu kita tentukan 5 taraf konsentrasi gliserol yg diharapkan dapat memperlihatkan hubungannya dgn viskositas (tahap 4). Banyaknya titik data adalah seminimum mungkin (efisiensi). Kita bisa tambah utk meningkatkan keandalannya, tapi tentunya perlu tambahan biaya dll. Lakukan eksperimen (tahap 5). Lakukan analisis statistika, Analisis varian atau regresi (tahap 6). Simpulkan hubungan antara komposisi dgn viskositas (tahap 7). Desain eksperimen dan metode analisis data ditentukan sebelum pelaksanaan eksperimen.

6 Diagram Pemilihan Analisis Statistika


Download ppt "Desain dan Analisis Eksperimen Abdul Kudus, Ph.D. blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google