Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB VIII SISTEM AKUNTANSI PIUTANG. INFORMASI YG DIPERLUKAN MANAJEMEN Saldo piutang pada saat tertentu per debitur Riwayat pelunasan piutang per debitur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB VIII SISTEM AKUNTANSI PIUTANG. INFORMASI YG DIPERLUKAN MANAJEMEN Saldo piutang pada saat tertentu per debitur Riwayat pelunasan piutang per debitur."— Transcript presentasi:

1 BAB VIII SISTEM AKUNTANSI PIUTANG

2 INFORMASI YG DIPERLUKAN MANAJEMEN Saldo piutang pada saat tertentu per debitur Riwayat pelunasan piutang per debitur Umur piutang per debitur

3 DOKUMEN Faktur penjualan Bukti Kas Masuk Memo kredit Bukti memorial

4 DOKUMEN Faktur penjualan Dokumen ini digunakan sbg dasar pencatatan timbulnya piutang dari transaksi penjualan kredit, dan dilampiri surat muat serta surat order pengiriman sbg dokumen pendukung. Bukti Kas Masuk Dokumen ini digunakan sbg dasar pencatatan berkurangnya piutang dari pelunasan debitur

5 DOKUMEN Memo kredit Dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan return penjualan, yang dikeluarkan oleh bagian order penjualan, dan apabila dilampiri dengan laporan penerimaan barang yang dibuat oleh bagian penerimaan, mrp dokumen sumber untuk mencatat transaksi retur penjualan. Bukti memorial Dokumen sumber untuk dasar pencatatan transaksi kedalam jurnal umum.

6 CATATAN AKUNTANSI TERKAIT Jurnal penjualan, unt.mencatat timbulnya piutang dari penj. kredit Jurnal retur penjualan, unt mencatat berkurangnya piutang karena retur Jurnal umum,unt.mencatat berkurangnya piutang dari penghapusan piutang yg tak dapat ditagih. Jurnal penerimaan kas, unt mencatat berkurangnya piutang dari transaksi penerimaan kas Kartu piutang, untuk mencatat mutasi dan saldo piutang setiap debitur.

7 ORGANISASI Tugas fungsi akuntansi dlm pencatatan piutang Menyelenggarakan catatan setiap debitur, yang berupa kartu piutang yg berfungsi sbg buku pembantu piutang Menghasilkan dan mengirimkan surat pernyataan piutang secara periodik. Menyelenggarakan catatan kredit untuk masing- masing debitur.

8 METODE PENCATATAN PIUTANG 1.Metode konvensional, 2.Metode posting langsung ke kartu piutang Metode posting harian Metode posting periodik 3.Metode pencatatan tanpa buku pembantu 4.Metode pencatatan dengan komputer ( batch system )

9 METODE PENCATATAN PIUTANG Metode konvensional, posting kedalam kartu piutang dilakukan atas data yang dicatat dalam jurnal Sedangkan transaksi yang mempengaruhi piutang, penjualan kreditr,retur penjualan, peneriman kas dari pembayaran, serta penghapusan piutang.

10 METODE PENCATATAN PIUTANG Metode posting langsung ke kartu piutang Metode posting harian Posting langsung ke kartu piutang dengan tulis tangan Dari faktur penj. setiap hari langsung dicatat dlm kartu piutang,dengan cara urut menurut abjad atau berdasarkan urut waktu diterima dari penagihan. Sdg jurnal penj.diisi jml total penjualan harian. Setiap bulan jurnal penjualan di posting ke rekening kontrol piutang dalam buku besar Posting langsung ke dalam kartu piutang dan pernyataan piutang. Media di posting ke dalam pernyataan piutang dengan kartu piutang sbg tembusan atau tembusan kedua berfungsi sbg kartu piutang. Metode posting periodik Posting ditunda, apabila faktur telah terkumpul, bagian piutang baru memposting dlm kartu piutang. Penagihan bersiklus ( cycle billing ) Media diarsipkan dulu menurut nama pelanggan, dan pada akhir bulan baru dilakukan posting. ( ke pernyataan piutang dan kartu piutang,dan menghitung dan mencatat saldo setiap kartu)

11 METODE PENCATATAN PIUTANG Metode pencatatan tanpa buku pembantu Faktur penj dan dokumen pendukung yang diterima dari penagihan diarsip menurut nama dalam arsip faktur yg blm dibayar.Apabila dibayar faktur dicap lunas dan dipindah ke arsip faktur yg telah dibayar. Apabila sebagian yg dibayar dibuatkan faktur tiruan untuk dipindahkan ke yg terbayar,sdg aslinya dikembalikan pd yg belum. Metode pencatatan dengan komputer ( batch system ) Dokumen sumber yang mengubah piutang dikumpulkan dan sekaligus diposting setiap hari untuk memutakhirkan piutang.

12 PROSEDUR PERNYATAAN PIUTANG. Pernyataan piutang adalah formulir yang menyajikan jumlah kewajiban debitur pada tanggal tertentu dan disertai dengan perinciannya.

13 BENTUK PERNYATAN PIUTANG Pernyataan pada akhir bulan ( balance end of month statement ). Pernyataan satuan ( unit statement ), Pernyatan saldo berjalan dengan rekening konvensional ( running balance statement with conventional account ) Pernyataan faktur yang belum dilunasi (open item statement )

14 BENTUK PERNYATAN PIUTANG Pernyataan pada akhir bulan ( balance end of month statement ). Menyajikan saldo piutang kepada debitur pada akhir bulan saja. Pernyataan satuan ( unit statement ), yang berisi kewajiban debitur pada awal bulan, mutasi debet dan kredit selama sebulan beserta penjelasan rinci setiap transaksi, saldo kewajiban pada akhir bulan

15 BENTUK PERNYATAN PIUTANG : Pernyatan saldo berjalan dengan rekening konvensional ( running balance statement with conventional account ) Pernyataan piutang ini isinya sama dengan pernyataan satuan, hanya cara posting dan isi catatan piutangnya yang berbeda. Pernyataan faktur yang belum dilunasi (open item statement ) Bentuk ini berisi daftar faktur-faktur yang belum dilunasi oleh debitur pada tanggal tertentu, disertai tanggal faktur dan jumlah rupiahnya.

16 SEKIAN DULU YAAA


Download ppt "BAB VIII SISTEM AKUNTANSI PIUTANG. INFORMASI YG DIPERLUKAN MANAJEMEN Saldo piutang pada saat tertentu per debitur Riwayat pelunasan piutang per debitur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google