Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RISK AND RETURN RISK (RISIKO), DIDEFINISIKAN DALAM KAMUS WEBSTER’S SEBAGAI “KECELAKAAN”, BAHAYA; DIHADAPKAN PADA KERUGIAN ATAU KECELAKAAN. RISIKO SERING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RISK AND RETURN RISK (RISIKO), DIDEFINISIKAN DALAM KAMUS WEBSTER’S SEBAGAI “KECELAKAAN”, BAHAYA; DIHADAPKAN PADA KERUGIAN ATAU KECELAKAAN. RISIKO SERING."— Transcript presentasi:

1 RISK AND RETURN RISK (RISIKO), DIDEFINISIKAN DALAM KAMUS WEBSTER’S SEBAGAI “KECELAKAAN”, BAHAYA; DIHADAPKAN PADA KERUGIAN ATAU KECELAKAAN. RISIKO SERING DIHUBUNGKAN DENGAN PENYIMPANGAN ATAU DEVIASI DARI “OUTCOME” YANG DITERIMA DENGAN YANG DIHARAPKAN. JADI RISIKO MENGACU PADA PELUANG BAHWA BEBERAPA KEJADIAN YANG TIDAK MENGUNTUNGKAN AKAN TERJADI. VAN HORNE DAN MACHOWICS,JR MENDEFINISIKAN RISIKO SEBAGAI VARIABILITAS RETURN TERHADAP RETURN YANG DIHARAPKAN.

2 RISIKO DAPAT DIANALISIS DENGAN DUA CARA : STAND-ALONE BASIS, MERUPAKAN RISIKO YANG AKAN DIHADAPI INVESTOR JIKA DIA HANYA MEMILIKI SATU JENIS AKTIVA, BAIK AKTIVA RIIL MAUPUN KEUANGAN. PORTFOLIO BASIS, RISIKO YANG AKAN DIHADAPI INVESTOR JIKA DIA MEMILIKI BEBERAPA JENIS AKTIVA.

3 RISIKO BERDASARKAN PROBABILITAS. PROBABILITAS, DAPAT DIDEFINISIKAN SEBAGAI PELUANG BAHWA SUATU KEJADIAN AKAN TERJADI. DISTRIBUSI PROBABILITAS, MERUPAKAN DAFTAR DARI SEMUA KEJADIAN ATAU HASIL YANG MUNGKIN, DENGAN PROBABILITAS DITENTUKAN UNTUK SETIAP KEJADIAN ATAU HASIL.

4 RETURN. RETURN ADALAH MERUPAKAN HASIL YANG DIPEROLEH DARI INVESTASI.

5 RETURN DAPAT BERUPA : REALIZED RETURN (RETURN REALISASI), MERUPAKAN RETURN YANG TELAH TERJADI. RETURN INI DIHITUNG BERDASARKAN DATA HISTORIS. EXPECTED RETURN (RETURN EKSPEKTASI), MERUPAKAN RETURN YANG DIHARAPKAN AKAN DIPEROLEH OLEH INVESTOR DIMASA MENDATANG.

6 PENGUKURAN EXPECTED RETURN. RETURN TOTAL (TOTAL RETURNS). RELATIF RETURN (RELATIVE RETURNS). RETURN KUMULATIF (CUMULATIVE RETURNS). RETURN DISESUAIKAN (ADJUSTED RETURN).

7 RETURN TOTAL. RETURN TOTAL, MERUPAKAN RETURN KESELURUHAN DARI SUATU INVESTASI DALAM SUATU PERIODE TERTENTU. RETURN TOTAL SERING DISEBUT DENGAN RETURN SAJA, TERDIRI DARI CAPITAL GAIN (LOSS) DAN YIELD. RETURN = CAPITAL GAIN (LOSS) + YIELD. CAPITAL GAIN (LOSS), MERUPAKAN SELISIH DARI HARGA INVESTASI SEKARANG RELATIF DENGAN HARGA PERIODE YANG LALU.

8 LANJUTAN ……………….. CAPITAL GAIN (LOSS) = (P t – P t -1 )/P t -1. YIELD, MERUPAKAN PERSENTASE PENERIMAAN KAS PERIODIK TERHADAP HARGA INVESTASI PERIODE TERTENTU DARI SUATU INVESTASI. YIELD UNTUK SAHAM ADALAH PERSENTASE DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PERIODE SEBELUMNYA. YIELD UNTUK OBLIGASI ADALAH PERSENTASE BUNGA PINJAMAN YANG DIPEROLEH TERHADAP HARGA OBLIGASI PERIODE SEBELUMNYA. YIELD = D t /P t-1, YIELD UNTUK SAHAM. YIELD = INT t /P t-1, YIELD UNTUK OBLIGASI.

