Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KPJM AUSTRALIA CIRINYA DAN INSTITUSI/SISTEM PENDUKUNGNYA Disajikan oleh Pat McMahon Penasehat Anggaran, Department Keuangan dan Deregulasi Australia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KPJM AUSTRALIA CIRINYA DAN INSTITUSI/SISTEM PENDUKUNGNYA Disajikan oleh Pat McMahon Penasehat Anggaran, Department Keuangan dan Deregulasi Australia."— Transcript presentasi:

1 KPJM AUSTRALIA CIRINYA DAN INSTITUSI/SISTEM PENDUKUNGNYA Disajikan oleh Pat McMahon Penasehat Anggaran, Department Keuangan dan Deregulasi Australia

2 Tujuan dari dua sesi berikutnya adalah: 1.Memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai KPJM dan perbedaannya dengan pendekatan tradisional; 2.Memberi gambaran institusi utama dan sistem yang dibutuhkan untuk mendukung KPJM; dan 3.Melihat contoh-contoh praktis mengenai bagaimana KPJM dapat diaplikasikan pada beberapa instansi percontohan (pilot)

3 Tiga ciri dari sebuah KPJM 1.Penganggaran untuk lebih dari satu tahun – prakiraan tahun-tahun maju merepresentasikan keberlanjutan kebijakan-kebijakan pemerintah; 2.Penyesuaian yang diperbolehkan hanya untuk i) perubahan harga atau biaya diluar kendali manajer, ii) keputusan pemerintah, and iii) variasi permintaan pada program yang digerakkan oleh permintaan; dan 3.KPJM tidak berarti bahwa appropriasi adalah untuk beberapa tahun. Di Australia, appropriasi hanya untuk satu tahun saja.

4 Manfaat dari sebuah KPJM “Sebenarnya” (Penganggaran multi-year)

5 Ciri 1. Penganggaran untuk lebih dari satu tahun – Anggaran

6 Ciri 2. Prakiraan Maju dihubungkan dengan Anggaran (tidak ada penganggaran baru /zero-based budgeting setiap tahun)

7 Beberapa contoh dari Variasi “lain” (dari Dokumen Anggaran No ) “Pengurangan $318 juta pada prakiraan belanja untuk Parenting Payment menunjukkan adanya kenaikan jumlah orang yang tidak lagi berhak untuk pembayaran tersebut berdasarkan penghasilan terlapor yang lebih tinggi” “Pengurangan $178 juta pada prakiraan belanja untuk Farmasi dan Jasa Farmasi didorong oleh kenaikan penggunaan sejumlah obat yang lebih rendah dari yang diekpektasikan dalam Skema Tunjangan Farmasi” “Pengurangan $128 juta pada prakiraan belanja untuk Tunjangan Pajak Keluarga didorong oleh penurunan jumlah penerima berdasarkan penghasilan terlapor yang lebih tinggi”

8 Feature 3. Penganggaran Tahun Jamak tetapi appropriasi tahunan!

9 Ciri 3. Penganggaran Tahun Jamak dan Appropriasi tahunan dibawah KPJM Proses Kebijakan Baru MTEF–Current (already implemented) Long Term Development Plan 20yrs Medium Term Development Plan/Strategic Plan 5 yrs Rencana Pembangunan Jangka Menengah – yang akan diimplementasikan - Changes to Continuing Policy from PBB Review of Continuing Policy using PBB ActivityProgramOutputOutcome MTEF–Revised New State Budget Plan–5 Years Continuing Policy over 5 years New Policy over 5 years Total over 5 years Arencana Pembangunan Jangka Panjang – yang akan diimplementasikan Kebijakan Baru Pemerintah/Kebijakan Baru Kemernterian Perubahan untuk Kebijakan Berlanjut dari PBK PB Melanjutkan Kebijakan KPJM - Saat ini (sudah diimplementasikan Review of Continuing Policy using PBB KegiatanProgramKeluaranHasile APPROPRIASI SATU TAHUN Melanjutkan Kebijakan Tpada ahun Anggaran Kebijakan Baru Pada Tahun Anggaran Total Appropriasi Agenda Pemerintah/ Rencana Strategis 4 thn

10 Lima “Unsur” institusional terkait KPJM Australian A.Proses kabinet yang mencatat keputusan berbasis tahun jamak; B.Parameter – Penyesuaian ekonomi (cth. harga) dan spesifik (terkait) program untuk faktor-faktor diluar kendali pemerintah; C.Menetapkan kerangka program dan biaya operasional (“running costs” vs “non running costs”) (berhubungan erat dengan manfaat PBK dan menselaraskan KPJM dan PBK; D.Sistem biaya yang membutuhkan persetujuan Departemen Keuangan; dan E.Sistem Informasi Manajemen Keuangan yang Handal

11 Unsur A. Contoh Keputusan Anggaran oleh Pemerintah

12 Unsur B. Parameter untuk variabel ekonomi dan spesifik (terkait) program Parameter adalah variabel ekonomi atau spesifik (terkait) program dimana manajer & pemerintah tidak memiliki kendali untuk mempengaruhi harga atau biaya dari keluaran. Kesepakatan dibutuhkan untuk menghasilkan dan mengaplikasikan perkiraan parameter untuk prakiraan maju –Adalah sangat penting bahwa penyesuaian tersebut terjadi pada Prakiraan Maju, jika tidak pendanaan yang disediakan tidak akan mencukupi untuk melaksanakan program sesuai dengan yang direncanakan oleh pemerintah

