Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 A.HAKIKAT 1. BENTUK SASARAN UKUR SASARN UKUR ADALAH ATRIBUT (CIRI, SIFAT, KARAKTERISTIK) DARI ORANG, OBJEK, ATAU PERISTIWA (SUBJEK, RESPONDEN) MISAL:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 A.HAKIKAT 1. BENTUK SASARAN UKUR SASARN UKUR ADALAH ATRIBUT (CIRI, SIFAT, KARAKTERISTIK) DARI ORANG, OBJEK, ATAU PERISTIWA (SUBJEK, RESPONDEN) MISAL:"— Transcript presentasi:

1 1 A.HAKIKAT 1. BENTUK SASARAN UKUR SASARN UKUR ADALAH ATRIBUT (CIRI, SIFAT, KARAKTERISTIK) DARI ORANG, OBJEK, ATAU PERISTIWA (SUBJEK, RESPONDEN) MISAL: SIKAPKARYAWAN ATRIBUTORANG TINGGIMEJA ATRIBUTOBJEK TEMPERATURKEBAKARAN ATRIBUTPERISTIWA BAB 2 SASARAN UKUR

2 2 2. DIMENSI SASARAN UKUR PENGUKURAN DAPAT DILAKUKAN TERHADAP SATU ATAU LEBIH DIMENSI (UNI DIMENSI & MULTIDIMENSI) UNIDIMENSI: MENGUKUR SATU DIMENSI SAJA, MISALNYA: KEMAMPUAN MATEMATIKA, KEMAMPUAN BAHASA, MINAT BELAJAR, BAKAT MELUKIS, SIKAP TERHADAP KERJA, DSB. MULTIDIMENSI: SEKALIGUS MENGUKUR LEBIH DARI SATU DIMENSI, MISALNYA: KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN BAHASA, SIKAP TERHADAP PELAJARAN DAN GURU, DSB.

3 3 3. CAKUPAN SASARAN UKUR BANYAK HAL DAPAT DIUKUR. APAKAH SEMUA HAL DAPAT DIUKUR ? JIKA SESUATU ADA, MAKA IA ADA DALAM SUATU JUMLAH. JIKA IA ADA DALAM SUATU JUMLAH, MAKA SEHARUSNYA IA DAPAT DIUKUR (LEE J. CRONBACH) JIKA SESUATU MEMBUAT PERBEDAAN, MAKA TERDAPAT DASAR UNTUK PENGUKURAN (ROBERT L. EBEL) KALAU ADA DALAM SUATU JUMLAH, KALAU ADA PERBEDAAN, MAKA DAPAT DICARI ALAT DAN SKALA UKUR UNTUK MENGUKURNYA

4 4 4. BESARAN SASARAN UKUR ATRIBUT PADA SASARAN UKUR DAPAT BERBENTUK: KONSTANTA, ATAU VARIABEL ATRIBUT KONSTANTA: ATRIBUT YANG HARGANYA KONSTAN; MISAL: PERBANDINGAN PANJANG KELILING TERHADAP PANJANG DIAMETER PADA SUATU LINGKARAN; MUATAN LISTRIK PADA ELEKTRON, DSB. ATRIBUT VARIABEL: ATRIBUT YANG HARGANYA DAPAT BERUBAH; MISALNYA: HASIL BELAJAR MAHASISWA, SIKAP KARYAWAN, INTELLIGENSI SISWA, LUAS RUANGAN, BANYAKNYA CALON MAHASISWA, DSB. INI YANG TERBANYAK DAN SERING DIGUNAKAN PADA PENGUKURAN ATAU PENELITIAN DAN DIKENAL SEBAGAI VARIABEL PENELITIAN.

5 5 B. VARIABEL 1.PENGERTIAN: VARIABEL ADALAH SASARAN UKUR (ATRIBUT ORANG, OBJEK, ATAU PERISTIWA) YANG HARGANYA (SKOR) DAPAT BERUBAH. DALAM BANYAK HAL, PENGUKURAN DILAKUKAN TERHADAP VARIABEL DENGAN MENGHASILKAN HASIL UKUR. 2.JENIS VARIABEL: ADA BANYAK CARA UNTUK MELIHAT VARIABEL. SETIAP CARA AKAN MENGHASILKAN SEJUMLAH JENIS VARIABELNYA SENDIRI. DISINI HANYA DIBICARAKAN DUA CARA MELIHAT KETERUKURAN: (1) VARIABEL MANIFES (VARIABEL INI DAPAT LANGSUNG DIUKUR), DAN (2) VARIABEL LATEN (VARIABEL TERSEMBUNYI SEHINGGA TIDAK DAPAT LANGSUNG DIUKUR) WUJUD: (1) VARIABEL FAKTA (VARIABEL BERWUJUD BESARAN FAKTA: PANJANG, WAKTU, KUAT CAHAYA,GAYA, BERAT), (2) VARIABEL MENTAL (VARIABEL BERWUJUD BESARAN MENTAL MANUSIA: BAKAT ATAU INTELLIGENSI, KEBERHASILAN BELAJAR, KEPRIBADIAN). VARIABEL INI MENJADI SASARAN UKUR PADA PENGUKURAN.