9 RELATIF RETURN. RETURN TOTAL DAPAT BERNILAI POSITIF ATAU NEGATIF, SEDANGKAN RETALTIF RETURN BERNILAI POSITIF. RELATIF RETURN DAPAT DIGUNAKAN, YAITU DENGAN MENAMBAH NILAI 1TERHADAL NILAI RETURN TOTAL. RELATIF RETURN = RETURN TOTAL + 1

10 KUMULATIF RETURN. RETURN TOTAL TIDAK UNTUK MENGUKUR PERUBAHAN KEMAKMURAN SECARA KESELURUHAN, YAITU PERUBAHAN HARGA DARI SAHAM DAN PERUBAHAN PENDAPATAN DARI DIVIDEN YANG DITERIMA. RETURN TOTAL HANYA MENGUKUR PERUBAHAN KEMAKMURAN PADA SAAT WAKTU TERTENTU SAJA, TETAPI TIDAK MENGUKUR TOTAL DARI KEMAKMURAN YANG DIMILIKI.

11 LANJUTAN …………….. UNTUK MENGETAHUI TOTAL KEMAKMURAN, DIGUNAKAN INDEK KEMAKMURAN KUMULATIF (IKK). IKK = KKo(1 + R 1 )(1 + R 2 ) ….. (1 +R n ). IKK = KKo (1 + R t ). IKK = INDEKS KEMAKMURAN KUMULATIF, MULAI DARI PERIODE PERTAMA SAMPAI KE n. KKo = KEKAYAAN AWAL, BIASANYA DIGUNAKAN NILAI Rp 1. R t = RETURN PERIODE KE t.

12 RETURN DISESUAIKAN. RETURN YANG DIBAHAS SEBELUMNYA ADALAH RETURN NOMINAL YANG HANYA MENGUKUR PERUBAHAN NILAI UANG, TETAPI TIDAK MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT DAYA BELI DARI NILAI UANG TERSEBUT. ADJUSTED RETURN, SERING DISEBUT SEBAGAI RETURN RIIL, ATAU RETURN YANG DISESUAIKAN DENGAN INFLASI.

13 LANJUTAN ……………… R IA = (1 + R)/(1 + IF) – 1. R IA = RETURN DISESUAIKAN DENGAN TINGKAT INFLASI. R = RETURN NOMINAL. IF = TINGKAT INFLASI. R KA = {RR (NAKMUD/NAWMUD)} – 1. R KA = ADJUSTED RETURN DENGAN KURS MATA UANG ASING. RR = RELATIF RETURN. NAKMUD = NILAI AKHIR MATA UANG DOMESTIK. NAWMUD = NILAI AWAL MATA UANG DOMESTIK.

14 PENGUKURAN RETURN RATA-RATA DARI RETURN REALISASI. RATA-RATA ARITMATIKA (ARITHMETIC MEAN. RA = (R 1 + R 2 + R 3 + ….. + R n )/n. RATA-RATA GEOMETRIK ( GEOMETRIC MEAN). RG = {(1 + R 1 )(1 + R 2 ) ….. (1 + R n ) 1/n – 1. PERHITUNGAN DENGAN RG LEBIH TEPAT DIBANDINGKAN RA.

15 EXPECTED RETURN. EXPECTED RETURN, MERUPAKAN RETURN YANG DIHARAPKAN AKAN DIPEROLEH OLEH INVESTOR DI MASA MENDATANG. RETURN INI DIGUNAKAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI.

16 EXPECTED REURN DAPAT DIHITUNG BERDASARKAN BEBERAPA CARA : BERDASARKAN NILAI EKSPEKTASI MASA DEPAN. BERDASARKAN NILAI-NILAI RETURN HISTORIS. BERDASARKAN MODEL RETURN EKSPEKTASI YANG ADA.

17 LANJUTAN ………………. BERDASARKAN NILAI EKSPEKTASI MASA DEPAN, CARA INI DIHITUNG DENGAN MENGALIKAN MASING-MASING HASIL MASA DEPAN DENGAN PROBABILITAS KEJADIAN NYA DAN MENJUMLAH SEMUA PRODUK PERKALIANNYA TERSEBUT. ER = (R 1.P 1 ) + R 2.P 2 ) + ….. + (R n.P n ).

18 LANJUTAN ………………. BERDASARKAN NILAI-NILAI RETURN HISTORIS, DAPAT DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN TIGA METODE, YAITU; 1). METODE RATA-RATA (MEAN METHOD). 2). METODE TREND (TREND METHOD). 3). METODE JALAN ACAK (RANDOM WALK METHOD). BERDASARKA N MODEL RETURN EKSPEKTASI YANG ADA, YAITU; CAPM.

19 MENGUKUR RISIKO YANG BERDIRI SENDIRI. STANDARD DEVIASI, MERUPAKAN RATA- RATA TERTIMBANG DEVIASI DARI NILAI YANG DIHARAPKAN. STANDARD DEVIASI MEMBERIKAN IDE SEBERAPA JAUH NILAI AKTUAL BERADA DIBAWAH ATAU DIATAS NILAI YANG DIHARAPKAN. KOEFISEIN VARIASI, MENUNJUKKAN RISIKO PER UNIT PENGEMBALIAN. CV = SD/ER.


Download ppt "RISK AND RETURN RISK (RISIKO), DIDEFINISIKAN DALAM KAMUS WEBSTER’S SEBAGAI “KECELAKAAN”, BAHAYA; DIHADAPKAN PADA KERUGIAN ATAU KECELAKAAN. RISIKO SERING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google