13 Contoh dari beberapa parameter ekonomi dari Dokumen Anggaran

14 Contoh yang menyoroti beberapa parameter spesifik program (dari Dokumen Anggaran ) “Kenaikan $207 juta pada perkiraan belanja untuk Jasa Perawatan Medis/Medicare menunjukkan kenaikan pada permintaan pada sejumlah jasa medis termasuk jasa yang disediakan oleh praktisi umum, jasa patologi dan jasa diagnosa gambar (diagnostic imaging services)” “ Kenaikan $240 juta pada perkiraan belanja untuk subsidi tingkat bunga dibawah bantuan Kondisi Pengecualian (Exceptional Circumstances), utamanya dikarenakan lebih banyak petani yang berhak dibandingkan dengan perkiraan”

15 Menyusun perkiraan parameter ekonomi & variabel spesifik (terkait) program Parameter ekonomi Parameter ekonomi berdasarkan dari perkiraan Kelompok Peramalan Ekonomi Bersama (Joint Economic Forecasting Group). Parameter ekonomi diperbaharui setiap interval waktu yang teratur, biasanya tiga atau empat kali setahun. Parameter spesifik program Model yang disetujui oleh Departemen Keuangan dan Kementerian/Lembaga biasanya digunakan untuk menyusun prakiraaan maju program yang kompleks dan besar.

16 Unsur C. Menyelaraskan KPJM & PBK dan menetapkan sebuah kerangka untuk “fleksibilitas biaya operasional” Property Expenses Program Management Office Expenditure Program Management Administered costs (non- running) costs Subsidy Subsidy Payment set by Government Subsidy Payment to oil refiners Affordable Fuel for Indonesian citizens

17 Unsur D. Pembiayaan (Costing) yang Akurat & Independen Pemerintah mensyaratkan bahwa setiap instansi harus membuat persetujuan atas pembiayaan (costings) mereka dengan Departemen Keuangan. Catatan: –Departemen Keuangan menyetujui biayanya bukan berarti mendukung nilai-nilai kebijakan dari proposal kebijakan baru. –Melalui analisa biaya secara menyeluruh, Departemen Keuangan sering memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai kebijakan tersebut dan nilai-nilainya.

18 Unsur E. Sitem penganggaran terpusat untuk mengendalikan variasi atas prakiraan maju Catatan perkiraan yang terotorisasi adalah sistem penganggaran terpusat yang dikelola oleh Departemen Keuangan. Perubahan tidak bisa dibuat tanpa kewenangan cth. –Keputusan pemerintah; –Parameter ekonomi; –Parameter spesifik (terkait) program; dan –Lainnya (jarang digunakan, tapi dapat termasuk perubahan terkait standar akuntansi, dll)

19 Rangkuman mengenai apa itu KPJM dan perbedaannya dibandingkan dengan model tradisional Perkiraan pendapatan dan belanja dari kebijakan yang disetujui Pemerintah untuk tahun-tahun ke depan Dihubungkan dengan Anggaran (yaitu. tidak ada lagi zero based budgeting). Variasi dapat terjadi hanya untuk sejumlah kecil alasan, umumnya: –Keputusan pemerintah –Penyesuaian parameter KPJM dapat secara langsung dihubungkan ke rencana nasional tahun jamak

20 Bagan yang Menggambarkan Proses Penganggaran dibawah KPJM di Indonesia Melanjutkan Kebijakan KPJM - Saat ini (sudah diimplementasikan) /Rencana Strategis Review of Continuing Policy using PBB KegiatanProgramKeluaranHasile KPJM - Disesuaikan Melanjutkan Kebijakan selama 5 tahun Kebijakan Baru selama 5 tahun Total selama 5 Tahun Proses Kebijakan Baru Rencana Pembangunan Jangka Menengah- yang akan diimplementasikan Kebijakan Baru Pemerintah/Kebijakan Baru Kemernterian Perubahan untuk Kebijakan Berlanjut dari PBK VISI NASIONAL RENCANA ANGGARAN PEMERINTAH YANG BARU – 5 TAHUN 5 Tahun 20 Tahun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah / Rencana Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang - yang akan diimplementasikan

21 Contoh Hipotesis dari “melanjutkan” dan “kebijakan baru” – Keluarga Berencana Rencana Nasional Lima Tahunan Rencana Nasiona menyatakan target aspirasional untuk Jasa Keluarga Berancana /BKKBN (Family Planning Services) untuk melayani 25 juta keluarga. Rencana Anggaran 4 tahun yang Ada Dana yang dialokasikan pada keputusan sebelumnya hanya untuk melayani 10 juta keluarga. Celah fiskal (fiscal space) memperbolehkan pengeluaran baru pada prioritas yang belum diimplementasikan Pemerintah meminta rencana kebijakan baru sepanjang batas yang tersedia. Kebijakan Baru di Anggaran Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk tambahan 5 juta keluarga. Prakiraan maju yang baru menyediakan pendanaan untuk 15 juta keluarga. Appropriasi untuk bantuan Keluarga Berencana menjadi 15 juta keluarga.

22 NUMBER OF FAMILIES Planning Target25,000,000 MTEF - Existing Policy10,000,000 New Policy (Addition)05,000,000

23 Ada Pertanyaan?


Download ppt "KPJM AUSTRALIA CIRINYA DAN INSTITUSI/SISTEM PENDUKUNGNYA Disajikan oleh Pat McMahon Penasehat Anggaran, Department Keuangan dan Deregulasi Australia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google