6 6 C. VARIABEL MANIFES DAN LATEN 1.VARIABEL MANIFES: ADALAH VARIABEL YANG BERHUBUNGAN DENGAN ATRIBUT YANG LANGSUNG TERAMATI. Misalnya, tinggi badan, kuat suara, lama belajar, skor ujian, banyaknya mahasiswa. 2.VARIABEL LATEN: ADALAH VARIABEL ABSTRAK (ATAU BERBENTUK KONSTRUK TEORETIK) YANG DIANGGAP BERHUBUNGAN DENGAN ATRIBUT YANG TIDAK LANGSUNG TERAMATI (MISAL: BAKAT, SIKAP, KEBERHASILAN BELAJAR, FRUSTRASI, DSB.). 3.PENGUKURAN VARIABEL LATEN: DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN VARIABEL MANIFES YANG SEPADAN DENGAN VARIABEL LATEN YANG DIUKUR. MISALNYA, VARIABEL LATEN KEBERHASILAN BELAJAR DIUKUR MELALUI VARIABEL MANIFES SKOR UJIAN. MASALAHNYA, ADALAH BAHWA SEBERAPA JAUH KESEPADANAN DI ANTARA VARIABEL MANIFES DENGAN VARIABEL LATEN (VALIDITAS & RELIABILITAS)

7 7 D. VARIABEL FAKTA DAN MENTAL 1. FAKTA a. BERKENAAN DENGAN INVENTORI, SEPERTI: AGAMA YANG DIANUT, JENIS KELAMIN, STATUS PERKAWINAN, JUMLAH ANAK, UMUR b. BERKENAAN DENGAN BESARAN FISIK, TERMASUK PSIKOFISIK SEPERTI: TINGGI BADAN, LUAS RUANGAN, TINGGI NADA, KECEPATAN GERAK 2. BAKAT ATAU INTELIGENSI a. PENGERTIAN: KECENDERUNGAN UNTUK MENGAMBIL DAN MEMPERTAHANKAN ARAH; KEMAMPUAN UNTUK BERADAPTASI DENGAN MAKSUD UNTUK MENCAPAI TUJUAN; DAN KEMAMPUAN UNTUK OTOKRITIK (Lee J. Cronbach, mengutip Binet). KECENDERUNGAN UNTUK MENGAMBIL DAN MEMPERTAHANKAN ARAH; KEMAMPUAN UNTUK BERADAPTASI DENGAN MAKSUD UNTUK MENCAPAI TUJUAN; DAN KEMAMPUAN UNTUK OTOKRITIK (Lee J. Cronbach, mengutip Binet). KEMAMPUAN UNTUK MELAKUKAN RESPONSI YANG BAIK (ANNE ANASTASI)

8 8 b. CAKUPAN INTELIGENSI ATAU KEMAMPUAN UMUM TERMASUK FAKTOR “g” DARI SPEARMAN INTELIGENSI ATAU KEMAMPUAN SPESIFIK INTELIGENSI ATAU KEMAMPUAN GANDA (MULTIPLE ABILITY) c. DAPAT DIUKUR, DIANTARANYA MELALUI: STANFORD – BINET, WECCHSLER, KAUFMAN (K-ABC), SCHOOLASTIC APTITUDE TEST (SAT), DIFFERENTIAL APTITUDE TEST (DAT) 3. KEBERHASILAN (ACHIEVEMENT) a. PENGERTIAN : KEBERHASILAN ADALAH HASIL YANG DICAPAI MELALUI BELAJAR, SEPERTI: HASIL BELAJAR BAHASA, HASIL BELAJAR MATEMATIKA, HASIL BELAJAR SOPAN SANTUN, HASIL BELAJAR BERENANG.

9 9 b. CAKUPAN KEBERHASILAN DAPAT DIGOLONGKAN MENURUT TAKSONOMI KE DALAM WILAYAH: KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK 4. KEPRIBADIAN (PERSONALITY) a.PENGERTIAN KEBIASAAN BERBUAT (HABITUAL PERFORMANCE) KESELURUHAN INDIVIDU BERINTERAKSI DENGAN LINGKUNGANNYA (J.C. NUNNALY) b. CAKUPAN MINAT, MOTIF, KEYAKINAN, SIKAP, KEBIASAAN (J. CRONBACH) KARAKTERISTIK EMOSIONAL, MOTIVASIONAL, INTERPERSONAL, ATTITUDINAL (ANNE ANASTASI) c. PENGGOLONGAN: BAWAAN SOSIAL (SOCIAL TRAIT), MOTIF, KONSEPSI PRIBADI, PENYESUAIAN DIRI (J.C. NUNNALY)


Download ppt "1 A.HAKIKAT 1. BENTUK SASARAN UKUR SASARN UKUR ADALAH ATRIBUT (CIRI, SIFAT, KARAKTERISTIK) DARI ORANG, OBJEK, ATAU PERISTIWA (SUBJEK, RESPONDEN) MISAL:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google