Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI 1.Subjek Evaluasi : orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI 1.Subjek Evaluasi : orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap."— Transcript presentasi:

1 SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI 1.Subjek Evaluasi : orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap tes,ditentukan oleh suatu aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku. contoh : Untuk melaksanakan evaluasi tentang pretasi belajar atau pencapaian maka sebagai subjek evaluasi adalah guru

2 Untuk melaksanakan evaluasi sikap yang menggunakan sebuah skala maka sebagai subjeknya dapat meminta petugas yang ditunjuk,dengan didahului oleh suatu latihan melaksanakan evaluasi tsb. Untuk melaksanakan evaluasi terhadapkepribadian dimana menggunakan sebuah alat ukur yang sudah distandardisasikan maka subjeknya adalah ahli-ahli psikologi. Di samping alatnya yang harus bersifat rahasia maka subjek evaluasi haruslah seorang yang betul-betul ahli karena jawaban dan tingkah laku orang yang di tes harus diinterprestasikan dengan cara tertentu.

3 Ada pandangan lain yang disebut subjek evaluasi adalah siswa, yakni orang yang di evaluasi. Dalam hal ini yang dipandang sebagai objek misalnya : prestasi matematika, kemampuan membaca, kecepatan lari, dsb. Pandangan lain mengklasifikasikan siswa sebagai objek evaluasi dan guru sebagai subjeknya. 2.Sasaran Evaluasi Objek atau sasaran penilaian adalah segala sesuatu yang menjadi titik pusat pengamatan karena penilaian menginginkan informasi tentang sesuatu tsb.

4 Dengan masih menggunakan diagram tentang transformasi maka sasaran penilaian untuk unsur- unsurnya meliputi : input, transformasi dan output. a.Input : Calon siswa sebagai pribadi yang utuh, dapat ditinjau dari beberapa segi yang menghasilkan bermacam- macam bentuk tes yang yang digunakan sebagaialat untuk mengukur. Aspek yang bersifat rohani setidak- tidaknya mencakup 4 hal. a.Kemampuan untuk dapat mengikuti program dalam suatu lembaga/sekolah/institusi maka calon siswa harus memiliki kemampuan yang sepadan. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan ini disebut tes kemampuan atau attitude test.

5 2.Kepribadian Kepribadian adalah sesuatu yang terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku. Dalam hal-hal tertentu,infromasi tentang kepribadian sangat diperlukan. Alat untuk mengetahui kepribadian seseorang disebut tes kepribadian atau personality test. 3.Sikap-sikap sebenarnya sikap ini merupakan bagian dari tingkah laku manusia sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang memancar keluar. Namun karena sikap ini merupakan sesuatu yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan maka banyak orang yang menginginkan informasi khusus tentangnya. Alat untuk mengetahui keadaan sikap seseorang dinamakan tes sikap atau attitude test. Oleh karena itu tes ini berupa skala, maka lalu disebut skala sikap atau attitude scale.

6 4.Inteligensi Untuk mengetahui tingkat inteligensi ini digunakan tes inteligensi yang sudah banyak diciptakan oleh para ahli. Tes yang terkenal buatan Binet dan Simon yang dikenaldengan tes Binet-Simon. Tes-tes yang lain seperti SPM, Tintum,dsb. Dari hasil tes akan diketahui IQ (intelligence Quantient) orang tsb.IQ bukanlah inteligensi. IQ berbeda dengan inteligensikarena IQ hanyalah angkayang memberikan petunjuk tinggi rendahnya inteligensi seseorang. Jadi kalau kita sering menyebut dengan “IQ jongkok”adalah tidak benar,karena berupa angka, yang benar angkanya rendah.

7 Berkenaan dengan hubungan antara sikap-sikap dan kepribadian, A.N. Oppenheim dalam bukunya Questionnaire Design and Attitude Measurement mengajukan gambar yang menunjukkanbahwa kepribadian merupakan sesuatu yang ada dalam diri manusia dan sangat dalam letaknya sehingga sangat susah dilihat. Kepercayaan Sikap-sikap Nilai-nilai Kepribadian

8 b.Transformasi Banyak unsur yang terdapat dalam transformasi yang semuanya dapat menjadi sasaran atau objek penilaian demi diperolehnya hasil pendidikan yang diharapkan. Unsur-unsur dalam transformasi yang menjadi objek penialian anatara lain : 1.Kurikulum/materi 2.Metode pendidikan/media 3.Sistemadministrasi 4.Guru dan personal lainnya c.Output Penilaian terhadap lulusan suatu sekolah dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian prestasi belajar mereka selama mengikuti program.

9 Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut tes pencapaianatau achievement test. Kecenderungan yang ada saat ini di sekolah bahwa guru hanya menilai prestasi belajar aspek kognitif atau kecerdasan saja. Alatnya adalah tes tertulis. Aspek psikomotorik,apalagi afektif,sangat langka dijamah guru. Akibatnya dapat kita saksikan bahwa para lulusan hanya menguasai teori tetapi tidak terampil melakukan pekerjaan ketrampilan, juga tidak mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka kuasai. Lemahnya pembelajaran dan evaluasi terhadap aspek afektif ini,jika kita mau introspeksi telah berakibat merosotnya akhlak para lulusan, yang selanjutnya berdampak luas pada merosotnya akhlak bangsa.


Download ppt "SUBJEK DAN SASARAN EVALUASI 1.Subjek Evaluasi : orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Siapa yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google